wisata bale tani jombang

Bale Tani merupakan salah satu agrowisata yang ada di Jombang, sebuah Kabupaten yang terletak di Jawa Timur. Tempat wisata ini merawatkan konsep edukatif dan menarik yang dapat membuat setiap pengunjung berwisata dan belajar tentang pertanian. Wisata Bale Tani Jombang menjadi salah satu tempat yang menarik untuk dikunjungi. Bukan hanya tempat wisata, terdapat juga pelatihan pertanian, pendidikan untuk berkebun serta berterna.

Bagi Sedulur yang berencana berkunjung ke Jombang dan mencari tempat berlibuar yang edukatif, bale tani ini bisa jadi pilihan yang menarik. Agar semakin mantap ke sana, berikut ini informasi penting yang wajib Sedulur ketahui tentang wisata Bale Tani Jombang. Mari langsung kita simak ulasannya berikut ini!

BACA JUGA: 13 Pantai di Gresik Paling Hits dan Favorit Wisatawan!

Apa itu Bale Tani Jombang?

wisata bale tani jombang
Traveling Yuk

Sebelum menjadi agrowisata, Bale Tani merupakan sebuah pusat pelatihan pertanian untuk para petani desa setempat. Tidak hanya pelatihan pertanian, tapi juga berkebun, peternakan serta penggilingan beras. Lokasi Bale Tani ini berada ditengah area persawahan warga dan berbagai pusat pelatihan tersebut sudah dimulai sejak tahun 2006. Dengan potensi dan sumber daya yang mendukung, pada tahun 2017 Bale Tani berubah menjadi agrowisata.

Meski sudah menjadi agrowisata, pelatihan pertanian di Bale Tani masih tetap berjalan. Dan pengelola agrowisata ini adalah gabungan kelompok tani yang ada disana. Sebagai wisata edukasi, wisatawan akan lebih mengenal serta menikmati beragam hasil pertanian dari berbagai teknik. Seperti teknik holtikultura, budidaya ikan air tawar, bertani disawah hingga peternakan. Dengan konsep agrowisata yang menarik ini menjadikan Bale tani sebagai wisata edukasi sekaligus sebagai tempat rekreasi keluarga. Tempat wisata yang cocok untuk semua kalangan usia, mulai dari anak-anak, remaja hingga dewasa.

Selain sebagai wisata edukasi, Bale tani juga dijadikan sebagai tempat rekreasi keluarga. Wisatawan akan disuguhkan dengan berbagai tanaman-tanaman indah, tanaman buah hingga tanaman hias. Tersedia beragam spot foto menarik serta terdapat kolam renang. Tempat wisata untuk bersantai, bermain sambil menikmati suasana alam yang asri dan alami. Keberadaan Bale Tani Jombang menambah alternatif kunjungan di Kabupaten Jombang secara khusus dan di Jawa Timur secara umum.

BACA JUGA: 27 Tempat Wisata Bogor yang Instagramable Terpopuler di 2023

Alamat Bale Tani Jombang

wisata bale tani jombang
Traveling Yuk

Adapun bagi Sedulur yang tertarik untuk berkunjung ke wisata Bale Tani Jombang, tentu Sedulur harus mengetahui alamat lengkapnya. Adapun alamat lengkap dari Bale Tani Jombang itu sendiri terletak di Jalan Dokter Soetomo, Serning, Banjaragung, Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Indonesia. Jika Sedulur yang berada di sekitar Jombang dan tinggal serta beraktivitas di Jawa Timur, tentu Sedulur dapat mengetahui dengan lengkap alamat di atas.

Bagi Sedulur yang berada di luar Jombang dan luar Jawa Timur, Sedulur tentu akan kesulitan untuk sampai ke Jombang. Kamu tidak perlu khawatir karena di era digital yang canggih seperti saat ini ada banyak aplikasi yang bisa menunjukan arah sampai tujuan dengan mudah. Jadi Sedulur bisa tiba di Bale Tani Jombang tanpa harus kesasar.

Transportasi Menuju Bale Tani

Untuk membantu Sedulur agar bisa sampai ke Bale Tani Jombang, tentu harus mengetahui transportasi menuju Bale Tani yang bisa diakses apa saja. Akses menuju lokasi Agrowisata Bale Tani Jombang jalannya cukup bersahabat.

Sedulur bisa mencapai lokasi wisata dengan menggunakan kendaraan roda dua mauapun roda empat. Hal tersebut disebabkan karena akses jalan yang cukup baik dan bersahabat menuju Bale Tani. Sehingga Sedulur tidak kesulitan untuk mencapai Bale Tani.

Untuk lebih mempermudah Sedulur agar bisa mencapai Bale Tani, terutama bagi Sedulur yang berasal dari luar Jombang dan luar Jawa Timur, berikut ini beberapa rute yang bisa Sedulur ikuti agar mudah mencapainya:

  • Dari arah pusat kota Jombang: Ambil arah ke Mojokerto – Selanjutnya berbelok ke arah Banjaragung, Kecamatan Bareng. Wak tu tempuh perjalanan dari pusat kota Jombang menuju lokasi wisata Bale Tani smembutuhkan waktu sekitar 30 menit.
  • Dari arah Surabaya: Menuju ke sub terminal Mojoagung – Belok kiri menuju jalan Wonosalam – Lurus terus hingga menemukan pertigaan Mojoduwur – dari pertigaan Mojoduwur belok kanan – Kurang lebih sekitar 15 menit dari pertigaan Sedulur sudah sampai di kawasan lokasi wisata Bale Tani.

Jam Buka & HTM

Setiap tempat wisata tentu saja memiliki waktu tersendiri untuk melayani setiap kunjungan. Adapun wisata bale tani Jombang, memiliki jam buka sebagai berikut:

  • Buka di setiap hari
  • Dari jam 08.00-16.00 WIB

Namun di beberpa waktu tertentu Bale Tani Jombang juga akan tutup, tutup dan tidak menerima kunjungan dari wisatawan. Hal tersebut berkaitan dengan perawatan dan pembenahan tempat wisata agar tetap bisa memberikan pelayanan yang baik bagi wisatawan. Sementara untuk harga tiket masuk atau HTM wisata ini cukup murah meriah. Untuk wisata Bale Tani Jombang sendiri memiliki tarif atau harga tiket masuk sebagai berikut:

  • Tiket Masuk : Rp.10.000,-
  • Tiket masuk berlaku dari usia 2 tahun

BACA JUGA: 20 Tempat Wisata Puncak Bogor Terhits dan Instagramable

Fasilitas yang Tersedia

wisata bale tani jombang
Traveling Yuk

Bale Tani merupakan pusat pelatihan pertanian, peternakan, perkebunan dan penggilingan beras. Dengan potensi yang dimilikinya Bale Tani berubah menjadi agrowisata. Selain wisata edukasi, Bale Tani juga sebagai tempat rekreasi keluarga dilengkapi dengan beragam spot dan wahana menarik.

Hal yang menarik dari  wisata Bale Tani Jombang adalah pemberian nama untuk tempat atau spot yang ada disana. Setiap tempat diberi nama bale, yang artinya balai atau tempat pertemuan. Setiap bale yang ada memiliki keunikan dan fungsi tersendiri.

1. Bale Ageng

Fasilitas pertama wisata Bale Tani Jombang yaitu Bale Ageng yang memiliki arti Balai Besar. Sebuah ruangan berbentuk pendopo untuk kegiatan atau acara outdoor. Biasanya di bale ini sering diselenggarakan acara musik setiap akhir pekan. Disamping Bale Ageng tersedia beberapa meja kursi dan payung taman. Meja tersebut bisa digunakan pengunjung menikmati kebun sekaligus menyaksikan aksi di panggung. Bale Ageng bisa disewa untuk umum dengan kapasitas 100 orang.

2. Bale Kempal

Selanjutnya adalah Bale Kempal yang artinya balai kumpul atau tempat untuk berkumpul. Bale Kempal ini sifatnya indoor dan biasa digunakan untuk workshop, seminar atau meeting. Bale Kempal letaknya berada di sebelah pintu masuk tiket pembayaran. Bale Kempal ini dibangun dari dana hibah negara Jepang sebagai bentuk apresiasi kepada pengelola. Sebagaimana namanya, tempat ini memang ditujukan sebagai tempat untuk berkumpul. Untuk tarif sewa Bale Kempal per 3 jamnya dikenakan biaya Rp.600.000 dengan kapasitas maksimum 30-50 orang.

3. Bale Alit

Fasilitas yang ada wisata Bale Tani Jombang selanjutnya adalah Bale Alit. Bale Alit artinya balai kecil. Bale Alit ini lebih diperuntukan sebagai area bermain anak-anak. Berbentuk rumah pohon dan letaknya diatas batang pohon buatan. Bagian bawah batang pohon terdapat pintu tiruan berukuran kecil. Biasanya Bale Alit menjadi tempat yang paling disukai oleh anak-anak, hal tersebut disebabkan karena banyak fasilitas bermain anak-anak yang membuat mereka seru dan betah bermain.

4. Bale Bengo

Di Bale Tani Jombang juga terdapat fasilitas bernama Bale Bengo. Bengo sendiri artinya bersuara keras atau berteriak. Sehingga Bale Bengo yang dimaksud artinya sebagai tempat bernyanyi atau sarana karaoke. Bale Bengo ini letaknya bersebalahan dengan Bale Alit. Tarif menggunakan Bale bengo ini cukup terjangkau. Untuk mencoba sarana ini pengunjung bisa langsung menghubungi petugasnya. Bale Bengo sendiri biasa dijadikan sebagai tempat berkumpul untuk nongkrong dan berbincang dengan suguhan penampilan musik.

5. Bale Pijat

Di tempat wisata Bale Tani Jombang juga terdapat fasilitas yang cukup unik, yaitu Bale Pijat. Seperti namanya, tempat ini memang diperuntukan bagi siapapun yang ingin melakukan relaksasi dan refleksi tubuh dengan cara dipijat. Sedulur dan para pengunjung akan dimanjakan dengan berbagai fasilitas memijat. Baik dengan pijat mesin elektronik atau dengan pijat refleksi secara langsung. Jadi, setelah lelah berwisata, untuk menyegarkan tubuh, pengunjung bisa dimanjakan di Bale Pijat.

6. Bale Bengong

Fasilitas unik di wisata Bale Tani Jombang selanjutnya yaitu Bale Bengong. Namanya sesuai artinya, bengong sendiri bahasa tidak baku dari melamun. Di tempat ini, wisatawan dipersilahkan dengan bebas untuk melamun. Alias untuk bersantai dan menyendiri. Di Bale Bengong tersedia berbagai tempat yang mendukung untuk melamn dan menyendiri, seperti kolam ikan, dan beberapa gazebo untuk bersantai.

7. Bale Batik

Agrowsata Bale Tani juga menyediakan beberapa pondok untuk wisatawan yang ingin beristirahat. Pondok tersebut bernama Bale Batik. Bale Batik menyediakan pondok berupa kamar-kamar ruangan untuk beristirahat. Bangunan pondok yang terbuat dari kayu dan anyaman bambu. Sebuah pondok dengan konsep suasana khas pedesaan. Bisa jadi tempat untuk beristirahat dan memulihkan tenaga.

BACA JUGA: 10 Tempat Wisata di Sidoarjo Paling Hits, Wajib Dikunjungi!

Paket Edukasi Umum Bale Tani Jombang

wisata bale tani jombang
IDN Times

Tempat wisata Bale Tani Jombang menyediakan berbagai paket edukasi pertanian untuk umum. Materi yang tersedia yaitu pengenalan Bale Tani, cara menanam, memberi makan kelinci dan ikan dan lainnya. Pengunjung akan diberikan edukasi kurang lebih selama 2 jam.

1. Wahana outbound

Wisata ini juga menyediakan wahana outbound yang seru. Untuk mencoba wahana outbound ini jumlah perserta minimal harus 30 orang. Wahana ini bisa menjadi tempat untuk bermain anak-anak agar bisa mendapatkan liburan yang menarik.

2. Kids playland

Merupakan area bermain untuk anak-anak dilengkapi dengan berbagai wahana permainan seru. Tiket masuk Kids Playland Rp.10.000,-. Dengan membayar tiket tersebut anak-anak bisa bermain sepuasnya di area bermain anak-anak ini.

3. Spot foto

Tersedia berbagai spot foto cantik, keren dan menarik yang wajib Sedulur coba. Saat pertama kali masuk, pengunjung akan disambut dengan beberapa spot foto yang unik dan menarik. Tidak jauh dari pintu masuk Sedulur akan menemukan spot foto lucu. yaitu box telepon umum dan sepeda angin berwarna pink.

4. Kolam renang

Salah satu spot menarik di Bale Tani adalah tersedianya area kolam renang anak yang terdiri dari 3 kolam. 2 Kolam berukuran kecil dan dangkal. Kolam ini letaknya berada di sisi selatan dengan yang dikelilingi pemandangan indah dan apik.

5. Cafe

Tempat wisata Bale Tani Jombang juga tersedia cafe-cafe dengan berbagai tema yang menarik. Terdapat salah satu cafe yang unik dan bernuansa tradisional bertema outdoor. Tempat duduknya dilengkapi payung letaknya ditepi persawahan yang indah. Disekelilingnya juga terdapat kantin-kantin penjual makanan bernuansa pedesaan. Interiornya terbuat dari bambu lengkap dengan hiasan kluntungan bambu.

BACA JUGA: 20 Destinasi Wisata Kota Batu Paling Unik, Wajib Ke Sini!

Fasilitas Lain di Bale Tani Jombang

wisata bale tani jombang
Traveling Yuk

Beberapa fasilitas yang tersedia menjadi penunjang berwisata di Agrowisata Bale Tani. Beberapa fasilitas tersebut diantaranya :

  • Area parkir kendaran
  • Mushola
  • Toilet
  • Warung jajanan
  • Wahana permainan
  • Kolam Renang
  • Outbond area
  • Spot foto instagramable

Hotel Sekitar Bale Tani Jombang

Bagi wisatawan luar yang ingin berkunjung ke tempat wisata ini, tersedia beberapa hotel, villa atau penginapan sekitar Bale Tani, yaitu:

  • Villa Rosari Refresh
  • Villa Kampoeng City Wonosalam
  • Homestay G belle
  • Hotel Mulya Jaya
  • Villa Kampung City-Lembah Giri
  • Villa Firna Kampoeng City Wonosalam
  • Kampoeng Djawi

Tempat Wisata Sekitar Bale Tani Jombang

Jangan hanya puas dengan setiap fasilitas wisata yang ada di Bale Tani Jombang, karena terdapat beberapa tempat wisata yang ada di Jombang. Di antaranya yaitu:

  • Wana Wisata Bukit Pinus Wonosalam
  • Wana Wisata Sumber Biru
  • Grojogan Selo Gonggo
  • Kampoeng Djawi
  • Wisata Banyumili Wonosalam
  • Goa Sigolo-Golo

Demikian tadi ulasan lengkap tentang wisata Bale Tani Jombang, salah satu tempat berlibur yang bisa jadi pilihan Sedulur. Bukan hanya bagi masyarakat Jombang dan masyarakat Jawa Timur, namun juga bagi masyarakat yang ada di Pulau Jawa dan seluruh masyarakat Indonesia.