Walaupun dikenal sebagai negara yang memiliki iklim tropis, namun ternyata terdapat beberapa kota terdingin di Indonesia. Letak dari Indonesia secara geografis adalah berada di bagian tengah planet, alias pada lintang khatulistiwa. Nusantara termasuk jauh dari bagian utara maupun selatan.

Maka dari itu, mayoritas kota di Indonesia mempunyai paparan sinar matahari yang berintensitas tinggi, alias cukup menyengat. Namun, ada pula beberapa kota yang memiliki suhu yang dingin. Untuk membahasnya lebih lanjut, berikut adalah 10 kota terdingin di Indonesia.

BACA JUGA: 9 Misteri Kota Saranjana yang Disebut Kota Ghaib & Misterius

1. Mulia, Papua

kota terdingin di indonesia
wartaplus

Daerah pertama yang bersuhu rendah adalah Mulia, Papua. Daerah ini memiliki lokasi di Kabupaten Puncak Jaya Wijaya, Papua, dan memiliki ketinggian sekitar 2.448 mdpl (meter di atas permukaan laut. Pada saat malam tiba, suhu dari daerah tersebut bisa mencapai 9 derajat celcius. Bahkan, daerah ini juga memegang rekor suhu terdingin di Indonesia atau berada pada titik suhu yang beku. Hal ini disebabkan karena Mulia berlokasi di dekat Pegunungan Puncak Jaya Wijaya yang sudah dikenal dengan salju yang ada pada puncaknya.

-->

Distrik ini memiliki jumlah penduduk mencapai 24.649 jiwa dan memiliki luas daratan 883 km persegi. Salah satu kota terdingin di Indonesia ini meskipun dekat dengan pegunungan, lingkungannya cukup ramai dan ada arus modernisasi. Contohnya adalah kantor pemerintahan, rumah ibadah, sekolah, rumah sakit, dan jalan yang sudah diaspal. Tak lupa, daerah ini juga memiliki Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) sebagai sumber listrik warga sekitarnya. 

2. Ruteng, Nusa Tenggara Timur

kota terdingin di indonesia
WiraNurmansyah

Dengan memiliki ketinggian 1.200 Mdpl, Ruteng menjadi salah satu kota terdingin di Indonesia. Walaupun kebanyakan daerah NTT terkenal sebagai daerah yang kering, berbeda dengan Ruteng yang memiliki suhu rendah. Hal ini dikarenakan Ruteng berlokasi di dataran tinggi dan dampaknya adalah udaranya menjadi sejuk.

Tak hanya sejuk, Ruteng juga menjadi salah satu kota yang menarik untuk dikunjungi karena terdapat berbagai pemandangan arsitektur yang modern sekaligus indah. Tak heran, Ruteng disebut juga sebagai Praha versi Indonesia. Hal ini dikarenakan banyak bangunan yang merupakan peninggalan dari Portugal.

BACA JUGA: 9 Misteri Kota Saranjana yang Disebut Kota Ghaib & Misterius

3. Berastagi, Sumatera Utara

kota terdingin di indonesia
wisataterbaru

Satu dari beberapa kota kota terdingin di Indonesia selanjutnya adalah Berastagi yang berada di Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Berastagi merupakan sebuah daerah yang memiliki ketinggian lebih dari 1.300 Mdpl. sehingga, salah satu daerah di Pulau Sumatera ini menjadi salah satu yang bersuhu rendah di tanah air. 

4. Mamasa, Sulawesi Barat

kota terdingin di indonesia
seringjalan

Tak hanya di Sumatera saja, ada pula kota kota di Indonesia yang terdapat di Sulawesi Barat yang memiliki suhu rendah. Kota tersebut bernama Mamasa. Mamasa berada di ketinggian 1.900 Mdpl dan memiliki iklim yang cukup rendah. Meskipun begitu, pemandangan yang ditawarkan di Mamasa sangatlah cantik dan segar dengan berbagai tanaman hijau yang menghiasinya. Pemandangan tersebut semakin menawan dengan tambahan nuansa sejuk sekaligus segar. Sehingga, Sedulur bisa menikmatinya sambil mengunjungi agrowisata dalam sebuah perkampungan tradisional disana.

BACA JUGA: Wisata Curug Cikuluwung 1 & 2 di Bogor Penuh Keindahan dan Mitos

5. Batu, Jawa Timur

kota terdingin di indonesia
tempatwisataseru

Sebagian besar masyarakat pasti sudah mengetahui bahwa Batu merupakan kota dingin di Jawa Timur yang terkenal. Hal ini dikarenakan Batu berada di ketinggian 1.700 mdpl. Maka dari itu, rata-rata suhu yang ada di kota Batu dan Malang bisa mencapai 12 sampai 19 derajat celcius. Tentunya, suhu ini lebih dingin dari pendingin ruangan. 

Maka dari itu, bukan suatu hal yang mengherankan lagi jika Batu menjadi salah satu kandidat daerah dengan suhu paling rendah di Pulau Jawa. Ada berbagai turis lokal yang berdatangan untuk menikmati suasana sejuk dan semilir dari kota bunga ini. Tentunya, berbagai macam hotel dan penginapan yang ditawarkan pun juga banyak. Sehingga, turis bisa berwisata dengan nyaman.

6. Lembang, Bandung Barat

wisataIDN

Siapa sih yang belum mengenal daerah di Bandung yang satu ini? Lembang berada pada ketinggian antara 1.312 sampai 2.084 mdpl dan menjadi salah satu kota terdingin di Indonesia. Hal ini bisa diketahui dari suhu hari ini yang ada di Lembang. Rata-rata, suhu hariannya mencapai 16 derajat celcius. Wilayah ini juga berada pada daerah yang dekat dengan pegunungan. Tak heran, suhunya cenderung rendah.

BACA JUGA: 40+ Tempat Wisata di Makassar Terbaru & Paling Populer

7. Gayo Lues, Aceh

seringjalan

Selain Berastagi, Gayo Lues juga termasuk dalam kota terdingin di Indonesia. Gayo Lues terletak pada Provinsi Aceh. Wilayah yang terkenal sebagai penghasil kopi terbaik di Indonesia maupun dunia ini berada pada ketinggian sekitar 1.000 mdpl. Gayo Lues juga merupakan salah satu jalur pendakian menuju Gunung Leuser. Jadi, apabila Sedulur hobi mendaki gunung, jangan lupa untuk mencoba naik di Gunung Leuser, ya. 

8. Padang Panjang, Sumatera Barat

pasbana

Selanjutnya adalah daerah yang berada di ketinggian sekitar 650-950 mdpl bernama Padang Panjang. Padang Panjang merupakan satu dari beberapa kota terdingin di Sumatera dan terkenal memiliki udara yang cukup sejuk dan bersih. Tak hanya beriklim rendah, daerah ini juga memiliki curah hujan yang cukup tinggi. 

Hal tersebut juga terjadi pada daerah beriklim rendah lainnya. Sebab, wilayahnya dikelilingi dan diapit oleh beberapa gunung, seperti Gunung Merapi, Gunung Tandikat, serta Gunung Singgalang. Bahkan, ketika matahari sedang terasa sangat terik di atas kepala, Padang Panjang tidak terasa panas dan gersang sama sekali. Suhu disana terkenal cukup rendah. Bahkan, saat pukul 12 siang pun, suhu disana hanya mencapai 16 derajat saja.

BACA JUGA: 40+ Tempat Wisata di Malang yang Hits & Murah Terbaru 2021

9. Ciwidey, Bandung, Jawa Barat

suara

Selain Lembang, kota terdingin di Jawa Barat lainnya dipegang oleh Ciwidey. Untuk Sedulur yang pernah berkunjung ke Bandung, pasti sudah tidak asing dengan wilayah ini. Ciwidey terkenal dengan kawasan wisata Kawah Putih yang berada di Kabupaten Bandung. Ketinggian yang dicapai pada wilayah ini adalah sekitar 1.200 mdpl. Hal tersebut membuat Ciwidey menjadi wilayah dengan suhu rendah di Nusantara.

Bahkan, ketika matahari sedang terik-teriknya pun, suhu rendah tetap bisa Sedulur rasakan. Apalagi, ketika saat bangun pagi. Suhu air akan terasa menusuk seperti menyentuh es. 

10. Baturaden, Jawa Tengah

idntimes

Kota terdingin di Indonesia yang terakhir adalah Baturaden yang terletak di daerah pegunungan di Kabupaten Purwokerto, Jawa Tengah. Wilayah ini memiliki ketinggian yang mencapai 980 mdpl. Sebabnya adalah Baturaden berada di sebelah selatan Gunung Slamet. Jika berkunjung kesana, maka hal yang paling membuat betah adalah udara sejuk saat siang maupun malam hari. 

Jika Sedulur bertanya berapa suhu sekarang di Baturaden, maka rata-rata suhunya adalah 18 derajat celcius. Ada pula berbagai macam tempat wisata yang bisa menjadi pilihan ketika mengunjungi Baturaden. Diantaranya adalah Air Terjun Pancuran Pitu dan Pancuran Telu. keduanya dipercaya masyarakat sekitar sebagai media penyembuhan penyakit kulit jika mandi dengan airnya.

Tak hanya air terjun saja, Baturaden juga terkenal dengan bumi perkemahannya yang pernah digunakan untuk tempat penyelenggaraan Jambore Nasional. Agar keindahan semakin lengkap, hadir pula Kaloka Widya Mandala yang merupakan wisata edukasi dengan berbagai macam satwa di seluruh penjuru dunia.

Nah, itu dia 10 kota terdingin di Indonesia yang suhunya bisa membuat tubuh menggigil. Jika memutuskan untuk mengunjunginya, jangan lupa untuk menyiapkan jaket tebal dan selimut, ya. Pastikan juga kondisi tubuh sedang dalam keadaan sehat dan bugar agar perjalanan wisata semakin aman.