tugas malaikat mikail

Tugas Malaikat Mikail apa saja sih yang Sedulur tahu selain memberikan rezeki? Kali ini Aplikasi Super akan membahasnya secara lengkap

Malaikat adalah makhluk ciptaan Allah yang akan selalu tunduk dan taat atas segala perintah Allah SWT. Bahkan beriman kepada malaikat menjadi rukun iman kedua setelah iman kepada Allah. Malaikat pun diciptakan lengkap dengan tugas-tugasnya. Karena seperti Sedulur tahu, 10 malaikat dan tugasnya telah ditentukan oleh Sang Maha Pencipta.

Seperti salah satunya adalah Malaikat Mikail. Apa tugas Malaikat Mikail yang Sedulur ketahui? Kali ini Aplikasi Super akan coba jelaskan tugas Malaikat Mikail secara lengkap. Berikut pembahasan yang bisa Sedulur simak.

BACA JUGA: Manfaat Hidup Rukun & Nilai Yang Wajib Diajarkan di Rumah

-->

1. Mengatur Rezeki

tugas malaikat mikail
Unsplash

Tugas Malaikat Mikail adalah yang pertama dan utama mengatur rezeki. Secara lengkap, ia bertugas untuk mengatur dan memberikan rezeki kepada semua makhluk yang ada di bumi. Itu berarti rezeki yang diatur oleh Malaikat Mikail tidak hanya ditujukan untuk manusia saja, tetapi seluruh makhluk Allah yang ada di bumi.

2. Tugas Malaikat Mikail mengatur hujan dan semua yang ada di bumi

Unsplash

Ternyata hal yang harus dikerjakan Malaikat Mikali tak hanya soal mengatur rezeki seluruh makhluk yang ada di bumi. Tugas lainnya yang harus ia lakukan adalah mengatur hujan, angin, dan tanaman yang ada di bumi. Semua yang terjadi tersebut sepenuhnya di bawah kendali Malaikat Mikail dan yang paling penting atas seizin Allah.

BACA JUGA: 20 Sifat Wajib Allah dan Makna Sebenarnya, Wajib Tau!

3. Memusuhi orang kafir

Dikutip dari Tirto.id, ada satu lagi hal penting yang dilakukan oleh Malaikat Mikail selain mengatur rezeki, hujan, dan segala yang ada di bumi. Tugas penting tersebut adalah memusuhi orang kafir. Malaikat Mikail melakukan tugas ini bersama Malaikat Jibril.

Adapun tugas Malaikat Mikail dan dalilnya tertera pada Q.S Al-Al Baqarah {2}:98. Dalil tersebut berbunyi:

“Barang siapa menjadi musuh Allah, malaikat-malaikat-Nya, rasul-rasul-Nya, Jibril dan Mikail, maka sesungguhnya Allah musuh bagi orang-orang kafir.”

10 Malaikat dan tugasnya:

Setelah membahas tentang tugas Malaikat Mikail, kali ini kita akan membahas 10 malaikat dan tugasnya yang wajib dihafalkan. Sedulur harus mengetahui semua tugas-tugas mereka agar dapat mengimani sesuai yang tertera dalam rukun Islam.

1. Malaikat Jibril

Malaikat Jibril adalah malaikat pertama yang harus dikenal. Tugas utama Malaikat Jibril adalah menyampaikan wahyu dari Allah SWT kepada rasul.

Namun saat ini sudah tidak ada nabi dan rasul. Sebab Nabi Muhammad SAW adalah nabi dan rasul terakhir yang mendapat wahyu dari Malaikat Jibril. Oleh karena itu, tugas lain Malaikat Jibril adalah meniupkan roh pada setiap janin yang ada dalam kandungan.

2. Malaikat Mikail

Seperti telah dijelaskan di atas, Malaikat Mikail memiliki tugas memberikan rezeki kepada seluruh makhluk yang ada di bumi. Selain itu, Malaikat Mikail juga mengatur seisi bumi seperti hujan, angin, serta tanaman seizin Allah SWT.

3. Malaikat Israfil

Malaikat ketiga yang harus Sedulur imani adalah Malaikat Israfil. Ia bertugas untuk meniupkan terompet sangkakala di hari kiamat. Saat terompet ini ditiup pertama kali oleh Malaikat Israfil atas seizin Allah, maka semua makhluk bernyawa di muka bumi akan mati.

Setelah semua makhluk mati, Allah SWT akan menghidupkan Malaikat Israfil kembali dan menyuruhnya untuk meniupkan terompet sangkakala yang kedua kali untuk menghidupkan semua makhluk hidup. Inilah yang disebut dengan hari kebangkitan.

3. Malaikat Izrail

Semua makhluk hidup di dunia ini pasti mati. Inilah tugas Malaikat Izrail yang bertugas untuk mencabut nyawa seluruh makhluk hidup yang ada di muka bumi ini.

Tak ada satupun makhluk hidup yang bisa lolos dari kematian dan menghindari takdirnya meninggal jika sudah waktunya.

4. Malaikat Munkar

Malaikat Munkar cukup ditakuti karena dialah yang akan menanyakan tentang keburukan manusia di alam kubur. Ia akan bertanya tentang keimanan seseorang yang berbuat banyak keburukan semasa hidupnya.

Konon, ia akan datang dengan wujud yang seram sambil membawa senjata yang disebut godam. Ketika manusia tak bisa menjawab pertanyaannya maka ia akan memukulkan godam itu kepada manusia hingga hancur. Lalu dibangkitkan lagi untuk diberikan pertanyaan yang sama, dan dihancurkan lagi ketika tak bisa menjawab. Hal itu akan berulang hingga hari kebangkitan tiba.

6. Malaikat Nakir

Kebalikan dengan Malaikat Munkar, Malaikat Nakir bertugas menanyai manusia dalam kubur. Ia bertanya seputar kebaikan yang dilakukan semasa hidup. Ia akan datang dalam bentuk yang rupawan dan siapapun yang didatanginya pasti masuk surga.

7. Malaikat Raqib

Semua manusia yang mengamalkan perbuatan baik di dunia, akan dicatat oleh Malaikat Raqib. Ia akan mencatat seluruh amal baik manusia, tanpa terlewat satu amalan pun.

8. Malaikat Atid

Sebaliknya jika manusia melakukan perbuatan buruk, maka semua amalan buruk tersebut akan dicatat oleh Malaikat Atid. Ia akan selalu mencatat semua tindakan buruk yang dilakukan oleh manusia.

9. Malaikat Malik

Mailakat selanjutnya adalah Malaikat Malik. Ia bertugas menjaga pintu neraka.

10. Malaikat Ridwan

Malaikat terakhir yang harus diimani adalah Malaikat Ridwan. Ia bertugas menjaga pintu surga.

Setelah mengetahui secara menyeluruh 10 malaikat dan tugasnya, semoga membuat Sedulur yang beragam muslim lebih meyakini rukun iman dalam Islam. Semoga informasi yang diberikan Aplikasi Super bisa menambah pengetahuan Sedulur ya.