Anabul kesayangan baru saja melahirkan, tetapi anak-anaknya tak bisa minum susu dari induknya? Atau susu induk berhenti produksi sebelum anak-anaknya bisa diberi pakan padat? Susu kucing pabrikan jadi solusi buat Sedulur.

Sama dengan manusia, beberapa produsen pakan hewan peliharaan juga memproduksi susu formula untuk kebutuhan anak kucing yang tidak bisa dipenuhi induknya. Tentunya ada banyak pilihan yang bikin Sedulur galau. Berikut beberapa rekomendasi susu untuk bayi kucing yang bisa dipertimbangkan. 

BACA JUGA: 10 Tanda Kucing Mau Melahirkan serta Tips Agar Anabul Tidak Stres

Kapan susu kucing dibutuhkan? 

susu kucing
Pexels

Dalam kondisi ideal, anak kucing tidak memerlukan susu formula karena ia akan minum susu langsung dari puting induknya. Susu eksklusif dari induk mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan di awal fase kehidupan mereka dan biasanya akan terus diproduksi hingga sekitar 1 bulan. Namun, ada beberapa skenario yang membuat hal tersebut mustahil terjadi, misalnya: 

-->
  • Induk kucing tidak selamat setelah melahirkan 
  • Induk mengabaikan semua anaknya 
  • Induk menolak salah satu anak kucing karena beberapa hal 
  • Induk tidak sanggup mengurus anaknya karena ukuran mereka yang terlalu besar atau jumlahnya terlalu banyak 
  • Induk kucing terbunuh kucing liar lainnya 
  • Induk kucing mengalami gangguan kesehatan setelah melahirkan 

Jika hal-hal di atas terjadi, maka intervensi manusia pun dibutuhkan untuk memberi asupan nutrisi pada anak-anak kucing yang terlantar tersebut. 

Kandungan susu formula yang dibutuhkan anak kucing

Susu untuk anak kucing yang baru lahir harus mengandung gizi yang lengkap. Mereka membutuhkan asupan protein dan lemak yang tinggi, serta laktoferin. Laktoferin adalah zat yang berfungsi dalam membangun sistem kekebalan tubuh pada bayi kucing. Zat tersebut secara alami ada pada susu induk dan fungsinya sama seperti ASI pada manusia. 

Selain tiga nutrisi penting di atas, akan lebih baik lagi bila susu untuk kucing Sedulur mengandung probiotik guna menjaga kesehatan usus mereka. Jadi, saat membeli Sedulur diwajibkan melihat komposisi susu formula pabrikan dengan seksama. Jangan hanya melihat harga dan merek. 

Kasus akan berbeda bila Sedulur membeli susu untuk kucing yang sudah dewasa atau berusia lanjut. Maka, kandungan lemaknya dianjurkan yang lebih sedikit dan fungsi susu hanya sebagai pelengkap gizi dan penambah energi di samping pakan biasa.

BACA JUGA: Tahap Pertumbuhan Kucing dan Faktor yang Mempengaruhinya

1. KMR Kitten Milk Replacer Powder 

susu kucing
Petco

KMR bisa dibilang salah satu produk unggulan di pasar susu kucing bayi. Harga yang mereka pasang memang tidak bisa dibilang murah, tetapi kandungannya lengkap dan ideal untuk bayi kucing yang kehilangan induknya. Selain protein dan lemak, susu merek ini sudah dilengkapi dengan folat, mineral, taurin, kalsium, vitamin, dan probiotik yang akan menunjang pertumbuhan kucing-kucing baru lahir. Ia bisa dikonsumsi anak kucing hingga usia 6 minggu atau 1,5 bulan. 

2. Lactol 

susu kucing
Beaphar

Dengan harga yang lebih murah, susu untuk kucing Lactol bisa diberikan pada anak kucing yang baru lahir. Ia juga bisa diberikan sebagai suplemen untuk kucing hamil serta yang sedang kurang fit. Secara kandungan, beragam vitamin, mineral, protein, asam laktat, probiotik, hingga taurin dan omega 3. Lengkap dan harganya di bawah Rp200 ribu. 

3. Royal Canin Babycat Milk 

susu kucing
Royal Canin

Royal Canin juga salah satu merek pakan hewan peliharaan yang sudah dikenal seantero dunia. Tak heran bila susu formula mereka pun banyak dilirik. Apalagi secara komposisi, susu pabrikan mereka kaya akan kandungan esensial untuk anak kucing yang baru lahir sampai usia 2 bulan. Sedulur tak perlu khawatir karena dalam susu ini sudah ada mineral, minyak nabati, minyak hewani, vitamin, taurin, dan protein. Apalagi base yang dipakai adalah susu kedelai, jadi aman dari risiko alergi susu sapi. 

4. MilkyVar 

Lazada

MilkyVar adalah susu kucing murah yang bisa dimasukkan pertimbangan. Dengan harga belasan ribu saja, Sedulur sudah bisa memberi asupan gizi untuk bayi kucing yang tidak memiliki induk karena berbagai alasan. Kandungannya memang tidak selengkap produk sebelumnya, tetapi sudah cukup untuk membantu mereka bertahan hidup dan tumbuh dewasa.

Protein dan lemak sudah jelas ada, ditambah kalsium, omega 3 dan omega 6. Namun, ada beberapa indikasi alergi yang ditemukan pada anak kucing yang diberi minum susu ini. Jadi, ada baiknya hentikan pemakaian bila anak kucing Sedulur mengalami diare pasca konsumsi.  

BACA JUGA: Kenali Kucing Maine Coon Karakteristik & Cara Merawatnya

5. Longlife Milk Cats

susu kucing
Shopee

 Di kelas yang lebih terjangkau, Sedulur bisa mencoba merasakan manfaat susu kucing dari Longlife. Cukup merogoh kocek puluhan ribu rupiah saja, kamu bisa memberikan gizi esensial untuk anak-anak kucing yang kehilangan induknya. Di dalamnya sudah terkandung mineral, folat, vitamin, biotin, dan protein yang dibutuhkan kucing. Selain untuk anak kucing, mereka merilis versi untuk kucing dewasa dan lanjut usia dengan menambahkan antioksidan dan penambah energi dalam bentuk ascorbic acid dan riboflavin. 

6. Growssy Cat Milk 

Shopee

Dijual dalam kemasan sachet, Sedulur pun tidak perlu menakar ukurannya berdasar sendok takar. Cukup larutkan dengan air hangat sesuai petunjuk di kemasan. Harganya murah dan laktosanya rendah, sehingga diklaim bisa dicerna lebih mudah oleh anak kucing. Kandungannya lengkap, selain vitamin, taurin, dan protein, ia diberi tambahan zat antioksidan sehingga bisa diminum kucing dewasa dan lanjut usia. 

7. Hartz Kitten Milk Replacer Powdered Formula 

susu kucing
Walmart

Diformulasikan khusus untuk anak kucing dan induknya yang sedang menyusui, susu dari Hartz mengandung kalsium, taurin, lisin, dan asam linoleat yang semuanya penting untuk pertumbuhan organ dalam serta tulang. Produk ini ditujukan untuk anak kucing hingga usia 6 minggu sama dengan KMR. Jadi, jangan berikan ini pada kucing dewasa karena kandungan lemaknya cukup tinggi dan bisa memicu obesitas pada kucing yang sudah berumur. 

8. Susu Kucing Organik Gromilk 

Lazada

Diklaim organik, susu ini aman dikonsumsi kucing dari segala usia baik baru lahir hingga dewasa dan lansia. Ia juga dijual per sachet yang tiap kemasannya bisa dilarutkan dalam 100 ml air. Selain anak kucing, susu yang satu ini dibolehkan pula dikonsumsi kucing yang sakit, kurang nafsu makan, mengalami malnutrisi karena sering kelaparan, hingga induk yang sedang menyusui anak-anaknya. Secara harga, ia cukup terjangkau. Dibanderol dengan harga belasan ribu rupiah saja per kemasan. 

9. Perkilac Powdered Milk Replacer 

susu kucing
Pet Republic Indonesia

Di kelas menengah, ada pula Perkilac yang ikut bersaing di pasar susu kucing. Harga Rp100 ribu berlaku untuk kemasan sekitar 250 gram. Ia ideal untuk anak kucing karena mengandung kadar lemak yang tinggi sehingga pas pula untuk kucing yang kekurangan gizi karena kelaparan dalam waktu lama. Buat Sedulur yang hobi menyelamatkan kucing-kucing terlantar, formula dari Perkilac bisa jadi solusi yang tepat. 

10. Pets Own Cat & Kitten Milk 

susu kucing
Pet Republic Indonesia

Dikemas dalam bentuk susu cair, ini adalah pilihan susu untuk kucing yang praktis dan memudahkan pemilik. Tidak perlu repot-repot melarutkannya dalam air, cukup tuang di mangkuk pakan dan biarkan anak-anak kucing kesayangan menyantapnya sampai habis. Untuk menyimpannya, simpan dalam laci kulkas agar lebih tahan lama. Secara kandungan, merek ini cukup ideal karena sudah mengandung protein dan lemak, tidak berperisa dan tidak diberi tambahan pengawet serta bebas laktosa. 

BACA JUGA: Makanan Anak Kucing Umur Satu Bulan yang Aman Diberikan

Hal yang harus diperhatikan sebelum memberikan susu pada kucing

Beda dengan susu untuk manusia, susu untuk kucing dikenal lebih cepat basi. Berapa jam susu kucing basi biasanya tergantung pada tiap produsen atau mereknya. Umumnya, di suhu ruangan mereka hanya bertahan sekitar 1,5 jam saja dan harus segera dibuang meski belum habis. Namun, beberapa bisa disimpan di kulkas pasca dilarutkan dan bisa diminum dalam jangka waktu 24 jam ke depan. 

Sedulur juga bisa membuat yang organik, lho. Caranya dengan menggunakan susu kambing karena susu ini lebih aman untuk pencernaan kucing dibandingkan susu sapi karena laktosanya lebih sedikit. Ia juga secara alami sudah disertai oligosakarida, yaitu sejenis probiotik yang bisa membantu menjaga kesehatan usus dengan mencegah inflamasi. Belum lagi ia juga jauh lebih mudah dicerna karena globula lemaknya lebih sedikit dibanding susu sapi. 

Hanya saja, kandungan lemak dan protein susu kambing cukup terbatas sehingga tidak cocok untuk bayi kucing yang baru lahir hingga usia 2 bulan yang butuh asupan lebih. Ia ideal untuk kucing dewasa yang terbukti tidak memiliki masalah dengan laktosa. Kucing yang alergi laktosa biasanya akan muntah atau diare beberapa jam pasca mengonsumsi susu kambing atau sapi. Ini bisa jadi pedoman Sedulur sebelum memilih susu untuk mereka. 

Hindari pula memberikan susu nabati pada kucing. Utamanya jika susu nabatinya bukan yang diformulasikan khusus untuk hewan peliharaan melainkan untuk manusia. Susu nabati mengandung asam amino yang lebih rendah sehingga kurang mencukupi untuk kebutuhan harian kucing. Apalagi jika kucing masih berusia sangat muda alias bayi. 

Sedulur sudah bisa mencoba memberi kucing makanan padat saat mereka sudah mulai besar. Namun, jangan langsung melepas asupan susu formula sama sekali. Lakukan secara bertahap dengan memberi pakan setengah porsi dan setengah susu formula. Ini akan mengajarkan mereka untuk membiasakan diri dengan pakan padat dan tak lagi tergantung pada susu. 

Rekomendasi dan harga susu kucing untuk bayi kucing baru lahir sudah Sedulur baca-baca. Tentunya akan ada banyak pertimbangan tersendiri terkait kandungan dan harga. Kalau bisa disimpulkan semua susu punya kandungan yang mirip dan semua punya tujuan menyediakan nutrisi esensial untuk anak kucing. Silakan pilih saja sesuai kemampuan, Sedulur. 

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.