kamar mandi sederhana

Dalam sebuah rumah, kamar mandi menjadi salah satu ruangan vital karena dipergunakan untuk hajat sehari-hari. Walaupun kamar mandi sederhana bisa dibuat dengan mudah, tapi Sedulur tetap bisa membuat tampilannya makin cantik dengan gaya minimalis.

Kami sudah menyiapkan beberapa referensi dan ide kamar mandi sederhana minimalis yang bisa Sedulur terapkan di rumah. Tak hanya membuat kamar mandi jadi cantik, Sedulur juga akan nyaman dengan suasana kamar mandi. Yuk, simak inspirasinya!

BACA JUGA: Ide Kamar Mandi Lantai Batu Kerikil yang Natural dan Alami

Tips Membuat Kamar Mandi Sederhana

Real Homes

Dalam membuat kamar mandi Sederhana, Sedulur harus tahu fasilitas apa saja yang hendak diberikan dalam kamar mandi tersebut. Agar tidak bingung kami akan memberikan beberapa gambaran fitur dan fasilitas kamar mandi sederhana.

1. Keramik dinding dan lantai

Sedulur dapat memilih keramik yang sesuai selera dan konsep rumah, tujuannya agar kamar mandi dengan keseluruhan bagian rumah memiliki desain yang selaras dan dapat membuat Sedulur lebih nyaman lagi berada di rumah.

Ada baiknya, pilih keramik lantai yang tidak licin untuk meminimalisir kemungkinan terpeleset. Selain itu, keramik lantai dan dinding yang tidak licin juga akan lebih tahan lama dan tidak harus begitu sering dibersihkan secara rutin.

2. Kloset jongkok atau duduk

Harga kloset jongkok lebih murah daripada Sedulur membeli kloset duduk, harganya pun bisa beda dua hingga tiga kali lipat. Maka dari itu, penting untuk mempertimbangkan penggunaan kloset yang akan Sedulur gunakan di kamar mandi.

Namun jika Sedulur akan menggunakan kloset duduk, maka Sedulur perlu menyiapkan anggarannya terlebih dahulu.

3. Shower

Meskipun membuat kamar mandi sederhana, namun penggunaan shower ini bisa menjadi pilihan tepat. Karena, shower tidak terlalu memakan tempat seperti bak mandi atau kolam renang mandi, serta dapat menghemat penggunaan air.

Penggunaan shower juga bisa jadi pilihan yang tepat untuk mengatasi ruangan kamar mandi yang terbatas. Cocok bagi Sedulur yang memiliki rumah minimalis.

4. Perabotan lainnya

Sedulur dapat memilih rak untuk meletakkan perlengkapan mandi minimalis dengan harga terjangkau. Hal ini untuk membuat kamar mandi lebih rapi. Jadi, untuk meminimaliasi budget dan biaya membuat kamar mandi sederhana dapat terlaksana, baiknya gunakan kloset jongkok saja. Hal tersebut juga sangat sesuai dengan budget

5. Pencahayaan kamar mandi

Setelah memilih warna dan bentuk, ada baiknya untuk memperhatikan jenis pencahayaan dalam hunian. Bila penggunaan lampu tidak sebanding dengan bentuk plafon, bisa-bisa menghasilkan kesan yang terlalu gelap sekaligus sempit pada rumah Sedulur.

Sedulur juga perlu menentukan warna kamar mandi agar tampilannya tetap bersih dan minimalis. Hindari memilih warna yang kontras dengan cat dinding karena akan mengurangi nilai estetika hunian.

BACA JUGA: 10 Tips Bersihkan Kamar Mandi Paling Mudah, Bebas Bau!

Inspirasi Kamar Mandi Sederhana Minimalis

Setelah mengetahui tips sebelum membangun sebuah kamar mandi sederhana. Tentu Sedulur ingin mengetahui beberapa ide dan inspirasi kamar mandi yang bisa dicoba!

1. Kamar mandi sederhana dengan batu alam

Pinterest

Mempunyai area ruangan yang bersentuhan dengan material alam memang menjadikan suasana hati terasa nyaman dan senang. Selain itu, penggunaan batu alam pada dinding toilet juga memberikan kesan yang alami. Letakkan batu-batuan alam yang senada dengan ruangan supaya lebih menarik.

2. Kamar mandi model coastal

Rekomendasi dan inspirasi desain kamar mandi sederhanaselanjutnya adalah model coastal yang tentunya menarik perhatian. Secara penampilan, model yang satu ini memang terkesan mirip dengan gaya skandinavia dan vintage. Namun, gayanya disederhanakan sehingga lebih elegan.

3. Kamar mandi sederhana bernuansa kayu

Homedit

Jika Sedulur sedang mencari rekomendasi desain kamar mandi kecil, coba saja menggunakan nuansa kayu. Mempunyai luas ruangan yang tergolong kecil tidak menjadi suatu halangan untuk menambahkan bathtub dan shower room di dalamnya.

4. Minimalis gaya vintage

Inspirasi desain kamar mandi selanjutnya adalah minimalis gaya vintage. Kebanyakan orang berfikir bahwa desain retro tidak dapat digabungkan dengan minimalis modern. Pada kenyataannya, minimalis gaya vintage sangat cocok dan malah terlihat kekinian serta baru.

5. Kamar mandi sederhana di bawah tangga

Pilihan desain kamar mandi sederhana dan murah dengan meletakkannya di bawah tangga sangat cocok untuk menghemat penggunaan ruangan dalam hunian. Apalagi, jika huniannya memiliki ruangan yang terbatas. Maka, inspirasi ini cocok untuk dipilih.

6. Kamar mandi gaya skandinavian sederhana

ide kamar mandi lantai batu kerikil
Atlas

Gaya skandinavia sering menjadi salah satu inspirasi desain kamar mandi minimalis sedernana dan kekinian. Selain toilet, gaya ini juga bisa menjadi rujukan untuk ruang tamu, kamar tidur, hingga kamar bersantai.

7. Kamar mandi dengan kloset jongkok

Kamar mandi Anda menggunakan toilet jongkok? Nah, semoga desain di atas bisa menjadi inspirasi ya. Layaknya kamar mandi yang ada di Indonesia, kamar mandi dengan desain di atas begitu familiar. Perbedaan hanya terdapat pada motif lantai yang digunakan.

8. Kamar mandi dengan shower

Pinterest

Nah, jika Anda tidak terlalu suka untuk menggunakan bak mandi, mungkin ide kamar mandi yang dilengkapi dengan shower layak dicoba. Agar makin modern, pintu kaca bisa digunakan sebagai sekat dengan kloset. Jadi, area yang sempit dapat dimanipulasi dengan hadirnya pintu kaca tersebut.

9. Kamar mandi sederhana serba putih

Salah satu trik membuat kamar mandi terlihat lega adalah pemilihan warna putih, baik pada lantai, dinding kamar mandi, hinga bathtub dan shower. Warna ini mampu memberikan ilusi lapang pada ruangan.

10. Kamar mandi sederhana tema industrial

kamar mandi sederhana
LivSpace

Sedulur menyukai desain industrialis? Nah, mungkin desain kamar mandi ini cocok untuk Pins. Kombinasi warna putih dan hitam menonjolkan kesan minimalis. Selain itu pemilihan keran, shower, bingkai kaca, dan lampu pada kamar mandi semakin menegaskan industrialis yang indah di kamar mandi.

11. Kamar mandi hijau pastel

Tidak ada salahnya menggunakan warna hijau untuk kamar mandi. Hijau memberikan warna yang asri dan natural sehingga cocok untuk digunakan di kamar mandi minimalis. Namun, Sedulur perlu memperhatikan warna yang cocok untuk dipadukan dengan warna putih. Sedulur bisa memilih warna hijau mint atau pastel agar kamar mandi lebih menarik.

12. Kamar mandi earth tone

Decorilla

Bagi Sedulur yang menyukai konsep sederhana untuk hunian Sedulur, desain ini sangat cocok untuk kamu. Desain kamar mandi ini menggunakan warna beige sehingga memberikan kesan yang hangat dan natural untuk kamar mandi Sedulur.

Padukan warna beige dengan warna senada atau putih untuk menciptakan kamar mandi yang estetik namun tetap sederhana.

13. Kamar mandi shabby chic

Konsep interior shabby chic merupakan gaya yang banyak menonjolkan sisi feminin. Gunakanlah warna menyenangkan, seperti warna pastel untuk mempercantik kamar mandi Sedulur yang dipadukan dengan dekorasi bunga-bunga dan penggunaan laci atau gantungan bergaya vintage.

14. Kamar mandi sederhana nuansa biru

Desain kamar mandi Ini adalah cara cerdas dalam memanfaatkan ruangan kamar mandi atau toilet. Ruang toilet sengaja dibangun dekat dengan jendela. Hal ini tentu bisa menghemat lampu ketika di pagi hingga sore hari.

15. Kamar mandi elegan hitam

merk closet terbaik dunia 2023
Storable

Desain kamar mandi sederhana terakhir adalah toilet dengan dominasi warna hitam. Tak hanya itu, penggunaan warna hitam juga akan memberikan kesan tegas dan mewah. Sedulur bisa mengaplikasikan lantai kamar mandi dan keramik dinding menggunakan motif hexagonal hitam.

Demikian tadi deretan inspirasi kamar mandi sederhana yang bisa Sedulur tiru. Tak hanya menampilkan gaya minimalis sederhana yang cantik. Sedulur juga bisa menjadi kamar mandi sebagai salah satu ruangan terbaik di rumah. Jadi selamat mencoba inspirasi di atas!