brand saklar terbaik

Saklar merupakan sebuah peralatan listrik yang berfungsi untuk menghubungkan dan memutuskan aliran listrik. Alat ini berupa tuas atau tombol untuk mengendalikan aliran listrik secara langsung. Nah, lantas apakah Sedulur sudah tahu brand saklar terbaik?

Untuk saat ini ada banyak sekali brand atau merk saklar yang dapat ditemukan. Dari yang harganya murah hingga yang sangat mahal sekalipun. Tentu saja tiap merk memiliki kualitas masing-masing. Tidak selamanya saklar yang mahal lebih baik dari saklar yang lebih murah.

Selain itu, fitur yang ada pada saklar tersebut juga bisa menentukan harga jualnya. Nah, daripada Sedulur merasa bingung saat memiliki saklar, berikut ini ada beberapa brand saklar terbaik yang dapat menjadi referensi. Simak dengan baik informasi yang ada di bawah ini!

BACA JUGA: 13 Merk Kabel Listrik Terbaik dengan SNI di Tahun 2023!

1. Philips

brand saklar terbaik
Pexels/Max Rahuboskiy

Jika berbicara soal kualitas, sepertinya brand Philips telah menjadi kepercayaan banyak orang, terutama terkait barang-barang elektronik. Ya, seperti yang sudah kita tahu, bahwa Philips menjadi salah satu produsen peralatan elektronik yang produknya telah mendunia.

Mulai dari peralatan besar seperti magic com, blender, kulkas, hingga perangkat pendukung kelistrikan rumah seperti lampu, stopkontak, dan pastinya saklar. Tentu saja saklar yang diproduksi oleh Philips memiliki kualitas unggulan yang tidak perlu untuk diragukan lagi.

Pasalnya saklar dari Philips ini telah mengantongi sertifikat standar nasional Indonesia (SNI) dan bahkan berstandar internasional, yakni International Electrotechnical Commission (IEC), lho. Nah, saklar listrik yang satu ini juga dibuat dengan menggunakan material metal yang tidak mudah panas.

Jadi soal keamanan dan kemampuan, Sedulur bisa mengandalkan saklar dari Philips. Terdapat beberapa pilihan model saklar Philips yang bisa dipilih. Mulai dari saklar single, saklar double, saklar dan stopkontak, dan lain sebagainya. Untuk harganya, mulai dari Rp15.000 sampai Rp200.000.

2. Broco

Rekomendasi brand saklar terbaik yang berikutnya adalah Broco. Bagi yang sudah sering membeli peralatan listrik, tentu sudah tidak asing dengan brand satu ini. Ya, Broco memang brand yang sudah ada sejak lama dan masih eksis hingga saat ini. Kualitasnya pun juga telah dipercaya sejak dulu.

Broco menjadi salah satu produsen saklar yang sangat populer. Hal ini tentu saja tidak terlepas dari kualitas yang dimilikinya, terlebih produk saklar yang ditawarkan mempunyai banyak sekali pilihan tipe, jenis, serta model.

Kebanyakan saklar dari Broco memiliki desain yang sederhana, namun tampilannya terlihat elegan dan juga modern. Ditambah lagi, Broco juga menyediakan beberapa warna yang keren. Maka dari itu, saklar yang satu ini mampu mempermanis tampilan dinding dan interior ruangan rumah Sedulur.

Kemudian untuk harga, bisa dibilang jika harga saklar Broco sedikit lebih mahal dari merk lain. Broco membanderol produk saklarnya mulai dari Rp20.000. Kendati demikian, harga tersebut sebanding dengan kualitas dan keawetannya.

3. Swimseivs

Produk ini seringkali direkomendasikan bagi Sedulur yang sedang mencari saklar yang tidak hanya terlihat mewah saja, namun juga aman dan tahan lama. Dapat dikatakan jika tutup atau cover dari produk saklar ini telah dilapisi dengan polikarbonat.

Polikarbonat sendiri adalah bahan yang dikenal akan ketahanannya terhadap suhu berlebih serta api. Oleh karena itu, keamanan rumah Sedulur akan lebih terjamin jika menggunakan produk saklar dari Swimseivs ini.

Tidak hanya sampai disitu, tampilannya juga tampak mewah berkat adanya sentuhan warna emas yang tampak modern dan berkelas. Tidak usah khawatir, produk dari Simeivs telah memiliki sertifikasi standar keamanan dari China atau yang sering disebut dengan CCC.

Akan tetapi, ada kekurangan dari saklar ini yang mungkin harus Sedulur pertimbangkan. Kekurangan tersebut, ada pada bagian tutup atau cover saklar yang rentan terhadap goresan, sehingga menimbulkan bekas yang kurang enak dilihat. Jika tidak masalah, maka bisa membelinya dengan harga mulai dari Rp36.000.

4. Dutron

Bagi Sedulur yang sedang mencari model saklar gantung yang terkesan klasik, maka dapat memilih produk saklar dari Dutron. Produk yang satu ini menjadi rekomendasi saklar paling ekonomis untuk Sedulur. Kendati demikian, bukan berarti produk ini sifatnya murahan dan kualitasnya tidak bagus.

Saklar dari brand Dutron ini dibuat dari bahan PVC khusus yang memiliki sifat anti-panas. Menariknya, Sedulur tetap dapat menggunakan saklar ini pada tegangan mencapai 250 volt, lho! Modelnya yang menggantung, juga membuat pemasangannya terasa lebih mudah.

Jika Sedulur membutuhkan saklar tetapi tidak menemukan tembok atau media lain yang cocok dan pas, maka penggunaan saklar ini merupakan solusi yang terbaik. Saklar ini bisa dipasang atau lebih tepatnya digantungkan dimana saja, tanpa harus ditempelkan di tembok.

Akan tetapi, desain yang terkesan kuno membuatnya kurang cocok untuk ruangan yang bertema modern dan estetis. Selain itu, beberapa pengguna mengatakan jika desain dari saklar ini terlihat kurang presisi. Nah, untuk harganya sangat murah, yakni mulai dari Rp2.000 saja.

5. Architech

Berbanding dengan brand saklar yang sebelumnya, Architech menghadirkan saklar dengan desain yang modern, mewah, dan juga elegan. Kemudian untuk kualitas, sepertinya Sedulur sudah tidak perlu meragukannya lagi. Sudah banyak orang yang telah membuktikannya.

Saklar Architech sendiri terbuat dari kombinasi bahan PC, aluminium, stainless 304, serta titanium yang berkualitas tinggi. Ditambah lagi, saklar tersebut juga rendah karbon, sehingga dapat meminimalkan dampak buruk terhadap lingkungan alias ramah lingkungan.

Menariknya, Architech juga menyediakan model saklar empat gang yang dapat dioperasikan untuk empat lampu sekaligus. Jadi, jika Sedulur butuh satu saklar untuk mengontrol beberapa lampu sekaligus, maka produk dari Architech ini menjadi pilihan yang paling tepat.

Namun Sedulur harus selalu memperhatikan penggunaannya, karena bahan pembuat saklar ini cukup rentan terhadap goresan yang menimbulkan bekas. Selain itu, siapkan dana lebih jika ingin menggunakannya. Harga saklar dari Architech ini relatif mahal, yakni di atas Rp100.000.

BACA JUGA: 17 Merk AC Terbaik 2023, Dingin dan Hemat Listrik!

6. Bardi

Saklar lampu
Unsplash/Kristine Zalakmentina

Rekomendasi brand saklar terbaik yang berikutnya adalah Bardi. Bardi menjadi salah satu pelopor produk saklar canggih yang kini mulai banyak digunakan. Bagi Sedulur yang mengidamkan konsep rumah pintar atau smart home, tentu saja wajib untuk menggunakan model saklar yang satu ini.

Cara untuk mengoperasikannya juga sangat mudah, yakni hanya melalui sentuhan saja. Selain itu, Sedulur juga dapat mengendalikannya melalui aplikasi yang ada di smartphone. Tidak hanya sekadar menyalakan dan mematikan lampu pada saat itu saja, bahkan Sedulur juga bisa dapat mengatur jadwal dengan menerapkan timer.

Nyala dan mati lampu bisa diatur secara otomatis melalui saklar yang terhubung dengan smartphone. Selain itu, setiap lampu bisa Sedulur beri nama. Dengan begitu, maka risiko salah mengoperasikan lampu jadi berkurang. Bagaimana? Yakin tidak ingin memiliki saklar secanggih ini di rumah?

Nah, jika Sedulur membeli saklar dari Bardi, maka perlu mengaturnya terlebih dahulu melalui smartphone. Kemudian saklar dipasang dengan kabel netral. Memang pemasangannya cukup ribet, namun hasilnya dijamin tidak mengecewakan. Saklar pintar dari Bardi dibanderol sekitar Rp200.000.

7. Matsui

Kembali lagi ke model saklar gantung, kali ini ada rekomendasi saklar gantung keluaran Matsui. Dapat dikatakan jika tidak sedikit orang yang lebih suka tidur di dalam kondisi yang gelap. Namun, saat kondisi sangat mengantuk, mereka seringkali merasa malas beranjak dari tempat tidur hanya untuk menekan tombol saklar di tembok dan mematikan lampu.

Untuk mengatasi permasalahan semacam itu, ada baiknya bagi Sedulur untuk menggunakan model saklar gantung seperti produk dari Matsui ini pada lampu tidur. Dengan begitu, maka saklar lampu dapat diletakkan di samping area tempat tidur, sehingga lebih mudah dijangkau. Sedulur pun dapat lebih mudah mematikan lampu, dan bisa langsung kembali merebahkan diri dan tidur dengan lebih cepat.

Sama seperti kebanyakan model saklar gantung, harga saklar gantung dari Matsui ini juga terbilang sangat ramah di kantong. Sedulur bisa memilikinya hanya dengan harga mulai dari Rp3.000 saja. Namun desain saklar gantung memang terlihat kurang menarik, dan tidak cocok untuk ruangan yang mengusung tema estetis.

8. Panasonic

Seperti yang telah kita ketahui, Panasonic menjadi salah satu brand produk elektronik terbaik hingga saat ini. Tentu saja brand tersebut juga menyediakan berbagai produk saklar lampu. Ada banyak model dan jenis saklar lampu Panasonic yang bisa Sedulur pilih.

Dari sekian banyak produk yang ada, ada satu produk yang benar-benar menarik. Ya, bagi yang sedang mencari saklar lampu untuk rumah dari bahan kayu, maka Panasonic menyediakan jenis outbow yang memang dikhususkan untuk penggunaan pada rumah kayu.

Produk tersebut memiliki kelebihan, berupa proses karena instalasinya yang sangat mudah dan juga praktis. Sedulur hanya perlu menggunakan sekrup untuk memasang dan menempelkannya pada dinding, sehingga bahan kayu tetap terjaga dan tidak rusak.

Selain itu, model saklar ini juga dibuat dari bahan yang tahan panas dan tidak mudah terbakar. Jadi Sedulur tidak perlu khawatir lagi tentang keamanannya. Harga dari saklar ini juga cukup terjangkau, yakni sekitar Rp14.000 saja. Akan tetapi, desain outbow sendiri memang terasa kurang cocok jika Sedulur lebih mementingkan estetika.

9. Bright-G

Dengan banderol harga yang cukup terjangkau, Bright-G benar-benar dirancang dengan kualitas terbaik di kelasnya. Bright-G adalah produk turunan dari sebuah perusahaan Shukaku, Bright-G dengan konsep produk berkualitas yang ramah kantong.

Bisa dibilang memang Bright-G dipersiapkan untuk menyasar pasar di Indonesia yang lebih luas. Sedulur bisa menemukan berbagai macam jenis dan model saklar dari Bright-G. Namun dari beberapa model yang tersedia, model saklar + stopkontak menjadi yang paling sering dicari.

Selain saklar lampu, stopkontak juga menjadi aspek yang harus dipasang ketika instalasi listrik rumah. Agar lebih simpel, Bright-G hadir dengan produk yang menggabungkan fungsi saklar dan stopkontak dalam satu alat. Tentu saja harganya juga sangat terjangkau, yakni sekitar Rp5.000 saja.

Dengan begitu, maka Sedulur dapat lebih hemat biaya, tenaga, dan waktu pemasangan. Terlebih lagi, saklar ini dapat dipasang tanpa harus melubangi tembok dulu. Akan tetapi, kekurangannya adalah tidak cocok untuk kepala steker besar, karena tombol switch akan terhalang.

10. Schneider Electric

Rumah yang Sedulur miliki mengusung konsep nature? Jika begitu, maka saklar dari Schneider Electric ini sepertinya sangat cocok untuk dipilih. Produk tersebut didesain dengan motif kayu yang tampak alami, sehingga mampu mendukung konsep rumah yang dimiliki.

Tidak hanya itu, Schneider Electric juga membuat saklar ini dengan bentuk yang sangat tipis dan datar. Jadi bagian tembok yang ada saklarnya akan tampak lebih mewah dan elegan. Sedulur dapat menggunakan model saklar dua arah ini untuk mengontrol lampu dari ruangan yang berbeda.

Sebagai contoh, lampu teras dapat dikendalikan dari lantai satu maupun lantai dua. Hal itu tentu saja akan membuat penggunaan saklar terasa sangat praktis, bukan? Sedulur tidak perlu repot-repot menuju ke ruangan dimana lampu yang ada di dalamnya ingin dinyalakan atau dimatikan.

Namun perlu untuk diketahui, bahwa pemasangan atau instalasinya memang sedikit rumit karena menggunakan tipe dua arah. Jadi pastikan Sedulur paham terlebih dahulu sebelum mulai memasangnya. Kemudian untuk harganya, Schneider Electric membanderol produk saklarnya ini sekitar Rp170.000.

11. Fantech

Salah satu brand elektronik dalam negeri yang sudah go internasional, Fantech juga tidak mau ketinggalan dalam merilis saklar terbaik. Salah satu produk saklar terbaik yang dimilikinya adalah Fantech Smart Wall Switch. Ini adalah solusi pintar untuk mengontrol perangkat elektronik serta pencahayaan melalui sentuhan dan aplikasi.

Bahkan saklar pintar ini juga telah dilengkapi dengan kemampuan voice control, yang kompatibel dengan Alexa dan Google Home. Saklar buatan Fantech ini menawarkan kontrol yang nyaman dan modern. Kemudian dari segi desain, saklar ini memadukan teknologi canggih dengan kebutuhan kontemporer.

Walaupun masih menggunakan dudukan seperti saklar tradisional, Sedulur harus memperhatikan jika penghubung negatif juga diperlukan, selain kabel positif. Nah, ada berbagai fitur menarik yang dimiliki oleh peralatan listrik ini.

Mulai dari kontrol multi-perangkat, pengaturan jadwal, penghitungan mundur, hingga kemampuan sentuh langsung. Intinya, Fantech Saklar Smart Wall Switch siap melayani kebutuhan modern dalam hal pengendalian perangkat listrik. Lalu untuk harganya, yakni antara Rp 169.000 hingga Rp499.000.

12. Simon

brand saklar terbaik
Pixabay/Joffi

Rekomendasi brand saklar terbaik yang terakhir yakni Simon. Ya, mungkin nama dari brand ini cukup jarang didengar, namun kualitas yang diberikannya patut untuk diapresiasi. Salah satu produk dari Simon yang menarik untuk digunakan adalah Simon i7 Grey Switch 2-Gang 1-Way.

Simon i7 Grey Switch 2-Gang 1-Way merupakan pilihan yang sangat tepat dan elegan dalam hal pengendalian pencahayaan serta perangkat. Saklar ini tidak jadi satu dengan frame dalam paket penjualannya.

Jadi jika Sedulur ingin menggunakan sakar berukuran 7,5×7,5cm ini, perlu membeli frame khusus Simon i7 untuk bisa memasangnya. Nah, produk dari Simon sendiri dikenal dengan bahan pembuatannya dari PC yang berkualitas. Dengan rating tegangan 16A/250V, saklar tersebut mampu menyediakan memberikan konektivitas dengan terminal sekrup yang sangat aman.

Selain itu, saklar ini juga telah dilengkapi dengan perlindungan IP20, yang cocok dan aman untuk lingkungan di dalam ruangan. Kemudian untuk harganya, Sedulur dapat menemukan saklar dari Simon di pasaran dengan banderol harga antara Rp43.000 sampai Rp170.000.

Dari beberapa brand saklar terbaik yang sudah disebutkan di atas, apakah ada yang menarik minat Sedulur? Ya, pemilihan saklar untuk rumah sendiri memang tidak boleh sembarang dilakukan. Selain desain yang cantik dan cocok dengan konsep rumah, jangan lupakan keamanan dan ketahanannya.

Bukan hanya itu, jika Sedulur belum pernah atau tidak tahu sama sekali cara memasang saklar yang benar, ada baiknya untuk meminta bantuan orang yang ahli. Pasalnya pemasangan saklar yang salah bisa saja menyebabkan sesuatu yang buruk di masa mendatang.