kegiatan seru anak saat puasa

Sebentar lagi setiap umat muslim yang ada di seluruh dunia akan melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadan. Bagi orang dewasa, menjalankan ibadah puasa merupakan hal berat yang sudah biasa sehingga bisa dijalankan dengan lancar.

Berbeda dengan anak-anak, terutama anak yang baru belajar untuk berpuasa, tentu kegiatan puasa di bulan Ramadan terasa begitu berat. Untuk mengurangi beban berat anak-anak selama puasa di bulan Ramadan, maka Sedulur perlu melakukan kegiatan seru anak saat puasa Ramadan.

Di bawah ini, ada beberapa rekomendasi kegiatan seru anak saat puasa Ramadan yang bisa Sedulur coba terapkan bersama anak-anak. Yuk, mari langsung kita simak penjelasannya di bawah ini!

BACA JUGA: 10 Animasi Tentang Puasa yang Cocok untuk Tontonan Anak

1. Berbincang di waktu senggang

kegiatan seru anak saat puasa
iStock

Kegiatan seru anak saat puasa Ramadan adalah dengan berbincang di waktu senggang bersama orangtua. Berbincang merupakan kegiatan yang tidak membutuhkan banyak aktivitas fisik, tentu tidak akan melelahkan, baik untuk anak atau untuk Sedulur sebagai orangtua.

Kegiatan berbincang bisa Sedulur gunakan untuk menjelaskan tentang tujuan dari berpuasa di bulan Ramadan, manfaat untuk tubuh dan keimanan seperti apa? Apa saja yang didapatkan oleh anak-anak ketika berpuasa selama Ramadan.

Sedulur bisa menyelaskan bagaimana berpuasa itu ternyata menyenangkan, ini juga bisa sebagai modal untuk menanamkan keyakinan pada anak untuk beribadah sejak dini.

2. Ajak berlomba untuk berbuat baik

iStock

Selama bulan Ramadan, setiap ibadah yang dilakukan oleh umat muslim akan berlipat ganda. Maka dari itu, setiap umat muslim selalu berlomba untuk melakukan hal baik yang mengandung nilai ibadah dan mendapatkan pahala.

Nah, Sedulur sebagai orangtua bisa mengajak anak untuk berlomba berbuat baik. Saat berbincang di waktu senggang bersama anak, Sedulur bisa menjelaskan terkait berbuat hal baik selama Ramadan. Selanjutnya praktikkan dengan berlomba melakukan hal baik.

Banyak hal-hal baik yang bisa diperlombakan, seperti beberes dan bebersih rumah, atau sesederhana merapikan kamar atau setiap mainan yang telah digunakan. Dengan begitu anak juga akan tertanam hal-hal baik di saat bulan Ramadan.

3. Berbagi takjil

kegiatan seru anak saat puasa
iStock

Salah satukegiatan seru anak saat puasa Ramadan yang bisa diajarkan kepada anak yaitu dengan berbagi takjil. Jika sulit mencari kegiatan untuk berbuat hal baik, salah satu rekomendasi yang bisa Sedulur lakukan yaitu dengan berbagi takjil.

Kegiatan ini juga sangat seru karena Sedulur bersama anak-anak bisa sambil sekalian ngabuburit menunggu waktu berbuka. Kegiatan ini juga bisa sebagai agenda Sedulur sebagai orangtua untuk menanamkan kebaikan dalam berbagi rezeki, terutama di bulan Ramadan.

4. Membaca kisah-kisah nabi

iStock

Salah satu kegiatan seru anak saat puasa Ramadan yaitu dengan membaca kisah-kisah nabi. Biasanya akan banyak tayangan-tayangan di TV atau Youtube yang membahas kisah-kisah nabi, agar dapat diteladani perjalanan hidupnya oleh kita umat muslim saat ini.

Sedulur bisa meneruskan kisah-kisah nabi dan diceritakan kepada anak, selain efektif menghabiskan waktu dan menunggu buka puasa, anak-anak juga bisa mendengarkan kisah-kisah perjuangan nabi dalam menegakkan agama Allah SWT.

Hal ini juga bertujuan untuk mengajarkan anak bagaimana sifat-sifat nabi yang perlu diteladani dan dijadikan sebagai rujukan untuk menjalani hidup.

5. Membaca buku cerita

kegiatan seru anak saat puasa
iStock

Jika kisah-kisah nabi dirasa terlalu berat untuk dimengerti oleh anak-anak dan Sedulur kesulitan mencari bahasa yang tepat untuk dijelaskan kepada anak, Sedulur bisa menganti bacaan dengan membaca buku buku cerita anak yang mudah dimengerti anak.

Membaca buku cerita juga bisa melatih anak untuk tetap berkonsentrasi selama puasa di bulan Ramadan. Banyak cerita Islami yang bisa jadi rekomendasi untuk Sedulur bacakan.

Dengan membaca buku cerita, Sedulur bisa mengajari anak-anak agar lebih paham tentang makna Islam dan berpuasa karena dikemas dalam bentuk cerita yang tidak membosankan. Waktu menunggu buka pun diisi dengan kegiatan baik yang bermanfaat.

6. Mengaji bersama

iStock

Rekomendasi kegiatan seru anak saat puasa Ramadan yang sekaligus hal baik yang bernilai pahala yaitu dengan mengaji bersama. Si kecil juga bisa sekaligus belajar menghafal dan melantunkan ayat-ayat suci Al-Quran. Banyak pahala yang akan didapatkan oleh anak-anak dan Sedulur selama bulan puasa.

Tidak hanya itu, dengan mengaji Sedulur bisa menemukan ketenangan dan merasa lebih dekat dengan anak. Anak-anak juga bisa terbiasa dengan kegiatan baik selama bulan puasa.

7. Berolahraga bersama

kegiatan seru anak saat puasa
iStock

Berolahraga bisa menjadi kegiatan seru anak saat puasa Ramadan, namun tidak disarankan menjalankan olahraga yang berat, bukan berbahaya untuk anak namun juga untuk Sedulur sebagai orangtua juga akan berbahaya.

Olahraga ringan yang bisa dilakukan seperti jalan-jalan sore atau bersepeda keliling kompleks rumah sambil menunggu waktu membuka puasa. Tubuh pun akan lebih sehat karena melakukan kegiatan fisik yang bisa membakar lemak dan kalori tubuh yang berlebih.

8. Melukis mengisi waktu senggang

iStock

Sedulur bisa melakukan kegiatan melukis bersama anak untuk mengisi waktu senggang selama berpuasa. Kegiatan ini juga bisa sebagai agenda untuk mengajarkan si kecil menganal gambar, warna dan merangsang kemampuan visual anak.

Selain itu, kegiatan ini juga dapat meningkatkan kreativitas anak dan mengembangkan fungsi sensorik dan motorik anak. Sehingga anak bisa mengalami perkembangan dan pertumbuhan yang baik.

9. Memainkan permainan seru

kegiatan seru anak saat puasa
iStock

Kegiatan seru anak saat puasa Ramadan yang bisa dilakukan yaitu dengan memainkan berbagai permainan seru, Seperti misalnya bermain ular tangga atau bermain monopoli (pasar monopoli. Permainan ini sangat terkenal dan umum dijadikan permainan anak selama bulan Ramadan.

Dengan memainkan permainan-permainan seru waktu berpuasa tidak terasa dan hal ini bisa membuat anak-anak tidak begitu merasa berat menjalankan puasa Ramadan.

BACA JUGA: Rekomendasi Olahraga Saat Puasa dan Tips Menjalankannya

10. Memasak bersama untuk buka puasa

iStock

Rekomendasi kegiatan seru anak saat puasa Ramadan yang terakhir yaitu dengan memasak bersama untuk buka puasa. Sore hari merupakan waktu yang tepat untuk memasak menu buka puasa bagi keluarga, Sedulur bisa melibatkan anak-anak agar mengurangi rasa berat berpuasa seharian.

Kegiatan ini juga dapat membuat anak merasakan perannya bagi keluarga. Sedulur bisa meminta anak-anak untuk melakukan pekerjaan ringan seperti mencuci bahan makanan, mengaduk adonan hingga menyiapkan meja makan dan menyimpan menu buka puasa.

Dengan berbagai kegiatan seru anak saat puasa Ramadan di atas, Sedulur bisa mengajarkan banyak nilai bagi anak-anak selama bulan puasa, sekaligus menguatkan anak untuk tetap teguh dalam menjalankan puasa di bulan Ramadan.

Jangan lupa sebagai orangtua Sedulur harus memperhatikan asupan gizi anak selama berpuasa di bulan Ramadan. Sedulur bisa menyiapkan aneka kebutuhan asupan gizi anak dengan belanja di Aplikasi Super. Selain bahan-bahan yang terjamin kualitasnya, belanja di Aplikasi Super juga akan memudahkan Sedulur.

Sedulur hanya perlu belanja menggunakan aplikasi dan menunggu pesanan diantar ke rumah Sedulur. Aplikasi Super juga menyediakan banyak voucher dan promo menarik sehingga bisa membuat Sedulur lebih hemat. Jangan lupa gunakan Aplikasi Super untuk setiap kebutuhan Sedulur, ya! Bagi yang belum download aplikasinya, Sedulur bisa segera download di Playstore sekarang juga!