jembatan terpanjang di dunia

Sebuah jembatan berfungsi untuk menghubungkan tempat satu ke tempat yang lainnya. Biasanya jembatan dibuat untuk menyebrangi sungai dari yang kecil hingga sungai besar bahkan memiliki panjang hingga ratusan kilometer. Tentu Sedulur penasar di mana letak jembatan terpanjang di dunia bukan? 

Nah dari pada penasaran di mana letak jembatan terpanjang di dunia saat ini,  yuk langsung simak informasinya berikut ini.

BACA JUGA : Mengenal Arti & Manfaat Bunga Forget Me Not, Bunga Kesetiaan

1. Jembatan Danyang

jembatan terpanjang di dunia
Indozone

Melansir dari Live Science, jembatan terpanjang di dunia adalah Danyang-Kunshan Grand Bridge. Jembatan yang terletak di China ini dinobatkan sebagai jembatan terpanjang di dunia. Jembatan Danyang-Kunshan membentang sepanjang 165 kilometer dan merupakan bagian dari jalur Kereta Cepat Beijing-Shanghai, antara Shanghai dan Nanjing di Provinsi Jiangsu.

-->

Pembangunan jembatan ini cukup lama yakni dimulai pada tahun 2006 dan selesai pada tahun 2010. Hal ini dikarenakan jembatan ini melewati sungai dan juga memiliki panjang ratusan kilometer. Bahkan dalam pembangunannya, pekerja yang dikerahkan mencapai 10.000 pekerja dan menghabiskan dana hingga 8,5 juta dolan AS atau sekitar 113 triliun. 

2. Jembatan Changhua-Kaosiung Viadict

jembatan terpanjang di dunia
Kompas

Jembatan terpanjang berikutnya adalah jembatan Changhua-Kaosiung Viadict yang terletak di Taiwan. Jembatan yang selesai dibangun pada 2007 lalu ini digunakan sebagai jalur kereta cepat Taiwan. Jembatan ini dibangun dari Changhua-Kaohsiung menuju Baguashan yang terletak di daerah Chang-hua. Karena jembatan ini dibangun di daerah rawan gempa, maka konstruksi dan desainnya pun dirancang agar dapat bertahan dari gempa bumi. 

3. Jembatan besar Tianjin

jembatan terpanjang di dunia
Oretzz.com

Jembatan terpanjang selanjutnya adalah jembatan besar Tianjin. Jembatan ini terletak di Tiongkok. Jembatan Tianjin ini mempunyai panjang sekitar 113,7 km yang membentang dari Beijing hingga Shanghai. Jembatan ini juga memiliki desain dengan jalur layang agar orang tidak melewati rel kereta api. Desain jalur layang pada jembatan Tianjin bertujuan untuk mempersingkat masa konstruksi dan tidak terlalu memakan banyak lahan. Meski tahun 2010 jembatan Tianjin sudah selesai dibangun, akan tetapi baru diresmikan pada tahun berikutnya yaitu 2011. 

BACA JUGA : 10 Penyebab Badan Terasa Dingin Beserta Cara Mengatasinya

4. Jembatan Weinan

Keluyuran

Jembatan Weinan terletak di China dan merupakan salah satu jembatan terpanjang di dunia. Jembatan ini memiliki panjang sekitar 79,7 km dan selesai dibangun pada tahun 2008. Jembatan ini merupakan jalur kereta api cepat yang menghubungkan Zhengzhou and Xia’an. Jembatan ini juga melewati beberapa wwilayah sungai, seperti sungai wei, Ling, Loufu, Shi DI dan berbagai sungai lainnya. Dalam pembangunannya, jembatan Weinan mengerahkan sekitar 1.000 pekerja dan menghabiskan sekitar 45.000 ton baja.

Pembangunan jembatan ini mengerahkan hingga 10.000 pekerja dengan menghabiskan 2.300.000 meter kubik beton dan 45.ooo ton baja. Dimulai pada 2008, jembatan Weinan ini baru selesai pembangunan pada 2010 lalu. Proyek pembangunan jembatan ini merupakan bagian dari rencana Xuhan Dedicated Line, yang merupakan salah satu layanan kereta apik cepat dan menyediakan rute dari Lanzhou ke Xuzhu. Tak hanya itu, jembatan ini juga melayani penduduk China yang begitu padat di daerah regional Zhengzhou dan Xian. 

5. Jembatan Bang Na Expressway

Data jembatan

Jembatan terpanjang di Asia Tenggara adalah jembatan Bang Na Expressway yang berada di negara Thailand. Panjang jembatan ini yaitu 55 km dan juga merupakan jalan tol di atas Jalan Tol Nasional 34, di Thailand. Jembatan ini merupakan hasil dari sebuah desain seorang teknisi ahli jembatan dari Prancis bernama Jean Muller.

Pembangunan jembatan ini selesai pada tahun 2010 lalu dengan menghabiskan kurang lebih 1,8 juta meter kubik beton. Terdapat hal menarik dan unik dari jembatan ini, yaitu tidak banyak yang menyebarangi badan air bagi sebgaian besar jembatan ini dari ujung sampai ke ujung, kecuali di bagian yang melintasi dari Sungai Bang Pakong. 

6. Jembatan Pontchartrain Causeway

Jalopnik

Urutan selanjutnya adalah jembatan Pontchartrain Causeway yang terletak di Amerika Serikat. Jembatan ini adalah jembatan pararel yang setiapnya mempunyai panjang 38,4 km. Awalnya, jembatan ini adalah menjadi jembatan laut terpanjang dunia hingga pada tahun 2018 yang slenjutnya digantikan oleh jembatan Hong-Kong Zhuhai-Macao Brigde yang memiliki panjang 55 km. Hal unik lainnya dari jembatan ini adalah merupakan jembatan pertama yang dibangun menggunakan teknik konstruksi produksi massal. Pembangunan jembatan ini juga menggunakan komponen dari pabrik pengecoran lalu dikirim melalui kapal tongkang menuju lokasi konstruksi pembangunan jembatan ini. 

7. Jembatan Wuhan Metro

Data jembatan

Jembatan Wuhan Metro yang terletak di China ini juga menjadi salah satu jembatan yang paling panjang di dunia. Jembatan yang memiliki panjang 37,7 ini digunakan sebagai jalur layang Wuhan untuk menuju Hubei. Jembatan ini memiliki empat jalur yang mampu menampung hingga 50.000 kendaraan per harinya. 

BACA JUGA : 120 Kata-Kata Gombalan untuk Cowok yang Bikin Baper

8.  Jembatan Teluk Hangzhou

Deposhitphotos

Jembatan teluk Hangzhou mempunyai panjang sekitar 37 kilometer dan dibangun di mulut teluk Hangzhou di pesisir China. Jembatan ini menjadi penghubung antara kota Jiaxing dengan Ningbo yang terletak di provinsi Zgejiang. Jembatan Teluk Hangzhou selesai dibangun pada 2007 dan baru dapat digunakan untuk umum pada Mei 2008. 

9. Jembatan Runyang

datajembatan

Jembatan terpanjang di dunia yang memiliki warna unik adalah jembatan Runyang. Jika dilihat dari kejauhan, jembatan yang berada di China ini memiliki kesan warna biru sedikit keunguan. Jembatan ini merupakan salah satu bagian dari jalan tol Yangzhou-Liyang. Jembatan yang selesai dibangun pada tahun 2000 lalu ini menghabiskan dana hingga 5,8 milyar Yuan atau sekitar 9 triliun rupiah. 

10. Jembatan terpanjang di Indonesia

Kompas

Tak hanya negara maju yang memiliki jembatan terpanjang, Indonesia juga mempunyai jembatan terpanjang lho. Berikut daftar jembatan terpanjang di Indonesia yang perlu Sedulur ketahui.

  1. Jembatan Suramadu memiliki panjang 5 kilometer
  2. Jembatan Pasupati mempunyai panjang 2,8 kilometer
  3. Jembatan Siak mempunyai panjang 1,2 kilometer 
  4. Jembatan Merah Putih memiliki panjang 1,1 kilometer 

12. Jembatan terpanjang di Eropa

Detik

Eropa memiliki jembatan terpanjang yang diberi nama Jembatan Vasco da Gama yang terleyak di Ibu Kota Portugal. Vasco da Gama sendiri adalah sebuah nama penjajah Portugis yang menemukan rute laut ke India pada tahun 1498 silam. Jembatan ini dibuat menggunakan sistem jembatan kabel yang mana kabel-kabel inilah yang akan menopang bobot dari bentangan jembatan ini. Jembatan yang melintasi Sungai Tagus ini diresmikan pada peringatan 500 tahun penjelajahan Vasco da Gama.

Demikianlah rangkuman informasi tentang jembatan terpanjang di dunia. Perlu Sedulur ketahui bahwa jembatan terpanjang di dunia berada di negara China dan bernama Jembatan Danyang-Kunshan Grand Bridge. Semoga informasi di atas dapat menambah pengetahuan dan wawasan Sedulur ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.