motif cat kotak kamar

Bagi Sedulur yang bosan dengan suasana cat kamar itu-itu saja, maka bisa mencoba cat motif yang cukup ngetren belakangan ini. Tak hanya bisa memberikan suasana berbeda, motif cat kotak kamar juga bisa menunjukkan karakter seseorang.

Salah satu cat motif yang cukup menarik untuk dicoba adalah jenis kotak-kotak atau square color block. Penggunaan cat warna ini tak hanya membuat ruangan tampak unik, tapi juga bisa memberikan dimensi agar terlihat lebih luas dan lega. Penasaran seperti apa referensi dan inspirasi motif cat kotak kamar? Simak beberapa idenya berikut ini!

BACA JUGA: 15 Rekomendasi Plafon Kamar Tidur, Minimalis hingga Mewah!

Tips Membuat Motif Cat Kotak pada Kamar

HGTV Canada

Sebelum kita membahas tentang referensi dan ide motif cat kotak kamar yang menarik untuk Sedulur aplikasikan. Ada beberapa tips yang sebaiknya diterapkan agar warna dan hasil akhir cat bisa maksimal. Berikut ini beberapa tipsnya!

  • Siapkan alat dan bahan

Sebelum mulai mengecat kamar dengan motif kotak yang dipilih, persiapkan dulu alat dan bahan yang diperlukan. Secara umum, ada tujuh bahan yang dibutuhkan, yakni waterpass, cutter, kape, pensil, isolasi kertas, kuas atau spons, dan cat.

  • Gunakan cat berkualitas

Pastikan juga menggunakan cat tembok yang bagus dan berkualitas agar hasilnya maksimal dan tahan lama. Sediakan waktu untuk mencari paduan warna yang tepat agar tidak menyesal ketimbang datang langsung membeli cat dan pilih di tempat

  • Buat pola dahulu

Buatlah pola desain yang sudah ditentukan dengan menggunakan pensil dan waterpass. Waterpass dibutuhkan untuk menarik garis lurus supaya tidak miring, sementara pensil digunakan untuk menggambar motif di tembok.

  • Pakai isolasi agar tidak melebar

Jika motif kotak-kotak sudah digambar, berikan tanda dengan menempelkan isolasi kertas di setiap garis. Tetapi, isolasi harus berada di luar garis supaya memudahkan proses saat mengecat nanti. Agar isolasi bisa terpotong dan menempel dengan rapi di tembok manfaatkan kape atau pisau skrap dan cutter.

BACA JUGA: Ide Kamar Mandi Lantai Batu Kerikil yang Natural dan Alami

Ide Cat Motif Kotak untuk Kamar

Berikut ini deretan ide yang bisa kamu coba!

1. Cat motif kotak minimalis

Better Home & Garden

Kalau kamu suka desain rumah yang simpel, coba gunakan cat tembok kotak minimalis dengan warna pastel atau netral. Apabila ingin ‘main aman’, maka warna abu dapat menjadi pilihan.

Motif cat tembok kotak dengan warna ini cocok diterapkan di ruang tamu. Hal penting yang harus diperhatikan, pastikan untuk menyesuaikan warna cat tembok kotak dengan cat di sisi lainnya maupun dekorasi interior ruangan.

Aplikasikan motif cat tembok rumah dengan desain kotak-kotak supaya ruangan menjadi lebih fresh dan berwarna. Palet warna abu-abu dengan sentuhan warna pengganti yang senada atau turunannya yang segar akan membuat hidup suasana.

2. Motif papan catur

Penggunaan motif cat tembok kotak papan catur adalah salah satu motif cat tembok kotak populer lainnya. Dengan warna kotak-kotak hitam putih layaknya papan catur, sebenarnya motif ini cukup tricky loh. Sebab, apabila tampilan ini bisa membosankan apabila dipadu padankan dengan cara yang tidak tepat.

Untuk itu, persiapkan furnitur yang bisa mendukung tampilan ruangan agar tidak monoton. Semisal penggunaan penggunaan furnitur dengan unsur warna merah seperti pada gambar. serasikan pula pemilihan warna untuk peralatan lainnya agar ruangan selalu sedap dipandang mata.

3. Model motif kotak 3 dimensi

Cat tembok motif 3 dimensi berbentuk kotak dapat diaplikasikan di ruang tamu atau kamar tidur. Berbeda dengan konsep lainnya, motif ini bisa membuat ruangan lebih hidup. Sayangnya, efek 3D dapat membuat ruangan terkesan sempit.

Namun, hal tersebut bisa diminamilisir dengan trik sederhana, yakni memadukannya dengan warna netral atau pastel. Dengan begitu, ruangan akan terlihat lebih luas. Di samping itu, pastikan pula untuk menggunakan dekorasi dan furniture dengan warna senada, sehingga terkesan lapang dan nyaman.

4. Motif roller cat

motif cat kotak kamar
Angi

Alat dan material konstruksi saat ini semakin modern, salah satunya dengan hadirnya roller cat. Roller cat memiliki berbagai ukuran dan motif, yang tentu saja memudahkan seseorang karena mempunyai banyak pilihan motif cat.

Apabila kurang memiliki kreativitas, dapat mencoba roller cat dengan motif kota supaya tidak merasa kesulitan saat membuat desain motif cat tembok kotak di ruangan rumah. Cara menggunakannya pun cukup mudah, hanya perlu mencelupkan roller ke dalam cat dan menjalankannya di dinding.

Pilih warna cat yang lebih terang atau lebih gelap dibandingkan cat warna dasar pada dinding supaya warna motif kotak yang ditampilkan akan lebih kontras.

5. Gaya futuristik

Motif cat tembok kotak futuristik dapat diperoleh dengan mengkombinasikan warna tersier dan komplementer. Dalam penerapannya, motif kotak yang digunakan bebas, boleh kotak belah ketupat ataupun persegi.

Namun, pastikan untuk menampilkan sentuhan futuristik yang kuat, supaya ruangan lebih hidup. Gaya ini mampu memberikan kesan modern dan berani, jadi bisa diterapkan pada dinding ruang tamu atau kamar.

Jangan lupa, cari referensi motif grafis yang menampilkan efek-efek digital agar dapat memberikan sentuhan futuristik yang semakin kuat. Pilih juga dominasi warna gelap agar terlihat lebih dramatis.

6. Cat motif batu bata kotak

Motif cat tembok kotak batu bata banyak diminati oleh banyak orang sebab memberikan kesan natural sambil tetap menghadirkan tampilan rumah berkonsep industrial. Tampilan dinding ini memang sengaja dibuat menyerupai bangunan yang belum selesai, sebagaimana ciri dari gaya rumah industrial.

Untuk konsep desain lain, padukan dengan sofa nyaman yang dihiasi aneka bantal warna-warni, serta dekorasi berwarna yang sesuai tema warna pilihan Anda. Jika ingin menggantungkan lukisan atau wall art lainnya, pilih tema minimalis agar kontras dengan motif tembok batu bata.

7. Motif cat kotak kamar salur

Ever Wallpaper

Ingin mengaplikasikan motif kotak-kotak di kamar tidur, tapi bingung harus seperti apa? Tenang, ada satu cat kamar kotak-kotak yang bisa dipilih, yaitu tipe salur. Sama seperti baju, motif salur dapat memberi kesan luas pada ruangan. Tak heran, jika ingin kerap diaplikasikan pada kamar berukuran kecil, termasuk pula kamar anak-anak.

Dalam pengaplikasiannya, cat kotak salur perlu disesuaikan dengan dekorasi dan warna utama ruangan. Jika ingin terkesan hangat dan luas, maka warna krem atau abu-abu muda bisa dipilih. Namun, apabila ingin ruangan yang ceria, kamu bisa menggunakan warna pastel cerah seperti biru, kuning, hingga merah muda.

8. Motif kotak belah ketupat

Motif cat tembok kotak belah ketupat merupakan bentuk lain dari motif kotak yang diletakkan secara diagonal. Motif ini telah lama digunakan untuk mendekorasi sebuah ruangan.

Tembok dengan motif belah ketupat bisa lebih maksimal dengan penggunaan berbagai komponen pendukung lain, seperti menambahkan pot tanaman atau bunga, serta motif kayu yang memiliki nuansa natural. Dengan begitu, ruangan pun akan jadi terlihat lebih estetik dan tidak membosankan.

9. Motif kotak color block

Coba aplikasikan motif cat dinding kotak dengan aneka warna. Ini cocok untukmu yang pengin memberi kesan segar dan ceria pada ruangan. Dengan penggunaan warna yang beragam, suasana di hunian akan terasa lebih hidup. Apalagi jika ditambahkan dengan furniture dan dekorasi lain yang juga warna-warni.

Salah satu cara paling mudah untuk mengaplikasikannya adalah memilih warna yang cenderung soft seperti warna-warna pastel, pink, biru, abu, dan padukan dengan warna yang terang semisal toska, kuning, atau hitam.

10. Cat motif kotak monokrom

motif cat kotak kamar
Love Design

Pengaplikasian motif cat tembok monokrom seperti ini dapat memberikan aksen menarik pada hunian kamu. Melalui penggunaan motif kotak acak yang terdiri dari berbagai ukuran, terdapat tiga warna berbeda pada warna cat tembok ini.

Ketiga warna ini adalah abu-abu tua, abu-abu muda, serta hitam. Meskipun sederhana, namun keberadaan motif cat tembok ini akan mencuri perhatian. Terlebih jika kamu mengaplikasikannya di area tertentu seperti ruang kamar, tamu maupun dapur.

Nah, itu tadi deretan ide dan inspirasi motif cat kotak kamar rumahmu. Sedulur bisa menciptakan nuansa yang berbeda dan dimensional pada kamar menggunakan teknik motif seperti ini.

Penggunaan cat kotak ini tak hanya membuat kamar Sedulur lebih berkarakter, tapi juga bisa memunculkan kesan minimalis yang elegan. Jadi selamat mencoba ide-ide di atas ya!