Minyak kelapa dikenal sebagai salah satu jenis minyak yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Selain baik untuk masakan, banyak manfaat lain yang diklaim baik untuk tubuh. Bahkan minyak kelapa disebut juga sebagai superfood karena banyaknya manfaat untuk kesehatan tubuh.

Dilansir dari Alo Dokter, minyak ini memiliki berbagai kandungan yang sangat bermanfaat. Antara lain asam laurat dan lemak jenuh yang disebut medium chain triglycerides (MCT). Jenis lemak tersebut dapat digunakan oleh hati untuk menghasilkan energi bagi tubuh. Lalu apa saja sih manfaat yang bisa diberikan minyak ini untuk tubuh? Simak jawabannya di sini!

BACA JUGA: 10 Shampo Anti Ketombe yang Paling Ampuh, Wajib Kamu Coba!

1. Membantu menjaga berat badan

Unsplash

Bagi Sedulur yang ingin menurunkan berat badan atau menjaga berat badan tetap stabil, disarankan untuk mengganti minyak kelapa untuk memasak. Minyak ini mengandung kalori yang lebih rendah dibandingkan jenis minyak lain. Sehingga dianggap baik dikonsumsi bagi Sedulur yang menderita obesitas atau masalah kelebihan berat badan.

-->

Selain itu, kandungan lemak jenuh yang disebut medium chain triglycerides (MCT) dalam minyak ini dipercaya bisa membantu menurunkan berat badan. Dilansir dari Hello Sehat, cara kerja MCT diduga berhubungan dengan cara tubuh menjalani proses metabolisme lemak.

Namun, meski dipercaya bisa menurunkan berat badan, konsumsinya pun perlu dibatasi. Selain itu, imbangi pula dengan pola hidup sehat yakni banyak makan sayur dan buah, serta rajin berolahraga.

BACA JUGA: 11 Salep Jerawat terbaik. Ampuh Hilangkan Jerawat & Bekasnya

2. Membantu meningkatkan kadar kolesterol baik

Minyak kelapa
Today

Kandungan trigliserida rantai menengah (MCT), yakni merupakan kelompok lemak unik yang mengandung asam lemak dengan rantai karbon c6-Clz yang bersifat jenuh (asam kaproat, kaprilat, kaprat, dan Iaurat) dalam minyak kelapa dipercaya sebagai penyebab kadar kolesterol baik dapat meningkat.

Sayangnya, hal ini baru ditemukan pada penelitian berskala kecil. Sehingga masih dibuktikan penelitian lebih lanjut untuk memastikan hubungan konsumsi minyak ini dengan kemungkinan kolesterol baik yang meningkat.

3. Melembapkan kulit

Unsplash

Ternyata tak hanya bermanfaat bagi kesehatan di dalam tubuh, ternyata minyak ini juga dipercaya bisa membantu memelihara kesehatan kulit. Setiap habis mandi, Sedulur bisa mengoleskan secara tipis pada kulit tubuh. Hal ini dilakukan bertujuan untuk menjaga kulit tetap lembap.

Selain itu, minyak kelapa dipercaya memberi efek anti-inflamasi yang bisa membantu Sedulur menjaga kesehatan kulit.

4. Mencegah penyakit diabetes

Minyak kelapa
Unsplash

Penyakit diabetes biasanya terjadi karena adanya resistensi insulin sehingga menyebabkan kadar gula darah menjadi berlebihan. Minyak kelapa sendiri dipercaya bisa mengatur kadar gula darah dan memperbaiki resistensi insulin. Sehingga baik dikonsumsi untuk mencegah penyakit diabetes atau Sedulur yang sudah mengidap penyakit ini.

Namun, yang perlu diingat, minyak ini juga mengandung lemak jenuh. Sehingga asupannya pun tetap perlu dibatasi.

BACA JUGA: 8 Rekomendasi Oatmeal Untuk Diet dan Aturan Makannya

5. Menghilangkan kutu rambut

Unsplash

Tak hanya untuk kesehatan kulit, minyak ini juga ampuh digunakan untuk kesehatan rambut. Terutama bagi Sedulur yang memiliki masalah dengan kutu rambut. Minyak kelapa ternyata ampun untuk menghilangkan kutu yang membuat kulit kepala terasa gatal.

Dilansir dari Alo Dokter, adanya kandungan asam laurat pada minyak kelapa yang diduga berperan sebagai pembasmi kutu alami. Tapi efektivitasnya masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

6. Menjaga kesehatan gigi

Unsplash

Satu lagi manfaat minyak kelapa yang mungkin tak banyak Sedulur tahu, yakni bisa ikut membantu kesehatan gigi. Caranya dengan mengoleskan minyak di sekitar rongga mulut dan berkumur selama beberapa detik agar mendapatkan khasiatnya.

Dilansir dari Hello Sehat, minyak ini bisa berkhasiat untuk mencegah gigi berlubang hingga bisa menyeimbangkan jumlah bakteri yang ada di mulut. Selain itu juga bisa menjadi pelindung tambahan pada gusi.

7. Meningkatkan fungsi kognitif

Plant Based News

Kemampuan kognitif adalah kemampuan yang menggunakan otak untuk kegiatannya, seperti berpikir, berbicara, atau mengingat. Minyak kelapa dipercaya memiliki peran yang cukup positif dalam meningkatkan kemampuan kognitif seseorang. Bahkan dipercaya mampu bisa menurunkan risiko terkena Alzheimer.

Dilansir dari Hello Sehat, beberapa studi menunjukkan bahwa penggunaan minyak ini dapat meningkatkan kognitif pasien Alzheimer, terutama di kategori bahasa. Selain itu, para ahli juga menemukan bahwa minyak kelapa merupakan sumber keton yang baik untuk memori.

8. Mengelola stress

Chowhound

Minyak kelapa dipercaya memiliki kandungan antioksidan di dalamnya. Dilansir dari Hello Sehat, stress yang muncul akibat terus terpapar radikal bebas, bisa dilawan dengan antioksidan yang terkandung dalam minyak ini. Produk ini juga dipercaya bisa membantu mengobati beberapa jenis depresi, namun masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut terkait hal ini.

Cara membuat minyak kelapa

Proses tanpa pemanasan:

  • Parut daging kelapa yang telah dikupas
  • Parut santannya, beri air sedikit saja agar hasilnya kental
  • Masukkan santan ke wadah plastik selama 1-2 jam. Pastikan sudah membentuk dua lapisan setelah didiamkan, yakni bagian yang kental dan yang bening dan encer
  • Lubangi sedikit bagian bawah plastik, buang air yang terdapat di bagian bawah
  • Masukkan kembali santan kental ke wadah, tutup rapat, dan simpan selama 24 jam
  • Setelah 24 jam nanti akan muncul 3 lapisan, yakni minyak (atas), santan kental (tengah), dan air (bawah)
  • Saring minyak ke wadah yang dilapisi dengan kain atau tisu untuk memisahkan minyak dan santan

Dengan proses pemanasan:

  • Parut daging kelapa yang sudah dikupas
  • Parut santannya, beri air sedikit saja agar hasilnya kental
  • Rebus santan selama 2-3 jam, aduk terus agar tidak hangus
  • Setelah berubah kecokelatan dan lebih kental, akan muncul minyak di bagian atasnya
  • Matikan api dan tunggu hingga dingin atau mencapai suhu ruangan
  • Saring minyak ke wadah yang dilapisi dengan kain atau tisu untuk memisahkan minyak dan santan

Namun jika Sedulur kesulitan membuat minyak kelapa sendiri, Sedulur bisa membelinya di pasaran. Minyak ini juga sudah dijual secara luas. Namun pastikan memilih minyak kelapa yang terhidrogenasi parsial. Selain itu dalam hal penyimpanan, Sedulur harus menyimpannya dalam tempat yang sejuk dan gelap.

Sementara itu, untuk belanja kebutuhan pokok lainnya, Sedulur bisa dengan mudah menggunakan Aplikasi Super lho. Dijamin murah dan praktis saat berbelanja.