dongeng 3 babi kecil

Membacakan dongeng untuk si kecil dikenal memiliki banyak manfaat, terutama terkait dengan perkembangan kemampuan berbahasa. Selain itu, dongeng juga bisa menjadi media yang menyenangkan dalam mengajarkan nilai-nilai moral kepada anak. Salah satu dongeng yang bisa Sedulur bacakan untuk si kecil adalah dongeng tentang 3 babi kecil.

Dongeng mengenai 3 babi kecil ini bisa menjadi cerita yang menghibur sekaligus mendidik. Sedulur bisa membacakannya saat bermain dengan anak, maupun sebagai dongeng pengantar tidur. Berikut bacaan dongeng 3 babi kecil selengkapnya.

BACA JUGA: Cerita Pendek Pinokio Si Boneka Kayu, Ajarkan Anak Agar Jujur!

Dongeng Tiga Babi Kecil

Dihimpun dari berbagai sumber, Tiga Babi Kecil atau The Three Little Pigs disebut merupakan fabel (cerita dengan tokoh binatang yang berperilaku layaknya manusia) yang sudah ada sejak abad ke-18 atau bahkan sebelum itu. Inti cerita dongeng tersebut mengikuti perjalanan tiga babi kecil yang pergi dari rumah untuk mengadu nasib.

-->

Nah, bagi Sedulur yang tertarik untuk membacakan dongeng Tiga Babi Kecil, berikut sudah dirangkum cerita selengkapnya.

Tiga Babi Kecil Membangun Rumah

dongeng 3 babi kecil
Unsplash/Matthieu Petiard

Di sebuah desa, hiduplah satu keluarga babi. Mereka terdiri atas ayah, ibu, dan tiga anak babi.

Pada suatu hari, ibu babi memanggil ketiga anaknya. Ia meminta mereka untuk pergi dari rumah dan mulai hidup mandiri. Ia berpesan agar anak-anaknya membangun rumah dan berlindung dari serigala. Ketiga babi kecil pun memulai perjalanan mereka.

Anak babi pertama memutuskan untuk membangun rumah dari jerami. Sebab, ia malas mencari bahan bangunan lain dan hanya jerami yang ia temukan di dekat rumah orang tuanya. Ia pun langsung membangun rumah dari jerami tersebut.

Anak babi kedua yang juga pemalas mencoba mencari bahan lain yang dapat dijadikan rumah. Ia pun menemukan setumpuk ranting dan batang kayu yang tidak terpakai. Tanpa berpikir panjang, anak babi kedua langsung membangun rumah dari bahan-bahan tersebut.

Anak babi ketiga rupanya memiliki pendapat berbeda dengan kedua saudaranya. Ia tidak mau sembarangan memilih bahan untuk membangun rumahnya. Ia pun berjalan jauh demi menemukan bahan yang tepat untuk membangun rumah hingga akhirnya menemukan batu bata.

Saat kedua saudaranya sudah selesai membangun rumah, anak babi ketiga masih bekerja keras menyusun batu bata menjadi rumah. Anak babi pertama dan kedua yang pemalas pun menertawakan saudara mereka tersebut.

BACA JUGA: Cerita Dongeng Tentang Kisah Dua Ekor Kambing

Serigala Mendatangi Rumah 3 Babi Kecil

Unsplash/Chrisopher Carson

Tak lama setelah ketiga babi kecil selesai membangun rumah mereka, tersiar kabar bahwa ada serigala kelaparan di desa mereka. Ketiga babi kecil yang ketakutan pun bersembunyi di rumah mereka masing-masing.

Saat melewati rumah jerami, serigala mencium bau babi di dalamnya. Serigala langsung mengetuk pintu.

“Babi kecil! Biarkan aku masuk!” kata serigala.

Namun babi kecil yang ketakutan enggan membukakan pintu dan mengusir serigala.

Serigala yang kesal lantas menarik napas dengan kuat dan mengembuskannya dengan kencang. Embusan napas serigala langsung merobohkan rumah babi kecil pertama. Babi kecil pun berusaha menyelamatkan dirinya dan berlari ke rumah babi kecil kedua.

Serigala rupanya tak menyerah. Ia mengejar babi kecil hingga menemukan rumah babi kedua yang terbuat dari batang kayu. Di sana, serigala menghancurkan rumah babi kecil lantaran kedua babi kecil tersebut enggan membukakan pintu.

Mengetahui rumahnya sudah hancur, babi kecil pertama dan kedua pun berlari menyelamatkan diri. Mereka pun menuju rumah babi kecil ketiga dan bersembunyi di sana.

Serigala yang belum juga menyerah berusaha mengejar kedua babi kecil yang melarikan diri. Namun lagi-lagi serigala kalah cepat. Babi kecil pertama dan kedua sudah lebih dulu masuk ke rumah babi kecil ketiga.

Serigala pun mencoba trik sebelumnya, yakni menarik napas dengan kuat lalu mengembuskannya. Sayangnya, usahanya itu tidak berhasil merobohkan rumah babi kecil ketiga meski sudah mencobanya berulang kali.

Serigala yang kelelahan memilih pergi meninggalkan ketiga babi kecil yang masih bersembunyi di dalam rumah. Sementara itu, babi kecil pertama dan kedua meminta maaf kepada babi kecil ketiga karena sempat menertawakannya. Mereka juga memuji kerja keras babi kecil ketiga yang berhasil membangun rumah yang kuat dan aman.

Pesan Moral Yang Bisa Dipetik

dongeng 3 babi kecil
Unsplash/Kenneth Schipper

Melalui dongeng 3 babi kecil, Sedulur bisa mengajarkan kepada si kecil bahwa dibutuhkan usaha keras untuk mendapatkan hasil yang baik. Selain itu, setiap usaha membutuhkan waktu sehingga anak juga perlu bersabar dan berusaha secara disiplin.

Itu dia dongeng 3 babi kecil yang bisa Sedulur bacakan untuk si kecil. Ternyata, selain menghibur, cerita di atas juga sarat akan pesan yang mendidik, ya?