cara menjawab pertanyaan interview

Interview kerja merupakan saat-saat yang sangat mendebarkan, terutama bagi yang baru pertama kali menjalaninya. Seringkali kita merasa bingung bagaimana cara menjawab pertanyaan interview kerja. Apakah jawaban interview kerja yang diberikan sudah benar ataukah belum.

Walaupun sebenarnya kita sendiri yang bisa menentukannya, namun cara menjawab pertanyaan saat interview itu tidak bisa dilakukan sembarangan. Tidak sedikit perusahaan akan memberikan pertanyaan-pertanyaan jebakan pada pelamar saat interview.

Ya, sebenarnya cara ini merupakan salah satu cara perusahaan untuk mengorek lebih dalam tentang diri kita. Maka dari itu, Sedulur harus benar-benar mempersiapkannya. Nah, berikut contoh pertanyaan dan jawaban interview kerja yang baik dan benar.

BACA JUGA: 30+ Pertanyaan Interview Kerja dan Cara Terbaik Menjawabnya!

-->

1. Deskripsikan diri sendiri!

cara menjawab pertanyaan interview
pexels

Pertanyaan yang satu ini memang sangat lazim ditanyakan dalam proses wawancara kerja. Ya, pertanyaan ini seperti mudah untuk dijawab. Akan tetapi, banyak pelamar yang justru merasa gugup setelah masuk ke dalam ruang interview, dan akhirnya mereka gagal menjawab pertanyaan ini dengan lancar.

Nah, umumnya pertanyaan tersebut diajukan untuk mengevaluasi karakter, kepribadian, dan juga pola pikir dari pelamar. Jadi sebelum Sedulur mulai menceritakan diri sendiri, jangan lupa untuk menunjukkan kesan yang percaya diri. Setelah itu, ucapkan salam, dan baru mulai menjawab pertanyaan.

Cara menjawab pertanyaan interview ini sebenarnya cukup mudah, kok. Sedulur dapat bercerita mulai dari latar belakang pendidikan, organisasi yang pernah diikuti, pengalaman kerja jika punya, serta kepribadian. Tapi jangan melebihi-lebihkan ya, karena bisa memunculkan kesan sombong pada kepribadian Sedulur.

2. Apa kelebihan yang dimiliki?

cara menjawab pertanyaan interview
pexels

Untuk pernyataan seputar kelebihan yang dimiliki, pastikan Sedulur menjawabnya dengan kelebihan yang berkaitan dengan perusahaan dan kontribusi yang bisa diberikan. Berikan jawaban yang relevan, dan sampaikan jawaban tersebut secara spesifik.

Jangan lupa pula untuk memberikan contoh bagaimana Sedulur dapat mengimplementasikan kelebihan yang dimiliki dalam konteks profesionalisme pekerjaan. Bisa dibilang hal ini berpengaruh besar terhadap keputusan perusahaan untuk merekrut Sedulur atau tidak.

Pada intinya, jawab pertanyaan ini dengan sejujur-jujurnya. Tidak usah mengada-ada kebelihan yang tidak ditanyakan maupun yang tidak berhubungan dengan posisi yang sedang dilamar.

3. Apa Kekurangan yang dimiliki?

cara menjawab pertanyaan interview
pexels

Pertanyaan ini biasa diajukan dengan tujuan untuk mengetahui seberapa kenal Sedulur dengan diri sendiri. Seperti yang kita tahu, tidak orang yang sempurna, dan pastinya setiap orang memiliki kekurangan. Jadi bila Sedulur memiliki suatu kekurangan tertentu, maka jawab saja dengan jujur dan tegas.

Misalnya saja Sedulur adalah orang yang pelupa, langsung saja katakan dengan tegas. Akan tetapi, jangan lupa mengatakan cara untuk mengatasi kekurangan tersebut ya. Contohnya, seperti dengan mencatat apa yang harus dilakukan di note.

Memberikan penanganan atas kekurangan diri sendiri, juga akan menunjukkan jika Sedulur adalah orang yang bertanggung jawab. Intinya, jangan pernah katakan jika Sedulur tidak memiliki kekurangan sama sekali, karena hal itu sangat tidak manusiawi.

4. Apa yang diketahui tentang perusahaan ini?

cara menjawab pertanyaan interview
pexels

Sebelum mengikuti interview pekerjaan, Salah satu hal yang perlu dilakukan adalah mencari tahu informasi tentang perusahaan yang sedang dilamar. Tenang saja, untuk saat ini hampir semua perusahaan memiliki sosial media dan juga situs resmi.

Tentu saja, tidak semua informasi pada media sosial atau situs perusahaan tersebut harus dihafalkan. Pahami saja informasi-informasi yang sekiranya penting. Misalnya seperti layanan atau produk yang dihasilkan, motivasi perusahaan, kesejahteraan dari para pegawai, dan lain sebagainya.

Atau jika Sedulur punya kenalan yang sudah bergabung dengan perusahaan tersebut, bisa langsung menanyakan kepadanya informasi perusahaan yang dibutuhkan secara rinci.

5. Mengapa tertarik dengan perusahaan ini?

cara menjawab pertanyaan interview
pexels

Pertanyaan yang diberikan selanjutnya biasanya mengenai ketertarikan pelamar terhadap perusahaan. Pertanyaan ini diajukan untuk mengetahui motivasi yang dimiliki oleh pelamar. Oleh sebab itu, hindari jawaban interview motivasi kerja yang berkaitan dengan gaji besar atau membandingkan dengan perusahaan yang lain.

Hal itu akan dinilai buruk oleh tim recruitment, karena Sedulur akan dicap sebagai orang yang tidak loyal dengan perusahaan. jawaban interview motivasi kerja yang baik dan benar, adalah dengan memberi penjelasan kecocokan visi misi atau latar belakang pendidikan yang berkaitan.

Bagi Sedulur yang masih bingung, contoh jawaban motivasi kerja saat interview seperti “saya memiliki visi misi yang sama dengan perusahaan ini, yakni memudahkan masyarakat untuk mendapatkan sembako” atau “saya memiliki gelar pendidikan S1 ekonomi, dan ingin menerapkan apa yang telah saya pelajari dalam posisi ini”.

6. Mengapa tertarik dengan posisi ini?

cara menjawab pertanyaan interview
pexels

Untuk pertanyaan yang diajukan selanjutnya, umumnya tentang posisi yang sedang dilamar. Bagi Sedulur yang sebelumnya sudah punya pengalaman di posisi yang sama, mungkin pertanyaan semacam ini tidak menjadi masalah.

Tetapi jika ini adalah kali pertama Sedulur melamar pekerjaan, sebaiknya riset terlebih dahulu tentang posisi tersebut. Pelajari dulu tentang job description-nya, kemudian carilah hubungan antara posisi pekerjaan dengan latar belakang pendidikan atau keterampilan yang Sedulur miliki.

Akan lebih baik lagi jika Sedulur mampu menguraikan kemampuan-kemampuan terkait posisi yang sedang dilamar, lho. Jika kemampuan tersebut termasuk dalam hobi Sedulur, biasanya perusahaan akan lebih mempertimbangkannya.

7. Apa kontribusi yang dapat diberikan kepada perusahaan?

cara menjawab pertanyaan interview
pexels

Untuk menjawab pertanyaan yang satu ini, Sedulur bisa menceritakan soal pengalaman dan juga kemampuan yang dimiliki. Jika sebelumnya Sedulur pernah bekerja di posisi yang sama, maka ceritakan prestasi-prestasi yang telah dicapai untuk menunjukkan jika Sedulur itu layak diperhitungkan.

Namun jika Sedulur baru lulus pendidikan atau belum mempunyai pengalaman kerja, maka bisa menceritakan pengalaman di dalam organisasi yang pernah diikuti. Jangan lupa untuk menyatakan jika Sedulur sanggup dan bersedia untuk belajar dari awal, akan semua hal yang sebelumnya belum diketahui.

BACA JUGA: 16 Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris yang Baik & Arti

8. Berapa gaji yang dinginkan?

pexels

Walaupun tidak semua, namun beberapa perusahaan akan mempertanyakan gaji yang diinginkan oleh pelamar. Bagi Sedulur yang merupakan fresh graduate, mungkin cukup kesulitan untuk menjawab pertanyaan tersebut.

Nah, jadi sebelum menghadiri interview, Sedulur perlu riset dulu tentang rentang gaji terkait posisi yang dilamar. Sedulur dapat mencari informasi tersebut di internet, atau menanyakan pada teman yang posisinya sama.

Tapi bagi beberapa orang, menyebutkan angka gaji itu bukanlah hal yang mudah. Jika Sedulur juga seperti itu, maka cara menjawab pertanyaan interview tentang gaji yakni “sepadan dengan kontribusi yang saya berikan nantinya” atau “seperti yang ditawarkan oleh perusahaan ini”.

9. Apa bersedia untuk bekerja lembur?

pexels

Biasanya pelamar langsung menjawab “bersedia”, tanpa memikirkan risiko yang nantinya akan ditanggung. Padahal, jawaban untuk pertanyaan tersebut harus benar-benar dipertimbangkan.

Alangkah baiknya jika Sedulur menjawab pertanyaan ini dengan jujur, sesuai kemampuan dan juga waktu kerja yang disanggupi. Tapi jika Sedulur masih bingung, bisa menjawab dengan bersedia untuk bekerja lembur sesuai jadwal yang diberikan perusahaan.

Namun jangan lupa untuk menambahkan pernyataan, jika perusahaan perlu memberitahu terlebih dahulu apabila ada lembur jauh-jauh hari sebelumnya. Dengan jawaban ini, maka perusahaan akan paham jika Sedulur bersedia untuk lembur, tapi tidak secara mendadak.

10. Lingkungan kerja seperti apa yang disukai?

pexels

Dapat dikatakan jika ini adalah salah satu pertanyaan menjebak, lho. Cara menjawab pertanyaan interview ini, sebaiknya yang berkaitan dengan kultur dari perusahaan. Ya, Sedulur tidak dapat menyamakan lingkungan kerja dalam satu perusahaan dengan lingkungan di perusahaan lainnya.

Misalnya saja kultur perusahaan yang sedang dilamar memiliki lingkungan yang fleksibel, maka jawab saja dengan jika Sedulur juga menyukai lingkungan kerja yang fleksibel. Dijamin, peluang Sedulur diterima di perusahaan tersebut semakin besar.

11. Apa bersedia jika ditempatkan di luar kota?

pexels

Untuk pertanyaan yang satu ini, jangan juga asal memberikan jawaban bersedia, lho. Jika Sedulur merasa ragu dan memang tidak bersedia, maka jawab saja “tidak” dan berikan alasan logis yang dapat diterima oleh perusahaan.

Ya, rata-rata perusahaan memang mencari kandidat yang bersedia untuk ditempatkan di mana saja. Jadi sebelum mengikuti tahapan interview kerja, Sedulur bisa mencari informasi tentang lokasi kantor dari perusahaan yang dilamar. Mulai dari lokasi kantor pusat, kantor cabang, hingga jaringan distribusinya.

Pastikan Sedulur benar-benar merasa cocok dengan distribusi karyawan dari perusahaan tersebut. Jangan sampai pertanyaan yang satu ini menjadi akar kegagalan dalam interview. Selain itu, jangan sampai Sedulur bilang bersedia, sehingga terpaksa bekerja di luar kota dalam keadaan tidak nyaman.

12. Apa bersedia jika diminta untuk menerima tanggung jawab lebih besar?

pexels

Jika Sedulur memang bersedia, jawablah pertanyaan tersebut dengan jelas dan juga tegas. Jawaban ini akan mengisyaratkan jika Sedulur benar-benar dapat dipercaya oleh perusahaan untuk memegang amanah dan tanggung jawab yang lebih besar.

Dan pastinya kesempatan tersebut harus dimanfaatkan sebaik mungkin, yakni dengan menunjukkan kinerja baik serta penuh dengan tanggung jawab. Bukan tidak mungkin hal ini akan membantu Sedulur untuk mendapatkan posisi yang lebih tinggi nantinya.

13. Mengapa berhenti bekerja di perusahaan sebelumnya?

pexels

Nah, ini adalah salah satu pertanyaan yang sangat menjebak, lho. Cara menjawab pertanyaan interview yang satu ini, adalah dengan menyampaikan alasan-alasan yang logis. Misalnya saja seperti keinginan untuk meningkatkan kemampuan diri sendiri.

Selain itu, Sedulur juga bisa menceritakan apa yang tidak dapat dipenuhi oleh perusahaan sebelumnya, tapi dimiliki oleh perusahaan ini. Pada intinya, hindari kalimat-kalimat yang terkesan membicarakan keburukan dari perusahaan sebelumnya.

14. Apa yang akan dilakukan jika ada masalah dalam pekerjaan?

pexels

Jawablah pertanyaan ini menggunakan kalimat-kalimat yang bijaksana. Jawaban yang diberikan, sangat berkaitan dengan kedewasaan dalam pola berpikir dan menuntaskan masalah tertentu.

Sedulur dapat menjawab dengan mencari akar permasalahannya terlebih dahulu, kemudian menganalisa masalah tersebut, dan menentukan solusi terbaik. Selain itu, ungkapkan jika Sedulur akan belajar dari masalah yang terjadi agar kelak masalah tersebut tidak terulang kembali.

15. Apa yang membuat perusahaan ini berbeda dengan perusahaan lain sejenis?

pexels

Untuk pertanyaan jebakan ini, Sedulur dapat menjawabnya dengan menceritakan kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh perusahaan yang sedang dilamar tersebut.

Misalnya saja seperti produk yang berkualitas, jenjang karir lebih menjanjikan, hingga lingkungan pekerjaan yang baik. Namun jangan pernah menceritakan keburukan dari perusahaan lain, karena akan membuat Sedulur terlihat tidak profesional.

BACA JUGA: 9 Contoh Surat Pengalaman Kerja Terlengkap Berbagai Profesi

Nah, itu dia beberapa contoh pertanyaan serta cara menjawab pertanyaan interview kerja. Pahami setiap poin yang sudah dijelaskan di atas, agar Sedulur bisa mengikuti interview kerja dengan lancar dan tentunya dapat lolos seleksi.

Dari beberapa pertanyaan di atas, bisa disimpulkan bahwa tujuan utama dilakukan tahapan interview ini adalah untuk mengetahui kepribadian pelamar. Jadi selain berbekal ilmu terkait posisi yang dilamar, beri kesan kepribadian yang baik kepada pihak perusahaan.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.