cara membuat nasi jagung

Bosan dengan nasi putih namun bingung mencari alternatif makanan sebagai sumber karbohidrat? Sedulur wajib mencoba nasi jagung yang gurih dan lezat. Apalagi, cara membuat nasi jagung cukup mudah untuk dicoba di rumah.

Tertarik untuk membuat nasi jagung sendiri? Yuk, langsung simak resepnya berikut ini.

BACA JUGA: Cara Menghilangkan Bau Bawang di Blender, Mudah & Ampuh!

Apa itu Nasi Jagung?

cara membuat nasi jagung
Freepik/Freepik

Sebelum menyimak resep atau cara membuat nasi jagung, tak ada salahnya Sedulur mengenal apa itu nasi jagung terlebih dahulu. Seperti diketahui, bagi sebagian orang Indonesia, nasi putih masih menjadi makanan pokok sekaligus sumber karbohidrat andalan di setiap agenda makan.

Padahal, masih banyak makanan yang bisa dipilih sebagai sumber karbohidrat. Satu di antaranya adalah nasi jagung yang terkenal di daerah Jawa, terutama Jawa Tengah dan Jawa Timur serta Indonesia Timur.

Sesuai dengan namanya, nasi jagung merupakan hidangan yang terbuat dari jagung sebagai bahan utamanya. Sama halnya dengan nasi putih, nasi jagung juga biasa dihidangkan bersama aneka lauk-pauk. Hanya saja nasi jagung memiliki cita rasa yang cenderung lebih gurih.

BACA JUGA: Resep Perkedel Jagung Padang yang Lezat

Kandungan Nutrisi Nasi Jagung

Freepik/Jcomp

Nasi jagung sendiri biasa dipilih sebagai alternatif menu rendah kalori. Dalam sepiring nasi jagung terdapat kandungan kalori sebesar 130-150 kkal. Jumlah tersebut lebih rendah dibandingkan dengan nasi putih yang memiliki kandungan kalori sekitar 200-220 kkal untuk takaran satu piring.

Di sisi lain, masih banyak zat nutrisi lain yang terkandung dalam nasi jagung. Menurut Data Komposisi Pangan Indonesia dari Kementerian Kesehatan, setiap 100 gram nasi jagung mengandung nutrisi, di antaranya protein, lemak, karbohidrat, serat, kalsium, fosfor, dan juga zat besi.

Tak heran, nasi jagung dapat menjadi pilihan menu sumber karbohidrat untuk santap sahur. Sebab kandungan nutrisi di dalamnya dapat membantu mencukupi kebutuhan gizi harian Sedulur saat berpuasa.

BACA JUGA: 22 Resep Olahan Jagung Manis yang Sederhana dan Lezat

Cara Membuat Nasi Jagung

cara membuat nasi jagung
Unsplash/Komang Gita Krishna

Ada banyak cara untuk membuat nasi jagung. Namun secara umum, nasi jagung biasa dibuat dengan cara mencampurkan beras putih dan beras jagung yang berasal dari jagung kering pipil. Selanjutnya, nasi jagung dapat dimasak seperti memasak nasi putih.

Agar tak makin penasaran, berikut resep nasi jagung sederhana yang bisa Sedulur coba di rumah. Catat bahan-bahan dan cara membuatnya, ya.

Bahan-bahan:

  • 125 gram beras jagung
  • 75 gram beras putih
  • Garam secukupnya
  • 600 ml santan sedang
  • Air secukupnya

Cara membuat:

  • Pertama-tama, rebus santan menggunakan api kecil sampai mendidih.
  • Setelah santan mendidih, masukkan beras jagung, beras putih, garam, dan air. Aduk sebentar, lalu masak sampai air mulai menyusut.
  • Pindahkan nasi jagung ke kukusan. Kemudian, kukus sampai matang.
  • Nasi jagung siap disajikan bersama aneka lauk-pauk kesukaan Sedulur.

Itu dia cara membuat nasi jagung yang lezat dan pastinya mudah untuk Sedulur ikuti.  Sedulur juga tidak perlu khawatir karena bahan-bahan resep ini bisa ditemukan dengan mudah di toko kelontong dan di SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Untuk informasi lebih banyak, Sedulur bisa mengikuti Instagram SuperApp. Selamat mencoba!