wisata bandung

Kota Kembang Bandung memiliki banyak sekali destinasi wisata yang menarik. Suasananya yang sejuk dan asri menjadikan kota Bandung menjadi salah satu kota tujuan wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Tak heran jika akhir pekan maupun libur panjang, kota Bandung akan padat oleh para wisatawan. 

Jika Sedulur berniat untuk liburan ke kota Kembang Bandung, berikut rekomendasi destinasi wisata Bandung yang wajib Sedulur kunjungi. 

BACA JUGA : 35 Rekomendasi Cafe di Malang yang Murah dan Instagramable

1. Sendang Geulis Kahuripan

wisata bandung
Piknik Wisata

Jika Sedulur ingin berwisata dengan nuasan alam di Kota Bandung, maka Sendang Geulis Kahuripan menjadi salah satu tempat yang harus Sedulur kunjungi. Sendang ini memiliki mata air yang cantik dan jernih serta  menawarkan udara yang sejuk. Akan tetapi aktivitas yang paling disukai anak muda di sendang inni adalah underwater selfie.

-->

Sendang Geulis Kahuripan berlokasi di Kampung Cilangkop, Desa Ganjarsari Cikalong Wetan. Kawasan wisata beroperasi mulai jam 07.00 sampai 17.00 WIB. Tarifnya hanya Rp10.000,000 dan Sedulur sudah bisa berendam dan mandi sepuasnya. 

2. Dusun Bambu

Jika Sedulur berlibur ke Lembang, maka Dusun Bambu merupakan destinasi wisata yang tidak boleh ketinggalan untuk dikunjungi. Kawasan Dusun Bambu merupakan salah satu tempat wisata di Lembang yang lagi hits di kalangan anak muda. Dusun Bambu menyuguhkan wisata alam serta kuliner yang dilengkapi berbagai wahana permainan sehingga cocok untuk liburan keluarga. Tak hanya itu, pengunjung juga dapat berselfi ria karena tempat ini memiliki spot-spot cantik untuk penggila selfie maupun fotografi. Tarifnya hanya Rp 15.000,00/orang. Sangat terjangkau bukan? 

3. Tebing Citatah

Nah, bagi Sedulur yang merupakan pencinta alam atau yang sekadar ingin mencoba tempat wisata baru, dapat mencoba pergi ke Tebing Citatah. Tebing Citatah termasuk salah satu favorit buat para penggemar olahraga panjat tebing. Saat sudah sampai di puncak, pemandangan alam sekitar yang luar biasa sudah menanti untuk diresapi. Jangan lupa untuk mengabadikan satu foto saat sudah sampai puncak ya Sedulur! Tarif ke Tebing Citatah bervariasi, akan tetapi umumnya sepaket dengan trip ke Stone Garden Geopark. 

4. Kampung Korea

Bandoeng

Wisata bandung yang satu ini hadir dengan nuansa Korea. Sangat cocok bagi Sedulur yang menyukai negeri Gingseng namun belum kesampaian pergi ke sana. Little Seoul Bandung dapat Sedulur jadikan sebagai pemanasan sebelum pergi ke Korea dan bertemu dengan Kpop idola Sedulur. Lokasinya tidak begitu jauh dari Stasiun Bandung dan hanya berjarak sekitar 3-4 kilometer.

Sesuai judulnya, nuansa Seoul berusaha dihadirkan ke Kota Bandung melalui tempatnya yang didesain sangat mirip dengan aslinya.  Selain itu, Sedulur juga dapat mencicipi berbagai aneka kuliner khas Korea Selatan yang  autentik. Jangan lupa dandan ala eonni dan oppa agar terlihat sedang di Korea beneran ya Sedulur!

5. Rabbit Town

Destinasi wisata baru yang saat ini sedang hits di Kota Bandung ini memang sempat tersenggol masalah plagiarisme terhadap Museum of Ice Cream, Los Angeles, Amerika Serikat. Akan tetapi hal tersebut tidak membuat  para pengunjung gondok dan justru berbondong-bondong datang karena penasaran dengan tempatnya. Jika Sedulur sedang berlibur ke Bandung dan  penasaran juga, cobalah mampir ke wisata Rabbit Town yang berada di Jalan Ranca Bentang.

6. Forest Walk

Meski saat ini kemajuan infrastruktur sudah sangat modern, Bandung rupanya tetap menjaga baik paru-paru kotanya. Salah satunya diwujudkan dengan tetap asrinya Forest Walk yang berlokasi di kawasan Babakan Siliwangi. Area ruang publik hijau ini sudah dilengkapi berbagai fasilitas umum hingga pusat oleh-oleh yang tentunya membuat pengunjung betah. Sedulur sudah tida perlu lagi melarikan diri ke hutan belantara jika ingin short escape, sekaligus mencari suasana yang tenang dan sejuk.

7. Kampung Dago Pojok

Okezone

Awalnya Kampung Dago Pojok bahkan sama sekali tak pernah tersorot keberadaannya. Akan tetapi sekarang, tempat ini justru banyak dikenal sebagai kampung mural yang indah dan berwarna. Tah hanya itu, keberadaan Kampung Dago Pojok juga berupaya untuk menumbuhkan apresiasi seni di masyarakat dengan menyediakan media belajar yang efektif sekaligus menyenangkan. Pengunjung juga dapat bergabung dalam workshop membuat wayang, alat musik dari bambu, serta menyaksikan beragam pertunjukan seni lainnya. Menyenangkan bukan? 

8. Kawah Putih Ciwidey

Kawah Putih Ciwiday selalu berhasil membuat para turis terkagum-kagum meski sudah dikunjungi berkali-kali. Panorama eksotis dari kawah yang berwarna kehijauan serta dipenuhi kepulan kabut putih jadi daya tarik utamanya yang membuat wisatawan ingin kembali lagi.  Tempat yang berlokasi di Jalan Soreang Ciwidey ini memiliki suhu yang bisa mencapai 8 derajat Celcius, jadi Sedulur memiliki alergi dingin, siapkan jaket yang tebal ya!

 BACA JUGA : Sejarah Kesenian Wayang di Indonesia Beserta Fungsinya

9. Lembang Park & Zoo

Lembang memang tidak pernah kehabisan tempat wisata yang seru dan menyenangkan.  Lembang Park & Zoo berada di Jl. Kolonel Masturi No. 171, Sukajaya, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Tak hanya kebun binatang di mana para pengunjung bisa bertemu dan mengenal berbagai satwa, tapi Lembang park & Zoo ini juga menjadi tempat wisata rekreasi yang menyenangkan bagi keluarga. 

Salah satu yang paling keren di sini adalah banyak burung cantik yang terbang bebas di dalamnya. Tak hanya itu, Sedulur juga  dapat makan siang bersama singa atau ngemil bareng kucing-kucing lucu di Neko Cat Cafe. Tips saat berkunjung ke tempat iniyaitu beberapa area di Lembang Park & Zoo hanya bisa diakses jika membeli tiket tambahan di luar tiket masuk utama. 

10. Tebing Keraton

wisata bandung
Kelloggs NYC

Tebing Keraton merupakan sebuah tebing yang menyuguhkan pemandangan luar biasa di area Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda. Jika Sedulur ingin merasakan pengalaman melihat lautan pohon yang hijau dari atas tebing, maka berkunjung ke tebing ini merupakan salah satu solusinya. Banyak orang juga yang datang ketika waktu subuh untuk melihat matahari terbit di sini, jadi pastikan Sedulur juga mencoba pengalaman tersebut saat liburan ke Bandung ya!

11. Taman Buru Gunung Masigit Kareumbi

Tempat wisata di Bandung Selatan yang satu ini merupakan satu-satunya destinasi wisata yang menyuguhkan suasana alam sangat kental. Taman Buru Kareumbi Masigit sangat cocok bagi Sedulur yang pecinta alam. Maka dari itu tempat wisata alam ini dijadikan sebagai tempat utama untuk berbagai macam kegiatan alam terutama untuk pelajar, seperti pramuka.

Di area ini juga sudah tersedia berbagai macam arena outbond yang sangat menyenangkan. Pengunjung juga dapat hiking maupun camping bersama sahabat lho. Bagi pengunjung yang tidak berminat untuk tidur di dalam tenda dapat memanfaatkan fasilitas penginapan yang sudah tersedia. Harga tiket masuknya pun cukup murah yaitu Rp5.000 (weekday) dan Rp7.500(weekend) 

12. Kebun Stroberry Ciwidey

Bila Sedulur ingin mengajak Si Kecil sangat menyukai buah strawberry, maka wajib mengunjungi kebun stroberi yang satu ini. Objek wisata alam di Ciwidey ini menyuguhkan hamparan kebun stroberi yang sangat luas. Buah stroberinya juga mempunyai bentuk yang sangat unik, yaitu segitiga dengan ujungnya yang berbentuk oval.

Hal yang menarik dari kebun stroberi Ciwidey ini adalah para pengunjung dapat dengan bebas untuk memanen stroberi sendiri. Setelah memetik stroberi, pengunjung pun dapat membawa pulang seluruh stroberi yang telah dipetik tapi dengan membelinya ya!

Untuk berkunjung ke kebun ini, Sedulur tidak perlu membayar tiket masuk. Akan tetapi,  perlu membayar berat dari stroberi yang telah dipetik dengan kisaran harga Rp35.000-Rp50.000 untuk 1 kg.

13. Trans Studio Bandung

wisata bandung
KMSTour

Trans Studio hingga saat ini masih menjadi tempat wisata Bandung yang populer dan patut dikunjungi saat liburan akhir tahun nanti. Sedulur dan keluarga dapat menikmati berbagai wahana dari yang biasa saja hingga yang ekstrem dan menegangkan. Terdapat beberapa wahana menarik, seperti tayangan 3D, kemudian parade dunia peri yang diadakan setiap sore hari. Selain wahana permainan, di sekitar area bermain juga terdapat kafe dan restoran untuk para pengunjung beristirahat sejenak.

Trans Studio Bandung terletak di Jl. Gatot Subroto No.289, Cibangkong, Kec. Batununggal, Kota Bandung, Jawa Barat. Tiketnya dibanderol dengan harga Rp180.000 untuk hari kerja dan Rp280.000 untuk dua orang di akhir pekan

14. Sanghyang Heuleut

Berlokasi di Rajamandala Kulon, Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Sanghyang Heuleut merupakan danau hijau yang menawarkan pemandagan memesona dengan dikelilingi batu-batu kali yang eksotis. Saking cantiknya, tempat ini sampai disebut kolam bidadari. Sanghyang Heuleut merupakan tempat wisata Bandung yang cocok untuk mandi maupun berfoto. Bagi yang hobi menguji nyali, silakan mencoba melompat dari salah satu batu yang tingginya lebih dari 5 meter. Hati-hati buat yang kurang jago berenang karena danau ini cukup dalam. 

15. Curug Bugbrug

Air terjun tunggal yang cukup cantik ini berada di Jalan Kolonel Masturi, Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua. Dinamai Brugbrug karena suara curahan airnya seperti menghempas dengan bunyi brug…brug… Jika ingin berkunjung ke tempat ini, Sedulur harus berjalan kaki sekitar 30 menit terlebih dahulu dari parkiran. Sepanjang perjalanan Sedulur akan menikmati pemandangan dan udara yang sangat sejuk nan asri. 

Nah jika dirasa capek, Curug Bugbrug menyediakan beberapa gazebo yang dapat Sedulur manfaatkan untuk istirahat. Tiket masuk ke curug ini cukup Rp7.500 saja lho. Murah kan Sedulur? 

16. Kampung Gajah Wonderland

wisata bandung
Liputan6

Daya tarik utama tempat wisata Bandung yang satu ini adalah waterboom yang seru buat anak-anak dan keluarga. Kampung Gajah juga dilengkapi berbagai wahana permainan yang bakal bikin anak-anak betah seharian. Wisata Kampung Gajah inisangat cocok untuk mengisi kegiatan liburan liburan berama keluarga. Keindahan Wisata Kampung Gajah di Parongpong Bandung jawa Barat ini sangatlah baik karena lokasinya yang strategis yaitu berada di Parongpong Bandung jawa Barat terletak di desa cihediung, Kecamatan parongpong, Kabupaten bandung, Provinsi jawa barat.

17. Lereng Anteng Panaramic Coffe Place

bagi Sedulur yang mencari  tempat nongkrong dan ngopi yang lagi hits banget di Bandung maka Lereng Anteng dapat menjadi salah satu alternatifnya. Tempat yang cocok buat nyantai ini terletaknya di daerah Puncak Ciumbuleuit atau Punclut yang adem. Daerah ini juga terkenal akan wisata kulinernya lho. Salah satu yang paling digemari anak muda adalah menikmati secangkir kopi di salah satu tenda atau saung yang langsung menghadap pemandangan kota Bandung.Tarifnya sendiri yaitu kisaran Rp5.000,00—Rp50.000 untuk harga makanannya. 

BACA JUGA :  22 Tempat Wisata Jakarta Terbaik Untuk Refreshing & Healing!

18. Gedung Sate

 Tak lengkap rasanya jika berlibur ke Bandung namun tidak mengunjungi Gedung Sate. Gedung peninggalan pemerintah kolonial Belanda ini merupakan ikon khas kota Bandung. Gedung Sate yang megah serta warga lokal yang sangat ramah membuat para pengunjung betah berlama-lama di tempat ini. Ditambah lagi tarifnya yang gratis lho. Sudahkan Sedulur berkunjung ke Gedung Sate? 

19. Masjid Pusdai

Jika berlibur ke bandung, jangan hanya mampir ke tempat jalan-jalan atau belanja di Bandung saja ya Sedulur. Kota ini juga punya objek wisata religi yang patut dikunjungi. Salah satunya adalah Masjid Pusdai (Pusat Dakwah Islam) Jawa Barat. Letaknya di Jalan Diponegoro No.63. Setiap hari Jumat, di depan masjid ada pasar kaget yang meriah yang selalu dipadati para pengunjung. 

20. Masjid Ala-Imtizaj

Radar Bogor

Tak hanya masjid Pusdai, di ruas Jalan ABC, Braga ada satu tempat ibadah yang memiliki arsitektur unik dan menarik. Masjid tetapi mengusung konsep bangunan ala kelenteng Tionghoa yaitu Ala-Imtizaj. Masjid ini menjadi salah satu bukti akulturasi budaya di tanah Sunda.

21. Green Kenyot Cikahuripan

Jika menyaksikan keindahan Grand Canyon di Amerika Serikat butuh dana puluhan juta, Sedulur dapat menyajsikan kembaranya di kota Bandung hanya dengan uang Rp15 ribu saja lho Sedulur. Green Kenyot merupakan tebing yang menjulang di aliran Sungai Cikahuripan yang sangat eksotis . Akan tetapi Sedulur harus selalu hati-hati ya kalau mau ke sini menjelang musim hujan, karena debit air bisa tiba-tiba naik drastis dan tempatnya yang licin. 

22. Amazing Art World 3D

Baru buka pada awal 2017 lalu, Amazing Art World 3D sudah masuk dalam daftar wisata best seller di Bandung dan wajib Sedulur kunjungi. Karya yang apik dan nampak super realistis ini merupakan hasil kolaborasi antara para seniman Korea Selatan dan para pelukis lokal. Alamatnya berada di Jalan Setiabudhi Nomor 293, Isola, Sukasari, Bandung. Wisata ini sangat cocok untuk Sedulur yang ingin menghabiskan waktu bersama orang-orang terdekat lho. 

23. Taman Hutan Raya Ir. H. Juanda

Pikiran Rakyat

Sekitar 2.500 spesies tanaman yang menghuni kawasan konservasi terpadu seluas 590 hektare ini. Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda terbentang dari kawasan Pakar hingga Maribaya dan menawarkan panorama yang luar biasa dengan udara yang sejuk dan asri. Sangat cocok bagi Sedulur yang ingin menepi dan rehat sejenak menikmati keindahan alam. 

 BACA JUGA : 22 Rekomendasi Tempat Wisata Solo Terbaik Untuk Relaksasi

24. Stone Garden

Bagi Sedulur yang gemar fotografi, Stone garden menjadi tempat yang cocok untuk dikunjungi. Dengan pengambilan angle  gambar yang tepat, foto Sedulur akan terlihat tricky karena tampak seperti sedang foto di Sumba. Padahal sebenarnya diambil di Stone Garden Geopark alias kebun batu yang berolkasi di Kampung Girimulya, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat. Sedulur harus mendaki sedikit untuk mendapatkan pemandangan yang menakjubkan. Tapi tenang saja, jalannya tidak begitu terjal. 

25. Sapulidi Sawah Reseor Bandung

Tempat wisata Bandung yang satu ini sangat cocok untuk rekreasi bersama keluarga. Dikelilingi oleh lereng yang hijau dan teduh serta danau yang indah, Sapulidi menjadi tempat yang amat pas untuk mengisi energi yang sempat hilang sambil menikmati suasana damai dan tenang jauh dari hiruk pikuk dan polusi kota. Harga kamar di tempat ini dibanderol mulai dari Rp435.240 per malam (Suite Room). Alamatnya berada di  Kompleks Graha Puspa, Jl. Sersan Bajuri, Cihideung, Lembang, Bandung, Jawa Barat.

26. Mulberry Hill by The Lodge

waisata bandung
Agoda

Wisata Bandung yang cocok untuk rekreasi keluarga selanjutnya adalah Mullberry Hill. Sedulur dapat menikmati pemandangan alam hijau sembari berendam di kolam jacuzzi air hangat sambil memandangi indahnya sunset dan pegunungan. Berada di kawasan Lembang yang sejuk, Mulberry Hill by The Lodge merupakan tempat menginap berbentuk bawang merah yang unik. Tempat ini pun cocok untuk Sedulur yang ingin berbulan madu. 

27. Taman Film

Berlokasi di Jalan Layang Pasupati, Taman Film menawarkan area terbuka untuk menonton film bersama dengan warga kota lainnya. Sensasinya seperti nonton film tancep di zaman dulu lho, tetapi dengan nuansa yang lebih modern. Taman film pun tidak dipungut biaya. Sedulur cukup membayar parkir saja. Wisata yang sangat hemat bukan? 

Taman film menjadi tempat yang cocok untuk Sedulur yang ingin menghabiskan waktu dengan orang-orang terdekat. fasilitasnya pun cukup lengkap. Sedulur dapat duduk bersantai di area taman sepuasnya. 

28. Sunrise Point Cukul

Sesuai namanya, Sunrise Point Cukul menawarkan keindahan matahari terbit nan syahdu dipadu dengan pemandangan alam sekitar yang asri dan menenangkan. Sangat cocok untuk Sedulur yang gemar fotografi untuk mengabadikan momen matahari terbit. Tarif di tempat wisata ini cukup Rp10.000 saja lho Sedulur. Nah, untuk parkirnya Sedulur harus membayar Rp5.000 untuk motor dan Rp10.000 untuk mobil. Bagaimana? Tertarik untuk berkunjung ke sini? 

29. Tangkuban Perahu

Selain Gedung Sate, Tangkuban Perahu juga dianggap sebagai ikon khas kota Bandung. Maka dari itu Sedulur harus mampir ke sini kalau berwisata ke kota Kembang Bandung. Untuk TarifnyaSedulur cukup membayar Rp7.000,00 (weekdays), dan  Rp10.000,00 (weekend). 

30. Pemandian Air Panas Ciater

Orami

Terletak di Desa Nagrak, sumber air panas ini merupakan tempat wisata di Bandung yang sudah populer dan sayang jika dilewatkan.  Daya tarik wisatanya sudah bukan hanya kolam air panas lho. Terdapat berbagai macam wahana, fasilitas olahraga, camping ground, outbond, sampai spa dan restoran. Pemandian Air Panas Ciater ini sangat cocok untuk Sedulur yang akan berwisata keluarga.  Tiketnya pun cukup terjangkau yaitu hanya Rp15.000,00/orang. 

Demikianlah rekomendasi wisata Bandung yang dapat Sedulur kunjungi saat berlibur ke kota Kembang ini. Tak hanya wisata alam, kota Bandung juga kaya akan wisata budaya dan kulinernya juga lho. Tempat mana aja nih yang akan Sedulur kunjungi?