Era TV digital kini sudah mulai tergantikan dengan smart TV. Hal ini tidak lepas dari kemampuan smart TV yang tak hanya bisa digunakan menonton siaran lokal, tapi juga untuk kebutuhan streaming. Jika Sedulur sedang mencari rekomendasi smart TV terbaik di tahun 2023 ini, ada beberapa merek yang menarik untuk dicoba.

Penasaran apa saja pilihan yang bisa Sedulur temukan? Simak ulasannya berikut ini.

BACA JUGA: Ini Perbedaan TV Digital dan Smart TV, Jangan Sampai Salah Beli!

1. Polytron PLD Smart TV 65UV5901

Polytron

Polytron PLD 65UV5901 merupakan salah satu Smart TV  terbesar di kelasnya dengan layar berukuran 65 inci. Ukuran yang sangat lebar ini memberikan kepuasan bagi Sedulur dalam menonton berbagai tayangan televisi. Selain itu, gambar yang ditayangkan terlihat asli dan sangat jernih dengan kualitas gambar 4K. Sehingga, berbagai siaran yang mendukung 4K bisa dinikmati dengan lebih jelas.

-->

Sementara, untuk siaran dengan resolusi dibawah 4K akan didukung dengna teknologi 4K Upscaling. Teknologi ini mampu meningkatkan berbagai jenis tayangan menjadi mendekati 4K.

Meski tidak sempurna, setidaknya tayangan sudah dapat dibuat mendekati 4K sehingga Sedulur dapat menonton film dengan kualitas yang bagus. Sedulur juga bisa memilih sendiri kualitas gambar dengan pilihan UHD atau HDR 10.

2. Smart TV Terbaik LG Full HD 49LJ550T

Unsplash

Televisi dari brand LG ini dapat digunakan untuk menonton berbagai siaran dengan mudah. Selain itu, Sedulur dapat melakukan banyak aktivitas menarik lainnya dengan remote yang disediakan, di luar hal terkait siaran hiburan.

Smart TV ini dibekali teknologi webOS 3. Dengan OS ini, Sedulur dapat menggunakan TV tidak hanya untuk menonton siaran dari channel TV saja, melainkan juga untuk internetan. Televisi ini mempunyai jenis layar LED sehingga mampu menyajikan gambar yang terlihat lebih nyata. Ditambah lagi, tampilan yang dihasilkan mempunyai kualitas Full HQ.

3. Coocaa Android Smart TV 50S5G 4K

Smart TV Terbaik
YT Dhiarcom

Rekomendasi smart TV selanjutnya muncul dari brand COOCAA yang masih lumayan asing bagi pengguna di Indonesia. Merki begitu, televisi ini sudah banyak beredar di pasar dan merupakan salah satu pilihan bagi pengguna gadget Android.

TV dengan harga ekonomis ini dilengkapi fitur Google Assistant. Melalui mikrofon yang disediakan, Sedulur dapat memberikan instruksi dengan mudah. Dengan suara Sedulur, tayangan dapat berganti sesuai keinginan. Dengan Smart TV ini, Sedulur dapat menikmati tayangan dengan kualitas gambar UHD dan HDR 10.

Mengingat Coocaa TV memanfaatkan sistem operasional buatan sendiri, akan ada beberapa kekurangan yang kamu hadapi. Pertama, aplikasi mainstream yang bisa Sedulur install yang baru tersedia adalah YouTube. 

Aplikasi YouTube dari Coocaa TV menampilkan desain yang mirip dengan Android, khususnya fitur cast. Sayangnya, aplikasi lain seperti Netflix, Amazon Prime, dan Apple TV belum tersedia. Sedulur harus mengakses layanan streaming film tadi melalui browser yang cukup merepotkan. Kamu harus melewati proses login dan menyesuaikan browser dengan tampilan TV. 

4. Sharp LC Aquos 50UA6500X

Smart TV Terbaik
Sharp Indonesia

Salah satu alasan mengapa smart TV dari brand Sharp ini layak untuk dibeli adalah fitur 7 Shield Protectionnya yang memberikan daya tahan terhadap berbagai hal. Fitur ini memberikan ketenangan untuk meletakkannya di berbagai tempat.

Smart TV ini support built in tuner jenis DVB-T2 dan dapat digunakan untuk menonton tayangan dari beragam stasiun TV. Sedulur juga dapat menghubungkannya ke internet sehingga Sedulur dapat menikmati tayangan dalam jumlah yang tidak terbatas. Sedulur juga dapat menonton siaran Netflix.

Sementara dari sektor kualitas gambar, TV ini menyajikan pilihan tampilan UHD dan HDR 10 yang bisa Sedulur pilih sendiri. Sehingga, gambarnya dapat dihasilkan secara maksimal, terutama film atau series yang mendukung tampilan 4K.

5. LG ThinQ 65UK6540PTD

LG

Smart TV terbaik berukuran 65 inci ini mempunyai 3 jenis resolusi yang dapat disesuaikan secara otomatis. Sedulur juga dapat memilih secara UHD, HDR10 Pro, hingga HLG Pro. Tampilan dapat dimaksimalkan hingga mendekati 4K. TV ini juga dibekali Teknologi Ultra Luminance yang dapat menyesuaikan kondisi layar dengan pencahayaan di lingkungan sekitar.

Di ruangan dengan pencahayaan cerah, Tv akan menampilkan yang lebih tajam. Sedangkan, di ruangan dengan pencahayaan minim atau gelap, TV akan menampilkan layar yang lebih bercahaya.

Selain itu layar IPS yang dibenamkan pada TV ini membuat tayangan menjadi lebih sempurna. Smart TV ini mendukung fitur built in tv tuner dan internet. And dapat menikmati banyak tayangan baik lokal hingga streaming lebih mudah.

6. Samsung Smart TV Terbaik UHD NU7300

Unsplash

Dengan layar 55 inch, tentunya Sedulur bisa menikmati tayangan dengan jelas. Sedulur juga dapat menggunakannya dengan mudah karena TV ini bisa merekomendasi siaran yang mungkin cocok dengan selera Sedulur.

Smart TV Samsung ini dibekali kualitas gambar UHD dan HDR 10. Sehingga, tayangan yang ditampilkan sangat jelas dengan resolusi 4K. Jadi Sedulur bisa menikmati pengalaman menonton film atau siaran favorit Sedulur lebih maksimal.

Bahkan, produk Samsung ini juga mendukung built in tuner tipe ATSC/Clear QAM. Jadi, Sedulur dapat menonton tayangan apapun secara lebih mudah, terlebih lagi saat tersambung ke internet.

7. Sony A9F Master Series Android TV

Smart TV Terbaik
Unsplash

Smart TV terbaik selanjutnya adalah dari brand Sony. Sony merilis televisi canggih yang dibekali OS Android. Berbagai menu yang tersedia di TV ini mirip sekali dengan menu yang ada pada android sehingga dapat digunakan untuk berbagai hal.

Smart TV terbaik ini juga dibekali teknologi Pixel Contrast Booster yang mampu menghasilkan tayangan agar terlihat lebih nyata. Ditambah lagi, adanya Acoustic Surface Audio+ akan menghasilkan suara terdengar seperti di bioskop.

TV ini dapat dihubungkan ke internet sehingga Sedulur dapat menikmati tayangan streaming. Sedulur dapat menikmati tayangan Youtube atau Netflix dengan tampilan yang lebih nyata.

BACA JUGA: 10 Aplikasi Android untuk Menyembunyikan Aplikasi Lain

8. Sony Bravia X80K

USA Today

Sedulur yang hobi nobar acara olahraga bisa mempertimbangkan smart TV Sony yang satu ini. Layarnya dibekali dengan resolusi 4K yang berarti TV ini menyuguhkan kualitas gambar yang sangat tajam.

Wide viewing angle-nya juga memungkinkannya untuk ditonton dari sudut mana pun tanpa mengurangi ketajaman gambarnya. Sedulur tak akan melewatkan satu momen pun berkat akurasi detail, kekayaan warna, dan pergerakan smooth yang diberikan oleh TV ini.

Semua TV LED Sony dibekali teknologi BRAVIA atau Best Resolution Audio Visual Integrated Architecture. BRAVIA merupakan teknologi visual dan audio yang dikembangkan Sony untuk produknya. TV LED Sony BRAVIA memiliki kualitas gambar dan suara yang mumpuni. Jadi, dengan smart TV Sony, Sedulur tidak hanya akan mendapat beragam konten saja. Kualitas gambar dan suaranya pun akan memanjakan Sedulur.

9. TCL 32A3 Smart TV Terbaik

CNET

Smart TV TCL ini memiliki ukuran layar 32 inci yang memiliki fitur HDR dengan detail yang mempesona. Dengan reproduksi warna terang dan gelap yang akurat serta memungkinkan semua pengguna menikmati semua pengalaman HDR dari segala sumber dengan baik.

Selain itu, terdapat juga fitur Super Narrow Bezel yang menggabungkan tampilan dengan fungsionalitas dalam pertunjukan dengan keanggunan luar biasa. Fitur Smart Volume juga akan menghadirkan volume sesuai dengan program untuk menghilangkan fluktuasi suara yang terjadi.

Dengan adanya fitur-fitur tersebut, justru akan mempermudah kalian dalam mengoperasikannya. Selanjutnya, ada juga fitur Artificial Intelligence (AI) yang telah disertai oleh sertifikasi Google. Dengan begitu, semua konten dapat diakses dengan kontrol suara yang sangat sederhana, cukup dengan mengatakan ‘Halo Google’ lalu semua konten bisa diatasi.

10. Panasonic TH 55FX400G

Pexels

Ingin tv berlayar lebar agar pengalaman menonton makin puas? Coba lihat smart tv dari Panasonic ini. TH-55FX400G memiliki bentang layar 55 inci yang memuaskan. Hebatnya lagi, desainnya begitu apik dengan bodi ramping dan bezel tipis yang cantik. Panel LEDnya jenis IPS untuk penunjukkan gambar yang makin sempurna. Adanya port USB dan HDMI, serta konektivitas internet, membuatnya serbabisa dalam menyajikkan beragam hiburan.

TV ini juga sudah mendukung ARC/eARC, yang ada di port HDMI3. Ada juga output analog 3.5 mm, yang disiapkan untuk penggunaan headphone atau untuk menambahkan subwoofer ke TV ini. Tidak ketinggalan, ada juga output audio digital di TV ini. Satu hal yang menarik, walaupun tidak dilengkapi dengan OS berbasis Android, TV Panasonic ini tetap mendukung Google Chromecast, selama aplikasi yang ingin kita cast ke TV tersedia di TV tersebut.

Jadi, kita bisa melakukan cast YouTube, Netflix, dan beberapa aplikasi streaming yang tersedia di App Market milik OS my Home Screen 5.0 ini. Screen mirroring pun bisa dilakukan, jika dibutuhkan, dengan lebih dulu membuka mode Screen Mirroring di TV.

11. Sony KD65X8000G

Tom’s Guide

Menonton film ataupun bermain game akan terasa lebih seru jika dilakukan ramai-ramai bersama sahabat tercinta. Jika Sedulur setuju, TV sebesar 65 inci cocok dijadikan pilihan. Didukung oleh layar OLED dan wide viewing angle, gambar dari TV ini akan tetap terlihat jelas dan tajam dari sudut mana pun.

Sedulur yang lebih senang bermain game di layar TV pun pasti akan puas. Pasalnya, TV ini memiliki refresh rate 120 Hz dan response time yang cepat. Motion gambar pun dijamin mulus tanpa delay.

Beberapa aplikasi streaming konten populer termasuk Netflix dan YouTube sudah tersedia di TV ini. Sementara kalau butuh aplikasi yang belum tersedia, ada Google Play Store. Tersedia banyak sekali aplikasi yang bisa didapatkan dari layanan tersebut. TV ini juga dilengkapi aplikasi Bravia Core. Deretan aplikasi yang tersedia akan muncul di area atas home screen Google TV.

Di bawah deretan aplikasi tersebut ada rekomendasi konten dari aplikasi-aplikasi yang terinstall di TV ini. Sayang sekali, seperti biasa kita tidak bisa mengatur bagian rekomendasi konten ini. Satu-satunya hal yang bisa kita lakukan adalah menggunakan Kids Profile. Saat aktif, konten yang direkomendasikan akan disesuaikan untuk tontonan anak.

12. Mi TV 4A

TechRadar

Smart TV Xiaomi ini memiliki kelebihan yang tidak kalah dari produsen televisi lainnya. Pada Xiaomi Mi TV 4A menghadirkan layar HD LED yang menawarkan detail warna yang lebih nyata. Untuk suara mengadopsi speaker 8w x 2 powerful stereo speaker yang lebih kencang dan jelas. Mode drop-down tanpa batas juga menjadi kelebihan.

Dilengkapi pula dengan remote 12 tombol yang canggih membuat aktivitas menonton Sedulur lebih mudah dan juga nyaman. Smart TV Xiaomi ini juga dilengkapi dengan google voice search yang memudahkan untuk mendapatkan hiburan hanya dengan suara. Tentunya Sedulur juga bisa browsing mencari hiburan atau informasi yang diinginkan. Untuk konektifitas pada TV Xiaomi ini tidak perlu diragukan lagi.

Dengan segala teknologi yang ada pada Mi TV 4A harga yang ditawarkan termasuk paling murah, hanya 2 jutaan. Bahkan smart TV ini memiliki harga yang lebih murah dari LED TV biasa.

BACA JUGA: Cara Mengatasi Tidak Bisa Download di Browser Google Chrome

13. Realme Smart TV

Smart TV Terbaik
YT DroidLime

Realme Smart TV hadir dengan dua ukuran, yakni 43 inci dan 32 inci. Masing-masing memiliki tingkat resolusi yang berbeda, untuk ukuran 32 inci (80 cm) memiliki resolusi 1366 x 768 dan FullHD 1920 x 1080 untuk ukuran 43 inci (108cm).

Kedua varian ukuran ini menampilkan desain bezel-less, bahkan jauh lebih tipis dari smart TV pada umumnya. Daya tarik dari realme smart TV ada pada fitur Chroma Boost Picture Engine untuk meningkatkan warna dan kecerahan pada layar.

Secara audio realme Smart TV sudah mendukung 24W Quad Stereo Speakers, dengan dua set speaker terletak di bagian bawah TV. Di dukung Dolby Audio untuk menghasilkan suara yang realistis dan nyaman untuk menonton film di Netflix, YouTube, dan masih banyak lagi.

Selain itu, platform video, musik, film, dan beberapa platform lain pendukung hiburan dapat diunduh melalui PlayStore, dengan lebih dari 5.000 aplikasi tersedia yang dapat digunakan di realme Smart TV.

14. Samsung Smart TV UA43N5500

Unsplash

Samsung Smart TV UA43 N5500 hadir dalam ukuran layar 43 inci dengan resolusi FullHD 1,920 x 1,080 pixel. Kualitas gambar dari smart TV terbaru dari Samsung ini sudah menggunakan picture engine Hyper Real dan mendukung fitur HDR.

Selain smart, TV ini juga sudah mendukung siaran digital dan mudah untuk terhubung ke perangkat lain. Samsung N5500 juga hadir dengan bezel yang cukup tipis sehingga menawarkan sudut yang lebih lapang.

Sementara untuk port, Samsung menyediakannya dengan cukup lengkap. Semua port ditempatkan di bagian belakang, yang mencakup 2 buah port USB, salah satu diantaranya termasuk satu port USB untuk perangkat HDD.

Samsung menyediakan layanan digital bernama Remote Support yang memungkinkan pengecekan perangkat Samsung konsumen dari jarak jauh secara real time. Khusus untuk Samsung Smart TV, tersedia Remote Management yang dapat diakses melalui TV dengan panduan agent Contact Center.

15. Polytron PLD 43AS1558

Unsplash

Polytron smart TV PLD 43AS1558 memiliki layar berukuran 43 inci dengan resolusi FullHD 1920 X 1080p. Sarana konektivitas secara nirkabel menggunakan dua jaringan yaitu wifi dan bluetooth.

Untuk kinerjanya ditenagai prosesor Amlogic S905X-B dengan memori 2GB dan EMMC flash 8GB. Sebagai system operasinya menggunakan AOSP / FIRA TV besutan dari Polytron sendiri. Selain pintar, TV Polytron terbaru ini juga sudah mendukung siaran digital (DVBT).

Yang menarik, Polytron PLD 43AS1558 sudah berkolaborasi dengan Mola TV yang memberikan free akses untuk siaran liga Inggris kualitas full HD selama musim 2020-2020. Smart TV dari Polytron ini memberikan garansi lima tahun termasuk panel.

16. Coocaa Smart TV Mini 32S5C

Smart TV Terbaik
Pinterest

CooCaa 32S5C menjadi salah satu smart TV murah yang juga sudah mendukung siaran TV digital DVB-T2. Saat ini, harga smart TV ini ada dikisaran 2 jutaan. TV CooCaa berlayar 32 inci berjalan dengan Android 9.0 yang mendukung Google Voice, Netflix hingga YouTube. Layarnya sendiri memiliki resolusi HD 1024×768 pixel.

Dibagian belakangnya terdapat beberapa port seperti port USB 2.0 sebanyak 2 buat serta port HDMI1.4 yang juga tersedia 2 buah. Pastinya akan memudahkan untuk koneksi dengan perangkat lain. Daya yang dibutuhkan TV digital ini berkisar 60W, masih cukup rendah dan tidak membuat tagihan listrik membengkak. Performanya ditenagai prosesor Mali 470 Triple core.

17. LG 32LM630

LG

Harga smart TV LG 32LM630 memang sedikit lebih mahal tapi sesuai dengan kualitas yang ditawarkan. Untuk tampilan gambar sudah menggunakan teknologi Dynamic Color Enhancer dan mendukung teknologi HDR.

Sehingga memiliki kualitas gambar yang lebih detail meski resolusi masih sebatas HD 1366 x 768 pixel. Menambah keseruan ada Virtual Surround Plus dan Dolby Audio untuk suara yang lebih apik.

Menonton siaran TV digital ataupun Youtube-an makin terasa lengkap dengan audio yang jernih. TV digital ini ditenagai prosesor quad core dengan AI Smart serta berjalan dengan sistem operasi webOS. Untuk port ada 3 port HDMI (1 dibelakang dan 2 di samping) dan 2 USB 2.0 yang semuanya ada di sisi samping.

Keunggulan Smart TV terbaik

Vizio

Ada beberapa keunggulan smart TV yang bisa Sedulur rasakan langsung dibandingkan dengan tv analog atau tv digital biasa. Apa saja? Berikut ini keunggulannya:

1. Smart TV connect dengan smartphone

Umumnya ketika konsumen membeli sebuah smart TV, unit tersebut telah dilengkapi dengan remote control untuk mengoperasikan televisi tersebut. Akan tetapi, kita juga dapat terhubung menggunakan smartphone ketika ingin menggunakan TV itu. Hal ini jelas menawarkan kemudahan lebih khususnya untuk Sedulur yang ingin selalu terhubungan antara ponsel dengan berbagai barang di rumah. Sedulur bisa melakukan koneksi yang prima seperti memutar Spotify, menonton Youtube, hingga bermain game jika smart TV dan ponsel terhubung.

2. Tidak butuh perangkat tambahan

Televisi biasa mungkin bisa memberikan tayangan film streaming. Sayangnya, pemilik TV analog harus membeli perangkat tambahan yang harganya tidak murah. Untungnya, smart TV tidak membutuhkan alat-alat tersebut. Smart TV juga bisa digunakan untuk menonton siaran TV digital.  Bahkan, pada beberapa produk smart TV sudah sanggup terhubung dengan Wi-Fi atau sambungan ethernet. Alhasil, pengguna bisa mendapatkan pengalaman hiburan tanpa perlu membeli perangkat tambahan.

3. Dapat mengakses internet

Smart TV dapat menjadi perangkat multiguna yang dengannya kita dapat bekerja, belajar, hingga mendapatkan hiburan. Unit itu dapat mengakses internet dengan menggunakan wifi, sehingga kita dapat melakukan berbagai aktivitas dengan mudah dengannya.

4. Banyak tayangan & program menarik

Jika kita menggunakan smart TV, maka kita dapat memilih untuk menonton berbagai macam film, acara TV, video YouTube, dan sebagainya. Smart TV terhubung dengan koneksi internet, jadi kita dapat menikmatinya lebih dari sekadar menonton acara televisi konvensional.

5. Memberikan pengalaman visual terbaik

Kebanyakan produsen smart TV menawarkan fitur-fitur terbaik yang bervariasi untuk meningkatkan pembelian. Salah satu yang paling menarik adalah tayangan visual dengan warna yang akurat dan gambar yang tajam.

Dibandingkan TV biasa, hampir semua smart TV telah didukung teknologi HD (high definition). Bahkan, beberapa telah dibekali layar 4K, tetapi tentu saja dengan harga yang lebih mahal. Maka dari itu, smart TV bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda yang ingin mendapatkan pengalaman menonton lebih seru.

Demikian tadi rekomendasi smart TV terbaik yang bisa Sedulur coba. Deretan smart TV di atas tentu bisa memberikan pengalaman terbaik untuk Sedulur ketika ingin menonton berbagai tayangan hiburan. Jangan lupa untuk memilih produk yang sesuai dengan kantong Sedulur agar anggaran belanja tidak boros ya!