Banyak sekali contoh perilaku jujur yang dapat kita temui dalam kehidupan sehari-hari misalnya mengembalikan barang yang bukan hak kita, tidak mencuri barang dan berbicara jujur apaadanya kepada orang lain serta sebagainya ya Sedulur. Sikap kejujuran biasanya sudah ditanamkan sejak masih anak kecil, agar saat dewasa harus pandai dalam bersikap.

Nah, berbicara mengenai perilaku kejujuran, banyak sekali manfaat yang dapat dipetik dari salah satu perbuatan mulia ini. Salah satunya mendapatkan amal kebaikan.

BACA JUGA: Hak dan Kewajiban Anak di Rumah & Sekolah, Bunda Wajib Tau!

Berikut contoh dan manfaat Perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari.

1. Bisa meraih kesuksesan

contoh perilaku jujur
Unsplash

Salah satu manfaat dari prilaku jujur yaitu dapat meraih kesuksesan dalam berbagai hal di dunia. Jadi jangan lupa untuk berbuat jujur Sedulur. Mengungkapkan kejujuran memang menjadi hal yang tak selalu mudah, namun manfaat jujur sangat besar.

-->

Dengan jujur, kamu bisa dimudahkan untuk meraih kesuksesan. Sebab jujur akan membuatmu bertemu dengan banyak orang baik yang bisa membawa kebaikan untukmu.

2. Dipercaya oleh banyak orang

Unsplash

Banyak contoh cerita perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari yang membawa kebaikan kepada kita. Salah satunya adalah bisa dipercaya oleh banyak orang. Dengan selalu jujur, Sedulur bisa dianggap sebagai pribadi yang amanah dan bertanggung jawab atas kepercayaan yang diberikan. Maka tak heran, jika banyak orang yang mungkin akan sering meminta bantuan kepada Sedulur.

Dalam urusan pekerjaan, Anda akan dipercaya memimpin sebuah proyek, menjadi bos dalam perusahaan dan lain sebagainya. Sementara contoh perilaku jujur di sekolah membuat putra putri Sedulur disukai oleh teman-teman mereka dan menjadi mudah bergaul.

3. Hidup merasa damai dan bahagia

Unsplash

Manfaat dari perilaku jujur lainnya adalah, kehidupan akan terasa lebih damai dan bahagia. Ketika Sedulur sudah terbiasa melakukan perilaku jujur, banyak energi-energi positif yang bisa menaungi kehidupan Sedulur.

Menjalani kehidupan tanpa kebohongan tentu akan membuat Sedulur merasa tenang dan damai. Sebab tak perlu ada hal-hal yang harus Sedulur sembunyikan. Sedulur akan bisa hidup apa adanya, tanpa topeng palsu yang menutupi wajah Sedulur. Tak hanya itu, orang-orang terdekat Sedulur juga akan menerima Sedulur apa adanya karena memang Sedulur tak pernah memberikan kebohongan.

BACA JUGA: Ini 16 Fakta Anak Kedua, Sosok yang Terampil dan Mandiri

4. Terbebas dari fitnah

Unsplash

Manfaat lainnya dari menerapkan perilaku jujur tentu saja dapat terhindar dari fitnah yang diucapkan oleh orang lain kepada kita. Ya, sebab dengan sering menerapkan perilaku jujur dalam mengatakan sesuatu tentu orang lain akan sungkan mencari hal-hal buruk tentang diri kita.

Namun, kalaupun Sedulur terkena fitnah, percaya saja sebuah kebenaran akan terungkap cepat atau lambat. Dengan terus jujur, semesta juga akan terus mendukung kebaikan sikap Sedulur.

Usai mengetahui apa saja dampak besar dari manfaat menerapkan perilaku jujur, kali ini Sedulur wajib tahu apa saja contoh perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari.

Berikut 5 contoh jujur dalam perbuatan

1. Mengakui kesalahan

Unsplash

Sering kali kita menemui orang lain sulit untuk mengakui kesalahan. Bagi beberapa pihak, mengakui kesalahan adalah hal yang sedikit memalukan. Ini merupakan cerita perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari.

Namun, tahukah Sedulur bahwa mengakui kesalahan adalah salah satu contoh manfaat dari jujur. Mengakui kesalahan berarti memiliki sikap yang bertanggung jawab. Langkah kecil ini bisa menjadi contoh perilaku jujur di rumah yang bisa diajarkan kepada putra putri Sedulur. Setidaknya tanamkan pola pikir bahwa jangan malu untuk mengakui kesalahan dan mau untuk terus memperbaikinya. Hal ini akan mendorong seseorang menjadi pribadi yang tidak egois.

2. Mengembalikan barang yang bukan haknya

Unsplash

Satu lagi contoh cerita perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari adalah, mengembalikan barang yang bukan haknya. Misalnya, Sedulur menemukan sebuah dompet di jalan raya, namun karena merasa bukan barang milik Sedulur, akhirnya Sedulur memilih mengembalikannya ke orang yang merasa kehilangan.

Contoh perilaku jujur ini dipercaya bisa membukakan pintu rezeki Sedulur lebih lebar. Sebab Sedulur tidak mengambil sesuatu yang bukan haknya. Sebab Tuhan sudah mengatur reseki hamba-Nya. Dan tentu tidak akan ada yang tertukar.

3. Tidak mengambil barang milik orang lain

contoh perilaku jujur

Salah satu perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari adalah, tidak mengambil barang yang bukan haknya. Biasanya persoalan semacam ini bisa saja terjadi di lingkungan sekitar rumah. Banyak anggota keluarga pada akhirnya sering mengalami pertengkaran hebat, akibat ada salah satu anggota keluarga yang meminjam barang tanpa izin.

Selain itu, dalam lingkungan kerja dan sekolah, sikap ini juga harus terus diaplikasikan. Jika meminjam atau menggunakan barang milik orang lain, harus meminta izin terlebih dahulu. Jika dilakukan tanpa izin, maka sama saja dengan melakukan tindakan pencurian.

4. Berkata dengan benar

contoh perilaku jujur
Unsplash

Berkata benar adalah salah satu bukti contoh perilaku jujur. Sebab, berkata benar berarti Anda menceritakan apa yang terjadi tanpa dibuat-dibuat atau direkayasa. Berani berkata benar bisa dibilang level tertinggi dari 3 contoh sikap jujur yang telah disebutkan di atas.

Berkata jujur tak selamanya menyenangkan. Ada konsekuensi tak mengenakkan yang terkadang harus Sedulur terima. Namun, hal itu jauh lebih baik ketimbang menutupi keadaan dengan berbohong. Bukannya membuat situasi membaik, Sedulur malah harus menutupi kebohongan dengan kebohongan lain. Efeknya, hidup Sedulur mungkin tak akan bisa tenang.

Nah, itu tadi manfaat dan contoh perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari. Perilaku jujur bahkan sudah bisa diterapkan ke anak-anak sejak usia dini. Sebab, pada usia tersebut, si anak sudah bisa membedakan hal-hal yang baik ataupun buruk.

Sementara itu, jika Sedulur ingin mencari toko yang menjual kebutuhan barang pokok dengan jujur, maka Sedulur bisa mengandalkan Aplikasi Super. Ini adalah sebuah aplikasi yang menjual segala macam barang kebutuhan pokok yang pasti dibutuhkan Sedulur. Tak perlu khawatir, seluruh transaksinya aman, mudah, dan yang pasti bisa dipercaya. Yuk tunggu apa lagi, segera download Aplikasi Super ya!