cara membuat petis

Cara membuat petis perlu Sedulur ketahui, karena petis bisa dijadikan sebagai sambal yang nikmat untuk berbagai makanan. Baik sebagai teman untuk lauk makan, hingga menjadi cocolan untuk gorengan. Sambel petis terkenal juga sebagai sambel yang bisa nikmat untuk berbagai macam hidangan.

Agar Sedulur bisa menikmati berbagai makanan dengan sambel petis yang nikmat dengan ciri khas rasa boga baharinya, berikut ini akan dibahas resep dan cara membuat petis rumahan yang super mudah. Seperti apa langkah membuatnya? Yuk, mari langsung saja kita simak penjelasannya di bawah ini!

BACA JUGA: 12 Resep Sayur Kacang Merah Segar untuk Makan Keluarga

Bahan yang dibutuhkan

cara membuat petis
Wikipedia

Untuk menjalankan cara membuat petis udang, Sedulur harus menyediakan bahan-bahannya terlebih dahulu. Bahan yang wajib Sedulur siapkan adalah:

-->
  • 1,5 sdm petis
  • 3/4 cangkir air mineral (atau sesuai selera)
  • 2 sdm gula pasir (atau sesuai selera)
  • Sedikit garam untuk penyeimbang rasa
  • 1 sdt penyedap
  • 1 siung bawang putih, ulek kasar
  • 2 sdm minyak goreng
  • 2-3 buah cabai rawit merah (atau sesuai selera), iris-iris
  • 1 sdm tepung beras, larutkan dengan 2 sdm air

Haluskan bumbu-bumbu

Detik

Langkah pertama dalam cara membuat petis ikan, yaitu dengan menghaluskan terlebih dahulu bumbu-bumbu yang telah disediakan di atas. Bumbu-bumbu yang dimaksud adalah bawang putih dan cabai rawit. Tingkah kehalusan tergantung selera Sedulur. Jika ingin hasil yang agak kasar, Sedulur bisa menggunakan ulekan. Nah, bagi Sedulur yang menginingkan hasil yang sangat halus, Sedulur bisa menggunakan blender.

BACA JUGA: Resep Keripik Kaca Pedas & Enak untuk Camilan Keluarga

Cara membuatnya

cara membuat petis
Kitchenesia

Langkah selanjutnya dalam cara membuat resep petis kangkung sambal adalah sebagai berikut:

  1. Siapkan wajah, dan tuang minyak goreng secukupnya. Masukkan bumbu yang telah dihaluskan sebelumnya.
  2. Gunakan api kecil untuk menumisnya, dan aduk hingga wangi. Matikan kompor dan terus aduk bumbu halus tumis.
  3. Selanjutnya, masukkan petis dan aduk hingga rata. Nyalakan kembali kompor dan tumis selama 20/30 detik.
  4. Kemudian, tambahkan air secara perlahan sambil diaduk dan ditekan-tekan ke dasar wajan supaya petisnya larut di dalam air.
  5. Tambahkan gula pasir, garam, dan penyedap.
  6. Jangan lupa koreksi rasa, dan pastikan telah cocok dengan selera Sedulur.
  7. Sebelum mendidih, tuang larutan tepung beras. Aduk rata hingga mendidih dan mengental.
  8. Dan cara membuat petis dari tepung pun selesai dan petis siap dinikmati sebagai cocolan.

Petis: Sambal nikmat untuk berbagai hidangan goreng

Kompas

Setelah menyimak resep dan cara membuat petis gorengan di atas, mungkin Sedulur ada yang penasaran dari mana asalnya petis. Petis merupakan sambal khas Jawa Timur yang biasa digunakan sebagai bahan cocolan gorengan dan makanan yang digoreng lainnya. Masyarakat Jawa Timur telah sejak dulu menggunakan petis sebagai cocolan sambal.

Petis merupakan bumbu masakan yang terbuat dari bahan utama rebusan udang atau ikan yang dimasak lagi hingga mengental seperti saus, lalu ditambahkan gula dan dikombinasikan dengan aneka rempah lainnya.

BACA JUGA: Resep Sambal Bajak Pedas Pendamping Makanan Keluarga

Jenis-jenis petis

cara membuat petis
SiapGrak!

Agar Sedulur lebih mengetahui petis sebagai sebuah sambal untuk cocolan, jangan kaget karena petis terdiri dari bukan hanya satu jenis saja. Meskipun petis berawal dari Jawa Timur, namun daerah lainnya juga membuat petis dengan varian yang berbeda. Daerah yang membuat petis yaitu Cirebon, Boyolali, Semarang, Sidoarjo, dan Madura.

Sebagaimana yang Sedulur ketahui, yang juga telah dibahas dalam resep di atas, petis yang dibahas adalah petis letek yang berwarna hitam terbuat dari gula aren. Selain petis letek, terdapatjuga petis cere yang terbuat dari gula pasir dan memiliki warna putih. Dua jenis petis tersebut memiliki tekstur yang berbeda, hal tersebut dipengaruhi oleh gula pasir dan gula aren yang memang memiliki bahan dasar berbeda.

Itulah tadi resep dan cara membuat petis yang akan membuat Sedulur lebih nikmat menyantap gorengan atau aneka makanan yang digoreng lainnya. Sedulur bisa membuat peting sebagai stok atau persediaan dalam jangka panjang. Bukan hanya petis, Sedulur bisa membuat sambal lainnya sebagai alternatif pilihan. Pecinta sambel wajib membuat berbagai pilihan sambal sebagai persediaan.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.