oven gas terbaik untuk baking

Bisnis kue kering sangat menjanjikan. Itulah kenapa banyak orang menjadikan usaha ini sebagai UMKM atau bisnis rumahan. Kue kering sendiri menjadi jajanan wajib yang tersaji saat menyambut tamu. Selain itu, bahan yang dibutuhkan mudah didapat serta alat seperti oven gas terbaik untuk baking juga sangat banyak. 

Fungsi oven baking sendiri adalah untuk memanggang adonan agar menjadi kue kering lezat yang siap dinikmati. Tanpa adanya oven, mustahil untuk menghasilkan kue kering yang nikmat dan lezat. Untuk itu, oven dengan kualitas yang baik dan fitur-fitur unggulan akan semakin memudahkan pekerjaanmu dalam membuat kue.

Ada banyak merek oven yang dijual di pasaran dengan kelebihan dan harga yang sangat bervariasi. Salah satu yang bisa Sedulur pilih adalah oven jenis gas. Oven gas bisa menjadi pilihan terbaik untuk Sedulur yang berjualan kue. Tidak perlu bingung dalam memilih oven gas terbaik untuk baking demi mendukung usahamu berjualan kue kering. Untuk itu, berikut ini ada beberapa rekomendasi oven yang bisa Sedulur pilih.

BACA JUGA: 10 Resep Bolu Pisang Panggang dan Kukus, Enak & Lembut!

1. Kiwi

oven gas terbaik untuk baking
Pexels/Cottonbro Studio

Oven yang bagus adalah oven yang dilengkapi dengan pengaturan suhu sehingga panas yang ada di dalamnya dapat dikontrol dengan baik. Ini akan Sedulur temukan pada produk Oven Gas Kiwi ini. Oven ini menawarkan banyak kelebihan yang membuat kegiatan membuat kue menjadi mudah dan menyenangkan.

Tambahan kaki roda pada oven dapat memudahkan Sedulur untuk memindahkan oven. Oven terbuat dari bahan stainless steel berkualitas yang tebal, kuat, dan tidak mudah berkarat.

Pipa api hitam mampu menyalurkan panas dengan cepat dan merata. Pembelian oven ini akan mendapatkan bonus seperti selang dan regulator, loyang ukuram 45 x 45 cm sebanyak 4 buah, kaki oven, dan pemantik api.

  • Harga Rp 2.080.000 – 3.850.000

2. Hock

Hock adalah merek kompor terkenal yang kini produknya juga lebih bervariasi. Produk lokal ini berada di bawah PT Hokinda Citralestari yang sudah berdiri sejak tahun 1968. Dengan pengalaman yang panjang, kualitas produknya tidak perlu diragukan lagi.

Oven Hock no 1 adalah oven yang juga dilengkapi dengan pengukur suhu sehingga Sedulur lebih mudah untuk mengatur panasnya. Fitur unggulan dari produk ini adalah fungsi putaran hawa yang bisa meratakan panas ke segala sisi oven sehingga kue dapat matang secara merata.

Oven ini terbuat dari bahan aluminium berkualitas dengan total berat 9,5 kg saja. Dapat digunakan untuk memanggang segala macam masakan mulai dari roti, kue, ayam, dan ikan. Dilengkapi juga dengan piring panggangan tahan panas yang memudahkan Sedulur menggunakannya.

  • Harga Rp 815.000 – 900.000

3. Zeppelin

Satu hal yang menarik dari Artisan Oven keluaran brand Zeppelin ini adalah warna-warnanya yang sangat unik dan menarik. Setiap produk oven dilengkapi dengan termometer besar untuk melihat suhu oven. Menariknya, oven ini terbuat dari bahan plat galvalum 100% yang tebal, kuat, dan anti karat.

Body oven juga dilapisi dengan isolator untuk melindungi panas oven dan menyebarkannya secara merata. Produk asli Indonesia ini dapat digunakan untuk memanggang segala macam jenis kue kering, kue basah, hingga ayam.

Bahannya kokoh sehingga dijamin awet dan tahan lama. Ukuran oven di luar dari 90 x 56 x 74 cm, cukup besar untuk menampung roti dalam jumlah besar dalam satu kali waktu.

  • Harga Rp 3.500.000 – 5.750.000

4. ZPL Oven Gas Black

Oven Gas Black ZPL memiliki bodi yang kokoh, terbuat dari besi dengan pegangan pintu terbuat dari bahan stainless steel. Dilengkapi juga dengan peredam panas sehingga saat bagian luar dipegang tidak terasa panas.

Untuk bahan bakarnya bisa menggunakan tabung gas 3 kg dan 12 kg. Cocok digunakan untuk membuat kue kering, roti bakar, lapis legit, dan aneka kue lainnya.

Bentuknya bisa dibilang berbeda dengan oven rumahan lain. Ada kaki penyangga, seperti berdiri di meja atau tripod. Kaki-kaki ini mempunyai roda untuk kemudahan memindahkan oven. Susunan kabel di belakangnya juga dapat terjalin rapi karena adanya jalur dan jepitan selang gas di bagian belakang.

Penggunaan material berkualitas membuat daya tahan oven ini semakin memuaskan. Mulai dari pancaran panas tinggi secara terus menerus, korosi akibat bahan makanan yang tertetes di bagian dalam, sampai ke kelembapan yang beresiko meningkatkan korosi.

  • Harga Rp 6.841.000

5. Getra

Merek Getra tentu sudah tidak asing lagi di telinga. Brand ini memiliki varian produk di bidang kebutuhan rumah tangga yang tidak terhitung jumlahnya. Termasuk oven gas unggulan mereka, Getra RFL 13SS Gas Baking Oven. Alat pemanggang roti yang menggunakan tenaga gas ini terbuat dari body full stainless steel dan panas atas serta panas bawah.

Body oven terbuat dari bahan full stainless steel dengan pengaturan suhu maksimal 400 derajat celcius. Tampilan digital memudahkan Sedulur mengontrol suhu di dalam oven. Pembelian oven mendapatkan bonus loyang dengan ukuran 40 x 60 cm.

  • Harga Rp 5.500.000-11.000.000

6. La Germania

Pexels/Cottonbro Studio

Oven gas La Germania F680 D9X memiliki kapasitas 65 liter dan dilengkapi fitur unggulan Active Fan Convection Gas Grill serta cooling fan yang menjaga suhu oven tetap stabil selama pemakaian. Desain oven yang ekonomis membuatnya mudah dibersihkan.

Penggunaan pintu kaca ganda di bagian dalam dan luar oven juga bisa dicabut untuk dibersihkan ketika sudah terlalu kotor. Suhu yang bisa dikeluarkan oven berkisar antara 50 sampai 250 derajat celcius.

  • Harga Rp 17.308.125 – 20.078.000

7. Winn Gas Kompor Standing 4 Tungku + Oven W5050

Winn Gas Kompor Standing 4 Stove + Oven W 5050 (Semi Otomatis) merupakan kompor yang memiliki 4 tungku disertai dengan oven yang cukup besar pada sisi bawahnya. Kompor berdesain mewah ini terbuat dari material plat berlapis kaca dengan burner cap berbahan kuningan, yang akan membuat kompor menjadi semakin tahan lama.

Winn Gas ini termasuk alat yang multifungsi bisa digunakan keperluan di rumah maupun tempat usaha kuliner. Memiliki sistem keamanan tingkat tinggi dan knob dengan pemantik atau penghidupan gasnya tanpa harus memakai korek api terlebih dahulu. Dimensi produknya 58 x 48.3 x 90.3 cm. Oven gas ini mudah dalam pemakaian.

  • Harga Rp 3.049.000

8. Indobake – Baker’s Friend Alpha Oven Deck Auto

Deck Oven Baker’s Friend menggunakan teknologi pembakaran otomatis yang memungkinkan pengaturan suhu pembakaran sehingga cocok untuk membuat berbagai macam kue. Oven ini menggunakan LPG sebagai bahan bakar pembakaran sehingga bisa digunakan tanpa memerlukan daya listrik yang tinggi.

Desain yang memungkinkan untuk ditumpuk setinggi tiga deck menjadikan oven tipe ini cocok untuk produksi skala menengah dalam ruang terbatas seperti toko roti atau industri rumah tangga. Daya listrik 100 watt, kapasitasnya 2 Loyang Ukuran 40 x 60 cm. Dimensi produk ini 141 x 98 x (H) 61 cm.

Harga Rp 13.200.000

9. Hock Oven Gas Portable Aluminium

Hock Oven Gas Portable Aluminium, rekomendasi oven gas terbaik untuk baking berukuran sedang, cocok buat Sedulur yang sedang merintis usaha baking. Fitur dari produk ini antara lain sistem pengaman anti bocor, dilengkapi sistem pengaman anti bocor yang dapat memutuskan aliran gas saat api tiba-tiba padam.

Body terbuat dari bahan aluminium yang kokoh dan tahan lama dengan nilai ekonomis tinggi. Oven Gas Hock telah didesain secara khusus untuk dapat memanggang segala jenis roti, kue, ikan dan daging. Pembakaran oven yang merata membuat hasil panggangan menjadi lebih nikmat.

Isi Hock Oven mulai dari 2 piring kue, 1 piring kawat, 1 piring panggangan ayam, knob plastik ABS, kaki anti slip. Menggunakan bahan bakar gas LPG. Dimensinya 399 x 415 x 550 cm. Pembelian alat oven ini akan mendapatkan garansi 3 tahun biaya servis dan 1 tahun sparepart pemantik dari toko.

Harga Rp 1.200.000

10. Bima

Bima Master 8044 adalah oven gas selanjutnya yang cocok untuk Sedulur gunakan berbisnis kue kering. Fitur unggulan dari oven ini adalah panas api atas dan api bawah seperti oven listrik. Oven serbaguna ini dapat digunakan untuk memanggang roti, kue, dan makanan lainnya.

Api atas cocok digunakan untuk makanan seperti lapis legit, pastel tertutup, dan makanan lain yang berada di tahap akhir. Sementara itu api bawah lebih cocok untuk kue kering.

Ukuran oven adalah 80 x 70 x 57 cm dengan 2 rak yang bisa menampung beberapa buah loyang sekaligus. Sedulur bisa memanggang kue kering dalam jumlah besar tanpa harus memakan banyak waktu.

Harga Rp 2.200.000-3.440.000

BACA JUGA: 17 Rekomendasi Microwave yang Awet dan Bagus Terbaru 2023

11. Rational

oven gas terbaik untuk baking
Unsplash/Tyson

Pemilihan oven sangat menentukan dalam berhasil atau tidaknya Sedulur membuat kue. Jangan sembarangan, utamakan kualitas saat Sedulur akan membeli kompor. Rational 6 Tray Gas Automatic Oven Combi bisa jadi pertimbangan.

Oven Rational hadir dalam dimensi 84,7 x 77,1 x 78,2 cm yang besar dan luas, mampu menampung hingga 6 loyang sekaligus dalam sekali waktu. 

Oven ini dapat digunakan untuk memanggang kue, roti, dan makanan yang lainnya. Kombinasi tenaga uap dan energi panas menghasilkan suhu panas ideal yang merata, mencegah makanan agar tidak gosong.

  • Harga Rp 100.000.000-286.530.000

12. Fomac BOVARF10H

Fomac BOVARF10H adalah oven gas yang cocok digunakan untuk usaha rumahan dengan kapasitasnya yang cukup besar. Dapat digunakan untuk memanggang roti dan berbagai macam olahan kue. Bagi Sedulur yang gemar membuat makanan jenis panggang, oven ini dapat menjadi pilihan.

Oven ini bisa dioperasikan secara otomatis dan tersusun atas dua rak sehingga mempermudah saat Sedulur memanggang dalam jumlah banyak dan menggunakan dua loyang. Jumlah raknya tergolong sedikit, karena bentuknya yang memanjang ke samping. Ini membuat masakan lebih dekat dengan elemen pemanas sehingga cepat matang.

Bentuknya yang memanjang ke samping juga membuatnya dapat digunakan untuk membuat pizza dalam ukuran sedang. Meski begitu, agar lebih optimal menghasilkan masakan, usahakan untuk memanaskan ruang pembakaran terlebih dahulu.

  • Harga Rp 6.263.000

13. Golden Star

Oven Gas Golden Star M-40 adalah produk dari brand Golden Star yang sudah terkenal akan kualitasnya. Oven terbuat dari bahan yang kuat dan kokoh serta mampu menyebarkan panas secara lebih merata. Fitur lainnya adalah sistem pengapian ganda atas dan bawah untuk memastikan kue bisa matang sempurna.

Lapisan cat pada body luar oven adalah cat tahan panas sehingga tidak akan luntur meski digunakan pada suhu tinggi mencapai 200 derajat celcius. Body oven memiliki ketebalan 0,8 mm dan dilengkapi dengan dua buah kaki yang kokoh.

  • Harga Rp 3.000.000-5.840.000

14. Modena

Oven gas dari brand Modena, yaitu Modena BO-2663 Oven Gas Prifilo hadir dalam warna hitam yang elegan. Oven ini memiliki tombol lampu terpisah yang tetap bsia dinyalakan meski oven sedang tidak digunakan. Oven ini memiliki dua pemanas, yaitu pemanas atas dan bawah yang dapat membuat kue matang secara merata.

Bahan pipa api yang digunakan adalah pipa hitam yang bisa menyalurkan panas secara cepat dan maksimal. Sementara itu bahan pembuat rak adalah kawat dan hollow. Miliki produk ini lewat marketplace kesayangan Sedulur.

  • Harga Rp 6.500.000-7.883.900

15. Primax

Terakhir ada Primax PMX PCH 10301 Gas Oven yang dirancang khusus untuk memanggang adonan roti dan kue hingga matang sempurna. Oven gas terbaik untuk baking satu ini dapat beroperasi secara otomatis dengan 3 deck rak, memungkinkan Sedulur memanggang banyak kue sekaligus.

Suhu pada oven dapat diatur mulai dari 30 sampai 300 derajat celcius. Tersedia alat pengukur suhu dan tampilan layar digital yang memudahkan Sedulur mengontrol panas oven agar tetap stabil.

Harga Rp 7.500.000-10.886.800

BACA JUGA: Jangan Sampai Salah! Ini 8 Perbedaan Oven dan Microwave

Ragam Jenis Oven Terbaik

Unsplash/Andrew Valdivia

Tentu saja gak hanya oven gas yang bisa Sedulur temui di pasaran. melainkan masih banyak jenis oven baking lain yang bisa Sedulur pilih sesuai dengan kebutuhan. Untuk itu, berikut ini beberapa jenis oven yang perlu Sedulur tahu.

  • Oven Listrik

Oven yang menggunakan listrik sebagai sumber daya adalah jenis oven yang paling praktis dan mudah digunakan. Ukuran oven listrik bervariasi sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Selain itu, ada juga oven listrik yang multifungsi karena merangkap sebagai microwave.

Keunggulan dari oven listrik adalah suhu dan waktu memanggang yang bisa diatur. Tinggal tekan dan atur, Sedulur bisa meninggalkan oven dan melakukan hal lainnya tanpa khawatir makanan akan gosong. Oven listrik juga punya dua fitur panas yaitu api bawah dan api atas yang bisa digunakan secara terpisah atau langsung sekaligus.

  • Oven Konveksi

Ciri khas dari oven konveksi adalah kipas yang ada di dalam oven. Kipas ini berfungsi untuk memutar udara panas di dalam oven ketika dinyalakan sehingga panas oven bisa tersebar secara merata dan tidak terpusat hanya pada satu titik saja.

Makanan yang dipanggang di dalam oven ini bisa matang dengan sempurna dan dari segi waktu jauh lebih efisien. Penggunaan oven ini menghemat waktu hingga 10 sampai 20 persen dibandingkan dengan oven biasa. Waktu dan suhu juga bisa Sedulur atur sendiri sesuai kebutuhan.

  • Oven Konvensional

Oven konvensional ini sering ditemukan di rumah-rumah di Indonesia. Kompor ini menyatu dengan kompor gas, tepatnya di bagian bawah tungku kompor. Tenaga yang digunakan oleh oven konvensional berasal dari listrik dan gas.

Keunggulan yang ditawarkan oleh oven ini adalah bodinya yang kuat dan kokoh serta fitur lengkap lainnya seperti pengaturan suhu, waktu, dan lampu di dalam oven. Ukuran oven ini biasanya cukup besar sehingga bisa digunakan untuk memanggang kue dan makanan dalam jumlah banyak sekaligus. Sayangnya, oven ini punya sistem pemanasan yang kurang merata.

  • Oven Kompor

Di antara semua jenis oven yang ada, mungkin oven ini yang paling tradisional. Inilah oven yang dipanaskan dengan kompor dan sering disebut oven tangkring atau otang. Oven ini terbuat dari besi dan alumunium yang bisa menghantarkan panas dengan baik dan merata.

Ada dua jenis oven kompor yang bisa dipilih yaitu yang bagian atasnya lurus dan yang memiliki cekungan. Oven yang memiliki cekungan biasanya digunakan untuk memanggang kue, dan di dalam cekungan tersebut diberi arang untuk memberikan panas dari sisi atas.

Dari segi harga, oven ini tentu yang paling ekonomis. Karena ukurannya yang tidak terlalu besar, oven ini hanya cocok untuk penggunaan pribadi saja hingga bisnis skala kecil. Keunggulan oven ini tentu mudah dipindahkan dan lebih cepat panas.

Sayangnya tidak ada pengaturan suhu pada oven sehingga Sedulur harus sering-sering mengeceknya dengan termometer terpisah. Api kompor juga harus terus disesuaikan agar makanan di dalam oven tidak gosong.

  • Oven Gas

Untuk Sedulur yang tertarik berbisnis kue kering atau memang sudah merintis usaha ini, oven gas adalah jenis oven yang paling cocok untukmu. Oven ini mampu menampung kue dan makanan lainnya dalam jumlah besar. Karena kapasitas yang mumpuni, oven ini dibanderol dengan harga lumayan mahal.

Sesuai namanya, oven ini menggunakan panas yang bersumber dari gas LPG. Fitur panas pada oven ini bekerja secara otomatis dan dilengkapi dengan sistem pemanasan atas dan bawah sehingga makanan dapat matang secara lebih merata.

Itulah tadi berbagai merek oven gas terbaik untuk baking yang bisa Sedulur pilih. Oven gas merupakan oven berkapasitas besar yang menggunakan energi gas elpiji. Kapasitas besar ini membuatnya lebih hemat daripada oven listrik saat dipakai untuk memasak dalam jumlah besar.

Semoga artikel ini bisa memberi Sedulur banyak pilihan dalam memilih oven ya.