menghilangkan bau bawang di blender

Bagaimana cara menghilangkan bau bawang di blender? Apakah bisa dihilangkan? Atau justru akan menjadi permanen? Tidak usah khawatir, ada beberapa metode yang bisa dicoba untuk menghilangkan bau bawang yang menempel di dalam blender.

Seperti yang kita tahu, bau bawang atau bumbu-bumbu dapur lain dapat muncul seiring dengan penggunaan blender. Umumnya, hal ini berawal dari pencucian yang kurang bersih, kemudian blender disimpan dalam kondisi tertutup.

Akibatnya, bau tersebut menjadi semakin kuat dan menyerap ke dalam bagian dalam blender. Nah, daripada membeli blender baru, lebih baik Sedulur ikuti beberapa cara menghilangkan bau bawang di blender yang akan dijelaskan berikut ini.

BACA JUGA: Cara Membersihkan Cumi dengan Benar dan Mudah

-->

1. Cuci secepatnya setelah penggunaan

Pexels/Sarah Chai

Tips dapur untuk menghilangkan bau bawang di blender yang pertama, adalah dengan mencuci blender langsung usai digunakan. Bahan-bahan seperti bawang, bumbu, atau rempah-rempah yang digunakan dalam blender bisa meninggalkan bau dan juga rasa pada bagian-bagian blender.

Selain itu, residu sisa bahan makanan yang tertinggal di dalam blender dapat menyediakan lingkungan yang ideal untuk pertumbuhan bakteri dan jamur. Dengan mencuci segera, Sedulur dapat mencegah pertumbuhan mikroorganisme yang dapat menyebabkan masalah kesehatan.

Blender juga dapat menyerap aroma dari bahan makanan yang digiling. Jika tidak segera dicuci, aroma tersebut dapat bercampur dan memengaruhi makanan atau minuman berikutnya yang dibuat.

2. Gosok dengan larutan air dan cuka

Sedulur bisa campurkan cuka putih dan air dengan perbandingan 50:50, kemudian gosok blender dengan larutan tersebut secara perlahan. Nah, cuka sendiri memiliki sifat asam yang dapat membantu melarutkan dan menghilangkan zat-zat penyebab bau, termasuk senyawa-senyawa sulfur yang ada di dalam bawang.

Selain itu, cuka juga mempunyai sifat antibakteri yang dapat membantu membersihkan dan menghilangkan bakteri yang mungkin terbentuk pada bagian-bagian blender. Bakteri tersebut tentu saja berkontribusi besar pada bau tidak sedap yang ditimbulkan.

Keuntungan lainnya yakni cuka memiliki aroma yang kuat dan segar, yang dapat membantu mengatasi atau menutupi bau yang tidak diinginkan. Aroma ini bisa memberikan kesan kebersihan dan kesegaran.

3. Gunakan campuran air dan soda kue

Jika masih kesulitan, Sedulur bisa memanfaatkan larutan air dan soda kue untuk menghilangkan bau bawang di blender. Hal ini karena sifat kimia dari soda kue yang dapat menetralkan dan juga menyerap bau-bau tidak sedap yang biasa tertinggal di dalam blender setelah digunakan.

Nah, Sedulur bisa membuat larutan dari 4 sendok makan air dengan 2 sendok makan soda kue, kemudian gunakan untuk menggosok blender. Soda kue dikenal sebagai zat penyerap bau yang efektif. Bahan yang satu ini dapat membantu menyerap dan menghilangkan bau-bau tidak sedap pada bagian-bagian blender.

Soda kue juga mempunyai sifat pembersihan yang dapat membantu mengangkat residu dan minyak yang menyebabkan bau pada bagian dalam blender. Hal ini akan membantu membersihkan dan membuat permukaan blender lebih segar.

4. Gosok dengan campuran garam dan jeruk nipis

Garam mempunyai sifat abrasif yang dapat digunakan untuk menggosok dan membantu menghilangkan residu atau bahan makanan yang menempel di bagian dalam blender. Hal ini akan membantu Sedulur dalam membersihkan permukaan secara lebih efektif.

Di samping itu, jeruk nipis memiliki sifat asam yang bisa membantu melarutkan dan menghilangkan zat-zat penyebab bau, termasuk senyawa sulfur terdapat di dalam bawang. Selain itu, aroma segar dari jeruk nipis juga dapat memberikan kesan kebersihan dan kesegaran.

Dengan begitu, maka reaksi antara garam dan jeruk nipis dinilai efektif untuk menghilangkan bau bawang di blender. Reaksi ini akan meningkatkan kemampuan mengangkat bahan makanan dan residu yang melekat.

BACA JUGA: 8 Cara Menyimpan Daun Bawang yang Benar Agar Lebih Awet

5. Gunakan air panas dengan sedikit sabun piring

menghilangkan bau bawang di blender
Unsplash/Joe Pregadio

Cara menghilangkan bau bawang di blender berikutnya adalah dengan air panas dan sedikit sabun piring. Air panas dapat meningkatkan efisiensi pembersihan, karena suhu tinggi akan menghilangkan dan melarutkan lemak, minyak, serta residu bahan makanan di bagian dalam blender.

Sementara itu, di dalam sabun piring terdapat sifat deterjen yang akan membantu memecahkan dan mengangkat kotoran, minyak, serta lemak. Reaksi yang terjadi antara molekul sabun dan minyak atau lemak, membentuk emulsi dan memungkinkan blender dibersihkan dengan baik.

Jika digabungkan, larutan air panas dan sabun piring ini akan menembus dan membersihkan sela-sela dan bagian-bagian sulit dijangkau di dalam blender dan menghilangkan residu bau yang terperangkap.

6. Rendam dengan air dan es batu

Sedulur bisa merendam blender dengan air dan es batu untuk menghilangkan bau bawang di dalamnya. Es batu memiliki sifat mendinginkan yang dapat membantu mengurangi intensitas bau dan menghilangkan sensasi panas atau pedas yang tersisa dari bawang atau bahan berbau kuat lainnya.

Pemakaian es batu dapat menyebabkan kontraksi suhu pada bagian dalam blender. Kontraksi ini akan mengencangkan dan melepaskan bahan-bahan yang biasanya menempel pada permukaan blender, dan membuatnya lebih mudah untuk dibersihkan.

Selain itu, guncangan dari es batu dalam air juga dapat memberikan efek pembersihan mekanis pada bagian dalam blender. Ketika es batu berguncang di dalam blender, maka dapat membantu melonggarkan dan menghilangkan sisa-sisa bahan makanan yang menempel.

7. Gunakan larutan air dan penghilang bau alami

menghilangkan bau bawang di blender
Unsplash/CDC

Larutan air dan penghilang bau alami seperti minyak esensial, ekstrak vanili, atau cuka, dapat membantu menghilangkan bau bawang di blender. Penghilang bau alami biasanya memiliki sifat penyerapan yang dapat membantu menangkap dan menghilangkan bau-bau tidak sedap.

Beberapa penghilang bau alami juga memiliki sifat antibakteri atau antimikroba yang akan membantu membersihkan dan menghambat pertumbuhan bakteri di dalam blender. Seperti yang telah diketahui, bakteri bisa menjadi penyebab utama bau yang tidak sedap pada blender.

Nah, aroma yang dihasilkan oleh penghilang bau alami ini akan memberikan efek kebersihan dan kesegaran. Membantu mengatasi ataupun menutupi bau-bau yang tidak diinginkan.

Mungkin hanya itu beberapa cara menghilangkan bau bawang di blender yang bisa Sedulur coba. Silahkan pilihlah metode yang sesuai dengan bahan yang Sedulur miliki di rumah. Akan tetapi, jangan pernah lupa untuk selalu ikuti petunjuk perawatan blender, demi mencegah terjadinya kerusakan.

Selain itu, setelah proses membersihkan blender, pastikan untuk membilas dengan baik dan biarkan kering sebelum digunakan kembali. Hal ini dilakukan demi keamanan dan juga citarasa makanan atau minuman yang nantinya akan Sedulur buat dengan menggunakan blender tersebut.