cara blokir nomor indosat karena hilang

Apabila kartu seluler yang Sedulur hilang dan tak ditemukan? Jika iya, alangkah baiknya untuk segera melakukan unreg. Dengan begitu, nomor tersebut akan diblokir oleh operator dan meminimalisir penyalahgunaan. Bagi pengguna kartu Indosat, cara blokir nomor Indosat karena hilang ini juga cukup mudah.

Seperti yang kita tahu, Indosat Ooredoo merupakan layanan seluler yang diminati oleh banyak orang, khususnya di Indonesia. Bukan tanpa sebab, operator seluler yang satu ini sering menawarkan berbagai diskon yang menarik, tentu saja dengan kualitas sinyal yang mumpuni.

Nah, sesuai dengan peraturan yang berlaku, para pengguna harus memasukkan NIK sesuai data kependudukan yang terdaftar pada saat mengaktifkan nomor Indosat. Untuk satu NIK hanya dapat digunakan maksimal 3 nomor saja. Sehingga untuk nomor yang sudah tidak digunakan, disarankan untuk dinonaktifkan.

Nantinya, nomor tersebut akan didaur ulang menjadi nomor yang baru. Dengan begitu, maka tindak kejahatan digital bisa dikurangi.

BACA JUGA: 3 Cara Cepat dan Tepat Mengecek Masa Tenggang Nomor XL

Syarat Blokir Nomor Indosat

kode axis kuota
Unsplash/Luis Villasmil

Sebelum kita membahas tentang cara blokir nomor Indosat karena hilang, sebaiknya ketahui dulu syarat yang diperlukan. Nah, Sedulur yang ingin menonaktifkan nomor Indosat tersebut, harus menyiapkan dulu beberapa dokumen seperti KTP dan KK.

Untuk bisa memblokir nomor Indosat, Sedulur perlu memasukan data diri seperti NIK sesuai dengan yang ada pada data kependudukan yang telah terdaftar sebelumnya. Akan tetapi, perlu diingatkan lagi, jika nomor yang dinonaktifkan tersebut, nantinya akan didaur ulang dan dipasarkan kembali.

Oleh sebab itu, pastikan Sedulur benar-benar yakin untuk memblokirnya atau tidak. Pasalnya, nomor yang sudah diblokir tentu saja tidak akan bisa Sedulur gunakan lagi. Jika memang sudah mantap, ikuti cara blokir nomor Indosat yang ada di bawah ini.

BACA JUGA: Cek Kuota by.U dengan Mudah ini Caranya!

Cara Blokir Nomor Indosat

cek kuota tri
Unsplash/Jenny Ueberberg

Nah, jadi ada beberapa cara blokir nomor Indosat yang bisa dilakukan. Mulai dari melalui SMS, kode USSD, hingga menghubungi CS dari operator Indosat. Untuk lebih jelasnya lagi, langsung saja simak dan ikuti beberapa metode berikut ini!

1. Unpair Nomor Indosat via SMS

Cara blokir nomor Indosat yang pertama, yakni dengan pesan singkat alias SMS. Seperti biasa, Sedulur hanya perlu mengirimkan format pesan pada nomor operator. Nantinya, pihak operator akan menonaktifkan kartu Indosat tersebut dengan segera.

Cara yang satu ini memang terbilang cukup cepat dan mudah, karena hanya perlu mengirimkan pesan saja. Namun pastikan Sedulur memiliki sisa pulsa yang cukup untuk mengirimkan SMS sebelum melakukannya. Untuk lebih jelasnya lagi, silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Langkah pertama, silahkan buka dulu menu SMS yang ada di HP Sedulur.
  • Buatlah pesan dengan format UNPAIR#Nomor HP#.
  • Pastikan nomor HP yang dituliskan sudah benar.
  • Jika sudah, kirim pesan tersebut ke nomor 444

Tunggu selama beberapa saat, Sedulur akan mendapat SMS balasan dari operator Indosat jika nomor yang dituliskan tersebut sudah diblokir dan tidak bisa digunakan lagi.

2. Blokir Kartu Indosat via USSD

Metode unreg kartu Indosat yang selanjutnya adalah melalui kode dial atau panggilan. Bagi kebanyakan orang, mungkin cara yang satu ini dirasa lebih mudah jika dibandingkan dengan SMS. Selain itu, Sedulur juga tidak perlu menyediakan pulsa untuk mengirim SMS, bukan?

Hanya dengan melakukan panggilan pada kode dial dari operator, Sedulur sudah bisa langsung memblokir dan menonaktifkan nomor yang sudah tidak akan digunakan lagi. Berikut ini cara untuk melakukannya.

  • Hal pertama yang perlu dilakukan, yakni membuka menu Call atau panggilan di HP.
  • Setelah itu, tulis kode dial *123*4444# untuk menu blokir nomor.
  • Pada menu pop up yang muncul, kirim angka 4 untuk memilih menu Hapus Data.

Sekarang Sedulur hanya perlu menunggu selama beberapa saat, sampai notifikasi dari operator Indosat muncul. Nah, notifikasi tersebut berisikan informasi apakah pemblokiran nomor Indosat yang dilakukan sudah berhasil atau mengalami kegagalan.

3. Unreg Kartu Indosat via CS Indosat Ooredoo

Opsi untuk unreg nomor Indosat yang berikutnya, yakni dengan melalui tim customer service (CS). Metode yang satu ini dapat dilakukan apabila beberapa cara yang sebelumnya gagal. Jika tertarik untuk menggunakan cara yang satu ini, Sedulur bisa melakukan langkah-langkah berikut.

  • Pertama, buka menu panggilan atau telepon yang ada di HP Sedulur.
  • Setelah itu, tulis nomor CS Indosat di (021)30003000.
  • Klik call untuk menghubungi nomor tersebut.
  • Tunggu selama beberapa saat, sampai petugas CS Indosat mengangkat pangillan.
  • Jika sudah diangkat, Sedulur bisa langsung menyampaikan keinginan, yakni memblokir nomor.

Nantinya, pihak CS Indosat akan memberikan instruksi tentang proses pemblokiran nomor yang akan dilakukan. Sedulur hanya perlu mengikuti setiap instruksi yang diberikan.

4. Blokir Nomor Indosat via Gerai Indosat Ooredoo

Bagi yang merasa ragu untuk melakukan pemblokiran nomor Indosat sendiri, tidak usah khawatir. Sedulur bisa langsung mengunjungi gerai Indosat Ooredoo paling dengan dari lokasi tempat tinggal yang sekarang. Ikuti beberapa tahapan berikut untuk melakukannya.

  • Pertama, cek dulu lokasi gerai Indosat Ooredoo terdekat di https://indosatooredoo.com/portal/en/psgerai.
  • Pada kotak yang tersedia, masukkan lokasi Sedulur terkini.
  • Nantinya akan muncul beberapa rekomendasi gerai Indosat Ooredoo terdekat yang dapat dikunjungi.

Nah, Sedulur bisa langsung mengunjungi gerai Indosat Ooredoo tersebut, kemudian bilang pada petugas CS untuk memblokir nomor yang diinginkan.

BACA JUGA: Cara Mudah Mendapat Kuota Gratis Axis Tanpa Aplikasi

Cara Blokir Nomor Indosat Karena Hilang

cara blokir nomor indosat karena hilang
Unsplash/Freestocks

Lantas, bagaimana dengan kartu Indosat yang telah hilang? Apakah kita tetap dapat memblokir atau menonaktifkannya?

Pastinya ketika kehilangan kartu, Sedulur akan merasa gelisah. Ditakutkan nantinya nomor tersebut akan disalahgunakan. Terlebih jika nomor tersebut terhubung dengan berbagai data dan akun penting seperti m-banking, media sosial, dan lain sebagainya.

Namun tidak usah khawatir, Sedulur bisa mempraktikkan cara blokir nomor Indosat karena hilang yang ada di bawah ini. Caranya adalah dengan meminta bantuan dari CS Indosat Ooredoo, seperti berikut ini!

  • Buka menu telepon di HP Sedulur, lalu lakukan panggilan di nomor (021)30003000.
  • Jika petugas CS sudah mengangkat panggilan, langsung saja katakan keinginan yakni untuk memblokir nomor yang sudah hilang.
  • Jangan lupa jelaskan identitas diri yang terhubung dan kejadian yang sebenarnya tentang bagaimana Sedulur dapat kehilangan nomor tersebut.
  • Nantinya pihak CS akan membantu untuk segera memblokir nomor yang sudah hilang itu.

Selain dengan cara menghubungi CS via telepon, Sedulur juga bisa langsung mengunjungi gerai Indosat Ooredoo terdekat. Jangan lupa bawa data diri yang diperlukan seperti KTP dan KK yang terhubung dengan nomor yang hilang tersebut.

Nah, itulah beberapa cara blokir nomor Indosat, termasuk cara blokir nomor indosat karena hilang yang bisa dilakukan. Jadi ketika Sedulur memiliki nomor yang sudah tidak digunakan atau bahkan sudah hilang, sebaiknya segera lakukan pemblokiran, ya!