Laba-laba merupakan hewan dengan kaki delapan. Hewan ini dianggap menakutkan, karena bentuk dan rupanya yang menyerupai vampir, memiki taring untuk menghisap mangsa dan memiliki racun. Itulah kenapa membuat manusia memilih pergi menghindarinya. Sebab, racun yang ditimbulkan oleh serangga ini bisa menyebabkan kebutaan hingga yang paling parah adalah kematian. 

Kadang-kadang laba-laba tinggal di jaring dan adapula yang tak membuat sarang sehingga dinamakan dengan laba-laba pohon. Nah, penasaran dengan jenis serangga paling beracun dan mematikan, yuk simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

BACA JUGA: 10 Cara Membasmi Kutu Kasur Sampai Tuntas Hingga Telurnya

1. The brazilian wandering spider

laba laba
theindependent

Brazilian wandering spider merupakan hewan paling berbahaya di dunia. Hewan berkaki delapan ini memiliki habitat hidup di pedalaman Hutan Amazon di Brazil. Sehingga nama Brazilian diambil dari negara asalnya Brazil. Jenis ini bisa dikatakan sebagai laba-laba pohon karena seringkali hinggap di pohon dan buah pisang. Diketahui, racun  yang ada pada hewan ini bisa memberikan sengatan yang sangat menyakitkan. Sengatan yang menyakitkan disebabkan oleh tingginya konsentrasi serotonin serta adanya neurotoxin. Sehingga dua hal ini, bisa membuat kematian pada manusia dan juga kematian pada hewan.

-->

2. Sydney funnel web spiders

laba laba
idntimes

Tak kalah mengerikan dari jenis Brazilian, ada pula jenis Sydney funnel web spider, merupakan jenis laba-laba mematikan asal Sydney, Australia. Namun, selain dua negara bagian itu, habitat laba-laba kecil ini berada di New South Wales dan Gold Coast. Hewan ini sangat beracun dan bisa membunuh manusia. Bicara mengenai ukuran hewan ini, bisa mencapai 1-5 cm. Memiliki warna bulu hitam pekat dan berwarna cokelat tua. Saking berbahayanya racun ini, mampu mengakibatkan kematian secara cepat. Serta hal yang cukup berbahaya anak-anak yang tersengat racun ini, bisa menyebabkan kematian hanya dalam waktu 15 menit.

3. Black widow spider

laba laba
livescience

Masih laba-laba mematikan selanjutnya adalah jenis Black widow spider. Hewan ini dikenal memiliki bisa mematikan, yang mana terkandung latrotoxin di dalamnya. Alhasil, jika seseorang terkena racun ini, membuat kerusakan yang parah dibagian otot, keram, dan keringat yang terus becucuran. Serangga ini mempunyai spesies yang tersebar di seluruh dunia. Khususnya di Amerika Serikat. Di negeri Paman Sam itu, tercatat 2.200 orang terkena gigitan hewan ini.

BACA JUGA: 6 Monster Laut yang Benar Ada & Masih Hidup Sampai Sekarang

4. Brown recluse spider

laba laba
thisoldhouse

Sesuai namanya, hewan ini memiliki  warna hitam kekuningan. Habitat alami hewan jenis ini berada di Amerika Utara yang tersebar di tenggara Amerika Serikat. Meski termasuk dalam laba-laba kecil, namun tetap berbahaya. Ukurannya hanya 6-20 mm dan memiiki racun berbisa yang mengandung hemotoxic. Racun hemotoxic ini, bisa menyebabkan kerusakan pada sekitar tubuh kita. Dan bila tak tertangani dengan baik, bisa menimbulkan kematian.

5. The six- eyed sand spider

alchetron

Hewan ini merupakan hewan yang hidup di Afrika Selatan dan masuk dalam golongan Sicaridae. Hewan memiliki nama latin Hexophthalma hahni. Ukurannya mencapai panjang sekitar 15 mm dan lebar hanya 50 mm. Dan memiliki warna coklat yang menyerupai pasir. Sehingga sangat  susah dikenali. Apakah hewan ini laba-laba, atau kah hanya pasir semata.

Meski demikian, hewan yang satu ini sangat berbahaya dan mematikan. Sebab, mengandung zat beracun  necrotic yang mampu menghasilkan luka serius. Kemudian, dapat menyebar ke seluruh bagian tubuh dalam sekejap. Meski demikian, belum ada kasus kejadian mengenai gigitan dari hewan ini pada manusia.

BACA JUGA: 13 Jenis Burung Kolibri Terbaik di Indonesia yang Cantik Banget!

6. Tarantula

laba laba
jawapos

Selanjutnya yang terakhir adalah tarantula. Hewan yang satu ini tidak membuat sarang seperti halnya serangga pada umumnya. Hewan ini lebih menyukai membuat lubang kecil sebagai tempat persembunyian. Tarantula adalah hewan yang masuk dalam keluarga Theraphosida dan tercatat sekitar 800 spesies yang berhasil diidentifikasi.

Sebagian besar, tarantula tidak berbahaya bagi manusia. Meski demikian,hewan jenis ini dapat menggigit seperti halnya hewan pada umumnya. Diketahui, hewan ini memiliki taring yang berguna dalam menerkam mangsanya dan memamah mangsa. Di alam liar, tarantula sering memburu hewan yang sedikit lebih besar dari tubuhnya yaitu tikus, burung hingga paling besar adalah ular.

Ciri khas dari hewan yang satu ini adalah mereka memiliki ratusan bulu-bulu lembut yang menghiasi tubuhnya. Sehingga  sangat mudah untuk mengenali tarantula. Tidak hanya itu, tarantula bisa dianggap laba-laba tidak beracun. Sehingga sangat tepat untuk dijadikan sebagai peliharaan.

Laba-laba di rumah menurut Islam

Banyak orang menganggap jika keberadaan serangga ini di rumah wajib dibunuh atau diberangus. Namun, dalam Islam tidak disarankan untuk dibunuh. Sebab, hewan ini cukup memberikan tinta emas dalam Islam. Dalam surat di Al-Quran menjelaskan jika keberadaan hewan ini sudah tertera dalam Surah Al-Ankabut.

Al-Quran menjelaskan tentang jaring laba-laba itu dalam Surah al Ankabut ayat ke-41: “Perumpamaan orang-orang yang mengambil pelindung-pelindung selain Allah adalah seperti laba-laba yang membuat rumah. Dan sesungguhnya rumah yang paling lemah adalah rumah laba-laba kalau mereka mengetahui.”

Demikian penjelasan lengkap tentang laba-laba. Sebagai hewan paling beracun dan ditakuti oleh manusia. Yuk, mulai jaga kebersihan rumah, agar serangga ini tak mengganggu kita.