cara membuat sawi putih isi tahu

Ngemil sudah menjadi kebiasaan masyarakat Indonesia. Di luar jam makan, masyarakat Indonesia biasanya memilih untuk ngemil untuk mengisi perut yang lapar. Maka dari itu sebenarnya penting untuk mengetahui resep-resep camilan, terutama camilan sehat. Salah satu rekomendasi resep camilan sehat yang bisa Sedulur coba adalah sawi isi tahu. Apalagi cara membuat sawi putih isi tahu termasuk mudah dan tidak ribet.

Namun sebelum masuk ke cara membuat sawi isi tahu, kita bahas terlebih dahulu bahan utama dari menu camilan kali ini ya Khususnya untuk mengetahui ciri sawi putih yang bagus digunakan dan kandungan manfaat didalamnya. Yuk, langsung kita simak!

BACA JUGA: Resep Nasi Tutug Oncom Khas Sunda, Gurih Bikin Ngiler!

Sawi putih dan ciri khasnya

cara membuat sawi putih isi tahu
Wikipedia

Sawi putih merupakan sayuran khas dengan warna yang terang dan tekstur yang agak renyah. Warna dan tekstur tersebut membuat sawi putih menjadi pilihan untuk menu makan, terutama menu makan sayuran. Hal ini disebabkan karena sawi putih dapat menggugah selera makan.

-->

Badan dari sawi putih terdiri dari banyak lembaran, dari yang berukuran besar di bagian luarnya hingga kecil di dalam. Warna badannya putih dengan bagian pinggirannya berwarna hijau. Teksturnya renyah dan berisi serta bisa diolah dalam berbagai potongan.

Dalam cara membuat sawi isi tahu, Sedulur membutuhkan lembaran-lembaran sawi putih. Berbeda jika membuat tumis atau sayur dengan sawi putih yang akan dipotong-potong terlebih dahulu.

Kreasi sawi putih gulung

Fimela

Sawi putih gulung merupakan camilan yang dapat Sedulur temui di beberapa negara di dunia, dan di antara berbagai camilan sawi gulung tersebut, biasanya memiliki perbedaan dan ciri khasnya masing-masing di setiap negara.

Di Inggris misalnya, olahan sawi putih ini dikenal dengan dengan naman rolled cabbage atau stuffed cabbage. Namun jika dilihat dari sejarahnya, negara dan kebudayaan yang pertama kali membudidayakan sawi putih adlaah Cina. Berawal dari Tionghoa lalu disebarkan ke seluruh dunia bersamaan dengan diaspora penduduk Tiongkok itu sendiri.

Jika tadi di Inggris dan Tionghoa, namun justru olahan sawi putih isi yagn terkenal berasal dari Polandia, dengan isi daging cincang, bawang bombay dan nasi. Sementara itu, di Jepang sawi putih di isi dengan daging dan baluran tepung panko.

Di Indonesia, terutama di daerah Bandung, sawi putih digunakan sebagai salah satu sayuran yang terdapat pada siomay. Di setiap negara dan daerah memiliki ciri khas masing-masing terkait olahan sawi putih ini. Dalam kesempatan kali ini, kita akan membahas salah satunya, yaitu sawi putih isi tahu.

Mari kita langsung saja membahas resep dan cara membuat sawi isi tahu yang merupakan pembahasan utama dalam artikel kali ini.

Bahan utama

cara membuat sawi putih isi tahu
Ketahui

Tentu karena pembahasan kali ini adalah tentang resep dan cara membuat sawi isi tahu, maka bahan utama yang dibutuhkan adalah sawi putih itu sendiri. Usahakan untuk memilih sawi putih yang masih utuh dengan kondisi yang sempurna.

Jika bisa gunakan sawi putih yang berukuran besar dan berdaun lebar. Karena ketika proses menggulung nantinya akan sangat mudah.

Bahan isian

The Asian Parent

Sementara itu, bahan isiannya yaitu:

  • 6 buah tahu putih, haluskan
  • 200 gr daging ayam giling
  • 100 gr wortel, parut
  • 1 batang daun bawang, iris tipis
  • 1 bumbu kaldu bubuk
  • 2 sdm saus tiram
  • 2 sdm minyak wijen
  • ½ sdt merica putih bubuk

Bahan untuk saus

cara membuat sawi putih isi tahu
Kompas

Agar sawi isi tahu semakin nikmat, Sedulur bisa menyiapkan bahan-bahan di bawah ini sebagai sausnya, yaitu:

  • 50 gr bawang bombay
  • 4 siung bawang putih
  • 6 buah cabai rawit merah
  • 6 sdm saus sambal/saus tomat (sesuai selera
  • 1 sdm saus tiram
  • 1 sdt gula pasir
  • ½ sdt garam
  • 200 ml air
  • 1 sdt tepung maizena, larutkan dengan 1 sdm air
  • 2 sdm minyak, untuk menumis

BACA JUGA: Resep Tumis Buncis Wortel Super Lezat, Cepat dan Mudah

Cara membuat

Okezone

Setelah bahan-bahan yang dibutuhkan siap sedia, Sedulur tinggal lanjut ke cara pembuatannya. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Kukus sawi putih dalam dandang panas selama 1 menit atau hingga layu. Angkat dan tiriskan.
  2. Siapkan saus dengan pertama-tama memanaskan minyak, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum.
  3. Lalu masukkan tomat, cabai, aduk hingga layu. Tuang air, masukkan saus sambal atau saus tomat, saus tiram, dan sisa semua bahan.
  4. Aduk hingga mengental, jika telah mengental jangan lupa untuk angkat dan sisihkan.
  5. Selanjutnya masuk ke proses membuat isiannya, yaitu dengan aduk rata semua bahan isian yang telah disampaikan di atas.
  6. Lalu, ambil selembar sawi putih. Sendokkan bahan isi ke bagiang tengahnya.
  7. Lipat kedua sisinya kemudian gulung sambil dipadatkan.
  8. Kukus dalam dandang panas hingga matang lalu kemudian angkat.
  9. Sajikan dengan sausnya dan nikmati bersama keluarga.

Nah itulah resep dan cara membuat sawi isi tahu yang super mudah dan bahan-bahannya pun tidak sulit didapatkan. Sangat cocok bagi Sedulur yang sangat suka ngemil di waktu luang bersama keluarga. Kenapa tidak dengan menyiapkan camilan sehat yang super mudah dan mengenyangkan!

Agar lebih memudahkan Sedulur, setiap bahan yang dibutuhkan di atas bisa Sedulur dapatkan dengan membelinya di Aplikasi Super. Banyak tersedia bahan kebutuhan memasak dan kebutuhan harian di Aplikasi Super. Terlebih lagi, Sedulur tidak perlu repot keluar rumah untuk memenuhi kebutuhan harian.

Tinggal cek aplikasinya, pilih bahan-bahan yang dibutuhkan, lalu lakukan pemesanan dan bayar. Tunggu barang pesanan tiba di depan rumah Sedulur. Jadi Sedulur bisa lebih fokus memasak dan menyiapkan berbagai menu harian di rumah. Dijamin mudah dan buat Sedulur untung melimpah.

Yuk, cek aplikasinya sekarang, mana tahu lagi ada diskon dan potongan harga. Bagi Sedulur yang belum download Aplikasi Super, bisa download segera dan manfaatkan untuk mempermudah kehidupan Sedulur, ya!