Apabila kehamilan sudah menginjak trimester kedua, maka biasanya orang terdekat akan menebak jenis kelamin dari bayi yang ada di dalam perut. Apalagi jika calon ibu belum memeriksakan jenis kelaminnya di dokter kandungan, pasti mereka akan mengaitkan tebakan tersebut dengan kondisi tubuh yang dialami oleh tubuh. Misalnya, bawaan hamil bayi perempuan adalah ketika kondisi perut lebih menonjol, begitu juga sebaliknya.

Memang, sebagian masyarakat Indonesia masih suka menebak-nebak jenis kelamin bayi yang sedang dikandung melalui berbagai cara. Nah, ini dia beberapa bawaan hamil bayi perempuan yang biasanya dipercayai oleh masyarakat. Cocokkan dengan kehamilan Sedulur, ya!

BACA JUGA: Ini 16 Cara Mengatasi Telat Datang Bulan Agar Tidak Hamil

1. Mengalami perubahan mood yang cukup ekstrim

bawaan hamil bayi perempuan
pexels

Adanya peningkatan hormon seks wanita atau estrogen seringkali dikaitkan sebagai salah satu pertanda kehamilan. Peningkatan hormon estrogen tersebut bisa mengakibatkan kondisi seseorang yang mengalami perubahan mood yang cukup ekstrim. Orang lain akan menebak letak bayi perempuan sebelah mana dan mengaitkannya dengan perubahan mood yang dialami ibu hamil.

-->

Faktanya, tidak ada satupun studi medis yang mendukung teori masyarakat tersebut. Memang, kadar estrogen yang meningkat akan berpengaruh pada perubahan mood atau mood swing yang ekstrim. Namun, itu hanyalah efek hormonal yang umum serta wajar terjadi pada setiap wanita. Tidak ada kaitannya dengan penentuan jenis kelamin pada bayi.

2. Bentuk perut lebih menonjol ke atas

bawaan hamil bayi perempuan
pexels

Salah satu mitos yang umum dan akrab di telinga masyarakat luas adalah tentang bentuk perut bayi. Bentuk pusar saat hamil bayi perempuan akan memiliki bentuk lebih menonjol ke atas dan hal tersebut masih dipercaya hingga saat ini. Selain itu, bayi berjenis kelamin perempuan akan bisa terlihat ketika perut berbentuk lonjong dan serupa dengan buah semangka. 

Padahal, bentuk perut tidak berpengaruh dengan jenis kelamin apa yang ada di dalam kandungan. Perubahan bentuk dan posisi perut yang berbeda tersebut tergantung dari berat badan ibu hamil yang akan bertambah seiring dengan bertambahnya usia kehamilan. Selain itu, kekuatan otot perut dan tipe badan juga menjadi hal yang mempengaruhi bentuk perut. Jika otot perut semakin kuat, maka perubahan janin akan semakin stabil dan tertopang dengan baik.

BACA JUGA: 6 Ciri Keputihan Tanda Hamil dan Hal yang Harus Diwaspadai

3. Ngidam makanan dan minuman yang serba manis

bawaan hamil bayi perempuan
pexels

Jika ibu hamil sering mengidam makanan dan minuman yang serba manis, maka itu merupakan bawaan hamil bayi perempuan. Mitos yang satu ini masih banyak dipercaya oleh masyarakat. Ketika ibu sedang mengidam coklat, kue, atau hidangan manis lainnya, maka jenis kelamin buah hati adalah perempuan. Sementara itu, jika ibu mengidam makanan yang asin, maka itu merupakan bawaan hamil bayi laki-laki.

4. Mengalami morning sickness yang cukup parah

bawaan hamil bayi perempuan
pixabay

Morning sickness atau muntah dan mual yang terjadi selama masa hamil yang cukup parah bisa menjadi salah satu bawaan hamil bayi perempuan menurut islam yang banyak dipercaya. Masyarakat menganggap bahwa mengandung anak perempuan memiliki gejala yang lebih parah daripada laki-laki. Hal ini dikarenakan karena janin perempuan memiliki hormon yang lebih tinggi daripada sebaliknya.

BACA JUGA: Perhatikan 19 Ciri Ciri Hamil Sebelum Telat Haid, Jarang Disadari

5. Detak jantung bayi berdetak lebih cepat

pixabay

Ketika detak jantung bayi terasa lebih cepat, maka itu menjadi salah satu tanda mengandung bayi perempuan. Biasanya, detak jantung bayi perempuan memang lebih cepat daripada laki-laki. Namun, itu bisa terjadi ketika mereka sudah lahir. Jika masih di dalam perut, keduanya tidak memiliki perbedaan yang signifikan.

Tanda hamil anak perempuan menurut dokter adalah terus berubah frekuensi detak jantungnya. Denyut jantung akan sama dengan ibu dalam lima minggu pertama kehamilan. Jika sudah memasuki minggu ke sembilan, denyut akan menjadi 170 sampai 200 per menit. Ketika sudah memasuki hari persalinan, denyut akan melambat menjadi 120-160 per menitnya.

6. Ukuran payudara berbeda

pixabay

Ukuran payudara yang berbeda adalah salah satu ciri hamil anak perempuan menurut orang jawa. Perubahan tersebut dapat terjadi apabila memasuki fase pertama dalam masa kehamilan. Biasanya, bayi akan berjenis kelamin perempuan apabila lebih besar payudara sebelah kiri daripada kanan.

BACA JUGA: 15 Cara Mencegah Kehamilan yang Efektif Setelah Berhubungan

7. Warna urine berubah

cnnindonesia

Ibu hamil biasanya akan mengalami perubahan warna urine hamil bayi perempuan. Apabila berwarna kuning kusam, maka ibu hamil sedang mengandung bayi perempuan. Sebaliknya, jika warna urinnya gelap atau keruh, maka ibu hamil sedang mengandung anak laki-laki.

8. Kulit menjadi berminyak dan kusam

purelaserclinic

Apakah Sedulur mengalami kulit yang kusam dan berminyak ketika sedang mengandung? Bisa jadi itu merupakan sebuah tanda jika Sedulur sedang mengandung anak perempuan. Mitos mengatakan bahwa kecantikan yang dimiliki ibunya akan ditarik oleh bayi perempuan. Sehingga, penampilan fisik yang akan diperlihatkan ibu akan berubah secara total. Salah satu perubahan tersebut adalah dengan mengalami kulit yang kusam serta berminyak.

Ciri hamil bayi perempuan yang akrab di telinga masyarakat ini tentunya hanyalah sebuah mitos. Adanya perubahan hormon yang bisa meningkatkan produksi minyak pada kulit adalah penyebab utama kulit wajah menjadi kusam serta berminyak selama kehamilan. Tidak ada hubungannya dengan jenis kelamin pada anak yang dikandung.

Itu dia 8 bawaan hamil bayi perempuan yang sudah akrab dan dipercaya oleh masyarakat umum. Perlu diingat bahwa jangan terlalu percaya dengan apa yang dikatakan oleh orang terdekat jika belum bisa dibuktikan secara medis. Tidak ada hal yang pasti untuk mengetahui jenis kelamin si kecil di dalam perut selain dengan melakukan tindakan medis seperti USG. Jika belum bisa melakukannya karena usia kehamilan yang masih muda, tunggulah sebentar sampai usia sudah mencukupi untuk melakukan tes. Beberapa tanda di atas hanyalah sebuah cara untuk mengatasi rasa penasaran yang ada di diri ibu hamil saja. Semoga bermanfaat! 

Ibu yang sedang mengandung, baik anak laki-laki maupun perempuan tentunya memerlukan nutrisi yang cukup agar kandungan sehat dan kuat. Salah satu cara untuk memenuhi nutrisi tersebut adalah dengan menjaga pola makan. Dengan berbelanja melalui Aplikasi Super dan memilih berbagai kebutuhan pokok yang tersedia, maka nutrisi ibu hamil akan terpenuhi. Segera unduh dan rasakan manfaatnya!