arah antena tv digital

Sejak diberlakukannya kebijakan perpindahan TV analog ke TV digital oleh pemerintah, masyarakat banyak mencari tahu arah antena TV digital yang benar seperti apa. Hal tersebut dilakukan agar bisa mendapatkan siaran TV yang lengkap dan berkualitas baik.

Sama dengan siaran TV analog, TV digital juga membutuhkan antena untuk menangkap sinyal. Antena TV digital memiliki beberapa kelebihan, salah satunya yaitu over the air (OTA). Maka dari itu, perlu mengetahui bagaimana mencari arah antena TV digital yang benar.

BACA JUGA: 15 Rekomendasi Meja TV Minimalis Agar Hunian Tambah Indah

Cara cek jangkauan sinyal TV digital

arah antena tv digital
Artikel Rumah

Sebelum Sedulur tahu arah antena TV digital yang benar, Sedulur harus memastikan terlebih dahulu apakah di daerah Sedulur telah masuk lingkup wilayah siaran digital atau belum. Dengan begitu Sedulur dapat menentukan siaran yang sudah dapat diakses apa saja. Adapun cara cek jangkauan sinyal TV digital adalah sebagai berikut:

-->
  1. Unduh dan pasang aplikasi sinyalTVDigital melalui Play Store maupun App Store.
  2. Sambil menunggu aplikasi berhasil terpasang, pastikan fitur GPS telah dinyalakan di ponsel milik Sedulur.
  3. Kemudian, buka aplikasi sinyalTVDigital dan ketuk ikon bidik di sisi tengah bagian bawah.
  4. Lalu, akan muncul informasi mengenai stasiun penyiaran yang menjangkau wilayah tempat Sedulur.
  5. Ketuk ‘See MUX Detail’ untuk mengetahui informasi lanjut mengenai keberadaan sinyal TV digital di wilayah Sedulur.
  6. Apabila wilayah Sedulur termasuk ke dalam lingkup siaran TV digital, Sedulur akan mendapati berbagai informasi, mulai dari frekuensi, kekuatan sinyal, dan sebagainya.

Cara cek arah antena TV digital

Pinhome

Jika wilayah Sedulur termasuk wilayah yang dapat jangkauan TV digital, maka Sedulur tinggal menentukan arah antena TV digital dengan benar. Cara yang bisa Sedulur lakukan untuk mengetahui ara antena TV digital adalah sebagai berikut:

  1. Pastikan Sedulur telah memasang aplikasi sinyalTVDigital dan mengaktifkan fitur GPS di ponsel.
  2. Jika perlu, Sedulur bisa memasukkan detail lokasi di bilah pencarian agar aplikasi menunjukkan hasil yang akurat.
  3. Selanjutnya, Sedulur akan mendapatkan tampilan peta wilayah tempat tinggalmu lengkap dengan arah antena TV digital.
  4. Lalu, posisikan antena TV digital sesuai dengan arah yang ditunjukkan oleh aplikasi tersebut.

BACA JUGA: 5 Cara Menyambungkan HP ke TV Tanpa Kabel dan Wifi

Cara pasang antena TV digital

aran antena tv digital
Dreamstime

Setelah Sedulur tahu cara cek jangkauan sinyal TV digital dan bagaimana cara mengetahui arah antena tv digital yang benar, tentu Sedulur juga harus tahu bagaimana cara pasang antena TV yang baik dan benar seperti apa.

Untuk memberikan panduan kepada Sedulur agar memasang arah antena TV digital yang benar, Sedulur bisa menyimak langkahnya di bawah ini:

1. Siapkan alat dan bahan

Hal pertama yang harus Sedulur siapkan yaitu alat dan bahan-bahan. Pertama Sedulur perlu memiliki TV yang sudah mendukung siaran digital atau memiliki fitur siaran DVB T2. Juga Sedulur harus bisa menggunakan dekoder TV digital yang disiapkan oleh pemerintah secara gratis atau bisa membelinya sendiri.

Peralatan lain yang harus Sedulur siapkan yaitu sebagai berikut:

  • Tangga
  • Kabel konektor
  • Gunting
  • Paku
  • Tang
  • Antena TV Digital Outdoor

2. Pilih jenis antena TV digital yang tepat

Ada banyak jenis antena TV digital, tentu yang Sedulur pilih adalah yang tepat dan terbaik, agar berkualitas dapat menghasilkan gambar dan tangkapan sinyal yang maksimal. Jangan sampai Sedulur salah membeli antena dengan membeli antena untuk TV analog.

Cari tahu sendiri perbedaan antena TV digital dengan antena TV analog atau Sedulur juga jangan sungkan untuk bertanya kepada penjual dan meminta saran untuk spesifikasi antena terbaik yang cocok seperti apa.

3. Gunakan arah yang tepat

Pada dasarnya, semakin tinggi posisi antena maka semakin mendapatkan sinyal yang bagus. Sedulur bisa mempehatikan sekeliling antena agar tidak terhalang bangunan atau pohon sehingga sinyal yang tidak tertangkap oleh antena.

Perihal ini sudah dibahas lengkap di pembahasan sebelumnya, sederhananya Sedulur tinggal mengikuti tips dan setiap arahannya.

4. Gunakan kabel antena TV yang bagus

Selain kualitas antena yangbaik, kualitas kabel juga perlu diperhatikan. Ini bertujuan agar kualitas siaran yang ditangkap bisa terkirim secara optimal ke televisi. Hal menyebalkan lainnya yang bisa terjadi jika membeli kabel konektor yang kurang bagus adalah digigit binatang liar seperti tikus.

5. Gunakan booster sinyal tambahan

Arah antena TV digital akan pas dan menangkap sinyal dengan kuat jika dibantu dengan menggunakan booster sinyal tambahan. Tips ini merupakan alternatif apabila Sedulur merasa kualitas siaran yang didapatkan masih belum bagus.

Atau bagi Sedulur yang kesulitan menentukan posisi arah antena yang tepat sehingga kualitas siaran yang dihasilkan tidak kunjung baik. Maka jawabannya adalah dengan menggunakan booster sinyal tambahan.

Nah itulah penjelasan lengkap terkait bagaimana cara dan tips menentukan arah antena TV digital sehingga dapat menghasilkan siaran yang bagus. Semenjak kebijakan perubahan dari TV analog ke TV digital, saat ini kita bisa menonton siaran TV dengan kualitas yang lebih baik lagi.

Tentu membuat kita semakin nyaman menghabiskan waktu istirahat sambil menonton TV. Jangan lupa juga siapkan camilan dan aneka minuman agar waktu nonton TV bisa semakin lengkap lagi. Sedulur bisa memenuhi kebutuhan camilan Sedulur dengan belanja di Aplikasi Super.

Sedulur tidak perlu repot untuk jajan keluar mencari camilan, cukup duduk manis sambil menonton TV lalu pilih berbagai camilan di Aplikasi Super. Dijamin mudah, murah dan bikin Sedulur untung melimpah. Yuk, cek sekarang Aplikasi Super, banyak promo dan diskon yang sayang untuk dilewatkan!