warna cat kamar ala korea desain interior kamar korean style

Kamar menjadi ruangan untuk beristirahat. Untuk itu, harus dibuat senyaman mungkin. Ruangan pribadi ini akan semakin nyaman apabila didesain sesuai dengan keinginan. Salah satu desain yang bisa dicoba adalah gaya warna cat kamar ala Korea style.

Sejak demam Korea melanda, memang semakin banyak orang-orang yang terinspirasi memiliki kamar estetik seperti di film-film, khususnya drama Korea. Gaya kamar ala Korea sendiri pada umumnya memiliki konsep warna yang soft pada penggunaan catnya agar bisa memberikan kesan bersih, rapi, dan estetik.

Sementara pilihan interior juga dibuat senada dengan warna cat. Untuk itu, sekarang banyak sekali orang-orang mencari inspirasi warna cat kamar ala Korea yang menarik dan mudah diterapkan. Agar Sedulur tidak bingung, simak berikut ide-idenya!

BACA JUGA: 10 Ide Motif Cat Kotak Kamar yang Estetik dan Cantik

-->

1. Warna putih

warna cat kamar ala korea desain interior kamar korean style
Pexels/Taryn Elliott

Warna cat kamar estetik ala Korea yang satu ini terbilang “aman” karena sangat netral sehingga mudah dikombinasikan warna lain. Warna putih memberikan kesan minimalis yang tenang, elegan, dan bersih.

Warnanya akan membuat ilusi ruang lebih luas sehingga cocok untuk desain kamar sempit. Putih identik dengan ketenangan dan kedamaian. Warna ini juga cocok untuk desain interior apa saja.

2. Warna krem

Krem juga bisa menjadi warna alternatif bagi Sedulur yang suka konsep kamar ala Korea yang simpel. Jika mencari inspirasi kamar tidur ala Korea, sebagian besar pasti akan menunjukkan warna yang lembut ini.

Warna krem memberikan kesan yang warm pada nuansa kamar tidur dan masih fleksibel jika dipadukan warna lainnya. Supaya nggak monoton, Sedulur bisa pilih furnitur berwarna putih, earth tone, atau kekayuan agar terasa seimbang dipandang. Warna ini akan memberikan kesan hangat dan nyaman pada kamar tidur. 

3. Warna abu-abu

Pexels/Max Rahubovskiy

Abu-abu merupakan kombinasi dari warna hitam dan putih. Menurut filosofinya, warna ini bisa membangkitkan perasaan tenang pada sebuah ruangan. Abu-abu adalah salah satu warna netral yang elegan.

Dilansir dari situs Home Kitchen Magazine, warna abu-abu dapat digunakan sebagai aksen pada sebuah ruangan. Menurut penelitian, nuansa yang dominan dengan warna abu-abu dapat menghilangkan perasaan jenuh dan stres.

4. Warna ungu

Kamar berwarna ungu syarat akan pengetahuan dan pencerahan spiritual. Biasanya, orang yang menyukai warna ungu memiliki karakter sensual, sentimental, dan berambisi untuk mencapai tujuan hidup mereka.

Ungu juga mencerminkan kemewahan. Di satu sisi, ungu bisa sangat romantis dan mengarah pada pemahaman tentang rahasia serta aktualisasi diri. Sedulur bisa menggunakan warna ini untuk desain kamar anak maupun orang dewasa.

5. Warna hijau lembut

Hijau merupakan warna yang cukup populer dan serbaguna. Warna ini memiliki efek menenangkan, mengibaratkan pembaruan, jiwa muda, dan semangat. Cat hijau bisa menjadi pilihan yang tepat untuk kamar tidur. Untuk itu, warna soft green yang cerah pasti akan memberikan kenyamanan. 

Warna hijau sangat ampuh memberikan nuansa sejuk sehingga akan membuat penghuni kamar merasa rileks dan lebih segar saat bangun tidur. Sedulur bisa mengaplikasikan warna hijau seperti ini pada keseluruhan dinding kamar. 

Sebagai penetral, Sedulur bisa padukan dengan aneka furniture dan dekorasi berwarna cokelat muda, krem kekuningan, atau putih. Ide ini akan membawa nuansa alam yang menenangkan ke dalam kamar tidur Sedulur.

BACA JUGA: 15 Inspirasi Kamar Mandi Sederhana, Praktis, dan Mudah Ditiru!

6. Warna biru

Pexels/Burst

Biru adalah warna misterius yang dapat merangsang refleksi dan perkembangan imajinasi Sedulur. Menurut sudut pandang medis, warna ini dapat memperlambat denyut jantung, mengurangi rasa sakit, dan mengurangi stres otot.

Warna biru berkaitan erat dengan langit dan air. Dimana warna ini dapat membangkitkan perasaan tenang, sehingga cocok digunakan di kamar, ruang tamu, ataupun ruangan lainnya.

7. Kombinasi biru langit dan putih

Inspirasi selanjutnya ada kombinasi warna cat biru langit dan putih yang menawan. Warna biru langit memiliki efek yang menenangkan dan dapat membantu Sedulur untuk beristirahat dengan baik. Sementara itu, warna putih memiliki efek yang mampu membuat ruangan terlihat lebih luas dan bersih. 

Supaya tetap serasi, gunakanlah furnitur dan aksesoris dengan warna-warna yang senada. Misalnya saja sprei warna putih, sarung bantal warna biru muda, atau karpet motif warna biru tua. Kedua kombinasi warna cat ini pastinya akan memberikan kesan elegan dan natural pada kamar Sedulur.

8. Kombinasi hijau dan emas

warna cat kamar ala korea desain interior kamar korean style
Pexels/Dmitry Zvolskiy

Mau menciptakan nuansa yang fresh, tapi juga elegan? Coba aplikasikan warna cat kamar ala Korea hijau dan emas. Warna hijau memiliki efek yang sejuk dan dapat membantu Sedulur untuk merasa lebih segar setelah beristirahat. 

Sedangkan, warna emas memiliki efek yang mewah dan elegan. Sedulur bisa menerapkan warna hijau pada sebagian besar dinding. Kemudian, warna emasnya bisa diaplikasikan pada bagian atas dinding hingga plafon. 

Jika perlu, tambahkan pula aksesoris bernuansa gold, seperti lampu meja atau pajangan di meja nakas. Kombinasi warna hijau dan emas ini akan memberikan kesan yang sangat cantik dan menyegarkan pada kamar tidur.

9. Campuran merah marun dan abu-abu

Jarang ada yang menerapkan, tapi perpaduan warna cat kamar ala Korea merah marun dan abu-abu bisa memberikan tampilan yang unik dan modern. Warna merah marun memiliki efek yang hangat dan dapat membuat Sedulur senantiasa merasa nyaman. 

Sementara itu, abu-abu memiliki efek yang tenang dan dapat membantu untuk beristirahat dengan baik. Untuk menerapkan ide ini, Sedulur bisa aplikasikan warna merah marun pada satu bidang dinding secara penuh dan abu-abu pada bidang dinding lainnya.

Supaya tidak terkesan gelap, Sedulur bisa menghadirkan sentuhan warna putih, misalnya pada lantai, kusen jendela kamar, atau sprei. Boleh juga tambahkan aneka dekorasi fungsional, seperti jam, pengharum ruangan, dan standing lamp.

10. Biru dongker dan kuning

Selanjutnya, ada kombinasi warna biru dongker (navy) dan kuning sebagai ide warna cat kamar ala Korea yang ceria, tapi tetap menenangkan. Seperti yang kita tahu, warna kuning memiliki efek yang cerah dan dapat memicu setiap orang untuk lebih bersemangat dan bahagia.

Sedangkan, warna biru dongker memiliki efek yang menenangkan dan dapat membantu Sedulur untuk beristirahat dengan rileks. 

Meski efeknya terkesan saling bertentangan, tapi kombinasi kedua warna cat tersebut justru bisa menciptakan nuansa yang cozy. Hanya saja, khusus untuk kamar tidur, sebaiknya Sedulur menerapkan warna biru dongker lebih dominan dibandingkan kuning.

BACA JUGA: 15 Ide Warna Cat Kamar Anak Laki-laki agar Nyaman dan Keren

11. Modern pink dan abu-abu muda

Pexels/Max Rahubovskiy

Warna pink memiliki efek yang feminin dan dapat membuat kamar tidur terlihat cantik. Sementara itu, warna abu-abu muda membawa nuansa yang menenangkan sehingga dapat membantu Sedulur untuk beristirahat dengan baik dan berkualitas.

Dalam penerapannya, Sedulur bisa mengaplikasikan warna pink pada sebagian besar dinding. Setelah itu, di bagian tengah dinding, aplikasikanlah warna abu-abu muda. Lebih lanjut, Sedulur pun bisa menggunakan aksesoris berwarna senada sebagai pelengkap, seperti tirai dan selimut warna abu-abu, serta sprei warna pink pastel. 

12. Warna earth tone

Warna earth tone juga nggak kalah menarik sebagai pilihan warna cat kamar estetik ala Korea. Seperti namanya, warna earth tone adalah warna-warna yang serupa dengan elemen Bumi, seperti tanah, batu, laut, atau hutan.

Sedulur bisa pilih warna earth tone dengan pallete color yang lebih deep. Misalnya, beige, terakota, hijau zaitun, hijau sage, cokelat, mustard, oranye, taupe, abu-abu kebiruan, dan lainnya.

13. Warna pastel

warna cat kamar ala korea desain interior kamar korean style
Pexels/Dmitry Zvolskiy

Ingin dekorasi kamar estetik ala Korea, tapi ingin lebih dreamy dan menggemaskan? Sedulur bisa pilih warna cat pastel untuk kamar. Warna pastel sendiri merupakan pallete color yang lebih cerah dan muda.

Pada dasarnya, palet warna pastel terdiri dari beragam warna seperti hijau, pink, biru, kuning, hanya saja dengan warna dasar putih yang lebih kuat. Sedulur bisa membuat kamar lebih colorful dengan berbagai warna pastel, tapi tetap kalem dan soft karena warna dasar putihnya yang lembut.

14. Nuansa kayu

Cat kamar estetik ala Korea selanjutnya mengandung unsur kekayuan yang hangat. Bagi yang suka nonton drama Korea, pasti sudah tak asing lagi dengan kamar di drakor yang biasanya berlantai kayu.

Tak hanya di dinding, unsur kayu juga bisa Sedulur aplikasikan pada lantai dan furniture. Dijodohkan dengan warna earth tone akan menjadi warna interior yang sempurna.

15. Warna peach 

warna cat kamar ala korea desain interior kamar korean style
Pexels/Terry Magallanes

Jika Sedulur ingin memberikan tampilan yang estetik untuk kamar ala Korea di rumah, Sedulur bisa gunakan warna peach ini untuk warna catnya. Warna peach sangat jarang digunakan, namun biasanya digunakan untuk membuat dekorasi kamar anak perempuan ataupun remaja perempuan yang sesuai dengan konsep estetik.

Itulah tadi warna cat kamar ala Korea yang bisa Sedulur coba. Cukup komplit ‘kan? Semoga artikel ini bisa membantu Sedulur dalam mencari warna cat kamar yang menarik ya.