walk in interview adalah

Walk in interview adalah salah satu hal yang sangat ditunggu-tunggu oleh para kandidat pelamar pekerjaan. Sebab di momen tersebut, proses melamar pekerjaan dapat berlangsung dalam waktu yang cukup singkat.

Akan tetapi, mungkin hingga saat ini masih banyak yang bertanya-tanya tentang apa itu yang dimaksud dengan walk in interview sebenarnya. Selain itu, mungkin juga ada yang penasaran soal apa saja yang perlu dilakukan agar sukses dalam menjalaninya. Tidak usah khawatir. Untuk menjawab berbagai pertanyaan tersebut, Sedulur bisa melihat informasi lengkapnya di bawah ini.

BACA JUGA: Contoh Cover Letter Berkelas Favorit HRD – Pasti di Lirik!

Pengertian walk in interview

walk in interview adalah
Pexels

Dilansir dari PeopleHum, walk in interview artinya sesi wawancara layaknya pertemuan informal yang diatur oleh suatu perusahaan dalam perekrutan kandidat dan berjalan dengan waktu singkat. Berbeda dari wawancara terjadwal, Sedulur tidak perlu membuat janji resmi dengan pihak recruiter.

Hal ini karena perusahaan akan mengadakan sesi tersebut saat mereka berencana merekrut banyak kandidat secara bersamaan, seperti halnya dalam job fair. Jenis wawancara satu ini tidak berlangsung lama dan hanya pertanyaan-pertanyaan penting saja yang akan diajukan.

Jika dilihat dari segi teknis, sebenarnya tidak ada perbedaan yang signifikan antara walk in interview dengan proses perekrutan atau interview pekerja konvensional. Ya, perusahaan akan menerima surat lamaran, portofolio, dan dokumen lainnya, kemudian dilanjutkan dengan sesi wawancara pelamar kerja.

Wawancara ini dilakukan untuk memastikan bahwa pelamar kerja benar-benar cocok atau tidak dalam posisi yang ditawarkan. Perbedaannya, proses perekrutan terjadi lebih cepat karena pelamar tidak perlu menunggu respon lamaran sampai batas waktu tertentu. Pelamar kerja dapat memperoleh kepastian apakah lamarannya diterima atau ditolak sesegera mungkin, bahkan ada juga yang hasilnya langsung keluar setelah sesi wawancara.

Teknis walk in interview

walk in interview adalah
Pexels

Setelah Sedulur paham tentang pengertian dari walk in interview, kini Sedulur juga harus tahu tata cara atau teknis pelaksanaan dari sesi interview singkat tersebut. Ya, biasanya sesi ini terbuka untuk umum dengan sasaran utama para pencari kerja.

Untuk lokasinya sendiri tidak tentu. Biasanya diadakan di hall, hotel, maupun tempat-tempat besar yang lain. Kemudian, untuk waktu pelaksanaannya tidak dilakukan sepanjang tahun. Melainkan bersifat kondisional, alias hanya beberapa hari atau pekan saja.

Selain itu, durasi penyelenggaraannya juga menyesuaikan dengan kebutuhan dan kesiapan perusahaan. Pihak penyelenggara walk in interview ini umumnya adalah perusahaan-perusahaan yang sedang membuka lowongan kerja dengan kuota banyak.

Kandidat akan ditempatkan dalam stan-stan yang tertata, sehingga Sedulur bisa mudah memasukkan lamaran lalu melakukan wawancara dengan perusahaan yang berkaitan. Sedulur juga bisa mengambil brosur terkait dengan promosi dan info perusahaan saat mendatangi stan-stan tersebut.

Di samping itu, terkadang ada pula perusahaan yang membuka sesi ini di kantor mereka. Singkat kata, perhelatan walk in interview diibaratkan seperti pasar tenaga kerja. Di mana di dalamnya akan ditemukan interaksi konkret antara perusahaan pencari tenaga kerja dengan para pencari kerja. Hal ini terjadi karena teknis perekrutannya dilakukan melalui wawancara langsung. Jadi Sedulur tetap harus menyiapkan fisik dan mental supaya bisa tampil prima serta menyakinkan agar diterima di perusahaan yang sedang dilamar.

Hal-hal yang harus disiapkan

walk in interview adalah
Pexels

Sedulur tidak bisa datang ke lokasi walk in interview tanpa persiapan apa pun. Untuk bisa menjalani wawancara dengan sukses, tentu saja Sedulur membutuhkan berbagai hal yang dibutuhkan. Nah, berikut ini sejumlah hal yang perlu untuk Sedulur siapkan sebelumnya.

1. Melakukan riset

walk in interview adalah
Pexels

Riset informasi mengenai perusahaan peserta walk in interview adalah hal yang penting. Tidak hanya itu, Sedulur juga perlu memilih lowongan kerja dengan posisi yang benar-benar sesuai dengan kemampuan dan keinginan. Pastikan pula pihak penyelenggara serta perusahaan pencari kandidat benar-benar terpercaya dan juga bebas penipuan. Tanpa adanya riset, mungkin saja Sedulur akan kebingungan pada saat memasuki area walk in interview. Jangan sampai waktu dan energi yang Sedulur miliki habis hanya untuk berkeliling-keliling sambil galau karena bingung memilih stan perusahaan mana yang harus didatangi.

2. Mempersiapkan sejumlah dokumen

walk in interview adalah
Pexels

Sebagaimana yang tadi telah disinggung, walk in interview adalah suatu hal yang tidak berbeda jauh dari proses melamar kerja biasa. Untuk itu, Sedulur perlu membawa sejumlah dokumen yang mendukung kelancaran proses lamaran. Misalnya saja surat lamaran kerja, pas foto, biodata diri, cover letter, portofolio, dan dokumen penting lainnya. Pastikan semua kondisi dari dokumen tersebut rapi dan bersih, tidak kotor, terlipat, apalagi sobek. Dokumen yang Sedulur bawa akan segera diperiksa dan dibaca oleh pihak recruiter sambil mewawancarai Sedulur.

3. Mempersiapkan diri

Pexels

Sebagus dan serapi apa pun dokumen yang Sedulur bawa, itu tidak akan berarti jika Sedulur tidak punya rasa percaya diri yang cukup. Oleh karena itu, siapkan mental dengan baik agar Sedulur bisa menjawab setiap pertanyaan yang diajukan dalam wawancara kerja dan tidak grogi.

Sedulur harus bisa meyakinkan diri bahwa Sedulur itu memiliki kualitas yang cukup untuk diterima dalam perusahaan yang telah dipilih. Berpakaian dengan baik, makan dan minum yang cukup, kemudian persiapkan mental untuk menghadapi proses interview. Usahakan agar Sedulur memakai pakaian yang sopan, rapi, serta bersih. Selain itu, Sedulur juga dapat membawa camilan atau makanan untuk mencegah munculnya rasa kelaparan dan kehausan.

BACA JUGA: Struktur Surat Lamaran Kerja yang Baik & Benar serta Contohnya

Walk in interview questions

Pexels

Saat menjalani walk in interview, mental dan rasa percaya diri biasanya akan terkikis saat Sedulur merasa bingung untuk menjawab sejumlah pertanyaan di dalam wawancara tersebut. Terlebih lagi, bagi Sedulur yang berstatus sebagai fresh graduate dan belum punya pengalaman.

Maka dari itu, Sedulur perlu mempersiapkan jawaban dari pertanyaan yang biasanya diajukan dalam proses interview kerja. Adapun hal-hal umum yang kerap ditanyakan dalam wawancara kerja adalah sebagai berikut.

1. Silakan ceritakan tentang diri Anda

Pexels

Pertanyaan yang satu ini diajukan oleh pewawancara dengan tujuan untuk mengetahui sejauh mana Sedulur mengenal diri sendiri. Sebab, jika Sedulur telah mengenal diri sendiri dengan baik, maka bisa dipastikan Sedulur juga dapat bekerja dengan baik.

Nah, ceritakanlah diri Sedulur sendiri dengan penuh rasa percaya diri serta tidak terkesan dibuat-buat. Jangan sampai Sedulur menunjukkan sifat yang manipulatif, karena hal ini akan sangat merugikan dan membuat pekerjaan tersebut gagal didapatkan.

2. Apa kelebihan dan kekurangan Anda?

Pexels

Bisa dibilang jika pertanyaan ini masih erat kaitannya dengan yang pertama, di mana Sedulur harus menceritakan tentang dirimu, namun lebih spesifik ke pada kelebihan dan kekurangan yang dimiliki. Untuk pertanyaan ini, Sedulur harus menjawab dengan konsisten, yaitu bersikap apa adanya.

Jenis pertanyaan yang satu ini akan membuat pihak pewawancara bisa menganalisis tingkat kepercayaan diri dan kejujuran yang Sedulur miliki dalam menerima keadaan diri sendiri. Perlu diingat, setiap orang pasti punya kekurangan. Jadi jangan berkata jika Sedulur itu tidak memilikinya saat wawancara.

3. Apa alasan Anda melamar ke perusahaan ini?

Pexels

Melansir dari The Balance Careers, pertanyaan yang satu ini sangat lazim ditanyakan dalam walk in interview. Jadi, Sedulur harus punya motif yang tepat pada saat melamar kerja di suatu perusahaan. Artinya, Sedulur ingin bekerja bukan karena iseng atau hanya mencoba keberuntungan belaka.

Untuk menjawab pertanyaan ini, Sedulur harus melakukan riset mengenai profil perusahaan terlebih dahulu. Kemudian sesuaikan posisi yang dilamar dengan passion dan kemampuan Sedulur. Cara ini cukup efektif untuk membuat jawaban yang diberikan terdengar realistis serta meyakinkan.

4. Mengapa kami harus merekrut Anda?

Pexels

Pada saat mendapatkan pertanyaan seperti ini, Sedulur dapat menceritakan tentang kualitas yang dimiliki. Kemudian sesuaikan kualitas tersebut dengan posisi atau jabatan yang sedang Sedulur bidik di dalam perusahaan tersebut.

Selain itu, Sedulur juga perlu tahu visi dan misi dari perusahaan. Jadi, jawaban yang nantiya diberikan akan mendukung kemajuan dari perusahaan tersebut.

BACA JUGA: 16 Contoh Tentang Saya di CV yang Profesional & Menarik HRD

Walk in interview Depok

Pexels

Bagi Sedulur yang berada di wilayah Depok dan sekitarnya, mungkin bisa mendatangi sesi walking interview yang ada di kota tersebut. Nah, berikut ini informasi lebih lengkapnya.

PT Kharisma Potensia Indonesia bekerja sama dengan Smartfren, saat ini membuka banyak lowongan pekerjaan untuk posisi SPG/SPB.

Kualifikasi: 

  • Usia 18 sampai dengan 27 tahun.
  • Diutamakan berdomisili sesuai area yang di butuhkan.
  • Komunikatif dan memiliki semangat kerja.
  • Lulusan baru/fresh graduate dipersilakan melamar.
  • Memiliki kendaraan sendiri (motor).
  • Memiliki pengalaman kerja sebagai sales (SPB/SPG, Direct Sales, Promotor, Sales Counter, Sales Executive, Marketing, Sales Advisor, dan lain-lain).
  • Pendidikan minimal SMA/Sederajat dan tidak sedang kuliah.
  • Pengalaman kerja sebagai Promotor Smartphone dan Direct Sales lebih dipertimbangkan.
  • Bersedia join dalam waktu dekat jika lolos seleksi interview.
  • Untuk info lebih lanjut mengenai walk in interview, silahkan klik di sini.

Walk in interview Jakarta

Pexels

PT Kuliner Digital Sejahtera tengah membuka walk in interview untuk posisi Kitchen Crew.

Kualifikasi:

  • Pendidikan minimal SMU/SMK (diutamakan jurusan Tata Boga/Perhotelan).
  • Berpengalaman minimal 1 tahun.
  • Diutamakan bagi yang memiliki pengalaman di Hotel/Restoran/Katering.
  • Penempatan: Jakarta Barat, Jakarta Utara, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, dan Bekasi

Pelaksanaan:

Hari dan Tanggal : 10, 11, 17, 18, 24, 25 & 31 Maret 2022
Pukul : 09.00–12.00 WIB
Alamat : Yummy Corp Hub Kemang Jl. Kemang Timur No.85A, RT.4/RW.3, Bangka, Kec. Mampang Prpt., Kota Jakarta Selatan

Catatan:

  1. Datang tepat waktu.
  2. Memakai pakaian sopan dan rapi.
  3. Membawa CV dan surat lamaran lengkap.
  4. Pakaian casual rapi.
  5. Untuk info lebih lanjut, klik di sini.

Walk in interview Jogja

Pexels

Joker Corporation merupakan perusahaan franchise makanan dan minuman yang sedang mencari kandidat dalam bidang Telemarketing.

Kualifikasi:

  • Jujur, teliti, disiplin, dan bertanggung jawab.
  • Mampu bekerja secara individu maupun dalam tim.
  • Mempunyai kemampuan dalam komunikasi, negosiasi, supel, dan persuasif.
  • Mempunyai pengalaman di bidang telemarketing lebih disukai.
  • Mempunyai semangat untuk mencapai target.
  • Menyukai follow up dan dapat membangun relasi.
  • Terbiasa berinteraksi dengan media sosial (FB, WA, Instagram).
  • Walk in interview : Senin–Jumat pukul 09.00–15.00 WIB.
  • Untuk info lebih lengkap, klik di sini

Nah, mungkin hanya itu informasi terkait walk in interview yang bisa dijelaskan pada kesempatan kali ini. Pastikan Sedulur paham akan semua tips di atas. Walk in interview adalah kesempatan untuk mendapat pekerjaan yang harus dimanfaatkan dengan baik. Jika sudah paham, langsung saja coba beberapa walk in interview yang telah diberikan. Siapa tahu Sedulur bisa berhasil pada kesempatan tersebut.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.