cara parenting ke anak jika orang tua bekerja semua

Bagi pasangan suami istri yang sama-sama bekerja, tentu memiliki tantangan tersendiri saat mendidik dan membesarkan anak. Sehingga penting untuk mengatahui cara parenting ke anak jika orang tua bekerja semua.

Meskipun bekerja dengan tujuan mendapatkan pemasukan tambahan untuk membesarkan anak dan mengurus keluarga. Namun ada bagian penting yang terlewatkan, salah satunya dalam hal mendidik anak secara langsung. Maka dari itu, dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas beberapa tips dan cara parenting ke anak jika orang tua bekerja semua. Seperti apa? Mari simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

BACA JUGA: Trik Ampuh Membuat Bayi Tidur Nyenyak Sepanjang Malam

1. Selalu sempatkan waktu bersama anak

cara parenting ke anak jika orang tua bekerja semua
iStock

Cara parenting ke anak jika orang tua bekerja semua yang pertama yaitu dengan menyempatkan waktu bersama anak. Meskipun satu atau dua jam, Sedulur harus menyempatkan waktu bersama anak di setiap harinya. Baik itu sebelum bekerja atau sepulang kerja.

-->

Sesibuk apa pun Sedulur dan pasangan dalam hal pekerjaan, ingatlah bahwa Sedulur adalah orangtua yang tetap perlu memberikan perhatian kepada anak, terutama jika Sedulur seorang ibu. Untuk itu, sempatkanlah waktu untuk si kecil paling tidak 1 atau 2 jam dalam sehari.

Sedulur bisa bercengkrama, bertukar pikiran, bermain, bercerita, atau belajar bersamanya. Bangun pemahaman kepada anak bahwa tujuan Sedulur bekerja adalah untuk kebaikan anak juga.

2. Hubungi anak saat senggang bekerja

cara parenting ke anak jika orang tua bekerja semua
iStock

Tips yang kedua yaitu untuk tetap menghubungi anak saat senggang di tempat kerja. Hal ini penting dilakukan, terutama jika Sedulur menghabiskan waktu seharian di tempat kerja. Pastikan untuk meluangkan waktu untuk menelpon atau video call kepada anak di rumah.

Hal tersebut dilakukan untuk sekadar memantau kondisi si kecil, sekaligus mengabarkan bahwa kondisi Sedulur baik-baik saja di kantor. Dengan demikian, si kecil akan merasa tenang dan lebih diperhatikan. Ini juga bisa membangun kepercayaan antara orangtua dan anak di tempat kerja.

3. Pastikan kebutuhan anak terpenuhi

cara parenting ke anak jika orang tua bekerja semua
iStock

Sedulur juga harus memastikan betul kebutuhan anak terpenuhi. Mulai dari kebutuhan sehari-hari, hingga kebutuhan gizi. Termasuk kebutuhan untuk sekolah, jika anak Sedulur sudah sekolah. Karena anak-anak masih masuk usia pertumbuhan, kebutuhan gizi penting untuk dipenuhi.

Meskipun Sedulur seharian berada di tempat kerja, bukan berarti kebutuhan si kecil harus diabaikan dan tidak dipenuhi. Di era teknologi saat ini, banyak cara yang bisa Sedulur lakukan untuk memenuhi kebutuhan gizi anak. Seperti misalnya dengan memesan makanan sehat secara online untuk si kecil.

4. Habiskan waktu liburan bersama anak

cara parenting ke anak jika orang tua bekerja semua
iStock

Cara parenting ke anak jika orang tua bekerja semua yaitu dengan menghabiskan waktu liburan bersama anak. Saat akhir pekan atau hari libur, habiskan waktu Sedulur bersama si kecil untuk melepaskan penat sekaligus mengobati kerinduan anak akan sosok ibunya.

Hindari tetap bekerja di hari libur, dengan mengupayakan semua tugas terselesaikan tepat waktu. Dengan demikian, Sedulur dapat fokus terhadap keluarga saat hari libur tiba. Manfaatkan waktu libur untuk memperkuat ikatan Sedulur dengan si kecil.

5. Berbagi tugas bersama pasangan

cara parenting ke anak jika orang tua bekerja semua
iStock

Penting untuk berbagi tugas dengan pasangan Sedulur. Karena pada dasarnya mengasuh, mendidik dan membesarkan anak membutuhkan kerja sama yang baik bersama pasangan. Tanpa kerja sama yang baik, urusan mendidik anak bisa berjalan buruk dan mempengaruhi pertumbuhan anak.

Ada hal yang bisa dikerjakan sendiri dan ada pula yang membutuhkan bantuan dari pasangan. Jangan ragu untuk berdiskusi dan membagi tugas terkait mengasuh, mendidik dan membesarkan anak. Pastikan setiap bagian dan tugasnya bisa dilakukan bersama tanpa memberatkan satu sama lain.

6. Meminta bantuan orang terdekat

iStock

Tips dan cara ampuh selanjutnya yaitu dengan meminta bantuan kepada orang terdekat, bisa meminta bantuan kepada kakak atau adik, juga meminta bantuan kepada orangtua atau mertua. Sedulur juga bisa meminta bantuan kepada teman dekat. Intinya keluarga dan teman dekat bisa jadi opsi untuk membantu dalam mengasuh anak.

Sebagai timbal balik, Sedulur juga harus bersedia jika ada keluarga dan teman yang membutuhkan bantuan. Baik dalam mengurus anak atau untuk kebutuhan lainnya. Saling berbagi dan menolong sudah merupakan kewajiban sesama keluarga besar dan teman dekat.

7. Pertimbangkan juga jam kerja yang fleksibel

iStock

Terdapat beberapa perusahaan yang memberikan jam kerja fleksibel, hal ini bisa dimanfaatkaan untuk memudahkan Sedulur agar dapat waktu bersama si kecil dan memantau langsung pertumbuhannya. Seperti misalnya berangkar kerja bersama dengan anak berangkat sekolah.

Atau Sedulur juga bisa meminta untuk bekerja secara remote dengan bekerja dari rumah. Semenjak pademi Covid-19, pekerjaan remote yang dilakukan di rumah sudah umum dilakukan. Hal ini bisa membantu Sedulur agar bisa bekerja sambil mendidik anak.

8. Buat kalender keluarga

iStock

Sedulur tentu ingin tetap memastikan bahwa anak-anak tetap dapat melakukan rutinitasnya dengan lancar, bukan? Karena itu ada baiknya jika Sedulur membuat kalender keluarga.  Isilah kalender ini dengan daftar tugas dan jadwal, seperti tugas anak-anak, daftar acara sekolah, acara keluarga, ekstrakurikuler, les, dan sebagainya.

Dengan begini Sedulur dapat tetap dapat memantau rutinitas anak di luar kesibukan Sedulur saat bekerja. Kalender ini juga bisa membantu Sedulur menjaga agar anak- anak tetap disiplin mengerjakan tugas dan kewajibannya.

9. Jaga komunikasi yang bagi dengan anak

iStock

Sesibuk apa pun Sedulur dengan pekerjaan pastikan untuk meluangkan waktu untuk berbicara dan mendengarkan cerita anak atas kegiatan yang dialami sehatian. Mungkin Sedulur bisa menelepon mereka ketika jam istirahat atau meluangkan waktu untuk selalu berbincang di saat pulang kantor dan sebelum tidur. Sebagaimana yang telah dijelaskan dalam poin sebelumnya.

Pasalnya, komunikasi sangatlah penting agar Sedulur bisa menjaga hubungan yang baik antara orang tua dan anak, sehingga mereka tidak akan ragu datang kepadamu jika menemukan masalah. Komunikasi yang baik juga akan membantu pertumbuhan otak anak.

Karena dngan berbicara mereka dapat menggambarkan apa yang terjadi, bagaimana perasaannya dan mengintegrasikan ingatan. Ini baik untuk perkembangan otak dan mentalitas anak.

BACA JUGA: 12 Tips Menjadi Ibu yang Sukses Mendidik Anak Terbaru 2023

10. Beri penjelasan dan pemahaman kepada anak

iStock

Penting bagi Sedulur untuk memberikan penjelasan dan pemahaman kepada anak. Jelaskan kepada anak mengenai kondisi Sedulur sebagai orangtua yang harus bekerja. Ceritakan juga tentang pekerjaan yang Sedulur lakukan sehari-hari.

Hal tersebut akan membuat anak lebih mengerti dan menerima bahwa orang tuanya harus bekerja karena ada alasan tersebut. Buat pula peraturan di rumah, sehingga anak tetap menjalankan tanggung jawabnya sekalipun orang tuanya sedang bekerja.

Nah itulah beberapa rekomendasi cara parenting ke anak jika orang tua bekerja semua. Semoga penjelasan di atas membantu Sedulur agar dapat tetap bekerja tanpa harus mengabaikan kebutuhan tumbuh kembang anak. Jangan khawatir, selalu ada solusi untuk setiap permasalahan yang dihadapi!