makanan khas sidoarjo

Salah satu wilayah yang termasuk kawasan Surabaya Besar adalah Sidoarjo. Tak kalah dengan Surabaya, di Sidoarjo juga terdapat kuliner super lezat yang jadi makanan khas.

Penasaran dengan apa saja jenis makanan khas Sidoarjo yang wajib Sedulur coba ketika datang ke sana? Langsung simak rekomendasi kuliner terbaik berikut ini ya!

BACA JUGA: 11 Spot Nasi Goreng Surabaya Yang Legendaris!

Wader krispi

Makanan khas Sidoarjo
Endeus TV

Memiliki banyak aliran sungai dan terletak di kawasan pesisir pantai, membuat Sidoarjo kaya akan kuliner ikan. Salah satu yang paling terkenal dan kudu Sedulur coba adalah wader krispi.

-->

Wader sendiri merupakan ikan air tawar yang sering hidup di aliran sungai. Ikan ini memiliki ukuran kecil yaitu sekitar 10 cm saja. Namun, dibalik ukurannya yang mungil, ikan wader terkenal dengan rasa gurihnya.

Banyak masyarakat di Sidoarjo lantas menjadikan ikan wader sebagai cemilan dan juga lauk untuk dimakan dengan nasi. Bagaimana Sedulur, sudah pernah mencoba makanan khas Sidoarjo satu ini?

Kue lumpur bakar

Makanan khas Sidoarjo
Pikiran Rakyat

Nah, selanjutnya ada makanan khas Sidoarjo yang sering dijadikan oleh-oleh, yaitu kue lumpur. Namun, ada satu keunikan dari kue lumpur yang ada di Sidoarjo ini. Jika biasanya dikukus, kue lumpur Sidoarjo dibakar lho, Sedulur!

Jadi tidak heran jika orang-orang lantas menyebut cemilan satu ini menjadi kue lumpur bakar.

Tekstur makanan kue lumpur bakar hampir sama dengan beberapa jenis kue lumpur yang ada di daerah lain. Adonannya lembut dan kenyal dengan rasa manis gurih yang sangat lezat.

Namun karena dibakar di atasnya, kue lumpur tersebut memiliki tekstur krispi dengan aroma manis gula terbakar. Dijamin, jika Sedulur mencobanya pasti akan langsung ketagihan!

Bandeng asap

Makanan khas Sidoarjo
Lummo

Air payau yang ada di pesisir Sidoarjo juga memperkaya daftar kuliner untuk para pelancong. Salah satu tersaji dalam makanan khas Sidoarjo yang berasal dari ikan bandeng.

Di Sidoarjo, ikan bandeng dimasak dengan cara diasap sehingga memiliki rasa yang nikmat. Selain itu, aroma makanan khas Sidoarjo ini juga menggugah selera.

Bagi Sedulur yang ingin menjadikan kuliner satu ini untuk oleh-oleh juga bisa lho, karena ikan bandeng asap bisa tahan dalam beberapa hari.

BACA JUGA: Resep Sate Kere, Sate Unik yang Legendaris

Terasi Sidoarjo

Makanan khas Sidoarjo
Fimela

Bukan makanan khas Sidoarjo, tapi bisa dijadikan oleh-oleh yaitu terasi. Terasi sendiri biasanya dijadikan bumbu masakan untuk membuat sambal, tumis, dan olahan makanan lainnya.

Salah satu keunikan terasi Sidoarjo adalah aromanya yang khas hasil dari olahan rebon dan udan. Warna terasi sidoarjo juga unik, karena cenderung berwarna cokelat kemerahan.

Ote-ote Porong

Ote ote porong
Bisnis UKM

Makanan khas Sidoarjo selanjutnya ada ote-ote. Ote-ote sendiri merupakan makanan yang mirip dengan bakwan. Namun, di Sidoarjo, isian makanan ini diberi kupang atau semacam kerang kecil.

Ote-ote khas Sidoarjo ini juga tidak banyak dijumpai kecuali di daerah Porong. Jadi tidak heran jika makanan satu ini memiliki nama ote-ote Porong.

BACA JUGA: Resep Sambal Kacang yang Enak untuk Berbagai Masakan

Otak-otak bandeng

Otak otak bandeng
Lumbung Farm

Setelah ote-ote, maka ada juga otak-otak ikan bandeng yang menjadi makanan khas Sidoarjo. Kuliner satu ini memiliki rasa ikan yang sangat kuat dan biasanya disajikan dengan bungkus daun pisang. Namun, ada satu inovasi unik di kuliner ini, karena Sedulur bisa mendapatkan otak-otak dengan bentuk satu ikan bandeng utuh.

Sedulur bisa mencicipi makanan satu ini di wilayah Sukoharjo, Sidoarjo. Agar semakin nikmat, biasanya Sedulur bisa menyantap otak-otak dengan cocolan sambal atau saus.

Keripik teripang

Kerupuk teripang
Wikimedia

Terakhir, makanan khas Sidoarjo yang jarang ada di daerah lain adalah kerupuk teripang. Teripang sendiri merupakan salah satu hewan laut yang memiliki bentuk seperti timun.

Umumnya teripang yang didapatkan para nelayan di Sidoarjo dijadikan kerupuk dan dijual kepada para wisatawan. Rasanya makanan khas Sidoarjo satu ini cukup unik dengan tekstur yang agak keras.

Tapi jangan remehkan kerupuk teripang ini ya, karena khasiatnya sangat bagus untuk kesehatan tubuh. Hal ini lantaran kerupuk teripang memiliki kandungan gizi tinggi, khususnya pada protein.

Nah, itu tadi deretan makanan khas Sidoarjo yang bisa Sedulur coba. Sidoarjo memang terkenal sebagai wilayah pesisir sehingga banyak sekali makanannya yang berasal dari ikan dan hewan laut. Kira-kira mana nih yang paling bikin Sedulur ngiler?

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.
 
Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.