Apakah Sedulur sudah tahu negara mana saja yang masuk dalam urutan mata uang terendah di dunia? Ternyata Indonesia termasuk negara dengan mata uang terendah di dunia lho Sedulur. Banyak faktor yang mempengaruhi rendahnya nilai tukar uang tersebut. Seperti misalnya perbedaan suku bunga, perbedaan angka inflasi hingga terjadinya defisit akun berjalan. Rendahnya nilai tukar uang sbeuah negara dapat dijadikan sebagai salah satu indikator untuk mengetahui kondisi ekonomi dan investasi asing di negara tersebut. 

Saat ini, mata uang tertinggi di dunia adalah dinar Kuwait (KWD). Nilai konversi setiap mata uang terendah maupun tertinggi di dunia akan dibandingkan dengan dolar AS dan Pounsterling atau Ponds. Salah satu faktor yang mempengaruhi anjloknya nilai tukar uang adalah adanya pandemi Covid-19 .

Nah, berikut urutan mata uang terendah sampai tertinggi di dunia 2021.

BACA JUGA : Daftar Orang Terkaya di Dunia, Seberapa Besar Hartanya?

-->

1. Venezuela Sovereign Bolivar (VES)

mata uang terendah di dunia
iStock

Urutan mata uang dunia yang paling rendah pertama  adalah Vebezuela dengan kode VES. Tak hanya itu VES juga memiliki tingkat inflasi paling rendah di dunia. Nilai tukar mata uang ini hanya 1 USD atau setara dnegan 1.552.540 VES.

2. Iran (IRR)

iStock

Iran menjadi negara urutan kedua yang masuk ke dalam daftar mata uang terendah di dunia. Iran memiliki kode mata uang IRR atau Iranial Iran. Nilai tukar resmi mata uang ini adalah 1 USD sama dengan 41.908 IRR. Nilai tukar yang rendah ini disebabkan oleh pemerintahan Irak yang membatasi akses mata uang asing kepada warga negaranya. Hal ini menyebabkan adanya peningkatan pasar gelap yang berkembang cukup pesat.

BACA JUGA : Cerita Jenaka: Pengertian, Ciri-ciri, Jenis dan Contohnya

3. Vietnam (Vietnamese Dong atau VND)

mata uang terendah di dunia
iStock

Setelah Venezuela, urutan ketiga mata uang terendah di dunia adalah Vietnam dengan kodenya adalah VND. Saat ini, perekonomian Vietnam masih sangat bertumpu pada sektor pertanian dan masih berjuang untuk melakukan sentralisasi ke ekonomi pasar. Nilai tukar mata uang ini adalah 1 USD sama dengan 23.002 VND.

4. Indonesia (Rupiah)

mata uang terendah di dunia
iStock

Pasti banyak yang belum mengetahui bahwa Indonesia masuk ke dalam urutan mata uang terendah di dunia. Fakta ini memang cukup mencengangkan di tengah perekonomian yang cukup stabil dan termasuk menjadi negara maju di Asia Tenggara. Namun kenyataanya, nilai tukar rupiah masih cukup rendah yaitu 1 USD setara dengan 14.032 IDR.

5. Uzbekistan (UZS)

iStock

Nilai tukar mata uang Uzbekistan adalah 1 USD setara dnegan 10.483 USZ. Meski mempunyai kurs mata uang yang rendah, negara Uzbekistan kini sedang menyiapkan strategi yaitu proses transsisi dengan basis substitusi impor.

BACA JUGA : Kata Sapaan: Pengertian, Jenis-Jenis dan Contohnya

6. Sierra Leone (SLL)

mata uang terendah di dunia
iStock

Negara yang selanjutnya memiliki mata uang rendah adalah Sierra Leone. Tak hanya itu, Sierra Leone juga menjadi negara yang paling miskin di Afrika. Negera ini juga sering bermasalah, seperti penyebaran virus ebola dalam jangka waktu yang cukup lama hingga berulang kali mengalami peperangan. Hal ini menjadi penyebab nilai mata uang negara ini menjadi melemah, yaitu 1 USD sama dengan 10.213 SLL.

7. Guinea (GNF)

mata uang terendah di dunia
iStock

Negara Guinea terkenal dengan cadangan emas dan berlian yang sangat melimpah. Terlepas dari itu, ternyata negara ini mengalami angka inflasi yang sangat tinggi. Tak heran jika kemiskinan dan juga gangster merajalela di negara ini. Itulah penyebab mata uang GNF melemah dengan 1 USD hanya berkisar 10.234 GNF.

8. Laos

iStock

Laos menjadi negara Asia Tenggara ketiga yang masuk ke dalam daftar mata uang terendah di dunia. Meski begiru, Laos mempunyai semangat yang tinggi untuk bangit dalam bidang perekonomian. Mata uang laos yaotu LAK terus meningkat sejak diterbitkannya pada tahun 1952. Sehingga negara ini dapat dikatakan tidak pernah mengalami devaluasi. Kini nilai tukar mata uangnya adalah 1 USD sama dengan 10.133 LAK.

BACA JUGA : Internet adalah: Pengertian, Sejarah, Perkembangan & Manfaat

9. Paraguayan (PYG)

iStock

Negara Paraguayan merupakan negara termiskin kedua di Amerika Serikat. Paraguayan mengalami kemorosotan ekonomi yang sangat parah. Tak hanya itu adanya inflasi, korupsi serta pendidikan yang tidak berkualitas membuat negara ini menjadi negara yang sangat miskin. Kini nilai tukar mata uangnya 1 USD hanya sekitar 6.874 PYG.

10. Kamboja (KHR)

mata uang terendah di dunia
iStock

Urutan terakhir adalah negara Kamboja. Kamboja menjadi negara dengan mata uang terendah di Asia Tenggara Nilai tukar 1 USD = 4.055 KHR. Kamboja juga menjadi negara Asia Tenggara dengan mata uang paling rendah dari rupiah. Dari banyak informasi yang beredar, masyarakat Kamboja yang justru  lebih senang menggunakan mata uang Dolar Amerika Serikat untuk alat bayar, sehingga menyebabkan mata uang lokalnya semakin menurun.

Urutan mata uang dunia yang pertama diduduki oleh Venezuela. Nilai tukarnya untuk 1 USD setara dengan 1.552.540. Bahkan Indonesia menjadi menduduki urutan keempat sebagai negara dengan mata uang terendah di dunia. 
Sedangkan mata uang terendah di dunia 2022 adalah Iran. Rendahnya nilai mata uang negara Iran dipengaruhi oleh adanya konflik antara Iran dengan Amerika Serikat dan juga berkaitan dengan pembatasan transaksi sebagai bentuk sanksi ekonomi global kepada Iran. 

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!