rumah klasik minimalis sederhana

Estetika rumah bisa didapatkan dengan menciptakan desain yang unik dan berbeda. Salah satu gaya yang bisa dicoba adalah klasik minimalis. Desain klasik minimalis sederhana sendiri merupakan perpaduan konsep lawas yang dimodernisasi.

Konsep klasik minimalis juga sangat diminati di Indonesia. Hal ini lantaran rumah klasik dinilai memiliki ciri khas dan memiliki nilai filosofi tersendiri. Jika Sedulur tertarik, sudah ada puluhan inspirasi rumah klasik minimalis sederhana yang bisa dicoba lho. Seperti apa? Langsung simak aja berikut ini!

BACA JUGA: 10 Ide Rumah Minimalis Biru yang Cantik dan Elegan

1. Rumah klasik modern

ide fasad rumah 2 lantai
Pinterest

Sudah hal umum bahwa rumah klasik sangat identik dengan tampilan depan yang dihiasi pilar-pilar beton yang kokoh. Sehingga Sedulur wajib memilih material beton yang kokoh untuk menjaga keawetan bangunan rumah Sedulur nantinya.

Fakta menariknya, keberadaan pilar bahkan mampu membuat rumah tegap berdiri lebih dari puluhan bahkan ratusan tahun, lho!

2. Rumah klasik konsep peternakan

Memandangi desain rumah klasik di atas mungkin akan membuar Sedulur sedikit tertegun. Karena Sedulur bisa menciptakan rumah yang sangat estetik dan manis, hanya dengan menambahkan pagar kayu saja.

Desain ini sendiri begitu kental dengan sentuhan gaya peternakan ala rumah koboi di Amerika atau Indian. Bagaimana, konsep rumah klasik minimalis sederhana ini menarik banget untuk Sedulur coba ‘kan.

3. Rumah minimalis klasik Jawa

rumah klasik minimalis sederhana
Wikipedia

Ada banyak model rumah adat yang bisa diadopsi untuk menghasilkan rumah klasik sederhana, misalnya rumah klasik khas Jawa.

Umumnya penggunaan bata merah akan mendominasi, di samping adanya ukiran pada bagian atap rumah. Agar lebih menonjolkan nuansa rumah klasik Jawa, jadikan pintu gebyok jati sebagai pintu utama rumah.

4. Rumah klasik tipe 45

Rumah tipe 45 menjadi pilihan yang cukup populer ketika membangun hunian di Indonesia. Jika Sedulur ingin menciptakan gaya modern klasik, maka luasan rumah ini cocok banget untuk digunakan.

Sedulur bisa mencoba untuk menciptakan suasana klasik dengan menambahkan ornamen bata merah pada eksterior, sehingga tercipta sebuah centre point yang menonjolkan unsur klasik.

5. Rumah tipe 33 klasik minimalis

Selain tipe 45, Sedulur juga bisa mencoba konsep rumah minimalis tipe 33. Rumah tipe 33 seperti ini pun tetap bisa didesain dengan gaya rumah klasik sederhana. Area depan rumah yang masih lega bahkan bisa mengakomidir fungsi carport dan teras. Menarik, bukan?

6. Rumah klasik Eropa sederhana

rumah klasik minimalis sederhana
Flickr

Meski pada umumnya gaya rumah klasik eropa harus sangat megah, namun siapa sangka hal ini juga bisa diaplikasikan pada model rumah yang simple. Voila! Seperti referensi desain di atas, ternyata rumah klasik sederhana gaya Eropa bisa diadaptasi secara maksimal.

Salah satu caranya adalah dengan mengurangi penggunaan garis lengkung dan menggantinya dengan garis tegas pada beberapa bagian di rumah. Gaya rumah klasik sederhana memang bisa dibilang tak lekang sepanjang masa. Tak heran hingga sampai saat ini desainnya masih banyak diadaptasi dengan tambahan sentuhan masa kini.

7. Rumah sederhana klasik 1 lantai

Dari tampilannya saja sudah mampu memukau mata siapapun yang memandangnya! Hal itu karena bentuk atap yang menonjol, di mana fungsinya adalah sebagai ventilasi udara agar suasana di rumah tidak sumpek. Alhasil rumah klasik sederhana 1 lantai ini bakal jadi idaman kaum milenial.

8. Rumah kecil klasik modern

ide fasad 2 lantai
Homedit

Siapa bilang rumah mungil tidak bisa mengadopsi gaya klasik? Coba contek inspirasi desain rumah klasik sederhana nan mungil yang dijamin akan membuat Sedulur merasa bangga tinggal di sini.

9. Rumah minimalis klasik 2 lantai

Punya lahan di area perkampungan namun mau menciptakan rumah klasik modern 2 lantai? Siapa bilang tidak bisa! Lihat saja inspirasi desain di atas, model pilar yang dibuat sederhana menjadikan hunian nampak bersahaja dan mampu berbaur dengan kondisi sekitar.

10. Rumah modern minimalis bata

Bata merah mungkin memang mahal. Namun jika ingin menciptakan unsur klasik ke dalam rumah, tak ada salahnya menjadikan bata merah sebagai dinding rumah. Poin plusnya, selain lekat dengan gaya klasik, dinding bata merah juga menjamin ketahanan bangunan sampai puluhan tahun.

BACA JUGA: 10+ Cara Menata Batu di Taman agar Rumah Tampak Lebih Asri

11. Rumah klasik gaya Amerika

Homedit

Masih dengan ornamen bata merah pada eksterior bangunan, desain rumah klasik sederhana gaya Amerika ini juga patut untuk diadopsi. Banyaknya bukaan dari jendela dan lopster menguatkan kesan klasik yakni memaksimalkan intensitas sinar matahari yang masuk ke tiap ruangan.

Sekadar informasi, ciri rumah klasik selalu memanfaatkan cahaya alami sebagai penghidup suasana ruangan dengan paduan jendela berukuran besar.

12. Rumah klasik pedesaan

Jika menginginkan gaya lain misalnya pedesaan, maka rumah klasik sederhana berikut layak untuk ditiru. Desainnya cukup simpel dengan warna cat dinding bernuansa pastel. Poin utama dari model rumah klasik ini adalah aksen lengkungan pada dinding foyer.

13. Rumah sederhana klasik limas

rumah klasik minimalis sederhana
Housing

Desain rumah klasik di atas bisa di bilang merupakan desain rumah klasik namun dengan perpaduan desain rumah modern. Desain rumah klasik seperti di atas banyak digunakan oleh perumahan untuk mendesain rumahnya agar menarik minat konsumen.

Desain rumah klasik seperti ini menjadi desain rumah klasik yang cukup familiar dan banyak di contoh oleh masyarakat Indonesia karena desain yang simpel dan tidak terlalu banyak ornament, selain itu juga tidak memerlukan tanah atau lahan yang luas.

14. Rumah semi klasik

Boleh jadi Sedulur tidak ingin terlalu menonjolkan unsur klasik ke dalam rumah. Jika demikian, maka mengusung gaya semi klasik seperti inspirasi berikut bisa jadi solusinya.

15. Rumah klasik mewah pilar

Model pilar pada rumah klasik kebanyakan mengambil gaya bangunan kuno yang berasal dari Romawi dan Yunani.

Mengutip dari Houzz, model pilar rumah klasik sudah ada sejak 2500 tahun yang lalu, yaitu sejak zaman Yunani. Saat itu terdapat 3 Ordo Klasik yang bernama Doric, Ionic, dan Corinthian yang masing-masing memiliki desain dan gaya pilarnya yang berbeda.

16. Rumah klasik minimalis gaya Perancis

The Spruce

Apabila punya budget besar untuk bangun rumah sendiri, tak ada salahnya mencontek rumah klasik gaya Perancis seperti di atas. Kesan megah hanya dari gerbang rumah saja sudah mengundang mata siapapun yang melihatnya.

17. Rumah minimalis klasik sederhana

Desain rumah klasik bergaya Eropa masih menjadi primadona sampai saat ini, rumah dengan desain klasik masih banyak diminati dan disukai oleh semua orang. desain klasik eropa memancarkan aura yang mewah dan elegan.

selain itu, desain klasik eropa juga tak pernah ketinggalan jaman dan justru terlihat semakin unik dan mewah. untuk Sedulur pecinta rumah klasik sejati maka wajib mencoba membangun rumah dengan desain klasik eropa layaknya desain seperti di atas.

18. Rumah klasik Melayu

rumah klasik minimalis sederhana
Architectural Digest

Rumah klasik minimalis sederhana yang menarik untuk Sedulur coba adalah gaya Melayu. Model rumah ini biasanya memiliki bentuk rumah panggung yang unik. Namun, kebutuhan rumah panggung yang harus dibangun menggunakan kayu juga bisa diubah menjadi semen.

Dengan sentuhan yang lebih sederhana dan mengusung konsep minimalis. Gaya rumah kaslik seperti ini cocok untukmu.

19. Rumah modern klasik kotak

Desain rumah seperti di atas merupakan perpaduan antara desain rumah klasik dan modern sehingga di beberapa sisi rumah terlihat modern namun tetap dengan sentuhan klasik di dalamnya.

Desain rumah klasik di atas cocok untuk Sedulur yang masih berjiwa muda ataupun milenial sehingga meskipun klasik namun masih terlihat modern karena perpaduannya yang pas.

20. Rumah klasik minimalis gaya Victorian

Untuk Sedulur yang berjiwa seni tinggi, desain rumah klasik eropa seperti di atas bisa menjadi referensi yang pas dan cocok untukmu. Desain rumah klasik nan mewah seperti di atas biasanya banyak dihiasi dengan ukiran-ukiran pada bagian tiang, tembok dan beberapa sisi rumah lainnya.

Selain ukiran kaca yang digunakan juga biasanya memiliki corak atau pattern tersendiri yang membuat rumah tersebut terlihat klasik dan mewah, ciri khas lain dari desain rumah klasik ini adalah memiliki banyak “kubah” di atasnya yang semakin menambah mewah.

BACA JUGA: 27 Desain Rumah Mewah yang Estetik, Cocok untuk Sultan!

21. Rumah klasik Jepang minimalis

Seward Johnson Atelier

Rumah Jepang dikenal memiliki gaya minimalis sejak zaman dahulu. Sedulur bisa mencoba untuk mencontek gaya rumah klasik minimalis sederhana ala Jepang seperti di atas. Agar semakin ciamik, gunakan warna-warna monoton agar rumah terasa lebih kalem dan bersih.

22. Rumah minimalis klasik berwarna

Arsitektur bangunan yang penuh warna ini sejatinya didesain bergaya Eropa Klasik. Hal ini bisa terlihat dari fasad bangunan yang dilapisi panel kayu serta pagar mungil yang ada di depan rumah. Bentuk jendela dan warna-warni cat pastel akan mengingatkan Sedulur pada desain shabby chic yang memberi kesan rapi dan unik.

23. Rumah klasik dengan balkon

One Kindesign

Selain pilar-pilar tinggi, yang umum ditemukan pada muka rumah klasik adalah balkon. Fungsinya sudah tentu sebagai area bersantai bersama keluarga pada pagi dan sore hari. Agar semakin klasik, pagar balkon dibuat penuh ukiran.

24. Rumah minimalis klasik asri

Desain rumah klasik di atas juga merupakan desain rumah yang banyak disukai oleh semua orang, karena memiliki kaca yang besar sehingga rumah terlihat lebih luas dan memiliki pencahayaan yang bagus.

Ketika banyak sinar matahari yang masuk ke dalam ruangan, suasana rumah jadi semakin luas. Desain rumah klasik ini juga mempunyai ciri khas yang sama dengan desain rumah klasik pada umumnya yakni memiliki dua pilar yang besar di bagian depannya.

25. Rumah murah gaya klasik sederhana

Perhatikan baik-baik! Meski luas bangunan hanya tipe-tipe kecil, namun desain rumah ini mampu menciptakan gaya rumah klasik sederhana yang apik.

Keberadaan pilar tetap dengan ukuran kecil, menjadi kunci rumah ini. Apalagi gaya rumah juga dirancang sangat efisien tapi tetap memiliki fungsional yang maksimal. Menarik banget ya?

26. Rumah klasik mediterania

rumah klasik minimalis sederhana
Fox Blocks

Salah satu desain rumah modern klasik yang bisa Sedulur coba terapkan berikutnya adalah rumah bergaya klasik Mediterania. Salah satu yang menjadi ciri khas rumah Mediterania bisa dilihat pada penggunaan jendelanya yang berukuran besar dan sedikit melengkung pada bagian atasnya.

Kombinasikan desain tersebut dengan dinding yang sudah dilapis dengan cat bertekstur pasir kasar supaya tampilannya bisa terlihat lebih modern lagi.

27. Rumah mewah ala Portugis

Apabila Sedulur bosan dengan desain klasik yang terlalu mencolok, maka bisa mencoba untuk menerapkan desain gaya Portugis klasik modern yang jauh lebih simpel dan tidak banyak aksen yang aneh.

Rumah bergaya Portugis biasanya sangat mudah untuk dipadukan dengan desain modern, lantaran tampilan desain awalnya yang sudah cukup tampak muda. Untuk mempertegas kesan modern pada rumah bergaya Portugis klasik, Sedulur bisa menggunakan kusen yang terbuat dari aluminium dan dipadukan dengan warna-warna gelap.

28. Rumah minimalis klasik sederhana batu alam

cladding adalah rumah eksterior
Pinterest

Desain rumah klasik yang satu ini merupakan desain rumah klasik dengan mengkombinasikan style minimalis dengan konsep nature. Sedulur bisa memberikan sentuhan alami dengan menggunakan batu alam yang disusun pada beberapa sudut rumah.

Tak hanya bisa menciptakan kesan estetik, gaya rumah klasik minimalis sederhana dengan batu alam ini juga bisa membuatmu merasakan ‘zen’. Ini adalah konsep ketenangan dari sebuah rumah yang tentunya cocok untuk Sedulur.

29. Rumah klasik minimalis elegan

Memadukan desain rumah klasik dan modern, desain satu ini cocok untuk Sedulur yang memiliki tanah dengan area luas. Model rumah ini juga bisa diaplikasikan di daerah yang masih berada di pedesaan atau dekat dengan sawah.

Kesan mewah yang diberikan dari desain rumah klasik minimalis sederhana ini dijamin membuat Sedulur nyaman. Apalagi jika berada di lokasi yang tepat, Sedulur juga menikmati pemandangan pedesaan atau pemandangan hamparan sawah yang hijau di sekitar rumah.

30. Rumah klasik gaya modern

Desain rumah ini mulai banyak digunakan oleh pengembang perumahan. Menonjolkan desain yang unik namun tetap terlihat mewah dan klasik, gaya rumah ini juga cukup banyak disukai oleh masyarakat Indonesia.

Apalagi desain ini juga bisa mengakomodasi Sedulur yang memiliki luas tanah yang tidak terlalu besar, sehingga bisa membantumu menghemat biaya pembangunan.

31. Rumah minimalis klasik gaya abad pertengahan

rumah klasik minimalis sederhana
Houzz

Rumah klasik yang memiliki gaya abad pertengahan bisa dijadikan modern dengan cara menggunakan dinding yang terbuat dari panel kayu yang sudah di cat dengan warna gelap.

Untuk semakin mempertegas nuansa modern, Sedulur juga bisa menggunakan kusen jendela yang terbuat dari alumunium yang berwarna senada. Supaya kesan abad pertengahan tidak hilang, kombinasikan juga dengan pintu kayu maple yang berwarna kemerahan.

Demikian tadi deretan inspirasi rumah klasik minimalis sederhana yang bisa Sedulur coba. Semoga bisa memberikan pencerahan untukmu ya!