Toko Mlijo

Ketekunan, mungkin menjadi satu kata yang merangkum kisah Toko Mlijo, sebuah toko kelontong yang berada di Kedungturi, Sidoarjo, Jawa Timur. Toko ini telah berdiri sejak 2010 dan masih terus bertahan berkat ketekunan serta keuletan sang pemilik, Siti Maisaroh.

Usaha yang dimulai dari pedagang “mlijo” tersebut telah berkembang menjadi sebuah toko kelontong dengan menyediakan berbagai macam barang kebutuhan. Penasaran bagaimana kisah Toko Mlijo, Super Agen of the Month bulan September yang menginspirasi ini? Simak ceritanya berikut.

BACA JUGA: Kisah Super Agen, Sukses Usaha Toko Sembako Bersama Aplikasi Super

Latar belakang keluarga pedagang

toko mlijo
Aplikasi Super

Siti Maisaroh (36) merupakan seorang ibu dua anak sekaligus pemilik Toko Mlijo. Keuletannya dalam mengelola bisnis toko kelontong ternyata tak lepas dari latar belakang keluarga yang merupakan pedagang ulung.

Diceritakan, sang ayah memiliki usaha toko arang yang banyak dibutuhkan untuk membakar sate. Sementara, adiknya merupakan pedagang sayuran. Latar belakang tersebut membuat perempuan yang akrab disapa Siti ini terdorong untuk ikut terjun menjadi pedagang. Ia pun memulainya dengan membuka toko sebagai pengecer sayuran di rumahnya.

Dari sana, Siti mengembangkan usahanya hingga menjadi toko kelontong yang banyak dituju oleh masyarakat.

Usaha dimulai dari pedagang “mlijo”

Aplikasi Super

Nama “Mlijo” yang disematkan pada toko kelontong milik Siti ternyata memiliki kisah tersendiri. Ia menjelaskan bahwa “Mlijo” merupakan sebutan untuk pedagang atau pengecer. Diketahui, ia memulai bisnis toko kelontong dari berjualan bahan-bahan segar, seperti sayuran, ayam potong, dan ikan.

Seiring berjalannya waktu, Siti mulai menambahkan jenis barang dagangan di tokonya hingga berkembang menjadi toko kelontong. Seolah ingin mengingat bagaimana usaha tersebut dimulai, ia pun memberikan nama “Toko Mlijo” untuk toko kelontong miliknya tersebut.

Ketekunan jadi kunci kelola bisnis

Aplikasi Super

Dalam menjalankan bisnis toko kelontong, Siti Maisaroh tidak menghitung secara pasti omzet yang diperoleh setiap bulan dan juga tidak menargetkan besarannya. Selama ini, penghasilan dari toko ia putar kembali untuk menambah stok barang dagangan.

Menurutnya, selama stok barang terpenuhi, ia sudah merasa cukup dan untung. Ketekunannya dalam mengelola keuangan pun membuat toko kelontong miliknya dapat berkembang hingga mampu menyediakan beragam produk kebutuhan.

Meski begitu, diakui Siti bahwa ia juga sempat mengalami kendala ketika mengelola toko kelontong. Tepatnya pada masa awal membuka toko, ia menghadapi kesulitan untuk membeli barang dagangan. Hal ini dikarenakan saat itu ia hanya memiliki sepeda kayuh sebagai alat transportasi untuk kulakan di pasar yang lokasinya cukup jauh dari kediamannya.

Rutinitas tersebut pun harus ia lakoni selama kurang lebih enam bulan sebelum akhirnya ia dapat mengumpulkan uang untuk membeli sepeda motor.

BACA JUGA: Cerita Perjalanan Super Agen Kembangkan Toko Kelontong Bersama Aplikasi Super

Cerita Toko Mlijo dan Aplikasi Super

Aplikasi Super

Kemudahan dalam menjalankan bisnis toko kelontong semakin dirasakan Siti ketika berkenalan dengan Aplikasi Super pada 2021 lalu. Kala itu, ia meminta sang putra mencari aplikasi belanja online untuk kulakan. Melihat produk yang lengkap, harga terjangkau, dan tersedianya layanan pengiriman gratis ongkir, Siti akhirnya memilih menggunakan Aplikasi Super untuk kulakan hingga sekarang.

Keputusan Siti untuk menggunakan Aplikasi Super rupanya memberikan dampak cukup signifikan untuknya dalam mengelola Toko Mlijo. Sebab, kini ia tidak perlu lagi menempuh jarak yang jauh untuk kulakan. Melainkan cukup melakukan pemesanan dari rumah melalui Aplikasi Super dan barang dagangan akan langsung dikirimkan ke rumah.

Tak berhenti sampai di situ, Siti juga merasakan manfaat dari #KulakanHematWaktu dari Super karena kini ia tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk kulakan. Waktu yang biasanya digunakan kulakan bisa ia manfaatkan untuk tutup toko dan istirahat. Sering kali saat toko tutup, Siti menghabiskan waktu bersama suami dan anak-anaknya, misalnya berwisata ke pantai.

Berbagai kemudahan ini membuat Siti memilih kulakan di Aplikasi Super hingga terpilih menjadi Super Agen of the Month periode September 2022.

Itu dia kisah Siti Maisaroh dan Toko Mlijo yang terpilih menjadi Super Agen of the Month. Siapa sangka dari usaha pengecer sayuran, Siti bisa memunculkan peluang bisnis yang menguntungkan. Tak hanya itu, Siti juga makin bisa membuat momen berharga bersama keluarga karena Super dukung #KulakanHematWaktu. Nah, apakah Sedulur juga tertarik untuk mengikuti jejak Siti dan Toko Mlijo?

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.