dm artinya

Apakah Sedulur belum mengatahui arti dan fungsi DM dalam penggunaan media sosial Instagram? Mungkin sebagian besar pengguna Instagram telah banyak yang mengetahui apa DM artinya di Instagram. Ini adalah fitur untuk melakukan obrolan melalui pesan di Instagram.

Fitur DM terbilang baru di Instagram. Pada awalnya, media sosial untuk berbagi foto dan video ini tidak memiliki fitur untuk membuka obrolan. Hanya sebatas upload foto dan video, like, komentar, dan selesai. Semakin banyak penggunannya, Instagram semakin memiliki banyak tuntutan untuk mempertahankan users-nya.

Salah satunya adalah permintaan untuk mengadakan fitur membuka obrolan yaitu melalui DM. Namun, kendati pun Sedulur mengetahui DM artinya apa, apakah sudah yakin benar-benar memahaminya? 

BACA JUGA: Cara Menghapus Akun Instagram Permanen dan Sementara

-->

Arti DM di Instagram

apa artinya dm
arenaponsel

DM Instagram artinya Direct Message. Ini sebuah fitur untuk para penggunanya saling berbincang di platform tersebut. Sebelumnya tidak ada fitur DM, hanya ada komentar dalam postingan foto atau video yang diupload. Berbagai fitur yang menarik juga membuat Instagram saat ini menjadi salah satu media sosial yang sangat populer digunakan.

Dengan adanya DM artinya Instagram telah setara dengan media sosial lain seperti Facebook, Twitter, Whatsapp, dan lain sebagainya. Penjelasan ini semoga cukup memberikan pemahaman kepada Sedulur terkait DM IG artinya apa.

Jika di Instagram DM definisinya adalah sebagaimana yang dijelaskan di atas, sementara itu DM artinya di WA yaitu fitur untuk chatting atau membuka obrolan. Sama dengan Instagram, saat ini WA juga telah memiliki fitur untuk update status sebagaimana fitur Story di Instagram.

Fungsi DM di Instagram

fungsi
affde

Setelah mengetahui DM artinya apa, Sedulur juga tentu saja harus mengetahui apa fungsi dari DM itu sendiri. Yang paling jelas adalah untuk berkirim pesan. Namun bukan hanya itu, terdapat beberapa fungsi lain pada DM Instagram, yaitu sebagai berikut:

  • Bisa mengirimkan teks, gambar, pesan suara dan video yang ada di galeri
  • Dapat memberitahukan lokasi ke pengguna lain
  • Bisa mengirimkan posting-an
  • Mengetahui status online atau offline dari pengguna lain
  • Mengetahui kapan terakhir online pengguna lain
  • Mengirimkan pesan ketika kamu di tag pada story dan unggahan pengguna lain

BACA JUGA: Ukuran Story Instagram Terbaru agar Tidak Terpotong & Buram

Cara DM Instagram Lewat HP

dm artinya di instagram
reqwews

Apa artinya DM telah dijelaskan di atas, lalu hal penting selanjutnya yang perlu Sedulur ketahui adalah bagaimana cara melakukan DM Instagram melalui HP. Walaupun tanpa membaca penjelasan ini, kamu bisa langsung mencobanya sendiri. Mencoba sendiri hingga mengetahui caranya.

Namun hal tersebut tentu saja memakan waktu, percuma mengetahui DM artinya apa jika waktu habis sia-sia dalam mencoba hal sendiri. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar lebih memudahkan menggunakan fitur DM Instagram. Langsung simak langkah menggunakannya di bawah ini:

1. Buka Instagram

dm ig artinya
qiscus

Pertama buka terlebih dahulu aplikasi Instagram. Bagi Sedulur yang memiliki aplikasinya bisa download terlebih dahulu di AppStore atau Playstore.  Selanjutnya buka apps-nya dan jika belum memiliki akun Sedulur bisa membuat akun terlebih dahulu. Namun biasanya Sedulur bisa masuk menggunakan akun Facebook atau Email.

2. Buka DM (Direct Message)

dm instagram artinya
pinhome

Setelah membuka aplikasi Instagram dan login dengan akun Sedulur, maka timeline seperti postingan atau story pengguna lain akan muncul. Selanjutnya Sedulur bisa membuka fitur DM dengan klik ikon mesengger di bagian kanan atas. Jika bingung, Sedulur bisa swipe layar Instagram ke kanan. Maka akan langsung ke fitur DM.

3. Kirim Pesan di Instagram

dm artinya di wa
tipspintar

Langkah terakhir adalah langsung mengirim pesan melalui DM, Sedulur bisa simak langkahnya di bawah ini:

  • Pertama, kamu bisa klik ikon menulis yang berada di bagian kanan atas
  • Kemudian cari nama akun Instagram yang ingin kamu kirimi pesan. Kamu bisa mencarinya dengan mengetikkan namanya di kolom yang disediakan
  • Jika sudah menemukan akun yang ingin dikirimi pesan, kamu klik dan pilih menu Obrolan
  • Setelah itu kamu bisa mulai melakukan obrolan. Seperti mengirimkan kata, pesan suara, gambar maupun video
  • Terakhir, kamu dapat klik Kirim untuk mengirim pesan yang ingin disampaikan ke pengguna tersebut

BACA JUGA: 7 Cara Cek Unfollowers Instagram Kamu dengan Mudah!

Istilah Instagram

lifestyle.bisnis

Selain mengetahui DM artinya di Instagram apa, terdapat beberapa istilah lain yang ada di Instagram yang perlu Sedulur ketahui. Berikut ini daftar istilah Instagram yang perlu Sedulur ketahui. Yuk kita simak!

  • Bio: artinya biography atau biodata kita yang ada di Instagram
  • Caption: keterangan atau judul pada gambar atau video yang di-upload
  • Comment: komentar dalam foto atau video yang di-upload
  • Like: sama dengan Facebook, tombol untuk menyukai posting-an Instagram.
  • Followers: jumlah akun yang mengikuti Instagram
  • Following: jumlah akun yang diikuti di Instagram
  • Unfollow: arti unfollow di Instagram adalah berhenti mengikuti suatu akun
  • Hashtag: arti kata hashtag di Instagram adalah tagar yaitu kata atau frase tanpa spasi yang diawali dengan hashtag (#)
  • Private: private atau privat adalah membuat akun Instagram kamu terkunci 
  • Selebgram: adalah selebritis  atau artis Instagram, yaitu orang yang terkenal di Instagram dan banyak pengikut
  • Spam Like: adalah aktivitas menyukai keseluruhan atau semua foto yang ada di akun Instagram seseorang, agar mendapat perhatian dari orang tersebut. Ini biasanya dilakukan kepada akun selebram atau artis.
  • Follback: arti dalam Bahasa Indonesia adalah mengikuti balik.
  • Tag: menyebut atua menandai salah satu pengguna Instagram baik di komentar ataupun di cantion foto yang di awali dengan “@” lalu memasukkan nama pengguna Instagram yang ingin kita sebutkan atau menandainya.
  • Mention: sama dengan tag yaitu menyebut atau menandai
  • Repost: meng-upload ulang foto atau video orang di akun Instagram kita dan mengasih sumber dengan me-mention akun sumber pertamanya
  • Regram: Arti regram sama dengan repost, yaitu mengambil foto atau video orang dan memasukkannya di akun Instagram dan memberi sumber dengan me-mention akun mereka
  • Latest Post: adalah postingan terbaru, contohnya foto yang dia foto hari ini dan langsung di-upload ke Instagram hari ini juga atau bisa juga habis di foto langsung di-upload
  • Swipe Up: artinya geser ke atas. Istilah ini terdapat pada postingan di Instagram stories

Sekian pembahasan terkait DM artinya apa dalam aplikasi media sosial Instagram. Semoga penjelasan di atas dapat membantu Sedulur lebih memahami media sosial Instagram. Instagram sendiri banyak manfaatnya, terutama bagi digital marketing untuk meningkatkan penjualan bisnis yang Sedulur jalankan.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.