dongeng kancil dan ikan paus

Kancil menjadi hewan yang cukup banyak diceritakan dalam dongeng anak-anak. Karakternya yang cerdik, baik dan juga lucu memang membuatnya jadi karakter protagonis. Salah satu cerita yang cukup menarik ketika membicarakan kancil adalah dongeng kancil dan ikan paus.

Dongeng fabel ini bisa jadi pilihan menarik untuk Sedulur ketika ingin mengantar si kecil tidur. Dimana tak hanya menghibur, cerita dongeng kancil dan ikan paus ini juga memiliki banyak nilai moral yang bagus. Simak kisahnya berikut ini.

BACA JUGA: Cerita Anak: Dongeng Semut dan Merpati

1. Persahabatan Kancil dan ikan Paus

Unsplash/Mike Doherty

Pada suatu hari di hutan yang indah si kancil mempunyai sahabat seekor ikan Paus. Mereka saling mengenal dan menjadi sahabat ketika Kancil sedang berjalan di tepi laut, dan saat itu kancil melihat ada seekor ikan Paus yang terdampar. Dengan sigap Kancil menolongnya hingga ikan Paus itu selamat.

Sejak kejadian itu, Paus sering mengajak Kancil menikmati pemandangan laut yang indah dengan menaiki badan paus. Kancil gembira dan senang sekali bisa naik ikan Paus dan mengelilingi laut yang luas. Keinginan Kancil akhirnya terpenuhi oleh sahabatnya itu.

Pada suatu hari Kancil menunggu Paus di tepi laut, tapi, hingga sore tiba, Paus tidak datang.

“Kenapa sahabatku Paus tidak datang ya?” tanya Kancil dalam hati.

“Ah, mungkin Paus sedang ada urusan penting, aku pulang sajalah” kata Kancil sambil melangkahkan kaki meninggalkan laut. Ia berharap Paus baik-baik saja dan segera mendapat kabar darinya.

2. Paus ternyata sedang kebingungan karena rajanya sakit

Sementara itu di dasar laut, di istana para Paus sedang mengalami musibah, sang raja Paus menderita penyakit aneh dan para punggawa istana sedang berkumpul untuk mencarikan tabib yang bisa menyembuhkan penyakit raja Paus.

Seluruh rakyat Paus termasuk sahabat kancil juga diberi perintah untuk mencari tabib itu.

“Mungkin sahabatku Kancil bisa membantuku mencarikan tabib untuk raja” gumam Paus dalam hati.

Waktu itu juga Paus pergi menemui Kancil di tepi laut.

“Dimana si Kancil ya?, baiklah akan ku tunggu dia disini” ucap Paus. Matahari pun sudah hampir terbenam dan Paus masih menunggu Kancil di tepi laut, Akhirnya Kancil pun datang.

3. Kancil membantu Paus mencari tabib sakti

Kancil senang sahabatnya baik-baik saja. “Hai, Paus sahabatku, kemarin kamu tidak datang ada apa?” tanya Kancil.

“Iya, Kancil. Kemarin ada masalah besar di istana Paus, maafkan aku ya karena aku tidak sempat datang menemuimu” jawab Paus.

“Ada masalah apa di istana Paus” tanya Kancil penasaran.

“Sudah lebih 5 hari raja Paus sakit aneh, semua rakyat Paus di perintahkan membantu untuk mencarikan tabib untuk mengobati penyakit raja. aku sendiri juga bingung harus mencari tabib kemana. Apakah kamu punya kenalan tabib, sahabatku Kancil?” tanya Paus.

“Di Bangsa Kancil memang ada tabib yang hebat, tapi aku tak tahu rumahnya, dan sudah lama beliau juga tidak pernah terdengar kabar” jawab Kancil.

Harapan mulai ada di benak Paus, lalu dia memohon kepada Kancil.

“Tolong aku, Kancil. Carikan rumah tabib itu, aku harap kamu bisa menolongku” pinta Paus dengan memohon. 

“Baiklah, sahabatku. Aku akan mencari tahu keberadaan tabib itu, kasih waktu aku 2 hari ya, Paus” kata Kancil. 

“Baiklah, Kancil. 2 hari besok aku tunggu kamu disini sore hari” jawab Paus lalu pergi.

Kancil segera pulang ke rumahnya dan mengumpulkan informasi tentang keberadaan tabib itu. Tapi, tak ada informasi yang bisa di dapatkan Kancil tentang tabib itu. Akhirnya Kancil melanjutkan pencariannya esok hari.

4. Bayaran menemukan tabib ternyata begitu mahal

Di pagi hari Kancil masih tertidur, tiba-tiba seekor Rusa datang dan membangunkan Kancil. “Hai, Kancil. Ayo bangun” teriak Rusa.

“Apa apa, Rusa. Kau bangunkan aku pagi-pagi sekali, aku masih ngantuk” kata Kancil.

“Aku membawa kabar gembira untukmu, bukanya kamu sedang mencari tabib sakti yang lama menghilang?” tanya Rusa.

“Iya, Rusa. Kamu bisa menunjukkan padaku rumahnya sekarang?” pinta Kancil.

“Aku bisa mengantarmu ke rumah tabib itu. Namun semua itu ada syaratnya, Kancil” jawab Rusa.

“Apa syaratnya, Rusa” tanya Kancil lagi.

“Kamu harus memberiku semua persediaan ketimunmu di rumah” jawab Rusa.

“Baiklah, Rusa. akan ku berikan semua persediaan makananku untukmu, asal kau antarkan aku ke rumah tabib sakti itu. Demi sahabatku” jawab Kancil.

5. Kancil berkorban demi sahabatnya

Akhirnya Kancil menyerahkan semua persediaan makanannya kepada Rusa, demi menolong sahabatnya, Kancil ikhlas.

“Apakah kamu tidak takut kelaparan, Kancil” tanya Rusa.

“Demi menolong sahabatku, aku ikhlas, Rusa” jawab Kancil. Kejadian aneh pun terjadi, tiba-tiba Rusa berubah menjadi seekor Kancil yang tua.

“Siapa kau” tanya Kancil ketakutan.

“Aku adalah tabib sakti yang kamu cari. Aku berubah wujud hanya untuk menguji kesetiaanmu kepada sahabatmu. Sekarang ayo kita menemui temanmu Paus, aku akan menyembuhkan penyakit raja Paus” jawab tabib sakti.

6. Raja Paus akhirnya berhasil disembuhkan

Akhirnya, Kancil mengajak tabib sakti menemui Paus, mereka bertiga berangkat ke istana Paus. Disana mereka di sambut oleh Pengawal istana. Tabib sakti langsung di antar menemui raja yang sedang sakit.

Tabib memeriksa penyakit raja, lalu memberikan ramuan obat untuk diminum, Selang beberapa saat kemudian, raja Paus langsung sembuh dari sakitnya. Seluruh pengawal dan rakyat istana Paus gembira mendengar raja sudah sembuh dari sakitnya.

Raja Paus sangat berterima kasih kepada tabib sakti dan memberikan hadiah kepada tabib sakti. Demikian juga Paus sahabat Kancil, ia diangkat menjadi pengawal kepercayaan di istana Paus.

BACA JUGA: Dongeng Kisah Keledai dan Tuannya yang Penuh Pesan Moral

Manfaat Membacakan Dongeng ke Anak

dongeng pangeran kodok
Pexels/

Dongeng dapat membawa anak-anak ke dunia fantasi. Namun, ketika mereka tumbuh dewasa, kebenaran moral dari kisah-kisah ini tetap ada di hati dan pikiran mereka.

Tidak semua orang tua percaya akan pentingnya dongeng untuk anak. Namun, ini bisa memberi manfaat positif bagi perkembangan dan pertumbuhan anak seperti berikut.

  • Mengenalkan nilai moral

Dongeng memberikan pelajaran yang berdampak secara menarik tanpa banyak pengalihan dari dunia nyata. Perjuangan antara yang baik dan yang buruk, bagaimana setiap orang memiliki kekuatan dan kelemahannya, dan dilema emosional dalam dongeng dapat membekali anak-anak dengan situasi yang akan mereka hadapi di dunia nyata. 

Ini pada akhirnya menandakan pentingnya kebaikan, kesabaran, persatuan, dan masih banyak lagi. Ini selalu menekankan untuk melakukan perbuatan baik dan bagaimana hal itu selalu mengalahkan kejahatan. Kisah-kisah ini memperkuat gagasan bahwa selalu ada cara sehat untuk mengatasi segala macam masalah.

  • Mendukung perkembangan kognitif

Anak-anak yang terbiasa membaca atau dibacakan dongeng cenderung memiliki konsentrasi dan kemampuan mendengarkan yang baik, ingatan yang kuat, kosakata yang kaya, dan pemahaman bahasa yang baik. 

Sebab, cerita dalam dongeng bisa menembus jauh lebih dalam ke dalam pikiran anak-anak daripada yang kamu kira. Selain itu, ini memiliki inti yang mudah dipahami, dan anak-anak mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang budaya dan masyarakat di sekitar mereka. 

  • Melatih empati

Dongeng sangat mahir menggambarkan pentingnya menghormati semua makhluk, menghargai keragaman fisik, dan menempatkan semua orang pada alas yang sama.

Adalah gagasan yang baik untuk memperkenalkan hewan sebagai karakter utama. Selain itu, memberi mereka suara dan emosi yang serupa seperti manusia. Ini akan mengajari anak bahwa manusia harus memperlakukan hewan dengan baik dan berempati dengan semua makhluk.

  • Menumbuhkan kreativitas dan imajinasi

Dongeng memang menabur benih imajinasi, yang memicu kemampuan berpikir kreatif. Rasa ingin tahu juga bisa menimbulkan banyak pertanyaan dan asumsi pada anak-anak. 

Bahkan Albert Einstein menekankan manfaat kreatif dari bercerita. Ia berkata: “Jika ingin anak-anak menjadi cerdas, bacakan mereka dongeng; jika Anda ingin mereka lebih cerdas, bacakan mereka lebih banyak dongeng.” 

Ini cukup meringkas relevansi menceritakan dongeng karena ini adalah cara yang terbukti untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah dan penalaran kritis anak-anak.

Demikian tadi cerita lengkap tentang dongeng kancil dan ikan paus. Semoga kisah ini bisa membantu si kecil tidur dengan nyenyak dan terhibur ya Sedulur.