potongan rambut comma hair

Gaya potongan rambut pria saat ini memang sangat beragam. Namun, ada satu gaya rambut yang masih bertahan dalam beberapa tahun yaitu potongan rambut comma hair.

Potongan ini sendiri populer ketika banyak aktor dan artis dari Korea menggunakan gaya ini. Dari namanya, gaya rambut ini sudah bisa dibayangkan. Potongan poni pada bagian depan dengan membentuk seperti tanda koma.

Trend comma hair Indonesia juga terus bermunculan karena semakin gandrungnya anak muda di tanah air dengan berbagai macam hal yang berbau Korea.

Sayangnya, gaya rambut ini tidak begitu fleksibel untuk digunakan semua orang. Lantas siapa saja yang cocok dengan gaya rambut ini? Yuk simak bersama!

BACA JUGA: 12 Gaya Rambut Curtain Hair, Haircut ala Cowok Korea

Trend rambut pria di Korea

Potongan rambut comma hair
Pinterest

Potongan rambut comma hair sebenarnya bukan gaya rambut asli dari Korea. Gaya ini sudah pernah populer hampir di semua belahan dunia tapi dengan nama yang berbeda.

Bila kamu mencermati, gaya comma hair cukup mirip dengan gaya curtain haircut yang sempat tren pada tahun 1950-an. Namun, perbedaan comma hair dan curtain adalah potongan pada bagian belakangnya yang lebih rapi dan proporsi belahan yang lebih ke samping.

Oleh karena itu, banyak orang yang lebih menyukai gaya comma hair karena bisa menampilkan kesan rapi, charming, dan juga dewasa. Kebetulan pada tahun 2010-an, gaya pria dewasa yang rapi banyak digandrungi di Korea hingga membuat para artis dan aktor mencobanya.

Comma hair juga membuat trend rambut perming dan catok pada tahun 2000-an tenggelam. Hal ini tak lepas dari banyak profesi dan permintaan komersial yang lebih suka menggunakan gaya rambut pria dengan tampilan ‘dewasa’.

Beberapa karakter yang cukup membantu dalam peningkatan trend comma hair adalah Han Ji Pyeong dalam serial drama Start Up. Di film tersebut, Han memang tampil begitu elegan dan dewasa dengan potongan comma hair.

Comma hair cocok untuk siapa?

Potongan rambut comma hair
Soompi

Gaya rambut satu ini sebenarnya cukup fleksibel untuk semua bentuk wajah. Hal ini tak lepas dari aksen lengkungan rambut yang diberikan bisa mengalihkan fokus pada kening yang terbuka lebar. Selain itu, gaya ini membuat proporsi wajah menjadi seimbang.

Tetapi potongan comma hair lebih mudah diterapkan kepada orang-orang yang memiliki karakter rambut lurus dan tidak terlalu keriting. Volume rambut juga tidak boleh terlalu tipis atau lepek karena ini penting untuk membuat karakter koma pada poni rambut.

Cara membuat gaya comma hair kilat

Potongan rambut comma hair
All things hair

Bila rambutmu pendek dan sudah cukup rapi, sebenarnya bisa langsung mencoba gaya rambut ini tanpa perlu datang ke hairstylist. Kamu cukup menyiapkan sisir, rambut yang sudah bersih dan kering. Lebih baik kondisi rambut setelah keramas karena biasanya rambut akan memiliki volume yang lebih banyak.

Langkah pertama, buat belahan rambut dengan perbandingan 7:3 dimana posisi belahan akan berada dipinggir. Pada bagian rambut yang memiliki bagian lebih besar, buatlah volume dengan menariknya ke depan.

Setelah itu, mulai tata bagian rambut dengan voume yang lebih besar agar bisa membentuk tanda koma dengan menggunakan tangan secara langsung. Kamu juga bisa menggunakan bahan bantuan seperti gel atau powder rambut untuk membuat gaya menjadi lebih kaku.

Bila sudah kamu tinggal merapikan dengan sisir pada bagian belahan rambut yang lebih pendek sehingga bisa memberikan kesan rapi.

Agar Sedulur bisa memiliki banyak inspirasi gaya, berikut ini beberapa contoh potongan comma hair yang bisa dicoba.

BACA JUGA: 15 Style OOTD Hijab Simple Untuk Hangout yang Elegan

Comma hair two block

Potongan rambut comma hair
Urbanasia

Gaya comma hair memang potongan yang sangat bisa dikombinasikan dengan gaya rambut lainnya. Satu potongan yang saat ini sedang sangat digandrungi adalah comma hair two block, yaitu kombinasi comma hair dan gaya two block.

Two block sendiri juga salah satu gaya potongan yang banyak digunakan oleh pria di Korea. Gaya ini fokus pada potongan rambut pendek dan rapi di sisi samping dan belakang kepala.

Biasanya two block dikombinasikan dengan poni lurus yang menutup bagian kening sehingga memunculkan kesan simpel. Tetapi ketika dikombinasikan dengan potongan comma hair, maka kesan simpel langsung berubah menjadi dewasa dan berkharisma.

Comma hair rambut ikal

Potongan rambut comma hair
Pinterest

Untuk kamu yang memiliki karakteristik rambut ikal atau sedikit keriting. Maka ini adalah referensi potongan yang bisa kamu coba.

Comma hair rambut ikal bisa memberikan kesan rapi meskipun rambut terlihat agak berantakan. Namun, keuntungan dari penerapan comma hair pada rambut ikal adalah volume rambut yang lebih tebal dan bisa menciptakan gaya yang fresh dan unik seperti di atas.

Comma hair pendek

Potongan rambut comma hair
Soompi

BIla kamu memiliki karakter rambut lurus dan ingin penampilan yang segar serta rapi, maka potongan comma hair pendek adalah solusi yang tepat.

Kamu juga tidak perlu risau untuk bergonta-ganti gaya rambut karena gaya ini termasuk  potongan rambut yang everlasting. Selain itu, comma hair pendek juga bisa jadi ciri khas yang bagus untuk membangun image rapi dan good person untukmu.

Salah satu aktor Korea yang bisa jadi inspirasimu adalah Ryu Jun Yeol yang bermain dalam serial drama Reply 1988.

BACA JUGA: 18 Inspirasi Model Rambut Pendek Pria Terbaik & Terpopuler

Comma hair semi curtain

Rambut korea
Omah KPop

Kombinasi potongan comma hair dan curtain juga jadi pilihan yang harus dicoba. Kenapa? Karena gaya rambut kombinasi ini bisa memberikan kesan rapi tapi tetap terlihat santai.

Gaya rambut ini pun banyak digunakan oleh beberapa artis dan aktor Korea ketika melakukan aktivitas sehari-hari. Potongan kombinasi ini juga sempat menjadi tren karena dipakai oleh aktor Thailand bernama Vachirawit Chivaaree.

Klasik comma hair

Rambut korea
Pinterest

Untuk gaya satu ini sih tidak perlu banyak dijelaskan lagi ya, karena klasik comma hair jadi model potongan rambut paling awal dari trend ini.

Ada beberapa aktor yang masih menggunakan gaya klasik dari comma hair salah satunya adalah Gong Yoo yang bermain dalam film Train to Busan.

Textured comma hair

Trend rambut korea
Everbest Shoes

Kalau gaya satu ini, comma hair akan dibuat dengan volume rambut yang lebih tebal. Dimana pada bagian rambut yang tebal akan dipotong secara sasak hingga memberikan kedalam tekstur.

Gaya ini akan membuat kesan rapi dari comma hair hilang, tapi membuatmu lebih terlihat fresh dan macho lho.

Comma hair dengan undercut layer

Comma hair undercut
Pinterest

Bagi yang suka dengan gaya undercut, potongan comma hair juga bisa dikombinasikan dengan gaya satu ini lho. Cukup membuat potongan rapi pada bagian samping dan menipiskannya sesuai selera.

Beberapa penyanyi top Korea pun menyukai gaya satu ini karena membuat lebih stylist dan menarik perhatian banyak orang. Salah satunya adalah EXO D.O.

Nah, itu tadi beberapa gaya potongan rambut comma hair yang sedang banyak digandrungi anak muda dan pria di Indonesia sekarang ini. Efek dari aktor dan artis Korea memang cukup besar dalam perkemangan gaya rambut di tanah air. Kalau kamu ingin mencoba sesuatu yang fresh, gaya-gaya di atas bisa kamu coba lho.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.