Seringkali gagal dalam cara merebus telur? Simak trik dan langkahnya di bawah ini. Dijamin sukses dan berhasil!

Merebus telur memang sangat mudah, kita hanya tinggal memasukkan telur pada panci dan menunggunya matang. Namun, ketika mengupas telur kita seringkali kesulitan dan telur menjadi pecah dan tidak rata. Hasilnya, telur menjadi tidak rapi dan banyak bagian yang tidak terbuang.

Ternyata, terdapat trik khusus untuk merebus telur. Dalam kesempatan kali akan dibahas cara merebus telur agar tidak pecah dan juga bagaimana cara merebus telur setengah matang. Meskipun terlihat mudah, namun terdapat cara dan trik khusus untuk membuatnya. Yuk, mari langsung saja kita simak triknya di bawah ini.

Baca Juga: Tips & Trik Budidaya Udang Vaname, Bisa Jadi Ladang Cuan!

-->

Langkah dan Trik Merebus Telur yang Benar Sesuai Tingkat Kematangan

1. Siapkan Panci dan Air Sesuai Kebutuhan

1. Siapkan Panci dan Air Sesuai Kebutuhan
asmarainjogja.id

Trik dan langkah pertama cara merebus telur asin atau telur biasa yang benar adalah menyiapkan panci  besar dengan isi air sesuai kebutuhan. Tidak ada patokan yang pasti jumlah air yang dibutuhkan. Namun yang pasti, jumlah air harus sesuai dan memastikan telur terendam oleh air.

2. Panaskan Air hingga Mendidih

2. Panaskan Air hingga Mendidih
bisnis.com

Trik kedua agar telur yang dihasilkan baik adalah jangan langsung memasukkan telur pada air. Tetapi memastikan air rebus benar-benar mendidih terlebih dahulu. Karena langkah dan cara merebus telur yang sehat dan baik adalah memastikan air rebusan mendidih dan ada pada titik didih tertinggi. Karena air yang mendidih, akan mempengaruhi berapa lama merebus telur.

3. Masukkan Telur ke Dalam Panci

3. Masukkan Telur ke Dalam Panci
detik.com

Langkah selanjutnya dalam cara merebus telur adalah dengan memasukkan telur ke dalam panci. Sedulur tinggal memasukkanya ke dalam panci secara perlahan. Hati-hati saat memasukkan telur, agar telur tidak pecah dan air tidak berhamburan dan mengenai kulit tangan Sedulur.

4. Rebus Telur Sesuai Tingkat Kematangan

4. Rebus Telur Sesuai Tingkat Kematangan
detik.com

Dalam trik dan merebus telur, tingkat kematangan ditentukan dalam lama waktu merebusnya. Berikut ini beberapa waktu merebus telur sesuai tingkat kematangannya, agar merebus telur bisa sukses dan berhasil:

  • 7 Menit: Bagi Sedulur yang menginginkan telur setengah matang dengan tekstur kuning yang lembut dan encer, waktu perebusan yang dibutuhkan adalah 7 menit.
  • 8 Menit: Apabila ingin kuningnya tidak terlalu cair atau lebih bertekstur namun masih lunak, maka 8 menit adalah pilihannya.
  • 10 Menit: Bagi Sedulur yang ingin menikmati telur dengan tekstur dengan sebagian telah matang namun sedikit lunak di bagian tengahnya, maka waktu idealnya adalah 10 menit.
  • 12-13 Menit: Bagi Sedulur yang ingin tingkat kematangan sempurna, waktu yang dibutuhkan untuk memasak agar telur mencapai tingkat kematang adalah 12-13 menit.

Baca Juga: Tips & Trik Belanja Kebutuhan Super Murah & Mudah!

5. Matikan Kompor dan Angkat Telur

5. Matikan Kompor dan Angkat Telur
grid.id

Langkah selanjutnya dalam cara merebus telur, jika Sedulur telah menentukan tingkat kematangannya, Sedulur tinggal mematikan kompor dan mengangkat telur. Langkah terakhir dalam cara merebus telur adalah mengupas telur agar bisa dilanjutkan untuk mengupas dan mengolahnya.

6. Kupas Telur

6. Kupas Telur
liputan6.com

Langkah terakhir dalam merebus telur adalah mengupasnya. Jika cara di atas telah Sedulur ikuti dengan baik dan benar, maka ketika Sedulur mengupas telur, telur akan terkelupas dengan sempurna dan tidak ada yang terbuang. Telur pun bisa dinikmati langsung atau diolah menjadi makanan lainnya.

Semoga langkah, trik dan cara merebus telur yang telah dijelaskan di atas bisa menambah pengetahuan Sedulur terkait trik dan tips dalam memasak. Jangan lupa untuk membeli telur sebagai stok dan persediaan makan Sedulur. Sedulur bisa membelinya di Aplikasi Super. Bagi Sedulur yang belum download Aplikasi Super, Sedulur bisa klik di sini untuk download dan mulai gunakan Aplikasi Super untuk setiap kebutuhan Sedulur.