Gaya potongan rambut pria saat ini memang sangat beragam. Namun, ada satu gaya rambut yang masih bertahan dalam beberapa tahun yaitu potongan rambut comma hair.

Potongan ini sendiri populer ketika banyak aktor dan artis dari Korea menggunakan gaya ini. Dari namanya, gaya rambut ini sudah bisa dibayangkan. Potongan poni pada bagian depan dengan membentuk seperti tanda koma.

Trend comma hair Indonesia juga terus bermunculan karena semakin digandrungi anak muda di tanah air dengan berbagai macam hal yang berbau Korea.

Sayangnya, gaya rambut ini tidak begitu fleksibel untuk digunakan semua orang. Lantas, siapa saja yang cocok dengan gaya rambut ini? Yuk, simak bersama!

-->

BACA JUGA: 12 Gaya Rambut Curtain Hair, Haircut ala Cowok Korea

Trend rambut pria di Korea

HairstylesFeed

Potongan rambut comma hair sebenarnya bukan gaya rambut asli dari Korea. Gaya ini sudah pernah populer hampir di semua belahan dunia tapi dengan nama yang berbeda.

Jika Sedulur melihat lebih cermat, gaya comma hair cukup mirip dengan gaya curtain haircut yang sempat tren pada tahun 1950-an. Namun, perbedaan comma hair dan curtain adalah potongan pada bagian belakangnya yang lebih rapi dan proporsi belahan yang lebih ke samping.

Oleh karena itu, banyak orang yang lebih menyukai gaya comma hair karena bisa menampilkan kesan rapi, charming, dan juga dewasa. Kebetulan pada tahun 2010-an, gaya pria dewasa yang rapi banyak digandrungi di Korea hingga membuat para artis dan aktor mencobanya.

Comma hair juga membuat trend rambut perming dan catok pada tahun 2000-an tenggelam. Hal ini tak lepas dari banyak profesi dan permintaan komersial yang lebih suka menggunakan gaya rambut pria dengan tampilan ‘dewasa’ tersebut.

Beberapa karakter yang cukup membantu dalam peningkatan trend comma hair adalah Han Ji Pyeong dalam serial drama Start Up. Di drama tersebut, Han memang tampil begitu elegan dan dewasa dengan potongan comma hair.

Comma hair cocok untuk siapa?

Freepik

Gaya rambut satu ini sebenarnya cukup fleksibel untuk semua bentuk wajah. Hal ini tak lepas dari aksen lengkungan rambut yang diberikan bisa mengalihkan fokus pada kening yang terbuka lebar. Selain itu, gaya ini membuat proporsi wajah menjadi seimbang.

Tetapi, potongan comma hair sejatinya lebih mudah diterapkan kepada orang-orang yang memiliki karakter rambut lurus dan tidak terlalu keriting. Volume rambut juga tidak boleh terlalu tipis atau lepek karena ini penting untuk membuat karakter koma pada poni rambut.

Cara membuat gaya comma hair kilat

Youtube – Brute Choi

Apabila rambut Sedulur pendek dan sudah cukup rapi, sebenarnya bisa langsung mencoba gaya rambut ini tanpa perlu datang ke hairstylist. Sedulur cukup menyiapkan sisir, rambut yang sudah bersih dan kering. Lebih baik lagi jika kondisi rambut setelah keramas karena biasanya rambut akan memiliki volume yang lebih banyak.

1. Buat rambut membelah dengan perbandingan 7:3

Langkah pertama untuk menciptakan gaya comma hair cepat yaitu dengan membuat belahan rambut dengan perbandingan 7:3, dimana posisi belahan akan berada dipinggir. Pada bagian rambut yang memiliki bagian lebih besar, buatlah volume dengan menariknya ke depan.

2. Tata rambut yang bervolume lebih besar dengan membentuk tanda koma

Setelah itu, mulai tata bagian rambut dengan volume yang lebih besar agar bisa membentuk tanda koma dengan menggunakan tangan secara langsung. Sedulur juga bisa menggunakan bahan bantuan seperti gel atau powder rambut untuk membuat gaya menjadi lebih kaku.

Bila sudah, Sedulur tinggal merapikan dengan sisir pada bagian belahan rambut yang lebih pendek sehingga bisa memberikan kesan rapi. Agar Sedulur bisa memiliki banyak inspirasi gaya, berikut ini beberapa contoh potongan comma hair yang bisa dicoba.

BACA JUGA: 15 Style OOTD Hijab Simple Untuk Hangout yang Elegan

Contoh potongan rambut comma hair yang sedang trending

Bagaimana, apakah Sedulur tertarik menjajal gaya potongan ini? Kalau iya, simak terlebih dahulu 15 contoh potongan rambut comma hair berikut ini!

Comma hair with two block

Flickr

Gaya comma hair memang potongan yang sangat bisa dikombinasikan dengan gaya rambut lainnya. Satu potongan yang saat ini sedang sangat disenangi anak-anak muda zaman sekarang adalah comma hair with two block, yaitu kombinasi comma hair dan gaya two block.

Two block sendiri salah satu gaya potongan yang banyak digunakan oleh pria di Korea. Gaya rambut ini fokus pada potongan rambut pendek dan rapi di sisi samping dan belakang kepala.

Biasanya two block dikombinasikan dengan poni lurus yang menutup bagian kening sehingga memunculkan kesan simpel. Tetapi, ketika dikombinasikan dengan potongan comma hair, maka kesan simpel langsung berubah menjadi dewasa dan berkharisma.

Comma hair rambut ikal

Pinterest

Untuk Sedulur yang memiliki karakteristik rambut ikal atau sedikit keriting. Maka ini adalah referensi potongan yang bisa Sedulur coba.

Comma hair rambut ikal bisa memberikan kesan rapi meskipun rambut terlihat agak berantakan. Namun, keuntungan dari penerapan comma hair pada rambut ikal adalah volume rambut yang lebih tebal dan bisa menciptakan gaya yang fresh dan unik seperti di atas.

Comma hair pendek

K-POPPED

BIla Sedulur memiliki karakter rambut lurus dan ingin penampilan yang segar serta rapi, maka potongan comma hair pendek adalah solusi yang tepat.

Sedulur juga tidak perlu risau untuk bergonta-ganti gaya rambut karena gaya ini termasuk  potongan rambut yang everlasting. Selain itu, comma hair pendek juga bisa jadi ciri khas yang bagus untuk membangun image rapi dan good person untuk Sedulur.

Salah satu aktor Korea yang bisa jadi inspirasi untuk gaya rambut ini adalah Ryu Jun Yeol yang bermain dalam serial drama Reply 1988.

BACA JUGA: 18 Inspirasi Model Rambut Pendek Pria Terbaik & Terpopuler

Comma hair semi curtain

potongan rambut comma hair
IMDb

Kombinasi potongan comma hair dan curtain juga jadi pilihan yang harus dicoba. Kenapa? Karena gaya rambut kombinasi ini bisa memberikan kesan rapi tapi tetap terlihat santai.

Gaya rambut ini pun banyak digunakan oleh beberapa artis dan aktor Korea ketika melakukan aktivitas sehari-hari. Potongan kombinasi ini juga sempat menjadi tren karena dipakai oleh aktor Thailand bernama Vachirawit Chivaaree.

Classic comma hair

potongan rambut comma hair
VOI

Untuk gaya satu ini sih tidak perlu banyak dijelaskan lagi ya, karena comma hair klasik jadi model potongan rambut paling awal dari trend ini.

Ada beberapa aktor yang masih menggunakan gaya klasik dari comma hair salah satunya adalah Gong Yoo yang bermain dalam film Train to Busan.

Textured comma hair

potongan rambut comma hair
Pinhome

Kalau gaya satu ini, comma hair akan dibuat dengan volume rambut yang lebih tebal. Dimana pada bagian rambut yang tebal akan dipotong secara sasak hingga memberikan kedalam tekstur.

Gaya ini akan membuat kesan rapi dari comma hair hilang, tapi membuat Sedulur lebih terlihat fresh dan macho, lho!

Comma hair dengan undercut layer

potongan rambut comma hair
Lifestyle Okezone

Bagi yang suka dengan gaya undercut, potongan comma hair juga bisa dikombinasikan dengan gaya satu ini. Cukup membuat potongan rapi pada bagian samping dan menipiskannya sesuai selera.

Beberapa penyanyi top Korea pun menyukai gaya satu ini karena membuat lebih stylish dan menarik perhatian banyak orang. Salah satunya datang dari  Doh Kyung Soo (D.O.), anggota dari boyband EXO.

Soft comma hair

potongan rambut comma hair
Koreaboo

Ada juga model comma hair yang dapat menampilkan tekstur lembut rambut Sedulur. Model tersebut bernama soft comma hair. Jika dibandingkan dengan model-model lainnya, soft comma hair ini lengkungan pada poninya terlihat sangat soft dan tidak terlalu menekuk seperti pada classic comma hair.

Comma hair belah tengah

potongan rambut comma hair
Merymoi

Referensi potogan rambut comma hair yang terakhir adalah comma hair model belah tengah. Apabila rambut Sedulur tergolong bergelombang, tidak ada salahnya untuk menjajal potongan model ini. Terlebih lagi, comma hair belah tengah akan menambah gaya edgy Sedulur.

Nah, itu tadi beberapa gaya potongan rambut comma hair yang sedang banyak digandrungi anak muda dan pria di Indonesia sekarang ini. Efek dari aktor dan artis Korea memang cukup besar dalam perkembangan gaya rambut di tanah air. Kalau Sedulur ingin mencoba sesuatu yang fresh, gaya-gaya rambut di atas tadi boleh sekali untuk dicoba, lho!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.