20 Resep Nugget Ayam Spesial, Praktis dan Bisa untuk Jualan

Resep nugget ayam bisa kita praktekan sendiri, simak penjelasan di bawah ini untuk mendapatkan resep dan caranya.

Nugget merupakan makanan beku yang praktis dan mudah diolah. Kita bisa mengolah nugget menjadi makanan apapun sesuai selera. Mulai dari nugget sayur hingga nungget goreng, semuanya tersedia dan siap kita olah dengan berbagai cara.

Artikel kali ini akan membahas beberapa cara membuat nugget ayam,  mulai dari cara membuat nugget ayam untuk anak, cara membuat Nugget ayam enak dan renyah, cara membuat nugget ayam rumahan, cara membuat nugget ayam sayur, cara membuat nugget ayam tanpa digiling dan cara membuat nugget ayam wortel simple.

Selain itu juga akan dijelaskan beberapa cara mengolah dan resep nugget ayam. Mulai dari resep nugget ayam roti tawar, resep nugget ayam spesial dan resep nugget ayam sederhana. Yuk langsung saja kita simak berbagai resep membuat nugget ayam dan nugget dengan bahan lain yang bisa kita lakukan di rumah.

Baca Juga: 11 Resep Siomay Ayam Yang Enak, Mudah & Praktis

Daftar Resep Nugget Ayam dan Nugget Bahan Lain, Beserta Resep Pengolahannya

1. Nugget Ayam (Chicken Nugget)

Nugget Ayam (Chicken Nugget)

Bahan yang dibutuhkan dalam menjalankan resep nugget ayam ini adalah daging ayam, telur ayam, tepung roti, tepung terigu, bawang putih, kaldu bubuk, garam, gula, dan merica. Setelah bahan tersedia, tinggal masuk ke pembahasan cara membuatnya.

Langkah pertama membuat resep nugget ayam adalah mengocok telur 2 butir, dan lalu masukkan bawang putih yang telah dihaluskan. Selanjutnya masukan kaldu bubuk, garam, gula dan merica. Kocok telur hingga merata.

Selanjutnya siapkan tepung terigu pada wadah, lalu campurkan dengan kocokan telur. Setelah itu masukan daging ayam yang sudah digiling halus dan aduk hingga rata. Setelah adonan rata, bentuk adonan sesuai selera. Lalu kukus selama 15 menit.

Siapkan tepung roti dalam wadah yang besar dan lebat. Nugget yang telah matang dikukus masukan dalam tepung roti yang sebelumnya telah dibalur oleh kocokan telur. Nugget ayam pun telah siap dimasukkan freezer untuk kemudian diolah.

2. Nugget Ayam Sayur

Nugget Ayam Sayur

Bahan dan cara membuat resep nugget ayam sayur ini sama persis dengan resep pertama hanya saja yang membedakannya adalah penggunaan sayur yang menjadi bahan tambahan dan pelengkap membuat resep nugget ayam.

Cara membuatnya adalah kocok 2 butir telur, kemudian masukkan bawang putih yang telah dihaluskan, kaldu bubuk, garam, gula, dan merica. Terus kocok telur hingga rata. Lalu tuang tepung terigu pada wadah dan campurkan dengan kocokan telur pertama.

Masukkan daging ayam yang sudah digiling halus, wortel yang telah diparut kasar, dan daun bawang yang sudah diiris halus. Aduk rata dengan adonan. Setelah teraduk rata, bentuk adonan sesuai selera dan keinginan.

Bisa berbagai bentuk, bisa panjang bisa bulat. Namun jangan terlalu tebal. Agar ketika digoreng nugget tidak lama matangnya dan matang dengan sempurna. Kukus nugget, dan setelah matang balur dengan kocokan telur dan tutupi dengan tepung roti. Resep nugget ayam pun telah selesai dilakukan.

3. Nugget Tahu Ayam

Nugget Tahu Ayam

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat nugget tahu ayam adalah tahu dan ayam yang telah digiling. Resep nugget ayam satu ini cara pembuatannya sama dengan resep-resep nugget ayam di atas. Pertama siapkan telur dengan ditambahkan bawang putih halus, garam, kaldu bubuk, merica. Siapkan tepung terigu dan masukan kocokan telur kepada tepung terigu.

Masukan ayam yang telah digiling halus dan tahu yang juga telah halus. Setelah adonan nugget selesai. Bentuk adonan sesuai selera lalu kukus selama 15 menit. Masukan adonan pada kocokan telur yang telah disediakan, balur dengan tepung roti. Selanjutnya masukkan nugget ke dalam freezer, dan nugget tahu ayam telah siap untuk diolah.

4. Nugget Tempe Ayam

Nugget Tempe Ayam

Dalam resep nugget satu ini menggunakan tempe sebagai pengganti dalam resep nugget ayam tahu di atas. Cara membuatnya sama, siapkan tempe yang telah digiling halus, dan juga ayam yang telah digiling halus.

Kocok telur 2 butir lalu masukkan bawang putih halus, merica, garam, gula dan penyedap rasa. Kocok telur hingga semuanya tercampur rata. Masukkan kocokan telur pada tepung terigu yang telah disiapkan. Lalu aduk hingga rata, setelah rata masukkan daging ayam halus dan tempe halus.

Aduk adonan hingga halus dan rata. Selanjutnya cetak adonan dan kukus hingga matang. Setelah matang dikukus, masukkan adonan pada kocokan telur lalu lumuri dengan tepung roti. Setelah selesai, simpan nugget di freezer, dan resep nugget ayam tempe pun selesai dilakukan.

Baca Juga: 22 Resep Olahan Ikan Ala Restoran, Enak Dan Mudah Dibuat

5. Nugget Ikan Tenggiri

Nugget Ikan Tenggiri

Jika bosan membuat resep nugget ayam, kita juga bisa mengganti bahan dasar ayam dengan menggunakan daging lainnya. Contohnya nugget ikan tenggiri. Bahan yang dibutuhkan untuk membuat nugget ikan tenggiri sudah pasti ikan tenggiri sebagai bahan utamanya. Bahan pendukung lainnya tidak berbeda dalam resep nugget ayam.

Jika dalam resep nugget ayam, proses pertama adalah menyiapkan kocokan telur beserta dengan bumbu bawang putih halus, merica, garam, gula dan penyedap rasa, dalam resep nugget ikan tenggiri pun sama. Setelah kocokkan telur selesai, masukkan terigu dan ikan tenggiri. Aduk hingga adonan rata.

Bentuk adonan sesuai selera. Lalu kukus adonan. Setelah matang dikukus, masukkan adonan pada kocokan telur lalu lumuri dengan tepung roti. Setelah selesai, simpan nugget di freezer, dan resep nugget ikan tenggiri pun selesai dilakukan.

6. Nugget Ikan Patin

Nugget Ikan Patin

Dalam resep nugget ikan patin ini, perbedaan dengan resep nugget ayam hanya pada bahan dasar dan bahan utamanya, yaitu ikan patin. Bahan dan bumbu pelengkap yang dibutuhkan lainnya sama. Cara membuatnya pun sama.

Siapkan telur, kocok hingga mengeluarkan busa. Masukan garam, merica, gula, penyedap rasa dan bawang putih. Lalu kocok kembali hingga rata. Jangan lupa untuk menyiapkan terigu untuk adonan, masukan telur kocok tersebut. Lalu masukan ikan patin yang telah digulung halus.

Setelah adonan selesai. Bentuk adonan sesuai selera. Lalu kukus adonan. Setelah matang dikukus, masukkan adonan pada kocokan telur lalu lumuri dengan tepung roti. Setelah selesai, simpan nugget di freezer, dan resep nugget ikan patin pun selesai dilakukan, dan siap untuk dinikmati.

7. Nugget Wortel Keju

Nugget Wortel Keju

Alternatif resep nugget ayam lainnya, yaitu nugget wortel keju. Cara membuatnya yang pertama adalah blender tahu, telur, wortel, keju dan tambahkan garam, penyedap rasa dan lada. Selanjutnya tuangkan yang telah diblender ke dalam wadah tahan panas dan kukus selama 15-20 menit.

Setelah matang, bentuk adonan atau potong-potong sesuai ukuran dan sesuai selera. Adon tepung terigu, jangan terlalu cair dan terlalu kental. Lalu celupkan potongan nugget pada tepung terigu dan gulingkan di tepung roti. Masukkan dalam kulkas, dan setelah beku nugget wortel keju siap disajikan.

Banyak sekali alternatif resep nugget, tidak hanya berfokus pada resep nugget ayam saja. Karena bahan yang bisa dibuat menjadi nugget tersedia banyak yang bisa diinovasikan.

8. Nugget Daging Sapi

Nugget Daging Sapi

Alternatif selain resep nugget ayam adalah nugget daging sapi. Cara membuatnya yang pertama adalah menggiling daging sapi terlebih dahulu. Selanjutnya tambahkan telur dan bawang putih. Lalu giling hingga rata dan halus.

Jangan lupa masukkan es batu, garam, lada bubuk pada gilingan. Terus giling hingga rata. Lalu setelah adonan jadi, cetak adonan  sesuai selera dan kukus hingga matang. Setelah matang, siapkan kocokan telur dan tepung roti. Celupkan nugget pada telur dan balur pada tepung roti. Masukan adonan nugget pada freezer, setelah beku sempurna. Nugget daging sapi telah siap diolah.

9. Nugget Mie

Nugget Mie

Pilihan lainnya untuk membuat nugget selain resep nugget ayam adalah nugget mie. Rebus terlebih dahulu mie dan setelah matang, siapkan mie untuk dicampurkan dalam setiap bahan. Bahan tersebut adalah telur, tepung terigu kornet sapi, keju dan bumbu halus lainnya. Setelah adonan teraduk rata, bentuk adonan nugget sesuai selera lalu kukus.

Setelah matang dikukus, masukkan adonan pada kocokan telur lalu lumuri dengan tepung roti. Setelah selesai, simpan nugget di freezer, dan resep nugget mie pun selesai dilakukan, dan siap untuk dinikmati. Nugget mie akan memberikan sensasi menarik ketika memakannya.

10. Nugget Keju Mozarella

Nugget Keju Mozarella

Selanjutnya dalam resep membuat nugget selain resep nugget ayam adalah resep nugget mozarella. Cara membuat dan bahan yang dibutuhkan sama dengan membuat nugget lainnya. Hanya perbedaannya dalam membuat resep nugget ini, yang dibutuhkan adalah mozarella sebagai isiannya.

Setelah adonan nugget selesai dan jadi. Kukus terlebih dahulu adonan hingga matang. Setelah adonan nugget matang, tiriskan adonan. Bentuk adonan menjadi bulat, dan masukkan keju mozarella di dalamnya. Masukan cetakan nugget pada freezer hingga membeku. Dan nugget keju mozarella pun siap diolah.

11. Nugget Putih Telur

Nugget Putih Telur

Selain resep nugget ayam, terdapat juga resep nugget telur yang bisa kita buat. Namun, ada baiknya gunakan putih telur saja tidak dengan kuning telurnya. Kocok putih telur, bawang merah, garam, lada bubuk, kaldu ayam, minyak wijen dan terigu. Kocok semua bahan di atas hingga rata, dan kukus hingga matang.

Setelah matang, potong kukusan putih telur sesuai selera. Dan celupkan kedalam kocokan telur dan balur dengan tepung roti. Nugget putih telur pun siap digoreng dan disajikan. Setelah mengetahui berbagai resep nugget ayam dan resep nugget lainnya. Berikut ini adalah resep olahan nugget yang bisa dicoba di rumah.

12. Nugget Tahu Kelapa

Nugget Tahu Kelapa

Resep nugget selanjutnya adalah nugget tahu kelapa. Bahan pertama yang dibutuhkan adalah tahu kuning yang telah dikukus dan kemudian dihaluskan. Siapkan juga 100 gr kelapa parut yang telah disangrai selama 10 menit. Siapkan juga 2 butir kuning telur, setengah sendok teh merica bubuk, setengah sdt penyedap rasa dan garam secukupnya.

Langkah membuat yang pertama adalah mencampur setiap adonan dan bahan, aduk rata adonan dan tes rasa. Cetak adonan sesuai selera, lalu celupkan kepada telur dan tepung roti. Masukkan dalam freezer, diamkan kurang lebih satu jam. Setelah cukup membeku, nugget tahu kelapa telah siap digoreng.

13. Nugget Nasi

Nugget Nasi

Membuat nugget nasi sangat mudah dan bisa dilakukan kapan saja. Bahan yang dibutuhkan adalah nasi secukupnya, dan bahan adonan untuk membuat nugget, seperti terigu, telur, sosis, kornet ayam, bawang merah dan sayuran.

Langkah pertama, uleni nasi, lalu campur semua bahan dengan nasi dan aduk hingga menjadi adonan. Taruh adonan di atas loyang yang telah diolesi mentega. Kukus adonan selama kurang lebih 5-10 menit. Setelah matang, cetak adonan yang telah dikukus dan celupkan ke telur lalu gulingkan di tepung roti. Nugget nasi pun siap disajikan.

14. Nugget Asam Manis

Nugget Asam Manis

Kali ini merupakan resep olahan yang menggunakan nugget. Pertama siapkan bumbu untuk membuat asam manis. Yaitu daun bawang, bawang merah, bawang putih, bawang bombay, tomat dan wortel. Tumis bawang bombay, bawang merah, dan bawang putih hingga matang, lalu masukkan tomat. Setelah itu, masukkan wortel dan aduk-aduk hingga wortel menyatu dengan bawang.

Masukan saus tomat dan kecap ke dalam tumisan. Aduk-aduk bumbu hingga matang. Lalu siapkan nugget ayam yang telah digoreng, potong nugget sesuai selera dan lalu campurkan ke dalam bumbu. Nugget asam manis pun telah siap kita nikmati.

15. Nugget Bakar Kecap

Nugget Bakar Kecap

Resep kali ini sangat mudah membuatnya, tidak terlalu sulit karena bahan yang dibutuhkan hanya nugget dan kecap saja. Siapkan nugget yang telah digoreng, dan tusuk nugget dalam tusukan sate. Jika ingin bervariasi, selang nugget dengan sosis di tusukan sate.

Siapkan pembakaran, lalu bakar sate nugget sambil dilumuri oleh kecap. Tunggu hingga nugget matang. Nugget ayam bakar pun telah siap dinikmati.

16. Nugget Oseng Pedas

Nugget Oseng Pedas

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat resep nugget ayam oseng pedas adalah bawang merah, bawang putih, bawang bombay, cabai merah dan cabai rawit sesuai selera. Siapkan juga nugget ayam yang telah digoreng terlebih dahulu.

Langkah membuatnya pertama, tumis bawang merah, bawang putih dan bawang bombay hingga matang. Lalu masukan cabai merah dan cabai rawit, jika yang menyukai pedas bisa lebih banyak lagi. Tumis hingga matang, masukan air sekitar 50 ml. Tunggu hingga mendidih, lalu beri bumbu sesuai selera.

Setelah mendidih dan bumbu pas sesuai selera, masukan naggut yang telah digoreng. Jika nugget saja dirasa kurang, boleh ditambahkan tahu dan tempe sesuai kebutuhan. Nugget oseng pedas pun telah siap dinikmati.

17. Sup Nugget

Sup Nugget

Membuat sup nugget membutuhkan bumbu yaitu bawang merah, bawang putih, daun jeruk, lada, garam, gula, wortel, dan nugget. Cara membuatnya sangat mudah, pertama tumis semua bumbu hingga mengeluarkan aroma harum, lalu masukan daun jeruk ke dalam tumisan.

Selanjutnya tambahkan air, biarkan air mendidih dan masukan wortel. Masak hingga wortel matang dan lalu setelah itu tambahkan garam, gula, lada dan penyedap rasa sesuai selera. Setelah itu, masukan nugget yang telah digoreng dan biarkan nugget meresap dengan bumbu kuah.

18. Nugget Sayur Bayam

Nugget Sayur Bayam

Salah satu resep nugget sehat adalah nugget sayur bayam. Bahan yang dibutuhkan adalah nugget, sayur bayam, bawang bombay, bawang putih, air dan bumbu seperti garam, kaldu ayam, merica bubuk, dan gula pasir.

Cara membuatnya adalah pertama tumis bawang merah, bawang putih, bawang bombay, hingga matang. Lalu masukkan sayur bayam yang telah dicuci bersih, dan masukkan ke dalam tumisan. Aduk-aduk hingga bayam layu dan mengeluarkan air. Setelah itu masukkan nugget yang telah digoreng, aduk rata dengan bayam yang sedang ditumis. Cek rasa, jika sudah pasa nugget sayur bayam pun telah siap dinikmati.

19. Nugget Goreng Biasa

Nugget Goreng Biasa

Tanpa diolah dengan kreasi apapun sebenarnya nugget telah memiliki rasa yang enak dan nikmat. Cukup panaskan minyak, dan goreng nugget hingga kering dan matang, nugget goreng biasa pun telah bisa dinikmati dan menjadi teman untuk makan atau pun menjadi cemilan dengan saus sambal.

20. Beli Nugget di Aplikasi Super

Beli Nugget di Aplikasi Super

Di Aplikasi Super tersedia berbagai macam kebutuhan dapur, salah satunya berbagai macam makanan beku atau frozen food. Salah satunya yang tersedia di Aplikasi Super adalah nugget. Beli Nugget di Aplikasi Super sangat mudah dan menguntungkan.

Dengan mendapatkan harga yang murah dan cara belanja yang mudah sudah merupakan keuntungan bagi Sedulur Super. Klik di sini untuk mengunjungi laman Aplikasi Super dan jangan lupa download Aplikasi Super bagi yang belum memiliki aplikasinya.