Rekomendasi tv digital

Pada 2022 lalu, Indonesia sempat diramaikan dengan beralihnya televisi analog menjadi digital. Seiring dengan berita itu pula, banyak diantaranya yang memilih untuk membeli TV baru karena jenis analog yang tak akan bisa digunakan lagi. Ada banyak rekomendasi TV digital terbaru yang bisa jadi pilihan Sedulur.

Namun, untuk bisa mengetahui rekomendasi TV digital yang tepat, Sedulur harus mengetahui beberapa hal untuk digunakan sebagai pertimbangan sebelum memilih televisi. Pertimbangan ini bisa meliputi ukuran layar, memilih resolusi yang tinggi agar gambar lebih tajam, fitur-fitur terbaru, hingga harga agar bisa menyesuaikan dengan budget yang dimiliki.

Nah Sedulur, mari kita simak lengkap rekomendasi tv digital yang sedang Sedulur cari. Berikut adalah 10 Rekomendasi TV Digital Harga Murah Terbaik 2023.

BACA JUGA: 17 Rekomendasi Merek Smart TV Terbaik Tahun 2023

-->

1. Changhong – L32G7N

Dikenal sebagai TV dengan harga Rp1 jutaan, Changhong L32G7N banyak dilirik masyarakat karena sudah menggunakan sistem operasi Android 11 Pai dan teknologi LED direct-LIT. Spesifikasinya juga sudah mumpuni, seperti prosesor yang memakai MediaTek Cortex-A55 dengan core 64bit.

Tak hanya itu, Changhong tipe ini juga sudah  memiliki kapasitas RAM 1GB dengan penyimpanan internal 8GB. Cukup besar, bukan? DItambah speaker type integrated speaker (Bottom side) dan didukung oleh DBX dan Dolby+ semakin menyempurnakan TV satu jutaan ini. Adapun ukuran TV adalah panjang 724 mm, lebar 84 mm, dan tinggi 471 mm atau 425 jika tanpa penyangga smart TV.

2. Coocaa – Digital Smart TV 32S3U

Rekomendasi TV digital berikutnya datang dari merk Tiongkok. Smart TV ini memiliki harga Rp 2 jutaan dan telah menjalankan sistem operasi Coolita OS. Sistem operasi ini dicipatakan oleh Linux kernel, dibuat untuk menawarkan pengalaman menonton lebih ringan, lancar, dan nyaman. Coolita OS memiliki konsep Cool & Clear, dengan tampilan yang mudah digunakan.

3. Xiaomi – TV A2 32”

Tak hanya bersaing di dunia Smart Phone, Xiaomi juga hadir di pasaran Indonesia dan bersaing dengan Smart TV unggul lainnya. Dengan harga terjangkau, Xiaomi menawarkan TV layar lebar hingga 55 inci denggan dimensi 1.225,8 × 279,9 × 778,3 mm. Disainnya yang ramping membuat Smart TV ini tidak membutuhkan  banyak tempat dan cantik saat dipajang di mana pun.

Xiaomi telah menyediakan Bluetooth 5.0 dan Wi-Fi 2,4 GHZ/5 GHz yang memungkinkan Sedulur terhubung langsung dengan WiFi rumah. Kualitas suara Xiaomi A2 juga bagus dan tak pecah berkat audio speaker 12W ganda yang mendukung Dolby Audio dan DTS-HD. Selain itu, performa Xiaomi A2 juga dikenal tangguh untuk digunakan sehari-hari, termasuk bermain game.

4. Samsung – LED 24” HD TV UA24H4150

Dari namanya saja, Sedulur sudah mengetahui bahwa merk ini telah mengeluartkan Smart TV LED (Light-Emitting Diode) atau jenis televisi yang hemat listrik. Pencahayaannya bisa menghemat listrik hingga 50% dibandingkan televisi tabung. Samsung jenis ini memiliki ketebalan hingga 25 mm saja, sehingga bisa menghemat ruang saat dipasang di rumah.

Untuk spesifikasinya, Samsung LED tipe UA24H4150 memiliki layar dengan kualitas HD yang sangat nyaman dilihat. Resolusi layar sebesar sebesar 1366 x 768 piksel memunculkan gambar yang bagus. Samsung tipe ini juga sudah dibekali HDR 10, lalu terdapat HDMI Port, USB Port, dan Analogue Tuner Input yang melengkapinya. 

5. TCL – 55A30 4K UHD Google MEMC Smart TV

Jika Sedulur mencari rekomendasi TV digital yang minimalis, maka TCL tipe ini bisa menjadi pilihannya! Tampilannya terlihat minimalis dan modern dengan ketebalan bezel hanya 10 mm. Sedangkan bezel luar frame hanya memiliki ketebalan 1,4 mm saja loh, Sedulur. Adapun dimensinya adalah 1226 x 766 x 265 mm dengan stand.

Smart TV TCL begitu menarik perhatian saat dikenal sebagai  UI Google TV berbasiskan Android 11. Dengan harga terjangkau, televisi telah dilengkapi fitur-fitur premium yang bisa menyempurnakan pengalaman menonton Sedulur. Fitur itu diantaranya adalah Dolby Vision + Atmos, MEMC, 4K HDR, WiFi 5GHz, serta Hands-Free Voice control 2.0 yang bisa memanjakan Sedulur.

6. AQUA JAPAN – LE32AQT9200M

Rekomendasi TV digital lainnya kini hadir dari AQUA JAPAN. Mereka telah menyediakan fitur khas yang dinamakan Miracast. Fitur ini akan membantu Sedulur untuk menghubungkan smartphone dengan TV tanpa sambungan kabel maupun koneksi internet. Nantinya, Sedulur juga hanya perlu menyesuaikan pengaturan awal pada ponsel pintar ketika konten akan ditampilkan pada layar TV yang lebih lebar.

AQUA JAPAN juga melengkapi Smart TV nya dengan resolusi HD (1280 x 720) yang memberikan gambar lebih tajam dan jernih. Di samping itu, Sedulur juga bisa menikmati tontonan dengan kualitas suara yang nyaman karena terdapat fitur AVL yang menyesuaikan volume suara secara otomatis.

7. LG – 32” HD – Dynamic Color Enhancer

Untuk pengalaman menonton yang menarik dan jernih, LG 32” HD – Dynamic Color Enhancer telah menawarkan prosesor gambar canggih yang bisa menyesuaikan warna sehingga menghasilkan gambar dengan kaya warna dan alami. Nyaman dipandang mata. Menggunakan USB dan hard drive eksternel, Sedulur sudah bisa menikmati konten TV dengan resolusi terbaik.

BACA JUGA: Ini Perbedaan TV Digital dan Smart TV, Jangan Sampai Salah Beli!

8. Toshiba – HD Smart TV Android 32″

Seperti rekomendasi TV digital yang lain, Toshiba juga tentu sudah dibekali dengan sistem operasi Android. Sedulur bisa streaming video langsung di TV, selayaknya di HP dan PC. Gambarnya juga disajikan dengan HD dengan kecerahan yang lebih luas dengan BrightOn. Audionya didukung oleh Dolby Digital.

Namun di samping itu, Toshiba 32L5995 adalah TV LED seri Android TV yang dilengkapi oleh fitur Cevo Engine. Dengan begitu, Smart TV ini bisa menganalisa dan mengatur kualitas gambar, serta mereproduksi gambar yang lebih detail dan mendalam.

9. SHARP LED 2T-C32BG1I 32 Inch

TV SHARP 2T-C32BG1I telah didukung OS Android yang menyajikan berbagai konten menarik, bisa menjalankan aplikasi, hingga bermain game. Melalui fitur Google Assistant, Sedulur bisa mengontrol TV melalui perintah suara, loh.

Sharp tipe ini juga dilengkapi fitur Chromecast untuk membantu Sedulur menampilkan konten dari smartphone ke layar TV. Dengan dukungan Bluetooth Audio Out, Sedulur bisa menghubungkannya ke speaker Bluetooth tanpa menggunakan kabel.

10. Polytron – Cinemax Digital TV 24″

Polytron menyediakan keunggulan-keunggulan yang tak kalah saing dengan rekomendasi TV digital lain. Diantaranya layarnya yang HD, mendukung tampilan yang jernih, bening, dan akurat. TV LED Polytron ini juga dilengkapi subwoofer ultra yang bisa menghasilkan suara yang lebih halus dan ringan untuk didengarkan.

BACA JUGA: Cara Mudah Mengecek Arah Antena TV Digital yang Benar

Perbedaan TV digital dan smart TV

Digital TV Europe

Daftar merk TV di atas merupakan TV digital, bukan smart TV. Sedulur harus mengetahui bahwa antara TV digital dan smart TV merupakan dua hal yang berbeda. Secara sederhana, Smart TV memiliki kemampuan internet. Dengan perangkat ini, penonton dapat menyaksikan konten dari aplikasi atau situs seperti Netflix dan Youtube. Sementara itu, TV digital adalah standar TV biasa.

Untuk terhubung dengan internet, TV digital yang bukan Smart TV harus terhubung dengan bantuan perangkat pihak ketiga. Konten yang ada di dalam TV digital didapatkan melalui antena. Penonton juga tidak bisa mengontrol banyak hal di dalamnya, kecuali dengan mengganti saluran dan menunggu program favorit. Berikut ini beberapa hal yang membuat TV digital dan smart TV berbeda, yaitu:

1. Sinyal siaran yang digunakan

Perbedaan digital dan smart TV yang pertama yaitu berkaitan dengan sinyal siaran yang digunakan. Seperti namanya, TV digital sudah pasti menggunakan sinyal digital untuk meneruskan siaran tayangan ke televisi. digital TV sudah banyak dijual di pasaran misalnya saja, POLYTRON digital TV Cinemax Soundbar series.

Tersedia dalam beragam ukuran, 32 inci PLD 32BV1558, 40 inci PLD 40BV8958, 43 inci PLD 43BV1558, dan 50 inci PLD 50BV8758. Digital TV Cinemax Soundbar series menjadi satu-satunya TV digital yang sudah dilengkapi dengan speaker soundbar dan subwoofer.

Sedangkan smart TV dalam pemakaiannya, jenis TV ini belum tentu menggunakan sinyal digital, bisa saja masih menggunakan sinyal analog atau koneksi internet. Namun, kini sudah ada juga smart TV yang dilengkapi dengan sinyal digital, seperti POLYTRON Smart TV Cinemax Soundbar series.

Jenis TV ini tersedia dalam ukuran layar 32 inci tipe PLD 32BAG5959, PLD 32BAG9953 dan 43 inci PLD 43BAG5959. Smart TV Cinemax Soundbar series ini sudah menggunakan sistem operasi Android TV dan telah dilengkapi speaker soundbar dan subwoofer.

2. Koneksi internet

Perbedaan digital dan smart TV yang kedua yaitu berkaitan dengan koneksi internet. TV digital belum mendukung fitur smart seperti aplikasi streaming sehingga tidak membutuhkan koneksi internet. Sehingga tayangan hiburan terbatas hanya dari siaran digital saja.

Sebaliknya smart TV yang membutuhkan koneksi internet untuk bisa menjelajah tayangan atau konten-konten lainnya melalui aplikasi seperti Youtube, Mola, Netflix, dan lain sebagainya. Dalam hal ini, TV digital membutuhkan alat lain untuk mengakses tayangan aplikasi digital TV.

3. Tayangan hiburan

Perbedaan selanjutnya yaitu pada banyaknya pilihan tayangan yang tersedia. Pada TV digital, biasanya hanya mendapatkan tayangan dari siaran digital saja. Berbeda dengan smart TV yang bisa lebih luas dalam mengakses tayangan, bisa dari aplikasi lain yang disediakan.

Apabila sudah mendukung Android OS bisa juga mengunduh aplikasi lain seperti aplikasi streaming film, musik, hingga game sekalipun melalui PlayStore. Dengan menggunakan smart TV, jangkauan hiburan Sedulur dijamin lebih luas. Sehingga Sedulur memiliki lebih banyak pilihan tayangan hiburan untuk disaksikan.

Lebih banyak pilihan tent dapat membuat Sedulur lebih banyak rekomendasi hiburan. Maka dar itu, smart TV dalam hal ini jauh lebih baik dibandingkan dengan TV digital. Maka dari itu, bagi Sedulur yang belum beralih, bisa segera beralih ke layanan smart TV secepatnya.

Bagi masyarakat agar dapat menikmati siaran digital, tentu harus memeriksa terlebih dahulu apakah perangkat TV sudah mendukung siaran digital atau belum. Jika sudah ada pilihan DTV, artinya perangkat TV sudah bisa menerima siaran televisi digital.

Masyarakat juga bisa mengecek apakah perangkat di rumah termasuk TV digital dengan mengunjungi laman siarandigital.kominfo.go.id. Jika model TV yang dimiliki ada dalam daftar TV digital maka sudah bisa menikmati siaran digital. Berikut langkah mengecek TV digital di laman siaran digital:

  • Klik menu perangkat TV digital di bagian atas layar. Akan ada tiga pilihan kategori yakni nama perangkat, merek, dan model/tipe.
  • Pilih kategori Televisi pada bagian perangkat dan masukkan merek dan model TV yang yang dimiliki.
  • Nama model TV akan tersedia jika masuk dalam TV digital.

Nah, demikian itu adalah rekomendasi TV digital untuk Sedulur. Semua rekomendasi memiliki keunggulan masing-masing, baik dari segi layar, suara, dan fitur lainnya. Sedulur kini sesuaikan saja dengan budget dan kebutuhan Sedulur. Semoga bermanfaat!