rekomendasi lemari susun

Bagi pasangan yang memiliki rumah kecil dan terbatas, penggunaan lemari susun bisa menjadi solusi keterbatasan ruang. Tak hanya bisa memberikan kesan rapi, dengan rekomendasi lemari susun yang tepat Sedulur juga bisa menciptakan suasana minimalis.

Namun, untuk bisa membuat suasana rumah yang rapi dengan memanfaatkan lemari susun tentu tidak bisa sembarangan. Sedulur perlu memperhatikan penataan dan pemilihan jenis lemari susun yang tepat. Supaya tidak bingung dan memiliki inspirasi, berikut ini beberapa lemari susun terbaik yang tak hanya modis tapi juga kuat!

BACA JUGA: 10 Ide Motif Cat Kotak Kamar yang Estetik dan Cantik

Tips Memilih Lemari Susun

rekomendasi lemari susun
Family Handyman

Sebelum memberikan rekomendasi lemari susun yang berkualitas dan bagus. Sedulur sebaiknya mempertimbangkan beberapa tips yang berguna untuk memilih lemari susun yang tepat untuk di rumah berikut ini.

  • Pilih lemari dengan kombinasi warna netral

Saat mencari lemari pakaian untuk kamar tidurmu, carilah lemari pakaian yang sesuai dengan warna netral agar cocok dengan segala jenis kamar tidur atau ruangan. Beberapa warna netral yang cukup direkomendasikan adalah putih, krem, atau cokelat.

Selain itu, yang terpenting adalah memilih kombinasi warna yang tepat agar suasana kamar tidur terasa lebih nyaman. Misalnya, jika kamu ingin kamar tidur terlihat lebih minimalis dan modern, gunakan lemari berwarna putih, coklat muda, dan abu-abu.

Sedangkan jika kamu ingin membuat kamar tidur yang terasa natural, kamu bisa menggunakan lemari kayu berwarna cokelat. Kemudian, tambahkan tanaman hias untuk penghijauan pada kamar tidurmu agar terasa lebih segar.

  • Tentukan kebutuhan lemari susun

Sebelum memilih lemari pakaian, tentunya pahami dulu fungsi dari lemari tersebut. Apakah hanya untuk menyimpan baju? Atau mungkin sekaligus sebagai tempat penyimpanan barang?

Bila Sedulur hanya ingin menggunakan lemari sebagai tempat pakaian, maka kamu bisa menggunakan lemari terbuka atau lemari dengan pintu kaca.

Namun, jika kamu ingin menggunakan lemari sebagai tempat penyimpanan, gunakanlah lemari dengan banyak laci. Kamu juga bisa menggunakan lemari serbaguna yang memiliki tempat pajangan dan laci di bagian bawah.

  • Sesuaikan ukuran lemari dengan ruangan

Kamu juga harus memperhatikan dimensi atau ukuran lemari pakaian. Hindari memilih lemari pakaian yang terlalu besar untuk ruangan yang kecil atau lemari pakaian yang terlalu kecil untuk ruangan yang luas. Dengan memilih lemari pakaian yang tidak sesuai dengan luas ruangan akan membuat ruangan tampak tidak rapi.

Agar tidak salah memilih ukuran lemari, kamu harus tahu terlebih dahulu luas ruangan. Kemudian, pilih lokasi untuk menempatkan lemari baju di kamar tidurmu.

Periksa ukuran ruangan yang akan mengisi lemari, termasuk lebar dan tinggi area yang tersedia. Sebaliknya, lemari pakaian standar biasanya lebarnya sekitar 60cm, tetapi ada juga yang lebarnya sekitar 45cm.

Sedangkan kisaran ketinggiannya adalah 150 -185 cm. Namun sekali lagi, gunakan luas ruangan yang ada untuk menyesuaikan ukuran lemari pakaian yang ingin kamu beli.

Untuk kamar tidur yang tidak terlalu luas, kamu bisa menggunakan lemari pakaian yang lebih kecil. Selain dapat menghemat ruang, kamar tidur terlihat lebih menarik dan dapat menciptakan kesan yang luas.

BACA JUGA: 16 Desain Kamar Anak Minimalis, Modern, dan Keren

Kelebihan Lemari Susun Plastik

rekomendasi lemari susun
Pinterest

Agar semakin yakin dengan penggunaan lemari susun, berikut ini beberapa kelebihan yang bisa Sedulur dapatkan. Khususnya pada produk lemari susun plastik yang berkualitas.

  • Lebih awet selama dipakai karena bebas rayap sehingga lebih tahan lama.
  • Mudah digeser sehingga cocok jika praktis saat ingin dekorasi ulang ruangan.
  • Hemat tempat karena ukurannya rangkanya lebih tipis ketimbang lemari kayu.
  • Desain fleksibel dengan beberapa desain yang mudah dibongkar pasang.
  • Lebih murah dengan penggunaan bahan dasar plastik.

BACA JUGA: 30 Desain Model Kamar Tidur Sederhana Tapi Mewah

Rekomendasi Lemari Susun Terbaik

Sesudah mengetahui tips memilih lemari susun serta kelebihannya. Sedulur bisa mencoba beberapa rekomendasi lemari yang menarik untuk dimiliki berikut ini!

1. Azonex Tupper Cabinet

Pinterest

Azonex adalah salah satu merk lemari plastik yang bagus dan terkenal dengan menawarkan konsep DIY atau membuat sendiri. Brand ini menghadirkan berbagai varian warna dan keunikan yang memberikan kesempatan untuk kamu dalam berkreasi.

Kalau kamu sedang mencari lemari penyimpanan DIY berkualitas tinggi, maka produk ini bisa menjadi alternatif yang tepat.

Kabinet-kabinetnya terbentuk dari kubus yang fleksibel dan portable untuk ditempatkan di ruangan di rumah. Lemari cabinet plastik ini juga tidak memerlukan obeng, sehingga sangat mudah dipasang meskipun hanya dengan tangan kosong.

Lemari ini terbuat dari bahan anti-air yang bisa dibersihkan dengan mudah hanya menggunakan kain lap saja. Selain itu, merk lemari plastik yang bagus ini juga ramah lingkungan karena terbuat dari resin, yaitu bebas asam format.

2. Tabita Luxury

Kalau kamu sedang mencari lemari plastik yang minimalis dengan kualitas bagus, maka Tabita Luxury adalah pilihan yang tepat. Lemari yang tersedia dalam varian warna cokelat serta abu-abu ini memang memiliki desain yang minimalis. Ukurannya pun terbilang cukup besar, di mana terdiri dari 5 blok atau rak yang dapat dijadikan vocal point di ruangan. 

Saat membuka bagian dalamnya, kamu akan menemukan lima rak. Sementara itu, bagian sisi pada masing-masing daun pintu memiliki lubang yang dapat difungsikan sebagai lubang gembok. Membersihkan pun akan terasa mudah, karena lemari ini memiliki kaki penyangga.

Tabita Luxury termasuk ke dalam salah satu daftar lemari plastik terbaik karena memiliki desain yang mewah. Selain itu, lemari ini juga sangat mudah dipasang dan dibongkar sesuai kebutuhan.

3. Lemari Olymplast OMC

Dreaming Loud

Olymplast OMC ST2 adalah salah satu merk lemari plastik terbaik dengan kualitas yang bagus. Plastik polypropylene tebal yang menjadi bahan utama Olymplast OMC ST2 membuatnya awet digunakan dalam jangka waktu yang lama. Membuka dan menutup lemari pun jadi lebih mudah karena relnya terbuat dari besi yang kuat.

Selain itu, produk ini dilengkapi dua cermin yang dapat ditempatkan sesuai keinginan saat dirakit. Lemari Olymplast ini memiliki dimensi yang lumayan luas untuk menampung pakaian, yaitu 75 cm x 50 cm x 179 cm. Terbuat dari bahan ABS (Acrylonitrile Butadiene Styrene) yang jauh lebih kuat dari plastik biasa membuat lemari ini cukup diandalkan.

4. Aonez Lemari Plastik Susun

Aonez menyediakan lemari plastik murah yang bisa disusun sesuai keinginan. Mereka menyediakan banyak paket, mulai dari yang dua muka dan dua slot, hingga yang 12 muka dan 12 slot. Umumnya yang digunakan adalah enam muka agar muat pakaian secukupnya dan bisa ada slot gantung untuk pakaian yang harus rapi.

Bahanya menggunakan kaki-kaki besi yang dipadukan plastik abs agar kuat. Ikatan antar sambungan juga diperkuat dengan adanya gespet pengikat. Hal ini membuat setiap slot kotak penyimpanan kuat hingga sekitar 5 kg barang.

5. Sunxin Wardrobe Case

Lemari plastik buatan Sunxin ini memiliki model knockdown. Alias bisa dirakit dan dilepaskan kembali. Model ini memiliki banyak jenis, mulai dari varian 8 pintu dengan 4 rak samping, 10 pintu dengan 2 rak samping, sampai ke yang 12 pintu dan 16 pintu. Sunxin sendiri mendesainnya dengan mudah untuk dibongkar dan dipasang kembali.

Sehingga menjadikan lemari plastik ini ideal untuk kamu yang mungkin hanya menetap secara sementara, contohnya pergi dinas ataupun mahasiswa kost. Bahannya kuat dengan kombinasi plastik dan resin yang mencegahnya untuk flex atau menjadi bengkok.

Lemari ini juga sangat mudah dibersihkan, cukup dengan kombinasi lap dan air bersih, atau lap dengan cairan pembersih.

6. Rovega Lemari Susun

rekomendasi lemari susun
Pinterest

Tidak lengkap rasanya tanpa memasukkan Rovega ke dalam daftar rekomendasi lemari plastik untuk memuat bajumu. Rovega sendiri adalah perusahaan yang memang fokus pada bidang peralatan rumah tangga yang menggunakan plastik berkualitas tinggi. Sebut saja salah satu produknya, Rovega CPB 2070, merk lemari plastik yang bagus dan berkualitas.

Terbuat dari plastik poly prophylene membuat lemari ini tahan lama dan tidak berbau. Lemari plastik 2 pintu dan dua laci ini juga dilengkapi dengan hanger pakaian dan satu kunci lemari yang ikut disertakan dalam satu set pembeliannya.

Pada bagian kiri lemari terdapat kantong sisi dan dua laci di dalam lemari. Selain itu, terdapat juga kaca yang bisa dibuka tutup pada bagian atas lemari.

7. Club Flip Cabinet

Jika kamu membutuhkan lemari dengan ukuran kecil dan desain yang simpel, maka Club Flip Cabinet ini bisa jadi solusinya. Lemari kecil ini terdiri dari empat susun yang bisa dijadikan sebagai alternatif tempat penyimpanan barang-barangmu. Dimensi lemarinya adalah 34 cm x 40 cm x 90 cm.

Lemari plastik murah ini juga memiliki model pintu yang unik, dimana kamu bisa membuka atau menutupnya tanpa repot. Jadi, buat kamu yang nggak mau repot membuka atau menutup lemari, tutup model flip ini bisa jadi pilihan. Caranya juga mudah, cukup dengan mengangkat tutupnya untuk mengambil barang, kemudian lemari akan tertutup sendiri. 

Selain itu, jika menginginkan kabinet yang lebih banyak, tersedia juga model 5 susun atau ada juga lemari 3 susun buat tempat penyimpanan yang lebih kecil. Desainnya yang simpel dan minimalis juga tidak akan mengganggu estetika ruanganmu.

8. Lion Star Excel L5

Siapa sih yang nggak kenal merek Lion Star? Yup, brand satu ini memang dari dulu terkenal dengan lemari plastiknya yang bagus dan berkualitas. Nah, kalau kamu sedang mencari merk lemari plastik yang bagus dan tahan lama, maka produk Lion Star ini bisa jadi alternatif buat kamu. Sebut saja salah satu produk unggulannya, seri Excel L5 yang cukup diandalkan sebagai tempat penyimpanan baju.

Lemari plastik Lion Star ini terdiri dari laci lima susun yang masing-masing dapat dikunci. Kerangka lemarinya dapat dibongkar pasang dengan mudah. Bila merasa terlalu banyak, susunan laci berukuran 37 x 48 x 25 cm ini dapat diatur sesuai kebutuhanmu.

9. Mini Club Spectraclub Spring

Butuh lemari yang minimalis dan tidak memakan tempat? Pas banget nih, kamu bisa memilih Mini Club Spectraclub Spring. Yup, lemari plastik 2 susun ini terbuat dari bahan yang original, kokoh, dan kuat, sehingga awet dan tahan lama meskipun digunakan dalam jangka waktu yang panjang.

Lemari plastik mini murah ini memiliki ukuran yang kecil, sehingga tidak memakan tempat. Hadir dalam berbagai varian warna, seperti coklat, biru, hijau, dan Benetton, yang tentunya memberikan kamu pilihan sesuai selera.

Mini Club adalah lemari susun plastik yang memiliki desain yang simple dengan motif minimalis di bagian pintu. Sistem pemasangannya pun cukup mudah, tidak perlu menggunakan baut atau mur. Selain itu, lemari plastik ini juga mudah dibersihkan dengan lap atau kain basah.

10. Lemari Plastik Naiba MPC

Apakah kamu sedang mencari lemari untuk anak? Tenang, Naiba MPC 9863 ini bisa menjadi opsi pilihan untuk kamu. Lemari plastik anak ini sudah mendapatkan lisensi internasional yang kualitasnya sudah pasti terjamin. Hadir dengan gambar karakter Doraemon yang memiliki warna dasar biru, membuat lemari ini terlihat menarik saat dilihat.

Tidak heran juga, jika motif kartun Doraemonnya sangat disukai anak-anak. Lemari plastik Naiba sangat cocok digunakan untuk menyimpan baju atau mainan anak. Lemari plastik 3 pintu ini memiliki kapasitas yang lumayan besar, sehingga dapat menampung banyak baju.

Masing-masing susunan mampu menahan beban hingga 20 kg. Strukturnya yang ringan dan mampu meredam benturan membuat produk ini aman diletakkan di area bermain anak.

11. Napolly CRS-XU 48

Supreme Industries

CRS-XU 48 dibuat dalam model rak empat susun. Berkat bukaan depan pada setiap susunnya, membuatmu tidak perlu repot lagi merogoh ke bagian dalam lemari. Selain itu, lemari pakaian ini terbuat dari bahan plastik yang berkualitas, kuat, dan kokoh, sehingga awet dan tahan lama. 

Selain itu, untuk membersihkan lemari ini juga gampang, karena terdapat empat kaki penyangga yang bisa memudahkan untuk menjangkau bagian bawah. Napolly adalah merk lemari plastik yang bagus dan cukup direkomendasikan dengan harga yang cukup terjangkau, serta desainnya yang unik membuat lemari ini juga terkesan estetik.

12. Airlux SG1004 N

Rekomendasi merk lemari plastik terbaik berikutnya adalah Airlux SG1004 N. Lemari plastik dengan berat 10.0 kilogram ini tersedia dalam warna orange, biru, dan hijau yang cerah untuk menyemarakkan kamar tidur anak. Lemari ini memiliki 4 rak dan gantungan, serta terdapat satu buah kompartemen besar yang dapat membantu mengorganisir berbagai perlengkapan ataupun pakaian anak.

Lemari plastik ini juga dilengkapi dengan cermin di bagian atas, sehingga bisa digunakan untuk berkaca setelah mengenakan pakaian. Meskipun lemari ini terbuat dari bahan plastik, tapi kualitasnya tidak main-main karena tetap kokoh dan tebal. Selain itu, desainnya juga tidak tergolong murahan, malah terkesan mewah.

13. Lemari Krishome

Salah satu produk lemari plastik pilihan adalah merek Krishome. Kamu bisa menyimpan semua pakaian dan kebutuhan si kecil dengan lemari khusus anak dari Krishome ini. Lemari ini didesain dengan apik dan ceria sehingga bisa melengkapi kamar si kecil.

Terbuat dari material plastik polypropylene yang ringan, lemari ini menawarkan daya tahan tinggi. Kamu dapat menggunakannya untuk menyimpan pakaian, hingga mainan si kecil. Bagian sisi kiri dan kanan tertutup sehingga debu tidak mudah masuk ke dalam lemari sehingga kesehatan anak lebih terjaga dari debu kotoran.

14. Lemari Tontarelli

Tontarelli merupakan pilihan tepat untuk memilih lemari plastik yang berkualitas. Lemari ini memiliki dua tingkat dilengkapi dengan pintu penutup. Terbuat dari plastik kuat berkualitas mampu menahan beban hingga 30 kg tiap raknya.

Desain finishing kayu, tersedia dengan pilihan warna putih gading. Terbuat dari material plastik berkualitas yang kokoh dan tidak mudah roboh. Lemari ini mudah dirakit sendiri tanpa bantuan profesional dan mudah dibersihkan. 

15. C04 Angola

rekomendasi lemari susun
Blend Swap

Lemari plastik dari Angola ini punya desain bergaya Eropa dengan pilihan warna broken white yang membuat lemari menjadi terlihat elegan dan mewah. Lemari ini punya termasuk drawer cabinet dengan laci 5 susun.

Salah satu kelebihannya adalah bahan plastiknya yang lebih tebal sehingga kokoh dan tahan lama. Selain itu, rak laci ini punya desain pengaman yang menjaminnya tidak akan lepas atau jatuh bahkan ketika dibuka selebar mungkin.

Demikian tadi deretan rekomendasi lemari susun yang bisa Sedulur coba. Tak hanya kuat, lemari-lemari di atas juga memiliki desain minimalis yang cocok untuk ruangan Sedulur. Semoga dengan informasi kali ini, bisa membantumu mendapatkan kebutuhan yang dicari ya!