makanan jepang

Sebagai salah satu negara maju yang ada di Asia Timur, Jepang sangat terkenal dengan aneka kuliner khasnya. Makanan Jepang  sangat populer dan digemari banyak orang karena citarasanya yang gurih dan tidak terlalu asin.

Contoh menu yang cukup digemari adalah onigiri, udon, tempura, hingga natto makanan Jepang. Jajaran ini sudah cukup dikenal secara luas oleh banyak orang di luar negeri. Pilihan makanan  ini pun sudah mudah didapati di berbagai resto Jepang yang ada di tanah air. Bagi yang belum pernah ke Jepang, bisa mendatangi tempat ini terlebih dulu untuk menghilangkan rasa penasaran.

Selain menu di atas, masih ada lagi belasan makanan Jepang yang wajib diketahui dan dicoba satu per satu. Simak daftarnya di bawah ini dan coret mana saja yang pernah kamu coba.

BACA JUGA: Ini Arti Yamete Kudasai dalam Bahasa Indonesia & Istilah Bahasa Jepang Lainnya

-->

1. Sushi

makanan khas jepang
kompas

Menu khas Jepang yang pertama adalah sushi yang menggabungkan nasi cuka dan olahan laut. Menu ini sudah menjadi makanan yang umum dan lazim bagi warga lokalnya. Kamu bisa dengan mudah menemukan di seluruh penjuru Negeri Sakura.

Bila punya budget lebih, kamu bisa mencicipi sushi yang ada di area Ginza, Tokyo. Jika budget cekak, kamu bisa membeli sushi dengan harga miring yang ada di daerah Kaitenzushi. Ada juga banyak gerai yang menjual per piringnya seharga ¥100.

2. Tempura

natto makanan jepang
halodoc

Makanan Jepang yang unik selanjutnya adalah tempura. Menu ini adalah olahan makanan laut yang dibuat dengan teknik deep frying atau menggoreng dengan meredam ke dalam minyak panas. Buat yang menyukai olahan ini, disarankan untuk datang ke banyak pilihan restoran spesialis yang menyediakan tempura.

3. Sukiyaki

makanan jepang halal
detik

Sukiyaki  jadi makanan khas Jepang yang terdiri dari daging dan sayuran yang direbus ke dalam sebuah panci. Untuk menciptakan rasa yang sangat gurih dan manis, dibutuhkan bumbu khusus yaitu warishita yang terbuat dari kecap asin dan tambahan gula. Di beberapa daerah di Jepang, menikmati sukiyaki selalu ditambahkan dengan kocokan telur ke dalam bumbu supaya membuat rasa menjadi lebih ringan di mulut.

4. Ramen

makanan mie khas jepang adalah
kompas

Dalam format mi, ada ramen. Makanan mie khas Jepang adalah berbahan dasar mie yang cukup terkenal di seantero Jepang. Kuliner yang satu ini biasanya dilengkapi dengan topping seperti daging, irisan telur matang, dan sayuran segar. Kenikmatan semangkuk ramen tidak hanya ada pada minya, tapi juga kuahnya. Kamu bisa merasakan citarasa asin dan gurih di tiap seruputannya.

5. Nasi kari

makanan jepang yang unik
detik

Mungkin banyak orang mengira nasi kari hanya ada di India. Ternyata, nasi kari juga bisa ditemukan di Jepang dan menjadi makanannya yang unik. Menu yang satu  ini terbuat dari daging yang dilumuri tepung dan disiram dengan kuah kari berisi sayuran seperti wortel, kentang, dan bawang bombai.

BACA JUGA: Timun Jepang, Timun Lokal & Zucchini, Simak Perbedaanya

6. Tonkatsu

makanan jepang halal
wikipedia

Buat yang beragam Islam, mungkin tidak dianjurkan mengonsumsi makanan yang satu ini. Sebab, makanan khas Jepang ini terbuat dari daging babi. Tonkatsu adalah kuliner olahan dari daging babi yang dicelupkan ke dalam adonan tepung kemudian dilapisi remah roti dan terakhir digoreng dengan minyak.

7. Soba

makanan jepang yang mudah dibuat
kompas

Banyak sekali kuliner berbahan dasar mi selain ramen di Jepang. Mie khas lainnya yang patut dicoba adalah soba. Menu ini makin nikmat disantap jika dilengkapi dengan topping seperti potongan telur, tempura, dan bahan-bahan lainnya.  Soba sangat populer di Jepang dan mudah didapati di banyak tempat makan kaki lima hingga restoran.

8. Udon

makanan jepang udon
kompas

Setelah ramen dan soba, masih ada udon yang turut meramaikan kuliner yang berbahan dasar mie. Teksturnya berbeda dengan kedua mi sebelumnya. Udon memiliki tekstur yang cukup padat dan tebal.

Makanan ini terbilang mudah dibuat. Untuk membuat minya, kamu hanya perlu menyiapkan adonan tepung gandum sebagai bahan utama. Bumbunya hanya terbuat dari kecap asin dan gula. Segala bahannya bisa didapatkan di supermarket dan minimarket, lho.

9. Karage

makanan jepang Karage
oyakata

Karage merupakan makanan Jepang yang mudah dibuat sendiri. Menu ini adalah olahan ayam yang dibumbui dengan kecap asin, garam, dan rempah. Ayam dilumuri dengan tepung pati dan dicampuri bumbu, selanjutnya digoreng di atas minyak panas. Jika sedang mengunjungi Jepang, sempatkan untuk mencicipinya.

10. Yakitori

Yakitori
detik

Yakitori merupakan makanan Jepang yang unik karena mirip dengan sate di Indonesia. Untuk menciptakan rasa yang lezat , yakitori  dibumbui  dengan garam manis, kecap asin, dan saus BBQ. Untuk menikmati seporsinya, kamu diharuskan mengunjungi restoran khusus yang memang yakitori.

BACA JUGA : 150 Nama Jepang untuk Bayi Laki dan Perempuan yang Gagah & Anggun

11. Yakiniku

Yakiniku
idntimes

Buat para pecinta berbagai makanan yang dimasak sendiri dengan BBQ, mungkin makanan Jepang halal bernama yakiniku ini bisa dicoba. Hidangan ini menjadikan daging sapi sebagai bahan utamanya. Setelah dipotong tipis, daging dicelupkan ke dalam saus dan kemudian bisa langsung dipanggang di atas bara api.

Kunci kelezatan ketika menyantap menu yang satu ini terletak pada kesegaran daging. Supaya teksturnya tetap kenyal dan tidak terlalu alot, pastikan untuk memanggang sebentar saja. Untuk mendapatkan pengalaman makan yakiniku yang premium, kamu bisa memesan daging sapi sirloin.  Bagian ini memang menjadi favorit warga lokalnya karena teksturnya yang lembut bahkan setelah dipanggang.

12. Sashimi

Sashimi
sehatq

Sashimi bisa masuk ke dalam daftar makanan Jepang yang unik. Kuliner yang satu ini menyajikan irisan daging ikan mentah dalam potongan kecil dan bisa langsung dimakan. Jadi tidak dimasak terlebih dahulu seperti memasak ikan pada umumnya.

Sashimi akan terasa nikmat jika disantap dengan kecap asin dan tambahan seperti wasabi dan asinan jahe. Apabila ingin merasakan kenikmatan sashimi dengan harga murah, kamu bisa bertandang ke di restoran yang berada di dekat pelabuhan di Jepang.

13. Robatayaki

Robatayaki
kompas

Mungkin istilah ini masih asing di telinga sebagian besar orang. Memang robatayaki bukan jenis makanan khas Jepang. Istilah ini lebih mengarah kepada sebuah nama restoran. Di negara asalnya Jepang, restoran robatayaki menyajikan ikan dan sayur-sayuran yang dimasak di atas api dan disajikan kepada pelanggan menggunakan sendok kayu besar. Maka  dari itulah kemudian kulinernya dinamakan robatayaki.

14. Shabu-shabu

Shabu-shabu
tripadvisor

Makanan Jepang berikutnya adalah shabu-shabu. Jenis kuliner ini terdiri atas potongan daging dan sayur-sayuran yang direbus dengan kuah berbumbu bersama dengan konbu dan bahan-bahan lainnya. Untuk menciptakan rasa yang nikmat dan lezat, shabu-shabu sering ditemani dengan saus celup bernama ponzu atau wijen. Kunci kenikmatan dari kuliner yang satu ini terletak saat merendam daging di dalam air rebusan sebelum memakannya.

15. Gyutanyaki

Gyutanyaki
tripadvisor

Kuliner ini adalah makanan khas Jepang dan di negara asalnya berada di Perfektur Sendai. Gyutan bisa artikan sebagai lidad sapi sehingga olahan ini dinamakan gyutanyaki. Buat yang ingin mencoba makanan unik, kamu hanya bisa mencicipinya dengan mendatangi restoran spesialis lidah daging sapi.

BACA JUGA: Resep Ramen Shoyu Jepang Praktis ala Rumahan

16. Gyudon

Gyudon
wikipedia

Semangkuk nasi dengan topping tumisan daging sapi matang biasa dinamakan dengan gyudon. Gyudon sendiri sangat digemari masyarakat di Jepang dan sangat populer di dunia. Maka tak salah jika gyudon merupakan makanan khas Jepang yang sangat lezat.

Meski sudah populer di dunia, namun ada hal membedakan antara gyudon di Jepang dan di luar Jepang. Di negara asalnya Jepang, kualitas nasi yang dipakai sangat berbeda namun tidak mahal. Bisa jadi daging sapinya mempunyai kualitas bagus dan sangat cocok ketika dipadukan dengan nasi putihnya. Untuk menambah citarasa yang khas, kamu bisa menambahkan telur kocok di atas daging sapi. Rasanya jadi jauh lebih nikmat, bukan?

17. Chankonabe

Chankonabe
recipeinjapan

Ingin merasakan makanan yang disantap oleh para pegulat sumo? Mungkin kamu harus coba makanan  jepang bernama chankonabe ini. Menu ini terkenal karena jadi hidangan wajib pegulat sumo di Jepang untuk membentuk tubuh supaya tetap kekar dan besar.

Di dalam semangkuk chankonabe terdiri dari potongan daging sapi dan sayur yang mengandung nutrisi tinggi. Kemudian bahan tersebut direbus dalam panci besar. Untuk menikmati hidangan ini, kamu disarankan untuk mengunjungi restoran yang dikelola pegulat sumo.

18. Motsunabe

Motsunabe
fooddiversitytoday

Makanan Jepang yang tak unik adalah motsunabe. Motsunabe merupakan menu berbahan dasar jeroan daging sapi dan daging babi. Makanan ini bisa ditemukan dengan mudah di Perfektur Fukuoka dan sangat digemari oleh masyarakat di negara tersebut.

Ketika memasak motsunabe di panci, jangan lupa untuk menambahkan topping berupa sayuran seperti kol dan juga daun bawang Cina. Bahan ini bisa menambah rasa segar untuk hidangan motsunabe racikanmu.

19. Onigiri

Onigiri
idntimes

Makanan ini tidak akan asing di lidah karena sudah populer di seluruh  dunia. Menu khas Jepang ini disebut dengan onigiri. Kudapan yang dibuat dari bahan dasar nasi ini dibentuk menjadi segitiga dan bola-bola. Sebelum dibentuk, nasi dicampur dengan sedikit garam serta dibungkus dengan lembaran nori atau rumput  laut kering. Nasi ini juga banyak yang diisi dengan potongan daging salmon dan telur ikan sebelum akhirnya dibungkus memakai nori.

Kuliner ini bisa dijumpai di seluruh wilayah Jepang maupun luar negeri. Menu ini bak tersebar secara merata di Eropa, Amerika, hingga Asia Tenggara. Di Indonesia, onigiri banyak di jual di minimarket dengan harga terjangkau. Biasanya per biji onigiri dibanderol sebesar Rp7.000 sampai dengan Rp10.000.

20. Kaiseki ryori

Kaiseki ryori
japanestation

Istilah ini hanya merujuk pada gaya makan yang paling cocok saat jamuan. Menu untuk makanan ini biasanya terdiri dari ichijusansai atau makanan yang terdiri dari sup, sashimi, hidangan yang dipanggang, dan hidangan yang dimasak. Selain itu, kamu akan menemui hidangan pembuka bernama ootoshi, hidangan yang digoreng atau agemono, hidangan yang dikukus atau mushimino dan sejenis salad Jepang atau aemono.

Masih ada banyak pilihan jenis dan ragam makanan khas Jepang yang sangat populer di dunia. Semoga bisa menjadi referensi buat yang sedang berkunjung ke Negara Matahari Terbit. Bahkan, kamu yang ada di dalam negeri juga bisa tetap mencicipinya dengan mendatangi resto Jepang yang ada di banyak kota.

Jika berminat untuk membuat sendiri di rumah, kamu bisa memasak salah satu menunya. Jangan lupa untuk mempercayakan Apliaksi Super sebagai pemasuk sembako dan bumbu penting di rumahmu, ya. Yuk download di sini!