Jika dibandingkan dengan susu sapi, manfaat susu almond bagi kesehatan memang banyak yang belum tahu. Padahal susu satu ini tak kalah memiliki banyak khasiat bagi kesehatan. Bahkan baik dikonsumsi bagi Sedulur yang memiliki masalah alergi laktosa, kandungan zat dalam susu sapi yang berfungsi untuk membantu penyerapan zat gizi lain dalam makanan.

Manfaat susu berbahan almond sebenarnya sudah tidak diragukan lagi. Sebab kandungan nutrisinya pun tak kalah banyak. Antara lain kalsium, vitamin B kompleks, vitamin E, serta vitamin D. Selain itu, rasa susu dari kacang almond ini lebih ringan dibandingkan susu sapi. Sehingga bisa juga menjadi bahan masakan kue, kopi, dan berbagai macamnya. Lalu kira-kira apa saja sih? Yuk simak penjelasan di bawah ini!

BACA JUGA: Ini 6 Pilihan Susu Steril Selain Bear Brand untuk Jaga Imun Tubuh

1. Sumber kalsium yang baik untuk memperkaya tulang

susu almond
Unsplash

Seperti telah disebutkan di atas, salah satu kandungan susu almond adalah kalsium. Kandungan kalsium dalam susu almond sama halnya dengan yang ada di dalam susu sapi, yakni memiliki manfaat untuk memperkuat tulang. Dilansir dari Klikdokter, dalam satu gelas susu almond, bisa memenuhi 50 persen kebutuhan kalsium harian. Tak hanya itu, 25 persen kebutuhan vitamin D harian juga akan terpenuhi.

-->

Kedua kandugan tersebut sangat baik untuk menjaga tulang dari risiko osteoporosis. Tak hanya itu, rutin mengonsumsi susu ini juga baik untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi Sedulur.

2. Bebas laktosa

susu almond
Unsplash

Bagi Sedulur yang memiliki alergi laktosa, mengonsumsi susu sapi tentu akan menjadi pantangan. Itulah mengapa susu berbahan almond bisa menjadi pilihan. Jenis susu ini dijamin bebas laktosa, karena kandungan ini hanya ada di dalam susu sapi.

Dilansir dari Healtline, intoleransi laktosa atau alergi laktosa adalah kondisi di mana seseorang tak bisa mencerna kandungan gula yang ada di dalam susu sapi. Jumlah orang yang memiliki alergi laktosa diperkirakan mencapai 65-70% dari populasi orang dewasa secara global. Dengan banyaknya jumlah tersebut, maka produk susu nabati adalah pilihan yang tepat untuk dikonsumsi.

BACA JUGA: Kenali Bahaya Minum Susu Bear Brand yang Harus Diwaspadai!

3. Baik bagi kesehatan kulit dan rambut

susu almond
Unsplash

Tak hanya bagi kesehatan, susu berbahan kacang-kacangan ini juga ternyata memiliki manfaat untuk kecantikan. Vitamin E yang terkandung dalam  susu ini memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan kulit sehingga lebih kencang dan terlihat cerah.

Tak hanya bagi kesehatan kulit, vitamin E juga ampuh untuk menjaga kesehatan rambut Sedulur agar tak mudah rontok.

4. Susu almond pelancar ASI

Unsplash

Produk susu berbahan almond telah lama dikenal menjadi salah satu booster ASI yang cukup ampuh. Masih dilansir dari Klikdokter, hal ini  kemungkinan karena kandungan zat protein dan kalsium yang ada di dalam susu. Namun meski begitu, hal ini masih diperlukan penelitian lebih lanjut.

Meski masih perlu penelitian lebih lanjut, susu almond bagi busui bisa dibilang cukup memberikan hasil bagi ASI yang diproduksi. Beberapa ibu menyusui yang mengkonsumsi  susu ini mengaku bahwa ASI yang mereka hasilkan bisa lebih kental. Tapi efek bagi masing-masing orang tentu berbeda. Hasil ASI tak hanya ditentukan oleh apa yang dikonsumsi ibu menyusui, namun juga kondisi tubuh. Selain makan makanan bergizi, ibu menyusui juga harus cukup istirahat dan menghindari stress.

BACA JUGA: Bisnis Susu Kambing Etawa, Bisa Raup Jutaan Rupiah!

5. Membantu menjaga kesehatan jantung

Unsplash

Tak seperti susu sapi, susu dari kacang-kacangan salah satunya almond, sama sekali tak mengandung kolesterol dan lemak jenuh. Tak hanya itu, susu berbahan almond juga rendah sodium dan tinggi lemak sehat, seperti asam lemak omega-3 yang biasanya ditemukan pada ikan. Sehingga aman untuk mencegah penyakit darah tinggi dan gangguan kesehatan jantung.

Dilansir dari Healthline, sebuah studi di New Zaeland melakukan penelitian terhadap 65 orang dewasa yang terbagi menjadi 2 kelompok. Kelompok pertama diminta melakukan diet rendah lemak dengan mengonsumsi makanan dari bahan nabati, salah satunya adalah susu dari almond. Sementara kelompok kedua tetap diminta untuk mengonsumsi makanan yang biasa mereka makan.

Hasilnya menunjukkan bahwa kelompok pertama mengalami penurun kolesterol secara signifikan selama 12 minggu dibandingkan kelompok satunya yang hanya makan makanan mereka sehari-hari.

6. Membantu menjaga berat badan tetap ideal

Unsplash

Tergolong dalam makanan nabati, susu dari almond tentu memiliki lebih sedikit kalori dibandingkan yang terkandung dalam susu sapi. Jika Sedulur berupaya menjaga atau bahkan ingin menurunkan berat badan, maka asupan kalori yang masuk harus lebih sedikit dari kalori yang dikeluarkan.

Mengonsumsi makanan dengan kalori rendah seperti sayuran dan mengganti produk dairy dengan susu almond tentu akan membantu mengurangi asupan energi. Namun hal lain yang perlu diperhatikan adalah jika Sedulur mengonsumsi susu yang dibuat dari almond, pastikan susu tersebut memiliki kandungan gula yang rendah. Oleh karena itu, sebelum membeli susu almond di supermarket, teliti dulu kandungan gulanya yang tertera di kemasan.

Ternyata manfaat susu almond cukup banyak ya Sedulur. Mengonsumsi susu ini tentu menjadi solusi bagi Sedulur yang tak menyukai susu sapi atau yang memiliki alergi laktosa. Apalagi saat ini susu dari bahan kacang-kacangan mulai mudah didapatkan di pasaran dengan harga susu almond yang cukup terjangkau.

Selain itu, jika Sedulur ingin berbelanja kebutuhan pokok, caranya bisa dengan mudah lewat Aplikasi Super lho. Pilih kebutuhan pokok yang Sedulur inginkan, lakukan proses pembayaran, lalu tinggal tunggu barangnya diantar sampai ke rumah. Cukup mudah bukan?

Sementara itu, buat Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen, sebuah jaringan reseller dari Aplikasi Super, bisa cek informasinya di sini ya.