wasabi

Bagi yang suka dengan makanan khas Jepang, tentu kamu tahu jika wasabi sushi adalah dua items yang tak terpisahkan. Makanan yang yerbuat dari olahan ikan dan nasi ini hampir selalu disuguhkan bumbu berwarna hijau di dekatnya. 

Bagi yang belum familiar, wasabi adalah tanaman berwarna hijau dengan bentuk seperti lobak kecil. Bukan tumbuhan biasa, ia bisa memberikan rasa pedas yang cukup menusuk namun mampu membuat citarasa sushi yang dimakan jadi lebih lezat.

BACA JUGA: 20 Makanan Jepang Paling Populer yang Bisa Kamu Coba

Serba-serbi wasabi

Serba-serbi wasabi
Unsplash

Bentuk & rasa

Kurang lebih bentuk aslinya saat baru dipanen adalah seperti gambar di atas. Itu adalah jawaban atas pertanyaan wasabi terbuat dari apa. Masuk dalam kategori kubis, tanaman ini memiliki Latin Brassicaceae

-->

Rasa wasabi yang pedas membuatnya disebut sebagai sambal khas ketika memakan sushi. Berbeda dengan olahan sambal di Indonesia yang terbuat dari cabe rawit, rasa dari bumbu hijau ini memberikan efek menyengat yang menusuk hingga hidung. 

Maka dari itu, sangat disarankan untuk mengambil sedikit washabi ketika mencapurkan dengan soyu dan acar jahe. Tak bingung lagi ‘kan kenapa wasabi pedas dan menusuk?

BACA JUGA: 12 Jenis Sushi yang Populer di Indonesia, Jangan Salah Pesan

Cara membuat

Cara mengolah wasabi yang asli adalah dengan diparut dengan alat tradisional kecil yang diklaim bisa membuat hasil parutannya lebih tahan lama. Tapi, banyak juga yang menjual produk dalam bentuk pasta yang disimpan dalam kemasan tube yang lebih praktis,

Apabila ingin membeli yang pasta, wasabi harga sekarang ini dijual di kisaran Rp20 ribuan untuk kemasan kecil. Kecuali kamu makan sushi setiap hari, bumbu tambahan ini bakal lama habisnya.

Kandungan

Setelah mengetahui apa itu wasabi, saatnya beralih membahas tentang kandungannya. Ada alan mengapa tumbuhan ini terasa menyengat. Salah satunya adalah senyawa isotiosianat yang punya sifat antimikroba dan berfungsi untuk menghambat pertumbuhan bakteri. Dalam 130 gramnya, ini kandungan yang dimiliki:

  • 142 kalori
  • 738 mg potasium
  • 166 mg kalsium
  • 89.7 mg magnesium
  • 30.6 gram karbohidrat
  • 10.1 gram serat
  • 6.2 gram protein
  • 5 mg vitamin C
  • 2.1 mg zinc
  • 0.2 mg copper
  • 0.1 mg riboflavin
  • 1.3 mg zat besi
  • 0.5 mg mangan
  • 0.4 mg vitamin B6
  • 0.2 mg tiamin

Dari kandungan di atas, tentu bisa diterka bila tanaman ini juga memiliki banyak manfaat yang baik bagi tubuh. Untuk lebih lengkapnya, scroll ke bawah, ya.

1. Melancarkan & menyehatkan saluran pencernaan

manfaat wasabi Melancarkan & menyehatkan saluran pencernaan
Unsplash

Saluran dan organ pencernaan cukup sering mengalami gangguan. Terlebih lagi bakteri H. pylori yang menjadi penyebab utama infeksi lambung dan infeksi usus halus. Kemungkinan terburuknya, hal ini bisa menjadi pemicu infeksi, tukak, dan kanker lambung.

Penyakit saluran pencernaan di atas bisa dicegah apabila kamu sudah merasakan manfaat wasabi. Tanaman ini mengandung senyawa isothiocyanate yang menjadi agen antomikroba dan efektif melawan bakteri membahayakan ini. 

BACA JUGA: Resep Sukiyaki Ala Restoran Khas Jepang Isian Komplit

2. Menjaga kesehatan jantung

Menjaga kesehatan jantung
Unsplash

Kelebihan dari wasabi paste lainnya juga bisa dirasakan oleh jantung. Memiliki sifat antihiperkolesterolemia, ekstrak dan kandungan dari tumbuhan ini diklam mampu menurunkan kolesterol yang bisa mengurangi risiko stroke dan serangan jantung.

3. Mencegah kanker

wasabi adalah
Unsplash

Di dalam wasabi, ada kandungan dari senyawa isothiocyanate, salah satunya adalah 6-MITC. Kandungan ini ternyata bisa mencegah perkembangan dan pertumbuhan sel kanker leukimia, kanker lambung, dan payudara. Prosesnya kurang lebih 24 jam pasca dikonsumsi dan dicerna oleh tubuh. Supaya bisa mendapatkan manfaat itu, sangat disarankan untuk mengonsumsi tanaman wasaba aslinya, ya.

BACA JUGA: Resep Saus Mentai Creamy Khas Jepang yang Simple

4. Memperkuat tulang

Memperkuat tulang
Unsplash

Kandungan isotiosianat yang ada di wasabi ternyata juga mampu mengurangi kemungkinan terserang osteoporosis pada lansia. Senyawa ini dianggap efektif untuk menjaga kesehatan tulang. Semakin dini dan sering mengonsumsinya, tubuh bisa semakin kecil kemungkinannya untuk mengidap pengeroposan tulang.

5. Mengurangi nyeri sendi

Mengurangi nyeri sendi
Unsplash

Selain baik untuk mencegah pengeroposan tulang di usia senja, wasabi juga baik untuk mengurangi nyeri sendi. Peradangan otot, sendi, dan ligamen bisa dikurangi berkat kandungan antioksidan yang terkandung di tanaman ajaib ini.

Dengan kondisi tulang yang tetap kuat serta otot, sendi, dan ligamen yang terjaga kelenturannya, kamu bakal bisa beraktivitas seperti biasa tanpa merasakan hambatan yang berarti. Supaya kondisi bisa tetap terjaga, Sedulur juga perlu mulai mengurangi aktivitas berat yang membuat otot, tulang, dan sendiri sebagai tumpuan tubuh utama. Misalnya mengangkat beban yang terlalu berat hingga aktivitas naik turun tangga yang terlalu banyak.

BACA JUGA: Resep Ebi Furai Khas Jepang, Crispy dan Gurih!

6. Menurunkan berat badan

mencegah kanker
Unsplash

Bagian yang diparut untuk dijadikan sambal ketika menyantap sushi adalah batangnya. Ternyata, daunnya juga mengandung asam yang ajaib untuk membantu proses penurunan berat badan. 5-Hydroxyferulic acid methyl ester diklaim mampu mencegah dan menghambat pertumbuhan sel lemak berlebih yang tidak sehat.

Efek samping

efek samping wasabi
Unsplash

Supaya tumbuhan ini bisa awet dalam jangka waktu yang cukup lama, sangat disarankan untuk menyimpannya di wasabi storage khusus. Hal ini bisa memudahkanmu untuk mengonsumsi dan merasakan manfaatnya tanpa perlu repot bolak-balik memarut.

Meskipun punya banyak manfaat, ternyata ada efek samping yang dirasakan ketika mengonsumsi wasabi dalam intensitas yang tinggi. Yang jelas, kamu akan merasa tidak nyaman karena bagian hidung dan mata akan tertusuk dan berair akibat bau tajamnya. Selain itu, konsumsi yang berlebihan juga bisa membuat kamu mengalami kerusakan hati. Pakai seperlunya dan secukupnya, ya.

Setelah mengetahui serba-serbi, manfaat, hingga efek samping wasabi, mungkin kamu akan tertarik untuk mencoba mengonsumsinya. Tapi yang perlu diingat adalah bijaklah dalam pemakaiannya. Karena yang berlebihan bakal menjadi bumerang untuk tubuh. 

Agar mendapatkan hasil yang maksimal, kamu juga perlu mencari tahu tentang wasabi berkualitas bagus dan asli. Jangan sekali-kali memilih yang palsu karena akan percuma membelinya apabila tidak ada kandungan esensialnya yang bisa diserap tubuh meski dikonsumsi setiap hari.

Supaya kebaikan ini bisa dirasakan secara maksimal olth tubuh, sangat perlu juga diimbangi dengan membiasakan diri dengan pola hidup sehat. Kurangi intensitas mengonsumsi makanan instan dan minuman manis dengan kandungan gula yang melebihi asupan harian yang disarankan. Selain itu, mulai rutinkan diri untuk berolahraga dan membuat tubuh lebih intens bergerak.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super, lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.