Bagi Sedulur yang bekerja dan beraktivitas sehingga si kecil di rumah tidak ada yang menjaga, tentu terpikir oleh Sedulur untuk merekrtut seorang baby sitter. Namun, pertimbangan sebelum merekrut yaitu mengetahui berapa gaji baby sitter di tahun 2023 ini.

Nah, dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas bersama berapa kira-kira gaji baby sitter secara rata-rata. Gaji tersebut bisa jadi pertimbangan bagi Sedulur untuk merekrut dan memperkerjakan seorang baby sitter. Lantas berapa kira-kira gaji baby sitter? Yuk mari langsung kita simak daftarnya di bawah ini!

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Tisu Kering Bayi yang Aman untuk Kulit

Apa itu Baby Sitter?

gaji baby sitter
The Japan Times

Sebelum mengetahui gaji baby sitter, tentu Sedulur harus mengetahui apa itu baby sitter sendiri. Baby sitter adalah orang yang bertanggung jawab menjaga dan merawat anak-anak di rumah. Baby sitter dipekerjakan oleh orangtua yang sibuk bekerja dan tidak memiliki waktu di rumah.

Baby sitter dapat melakukan tugas seperti memberi makan, mengganti popok, membantu anak-anak dalam kegiatan belajar, mengantar anak-anak ke sekolah atau menemani anak bermain. Tugas penting selanjutnya yaitu mengawasi anak-anak agar selalu merasa aman dan nyaman.

Pekerjaan Baby Sitter

gaji baby sitter
JDRF

Adapun pekerjaan baby sitter tidak hanya sebatas mengawasi anak-anak sebagaimana yang dijelaskan sekilas di atas. Namun ada beberapa pekerjaan dari baby sitter yang menjadi tugas dan tanggung jawabnya, yaitu:

  • Memberi makan anak-anak
  • Mengganti popok
  • Membantu anak dalam belajar
  • Mengantar anak ke sekolah atau tempat lainnya
  • Mengatur jadwal kegiatan anak-anak
  • Merawat anak-anak saat sakit

BACA JUGA:

Gaji Baby Sitter

gaji baby sitter
CNBC

Kali ini kita masuk ke pembahasan utama terkait gaji baby sitter. Tentu saja upah baby sitter sangat bervariasi yang dibedakan berdasarkan beberapa faktor. Seperti pengalaman, jam kerja, serta yayasan atau lembaga penyalur tempat baby sitter bekerja.

Adapun gaji baby sitter secara umum dan rata-rata adalah sebagai berikut:

  • Untuk seorang baby sitter baru yang belum berpengalaman, gaji yang diberikan sekitar Rp1,5 juta – Rp2,5 juta per bulan
  • Baby sitter berpengalaman: mulai dari Rp2,5 juta – Rp4,5 juta per bulan
  • Baby sitter dengan jam kerja panjang dan bekerj di perusahaan besar bisa mendapatkan gaji sekitar: Rp5 juta – Rp6 juta per bulan

Gaji tersebut hanya merupakan perhitungan kasar dan perkiraan. Sedulur bisa melakukan negosiasi dengan beberapa opsi jam kerja dan waktu yang bervariatif. Berikut ini beberapa jam atau opsi waktu lama kerja seorang baby sitter.

1. Datang pagi pulang siang

Untuk gaji baby sitter kategori ini di area Jabodetabek berkisar antara Rp 1 juta hingga Rp 1,5 juta. Di area Bogor bahkan ada yang ditambah ongkos transportasi sekitar Rp 240 ribu per bulan. Jadi totalnya bisa hampir Rp 2 juta sebulan. Tentunya ini tergantung kesepakatan juga. Ada yang mengerjakan seluruh pekerjaan rumah, dari mulai bersih-bersih, cuci-setrika, hingga menjaga anak sampai waktunya ia pulang. Hal ini bisa disepakati bersama.

2. Gaji untuk menginap

Untuk baby sitter yang tinggal satu atap dengan tuan rumah, angka gaji berkisar di Rp ,2 juta hingga Rp2 jutaan. Adapun untuk baby sitter ini biasanya juga dipekerjakan sebagai asisten rumah tangga dengan tanggung jawab menjaga anak tanpa tanpa cuci-setrika, maka gajinya di sekitaran Rp1,7 juta sebulan.

3. Baby sitter dari yayasan dengan gaji menginap

Biasanya baby sitter banyak yang mengambil dari yayasan dan rata-rata menginap. Untuk take home pay pertama plus menebus baby sitter di area Jakarta, bisa membayar hingga Rp 3 jutaan. Untuk yang belum berpengalaman, gaji baby sitter di seputar Rp 1,5 juta. Sementara yang sudah berpengalaman gajinya berkisar di Rp 1,8 jutaa hingga Rp 2 juta. Untuk area Semarang dan Bandung berkisar di angka Rp 1,5 juta hingga Rp 2 juta.

BACA JUGA: 120 Nama Bayi Perempuan Berawalan Huruf C, Bermakna Indah!

Tips Memilih Baby Sitter

gaji baby sitter
Lumina

Selain mengetahui gaji seorang baby sitter, Sedulur juga perlu mengetahui tips memilih baby sitter. Karena baby sitter berkaitan dengan pertumbuhan si kecil yang ditinggal beraktivitas. Maka dari itu, penting memilih baby sitter yang benar-benar baik dan jujur serta tanggung jawab. Berikut ini adalah beberapa tips dan cara yang perlu Sedulur ketahui dalam memilih baby sitter.

1. Cari informasi sebanyak mungkin

Penting bagi Sedulur untuk mencari informasi sebanyak mungkin. Mulai dari mencari informasi terkait yayasan atau lembang penyedia baby sitter, hingga identitas baby sitter itu sendiri. Lihat apakah ada referensi atau pengalaman bekerja sebelumnya. Pastikan juga untuk mencari tahu latar belakang calon pengasuh sedetail mungkin untuk mencegah kemungkinan ada masalah di kemudian hari. Jika bisa, tanyakan pada lembaga penyalur apakah baby sitter yang akan Sedulur pilih pernah memiliki masalah perilaku atau interaksi dengan orang lain, khususnya anak-anak.

2. Cek kualifikasi baby sitter

Penting juga untuk memilih pengasuh yang sesuai dengan metode pengasuhan Sedulur. Pastikan untuk bertanya tentang pelatihan pengasuh dalam pertolongan pertama. Diskusikan apa yang mungkin mereka lakukan dalam situasi darurat tertentu. Seorang pengasuh yang kompeten akan dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan ini dan membuktikan bahwa mereka dapat menangani pekerjaan tersebut. Sedulur pun akan lebih tenang ketika mereka benar-benar bekerja di rumah untuk mengasuh si kecil.

Selain itu, pilihlah baby sitter yang sesuai dengan kebutuhan Sedulur. Misalnya, Sedulur membutuhkan pengasuh dan bantuan seseorang untuk menyiapkan makanan si kecil, maka cari baby sitter yang bisa memasak. Penting untuk mempertimbangkan keahlian lain dari baby sitter. Misalnya keahlian memasak yang memang dibutuhkan. Jangan lupa juga untuk memastikan bahwa seorang baby sitter tersebut memiliki kemampuan serta kemauan untuk melakukan setiap pekerjaan dengan baik dan benar.

3. Lihat kemampuan berinteraksi dengan anak

Ketika Sedulur memutuskan calon pengasuh, coba minta mereka untuk trial terlebih dahulu selama beberapa hari. Misalnya, 1 minggu dan lihatlah bagaimana cara mereka berinteraksi dengan anak Sedulur. Jenis interaksi ini akan menunjukkan tingkat kenyamanan calon pengasuh dengan anak-anak. Bila memungkinkan, tanyakan pada anak mengenai pendapat mereka tentang calon pengasuh. Tergantung pada usia dan kepribadian anak, Sedulur mungkin mendapatkan pemahaman yang baik tentang pengasuh berdasarkan informasi dari si kecil.

4. Pastikan baby sitter bertanggung jawab

Sedulur harus memastikan seorang baby sitter yang bekerja menjaga anak Sedulur merupakan seorang yang bertanggung jawab. Jangan lupa juga pastikan kejujuran dan rasa sayang serta perhatian kepada si kecil yang akan diurus dan dirawat oleh baby sitter tersebut. Dengan melihat interaksi dengan si kecil, ada banyak hal yang bisa jadi penilaian Sedulur. Dari interaksi dengan si kecil, Sedulur bisa melihat kesungguhan dan terutama kejujuran serta tanggung jawab seorang baby sitter itu sendiri.

5. Buat aturan untuk baby sitter

Tips terakhir yaitu jangan lupa membuat aturan baby sitter. Termasuk mengatur saat pulang pergi dan keluar masuk rumah. Di musim pancaroba saat ini, tentu perlu aturan agar menjaga kesehatan si kecil dan kesehatan keluarga di rumah. Sedulur bisa meminta baby sitter untuk selalu menggunakan masker medis yang telah disediakan di depan pintu masuk, sebelum masuk ke rumah. Setelah menggunakan masker, begitu masuk harus langsung mandi plus keramas.

Pastikan baby sitter menjaga kebersihan selama bekerja di rumah, terutama ketika berada di dekat anak-anak atau lansia. Boleh juga sediakan dana lebih untuk menjaga kesehatan sebagai bagian dari tunjangan bagi baby sitter itu sendiri.

Nah itulah penjelasan terkait gaji baby sitter di tahun 2023 yang bisa jadi pertimbangan Sedulur. Jangan lupa saat merekrut baby sitter, Sedulur harus mempertimbangkan banyak hal termasuk kejujuran dan tanggung jawab seorang baby sitter itu sendiri.