Agar alergi gatal hilang dengan cepat, Sedulur bisa menggunakan salep gatal untuk mengatasinya. Ketika alergi kambuh, rasa gatal memang sangat menganggu. Bahkan, rasa gatal yang kita alami dapat menganggu waktu tidur kita di malam hari. Untuk mengatasi hal tersebut, berbagai salep hadir sebagai obat.

Berikut ini beberapa rekomendasi obat dan salep gatal yang bisa Sedulur gunakan untuk mengatasi rasa gatal Sedulur akibat alergi. Sambil mengkonsumsi obat dalam untuk gatal, Sedulur juga bisa membalur obat salep agar gatal pada kulit cepat hilang dan cepat di atas. Lantas, apa saja rekomendasi obat yang dimaksud? Yuk, mari langsung kita simak daftarnya di bawah ini!

BACA JUGA: 10 Cara Mengobati Ambeien dengan Obat Alami, Manjur!

1. Antihistamin

hellosehat

Rekomendasi salep gatal yang pertama adalah antihistamin. Salep antihistamin dalam bentuk oral mungkin diresepkan dokter untuk meredakan rasa gatal akibat reaksi alergi. Salep gatal alergi ini juga dapat membantu mengobati eksim.

-->

Salep antihistamin bekerja dengan menghambat histamin yang diproduksi oleh sistem kekebalan tubuh saat berhadapan dengan alergen (zat pemicu alergi). Dengan demikian, pembengkakan dan peradangan pada kulit bisa dicegah. Sangat ampuh sekaligus sangat cocok untuk Sedulur gunakan.

2. Kortikosteroid

salep gatal
hellosehat

Rekomendasi salep untuk selangkangan yang gatal adalah kortikosteroid. Selain berbentuk salep, obat ini juga tersedia dalam bentuk cairan, tablet hingga nasal spray. Namun memang, khusus untuk menghilangkan gatal, obat yang tersedia adalah dalam bentuk salep.

Sedulur wajib menggunakan obat salep ini sesuai dengan anjuran dokter, atau minimal hingga rasa gatal yang dialami menhilang. Satu hal penting lainnya, pastikan untuk tidak menggaruk kulit yang gatal dengan berlebihan. Karena hal tersebut dapat membuat jaringan kulit menjadi rusak.

BACA JUGA: 20+ Manfaat Daun Saga, Tanaman Obat Bisa Cegah Diabetes

3. Non-kortikosteroid

sehatq

Salep gatal paling ampuh selanjutnya adalah salep non-kortikosteroid. Salep ini dapat bekerja dengan meringankan rasa gatal yang kita rasakan. Selain dalam bentuk salep, tersedia juga dalam bentuk krim, lotion, gel dan juga bedak. Uniknya, salep ini dikelompokan berdasarkan dosis yang berbeda, yaitu dosis rendah, sedang dan tinggi.

4. Antidepresan

salep gatal
hellosehat

Selain sebagai obat salep penghilang bekas gatal yang menghitam, antidepresan juga merupakan obat yang dapat secara efektif menyembuhkan sakit seperti pusing dan sesak nafas. Namun menggunakan obat ini biasanya seringkali terkena efek samping. Yaitu mual, sakit kepala, hilang kesadaran dan juga mulut teasa sangat kering.

BACA JUGA: Penyakit Herpes: Penyebab, Gejala dan Cara Mengobatinya

5. Dekongestan

sehatq

Dekongestan merupakan obat yang dapat meredakan alergi yang dapat membuat hidung tersumbat dan juga alergi seperti gatal dan lainnya. Sedulur bisa menggunakan obat ini untuk meredakan rasa gatal yang Sedulur alami. Namun, jika obat ini tidak cocok, Sedulur bisa menggunakan salep gatal di apotik yang direkomendasikan oleh apoteker.

6. Diphenhydramine

salep gatal
idntimes

Rekomendasi salep gatal selangkangan yang bisa Sedulur gunakan adalah diphenhydramine. Diphenhydramine adalah antihistamin yang banyak terdapat pada krim, gel, maupun obat semprot untuk mengobati kulit gatal. Salep gatal kulit ini bekerja dengan menghambat efek gatal dari histamin.

Salep untuk gatal mengandung diphenhydramine terkadang direkomendasikan untuk meredakan gejala dalam jangka pendek akibat gigitan serangga atau biduran. Oleh karena itu, diphendydramine merupakan salep gatal kulit karena bakteri yang ampuh yang bisa Sedulur gunakan.

BACA JUGA: 12 Manfaat Bawang Dayak bisa Jadi Obat Berbagai Penyakit

7. Salep anestesi

apotekers

Rekomendasi salep gatal jamur yang bisa Sedulur gunakan adalah salep anestesi. Salep anestesi bekerja dengan membuat area kulit yang terasa gatal menjadi kebas atau mati rasa.

Obat ini biasanya mengandung benzocaine yang mampu mengatasi gatal dengan cara memblokir sinyal saraf di tubuh. Selain ketiga jenis salep di atas, Anda bisa menggunakan salep penghilang gatal yang mengandung calcineurin inhibitor (tacrolimus dan pimecrolimus), capsaicin, maupun doxepin.

8. Hydrocortison

tokopedia

Hydrocortisone merupakan salep gatal paling ampuh yang bisa Sedulur gunakan. Selain meredakan rasa gatal, salep ini juga sangat ampuh untuk meredakan peradangan. Keluahan seperti pembengkakan, gatal-gatal, dan kemerahan bisa Sedulur atasi dengan menggunakan salep ini. Terutama rasa gatal yang ditimbulkan oleh gigitan serangga, dan alergi kulit.

Sedulur bisa mengoleskan salpe ini ke bagian kulit yang gatal. Dan jangan lupa untuk mencuci tangan setelah Sedulur menggunakan salep ini. Karena senyawa yang terkadung dalam salep ini cukup keras, berbahaya untuk bagian tubuh lainnya.

BACA JUGA: Ini 12+ Penyebab Mata Bengkak & Cara Mengobatinya, Ampuh

9. Calamine

salep gatal
hellosehat

Terdapat juga rekomendasi salep gatal berair di apotik yaitu calamine. Salep ini mengandung senyawa yang sangat efektif untuk mengatasi rasa gatal yang Sedulur alami. Bukan hanya efektif, salep ini juga dapat meredakan rasa gatal yang membuat kita tidak nyaman. Sensasi yang Sedulur rasakan saat menggunakan salep ini adalah sensasi sejuk.

Sedulur bisa menggunakan salep ini sebanyakenam atau delapan jam sekali, namun lebih disarankan menggunakan salep ini sesuai kebutuhan dan tentu saja sesuai dengan aturan dan petunjuk dari dokter dan ahli.

10. Crotamiton

hellosehat

Rekomendasi salep untuk gatal berair yang bisa Sedulur gunakan selanjutnya adalah crotamiton. Salep ini sangat efektif terutama digunakan untuk mengobati infeksi kulit yang disebabkan oleh tungau. Tungau dapat secara efektif dimusnahkan oleh salep ini dan juga rasa gatal dapat diatasi dengan sempurna.

Namun, salep ini disarankan dapat digunakan setelah mandi. Lebih baik untuk menggunakan salep ini ke seluruh tubuh. Mulai dari leher hingga ujung kaki. Sedulur bisa menggunakan salep ini selama 2 hingga 3 kali sehari. Pilih salep untuk menghilangkan rasa gatal yang mengandung benzyl benzoate dan permethrin. Karena kedua bahan tersebut sangat efektif meredakan rasa gatal.

BACA JUGA: 10 Penyebab Sakit di Ulu Hati, Gejala & Cara Mengobatinya

11. Miconazole

 

shopee

Rekomendasi terakhir salep gatal adalah miconazole, yang dapat efektif mengatasi infeksi jamur pada kulit yang menyebabkan rasa gatal. Infeksi jamur seperti kurap, panu dan candidiasis dapat diredakan dengan menggunakan obat salep satu ini. Cara menggunakan obat salep ini pun sangat mudah. Sedulur hanya perlua mengoleskannya pada area gatal yang Sedulur rasakan.

Oleskan sebanyak dua kali dalam sehari, dan jangan lupa untuk mengikuti petunjuk kemasan penggunaan salep sesuai saran dokter atau apoteker. Jika gatal masih belum teratasi, Sedulur bisa konsulitasi lebih lanjut dengan dokter atau ahli agar rasa gatal bisa cepat sembuh.

Sekian daftar salep gatal yang bisa Sedulur gunakan untuk menghilangkan rasa gatal yang Sedulur alami. Jangan lupa untuk dikonsumsi secara rutin dan teratur agar rasa gatal yang Sedulur alami bisa segera sembuh dan cepat hilang. Barengi juga dengan mengkonsumsi obat dalam, untuk mengatasi alergi dan rasa gatal dari dalam.