perbedaan sunscreen dan sunblock

Salah satu tahapan perawatan kulit yang tidak boleh dilewatkan adalah menggunakan sunblock atau suncreen. Apalagi jika Sedulur tinggal di negara tropis seperti Indonesia yang memiliki paparan sinar matahari begitu terik. Dua benda tersebut biasanya disama artikan dengan tabir suraya, namun adakan perbedaan antara sunscreen dan sunblock?

Umumnya penggunaan sunblock dan sunscreen menjadi hal yang penting, karena berfungsi untuk melindungi kulit dari bahaya akibat paparan sinar matahari secara langsung. Tapi sunscreen dan sunblock ternyata memiliki sejumlah perbedaan. Mulai dari kandungan bahan, fungsi, hingga cara kerjanya dalam melindungi kulit dari bahaya paparan sinar matahari.  Ingin tahu apa saja perbedaan sunscreen dan sunblock? Yuk, simak informasi selengkapnya berikut ini.

BACA JUGA: Demi Hasil Maksimal, Urutan Skincare Ini Harus Diikuti dengan Benar

Pengertian sunscreen dan sunblock

perbedaan sunscreen dan sunblock
Freepik

Sebelum menilik perbedaan antara sunscreen dan sunblock, ada baiknya Sedulur menyimak pengertian dari masing-masing istilah tersebut. Seperti yang diketahui, keduanya sama-sama dipadankan dengan istilah tabir surya dalam bahasa Indonesia. Tabir surya sendiri memiliki arti sebagai produk perawatan kulit yang berfungsi untuk melindungi bahaya sinar matahari. Sementara, pengertian sunscreen dan sunblock adalah sebagai berikut.

-->

Dikutip dari Kamus Merriam-Webster, sunscreen didefinisikan sebagai sebuah lapisan untuk melindungi dari matahari. Selain itu sunscreen juga didefinisikan sebagai preparat atau sesuatu misalnya losion yang diaplikasikan pada kulit dalam rangka mencegah sengatan matahari. Adapun sunscreen melindungi kulit secara kimiawi.

Sementara itu, Kamus Merriam-Webster juga mendefinisikan sunblock sebagai preparat berupa losion yang diaplikasikan pada kulit untuk mencegah sengatan matahari. Namun sunblock melindungi kulit dengan cara menghalangi radiasi secara fisik. Sehingga saat dioleskan ke kulit, sunblock akan bekerja seperti membuat lapisan pelindung pada kulit.

Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa tabir surya, sunscreen, dan sunblock sama-sama merujuk pada produk perawatan kulit yang berfungsi untuk melindungi kulit dari bahaya sinar matahari.

BACA JUGA: 8 Cara Mengatasi Wajah Kusam secara Ampuh dan Efektif

Perbedaan sunscreen dan sunblock

Berikut ini telah dirangkum perbedaan antara sunscreen dan sunblock yang terbagi ke dalam tiga kategori, yaitu berdasarkan kandungan bahan, fungsi, dan cara kerjanya dalam melindungi kulit.

1. Kandungan bahan

perbedaan sunscreen dan sunblock
Freepik

Perbedaan yang pertama dapat dilihat dari kandungan zat di dalam kedua jenis tabir surya tersebut. Mengutip dari laman Health, sunscreen mengandung bahan kimia sedangkan sunblock mengandung bahan mineral.

a. Sunscreen mengandung bahan kimia

Sebelumnya sudah disinggung bahwa sunscreen melindungi kulit secara kimiawi. Hal ini disebabkan karena sunscreen umumnya mengandung bahan kimia organik berupa octyl methoxycinnamate, octyl salicylate, dan ecamsule.

Di sisi lain, berbagai bahan yang terkandung di dalam sunscreen juga membuatnya memiliki karakter tekstur yang tipis dan dapat mudah menyerap sehingga tidak terlihat setelah diaplikasikan ke kulit.

b. Sunblock mengandung mineral

Di sisi yang lain, sunblock mengandung bahan mineral berupa titanium dioksida atau seng oksida yang dapat menangkal sinar UV secara fisik. Dengan kata lain, kandungan bahan mineral dalam sunblock akan membentuk lapisan yang dapat menghalangi masuknya paparan sinar UV.

2. Fungsi

perbedaan sunscreen dan sunblock
Freepik

Perbedaan selanjutnya dapat dilihat dari segi fungsinya. Meski sama-sama berfungsi untuk melindungi kulit, sunscreen dan sunblock memiliki manfaat secara spesifik yang berbeda. Berikut penjelasannya.

a. Fungsi sunscreen

Telah diketahui bersama bahwa sunscreen mengandung bahan kimia organik sehingga melindungi kulit secara kimiawi yakni dengan masuk ke lapisan kulit teratas. Hal ini menyebabkan sunscreen melindungi kulit dari bahaya paparan sinar matahari dari dalam lapisan kulit. Di sisi lain, kebanyakan sunscreen hanya dapat melindungi kulit dari sinar UVB.

b. Fungsi sunblock

Berbeda dengan sunscreen yang hanya dapat melindungi kulit dari UVB, sunblock disebut dapat melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB. Tak hanya itu, sunblock juga berfungsi untuk melindungi kulit dengan menciptakan lapisan fisik di atas permukaan kulit. Sehingga sunblock dapat menghalangi masuknya sinar matahari ke dalam kulit.

3. Cara kerja

Freepik

Perbedaan yang ketiga adalah cara kerja dari sunscreen dan sunblock dalam melindungi kulit. Perbedaan cara kerja ini perlu diperhatikan karena bisa mempengaruhi efektivitasnya setelah digunakan.

a. Sunscreen menyerap ke dalam kulit

Diketahui, sunscreen melindungi kulit dengan cara menyerap sinar UV. Tepatnya sunscreen akan menyerap sinar UV yang masuk ke dalam kulit dan mengubahnya menjadi energi panas yang dikeluarkan melalui kulit.

Lantaran bekerja dengan cara menyerap sinar UV dari dalam, sunscreen sebaiknya dioleskan ke kulit sekitar 20 menit sebelum keluar ruangan. Hal ini dikarenakan sunscreen membutuhkan waktu untuk dapat diserap oleh kulit.

b. Sunblock menghalangi sinar UV

Sementara itu, sunblock bekerja dengan membuat lapisan di atas permukaan kulit untuk mencegah masuknya sinar UVA dan UVB. Lantaran bekerja dari permukaan kulit, sunblock cenderung dapat langsung bekerja setelah dioleskan ke kulit. Sehingga Sedulur dapat menggunakan sunblock sesaat sebelum beraktivitas di luar ruangan.

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Pelembab Wajah untuk Remaja Terbaik

Mengenal SPF pada tabir surya

Freepik

Saat akan membeli sunscreen ataupun sunblock, Sedulur biasanya menjumpai tulisan SPF 30, SPF 50, dan lain sebagainya pada kemasan produk. Apa itu SPF? dan apa arti dari angka di belakang SPF?

Dirangkum dari berbagai sumber, SPF merupakan singkatan dari sun protection factor. Label SPF yang kerap dijumpai pada kemasan sendiri bertujuan untuk memberi informasi tentang kualitas perlindungan yang diberikan oleh sebuah produk tabir surya.

Adapun angka yang tertulis di belakang SPF menunjukkan level perlindungan yang diberikan oleh produk tersebut. Tepatnya, angka tersebut mewakili berapa lama kulit Sedulur dapat bertahan di bawah sinar matahari tanpa mengalami sunburn atau kulit terbakar ketika menggunakan tabir surya. Sekadar informasi, dalam keadaan normal, kulit manusia dapat bertahan di bawah sinar matahari tanpa mengalami sunburn selama 10 hingga 15 menit.

Sementara itu, cara membaca SPF adalah dengan mengalikan angka di belakang SPF dengan durasi sebelum kulit Sedulur mengalami sunburn. Dalam hal ini, anggaplah lama waktu sebelum kulit terbakar tanpa tabir surya adalah 10 menit. Maka apabila Sedulur menggunakan produk ber-SPF 15, kulit Sedulur akan terlindungi selama 10 menit x 15, yakni 150 menit atau sekitar 2,5 jam.

Selain menunjukkan lamanya waktu perlindungan dari sinar UV, SPF juga menunjukkan intensitas radiasi sinar UV yang dapat dihalangi oleh tabir surya sehingga kulit tidak mengalami sunburn maupun dampak buruk lainnya. Berikut uraian selengkapnya sebagaimana dikutip dari Alodokter.

  • SPF 15 dapat menahan hingga 93% sinar UVB.
  • SPF 30 dapat menahan hingga 97% sinar UVB.
  • SPF 50 dapat menahan hingga 98% sinar UVB.
  • SPF 100 dapat menahan hingga 99% sinar UVB.

Perbedaan SPF 30 dan 50

Freepik

Setelah mengetahui apa itu SPF dan cara membaca angka pada SPF, Sedulur mungkin penasaran apa perbedaan dari SPF 30 dan 50. Seperti yang diketahui, kebanyakan produk tabir surya di Indonesia menawarkan perlindungan dengan SPF 30 dan SPF 50. Nah, berdasarkan uraian yang sudah dipaparkan sebelumnya, dapat diketahui perbedaan SPF 30 dan 50 adalah sebagai berikut.

SPF 30

  • waktu perlindungan: 10 menit x 30 = 300 menit atau 5 jam
  • dapat menahan hingga 97% radiasi sinar UVB

SPF 50

  • waktu perlindungan: 10 menit x 50 = 500 menit atau sekitar 8 jam
  • dapat menahan hingga 98% radiasi sinar UVB

Demikian tadi pembahasan tentang perbedaan sunscreen dan sunblock. Dapat diketahui bahwa meski sama-sama merupakan tabir surya yang dapat melindungi kulit dari bahaya paparan sinar matahari, kedua produk tersebut menawarkan kandungan, fungsi, hingga cara kerja yang berbeda. 

Di samping itu, sudah dipaparkan juga tentang SPF yang penting untuk diperhatikan saat memilih tabir surya. Untuk itu, bagi Sedulur yang bingung memilih sunscreen atau sunblock yang bagus untuk wajah, dapat mempertimbangkan beberapa hal yang sudah dipaparkan di atas. Nah, semoga informasi ini dapat membantu, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.