Simak Berbagai Manfaat Sarang Burung Walet

Pernah melihat sarang burung wallet? Bila pernah kamu pasti sepakat jika sarang ini unik dibanding sarang  burung lain. Sebab, dalam membuat sarang, burung walet tak menggunakan ranting pohon. Sarang tersebut ternyata hanya berasal dari air liur saja.

Namun, tahukah Sedulur, sarang burung walet punya manfaat besar bagi kesehatan tubuh lho. Beberapa diantaranya adalah untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan meningkatkan vitalitas seseorang. Karena kaya akan manfaat, tidak heran bila harga sarang burung walet sangat mahal. Di pasaran, harga sarang burung wallet bisa mencapai Rp 9  juta per kilogram.

Masih penasaran tentang manfaat sarang burung walet, yuk simak saja ulasan lengkap di bawah ini Sedulur.

BACA JUGA: 6 Laba-laba Paling Beracun dan Mematikan di Dunia, Waspadai!

-->

1. Menurunkan resiko penyakit jantung dan kolesterol

sarang burung wallet
halodoc

Punya masalah penyakit jantung dan sudah berobat kesana kemari, namun tak kunjung ada hasilnya, mungkin saatnya kamu mencoba makan sarang burung walet. Meski sifatnya tak menyembuhkan 100 persen, namun mengonsumsi sarang ini dianggap mampu menekan resiko kelosterol tinggi dan penyakit jantung.

Kolesterol yang tinggi sangat berbahaya untuk tubuh. Sebab, jika tak tertangani, maka bisa memicu terjadinya pengentalan darah. Maka untuk mencegah masalah ini terjadi, akan lebih baik mengonsumsi sarang burung walet. Mengonsumsi sarang ini, berguna pula dalam menekan resiko penyakit jantung.

Untuk kamu yang bingung dengan cara mengolah sarang burung walet, tenang. Sebab, sarang ini bisa dibuat menjadi apa saja. Seperti masakan lezat dan diolah menjadi keripik lezat. Apalagi saat ini di pasaran banyak dijual snack dengan bahan baku sarang burung, sehingga tak perlu lagi susah-susah mengolahnya.

2. Meningkatkan imun

sarang burung wallet
alodokter

Kondisi tubuh yang drop setelah beraktivitas, membuat penyakit dan virus akan mudah menyerang. Ya, imun yang drop dan lemah, membuat antiboti menjadi sangat tipis. Untuk mengatasi hal ini, kamu disarankan mengambil manfaat sarang burung wallet. Sarang ini bisa kamu konsumsi dalam bentuk minunan atau makanan.

Diketahui, sejak jaman dahulu, sarang burung ini telah banyak digunakan dalam pengobatan tradisional. Di China, sarang ini berguna dalam mengobati berbagai penyakit dan mendorong sistem imun tubuh dan tanpa efek samping.

3. Sumber mineral untuk tubuh

sarang burung wallet
kelaspintar

Selain berguna dalam meningkatkan kekebalan tubuh, manfaat sarang burung walet, bisa juga dipakai sebagai sumber mineral bagi tubuh. Sebab, sarang ini mengandung unsur seperti kalsium, mangan dan tembaga. Karena kandungan ini, diketahui dapat membantu dalam proses pertumbuhan tulang, melancarkan metabolisme karbohidrat, mengaktifkan enzim dan meningkatkan kolagen.

BACA JUGA: 13 Fakta dan Manfaat Minyak Cengkeh untuk Kesehatan & Kecantikan

4. Mencegah kanker

sarang burung wallet
farmaku

Manfaat sarang burung walet lainnya adalah dapat mencegah masalah kanker. Kanker termasuk masalah yang tak bisa dianggap sepele. Sebab, penyakit ini merupakan sumber utama kematian seseorang di Indonesia dan dunia. Bagi kamu yang ingin mencegah kanker, maka tak ada salahnya mengonsumsi sarang burung ini

Sarang burung walet kaya akan antioksidan dan mempunyai senyawa aktif. Senyawa aktif ini, dapat menangkal efek radikal bebas. Tidak hanya itu, unsur antioksidan baik pula dalam mencegah penyakit berbahaya seperti kanker dan jantung.  Sehingga bila kamu memiliki gejala penyakit ini, tak ada salahnya mengonsumsi sarang dari burung ini.

5. Baik untuk kesehatan kulit

sarang burung wallet
 alodokter

Selain berguna mencegah kanker, rumah sarang burung walet berguna dalam menjaga kesehatan kulit. Sebab, dalam sarang ini, terdapat kandungan asam amino yang baik dan sangat dibutuhkan kulit. Lantas, bagaimana mengkonsumsi  sarang burung walet, ya, kamu bisa mengolahnya menjadi minuman menyehatkan atau makanan. Selanjutnya, rutinlah mengonsumsi sarang ini, untuk mendapatkan kulit cerah dan meregenerasi kulit sel mati.

6. Menjaga kesehatan otak

sarang burung wallet
republika

Selanjutnya manfaat sarang burung walet adalah menjaga kesehatan otak. Diketahui, sarang ini mempunyai kandungan fenilanin yang dikeluarkan dari air liur walet. Ya, kandungan ini, mampu membantu fungsi sistem saraf pusat berjalan dengan stabil.

7. Memenuhi nutrisi ibu hamil

sarang burung wallet
halodoc

Manfaat sarang burung walet untuk ibu hamil adalah dapat membantu perkembangan janin. Ibu hamil bisa mengonsumsi sarang burung ini  secara rutin sejak usia kandungan 2 bulan  sampai bayi berusia 2 tahun.

8. Mencegah permasalahan seksual

medcom

Mengonsumsi sarang burung walet tenyata ampuh dalam mengatasi persoalan seksual. Ya, karena sarang ini mengandung unsur histidin. Histidin mampu mengobati masalah disfungsi seksual.

BACA JUGA: 6 Manfaat Susu Almond yang Baik Untuk Kesehatan Tubuh

9. Meningkatkan kesehatan lansia

alodokter

Selain berguna dalam mengatasi masalah seksual, ternyata dapat manfaat rumah kesehatan lansia. Ya, bagi kamu yang lansia, sarang ini mampu meningkatkan kinerja organ vital pada lansia dan menjaga tubuh agar tetap bugar.

10. Melakuan detoksifikasi dalam tubuh

kabar6

Manfaat sarang burung walet adalah dapat mencegah adanya lemak yang menumpuk di hati Sebab, sarang ini mengandung metionin yang dapat mencegah adanya lemak. Sehingga hal ini, bisa membantu dalam menjaga fungsi hati dapat berjalan baik dan lancar.

11. Mencegah berbagai penyakit pada anak

suara

Anak sangat rentan terhadap penyakit tertentu, seperti epilepsi, gangguan mental dan distrofi otot. Sehingga, bila kamu mempunyai anak, pastikan selalu memahami dan mengamati apa saja yang dapat terjadi pada anak.

Salah satu cara dalam mencegah penyakit pada anak ialah memberikan olahan sarang burung walet. Sebab, sarang  ini mengandung asam glutamat, yang punya peran penting dalam sistem metabolisme gula dan lemak. Lantas bagaimana cara mengkonsumsi sarang burung walet yang cocok diberikan pada anak-anak? Sedulur bisa menjadikan sarang ini menjadi minuman.

Membuat sarang burung walet minuman pun cukup mudah kok. Cukup menggunakan beberapa potong sarang burung walet dan rebus menggunakan air panas. Tambahkan sejumlah bahan seperti jahe dan madu, maka sajian minuman sarang burung walet sudah jadi.

12. Mencegah resistensi insulin

kompas

Resistensi insulin merupakan ciri awal terjadinya diabetes. Maka dari itu, agar kamu terhindar dari masalah ini, disarankan mengonsumsi sarang burung walet. Dengan kamu mengonsumsi sarang ini, maka bisa mencegah adanya masalah resistensi insulin ini di dalam tubuh.

BACA JUGA : 20 Khasiat & Manfaat Pisang Untuk Kesehatan & Kecantikan

13. Mengurangi dampak nikotin

alodokter

Nikotin dapat ditemukan pada rokok. Sehingga bila kamu adalah perokok, zat berbahaya ini bisa menimbulkan kematian jika dikonsumsi terus menerus. Tidak hanya kamu yang perokok, bagi mereka yang menghirup pun bisa mengalami hal serupa. Agar masalah ini tak terjadi, maka disarankan untuk menikmati sarang burung ini.

Ya, manfaat sarang ini mampu mengurangi kadar nikotin dari aroma rokok atau asap rokok yang masuk ke tubuh. Sehingga dapat menekan atau mengurangi resiko penyakit kanker.

14. Regenerasi sel

suara

Manfaat sarang burung wallet selanjutnya adalah dapat meregenerasi sel-sel kulit mati. Sebab, sarang ini mengandung asam amino yang sangat  baik bagi kesehatan kulit kamu Sedulur.

15. Mengatur kadar gula

alodokter

Kadar gula tinggi bisa menimbulkan penyakit diabetes. Maka disarankan untuk kamu mengurangi kadar gula di tubuh. Salah satu cara mengurangi kadar gula di tubuh adalah dengan mengonsumsi sarang ini. Mengapa sarang ini sangat baik untuk menurunkan kadar gula, sebab, sarang ini mengandung glisin yang bisa membantu mengobati anemia dan hipoglikema.

Demikian ulasan mengenai sarang burung wallet. Sarang dengan tekstur  kenyal dan unik karena terbuat dari air liur walet. Semoga menambah wawasan buat Sedulur tentang manfaat sarang ini.