peeling wajah

Sempat ditinggalkan karena adanya perawatan wajah canggih seperti laser dan lain sebagainya, beberapa tahun belakangan banyak orang mulai melirik kembali produk peeling wajah. Prosedur kecantikan ini dipercaya bisa membantu mengatasi breakout, millia, dan melasma. 

Biayanya lebih murah dan manfaatnya pun tak kalah ampuh membuat wajah tampak lebih mulus dan bersinar. Mau tahu seampuh apa itu peeling wajah untuk menunjang penampilan dan mendongkrak percaya diri? Berikut ulasan dan hal-hal yang perlu Sedulur perhatikan sebelum memilih prosedur ini. 

BACA JUGA: 12+ Maker Wajah yang Bagus dan Fungsinya Untuk Kulit

1. Peeling wajah bisa mendukung skincare yang kamu pakai 

peeling wajah
instagram.com/martagrzegorzak

Prosedur ini memanfaatkan beberapa jenis asam yang baik untuk kulit dan bisa mengangkat sel mati. Dengan musnahnya sel mati, kulit akan terdorong untuk memproduksi sel baru dan kolagen yang membuat muka tampak lebih segar dan cerah. Tanpanya pula, tidak ada batas yang mengganggu peresapan skincare yang kamu pakai ke kulit. Dengan begitu, hasil atau efek produk pun akan lebih optimal. 

-->

2. Formulanya disesuaikan dengan kebutuhan 

peeling wajah
instagram.com/bindulged_clinic_padding

Jika menggunakan jasa profesional, produk ini akan membuat formula khusus yang pas untuk kondisi kulitmu. Mereka juga akan menawarkan jenis peeling yang dikehendaki, bisa yang superficial atau medium dan deep yang khusus untuk masalah kulit yang berat. Risiko efek samping pun cukup rendah.

Prosedur yang paling ringan hanya menggunakan larutan AHA, sementara yang sedang dan deep biasanya akan memakai glycolic acid atau trichloroacetic acid. Tentunya ahli sudah membuat hitungan yang pas sehingga tidak membahayakan kulit. 

3. Membasmi bekas jerawat, hiperpigmentasi dan kerutan

unsplash.com

Peeling wajah yang bagus untuk kulit berjerawat biasanya menggunakan salicylic acid, lactic acid, resorcinol, dan eksfolian yang bersifat antibakteri. Kesemua bahan tadi akan dipakai untuk mengikis sumbatan pada pori-pori sekaligus membasmi komedo serta calon jerawat. Ia juga bisa membantu menyamarkan noda gelap serta bekas jerawat yang bertekstur sekalipun.  

Prosedur ini disarankan untuk orang yang mengalami masalah dengan kerutan halus, bekas luka membandel, hiperpigmentasi, ruam merah, hingga melasma. Bahkan banyak yang percaya, peeling wajah adalah cara terbaik untuk menangani melasma. Itu merupakan kondisi medis di mana kulit sangat sensitif pada sinar UV dan akhirnya menimbulkan bintik atau bercak gelap di bagian kulit yang terpapar matahari. 

BACA JUGA: 12 Pelembab Wajah Pria yang Nyaman & Mudah Dicari

4. Dipercaya bisa menangani masalah kantong mata dan mata panda 

peeling wajah
unsplash.com

Kantong mata dan mata panda seringkali dianggap sebagai efek kurang tidur atau kelelahan. Namun, beberapa orang memilikinya sejak lahir alias faktor genetik. Untuk ini tentu berbagai produk dan tips apapun tidak akan bisa membebaskan seseorang darinya.

Namun, peeling diklaim sebagai salah satu cara terampuh mengurangi rasa tak percaya diri karena isu tersebut. Biasanya lactic acid dimanfaatkan untuk prosedur yang satu ini. Proses ini tentunya lebih aman dibandingkan operasi. 

5. Beda peeling dengan eksfoliasi 

unsplash.com

Banyak yang masih bingung membedakan peeling dengan eksfoliasi. Keduanya sama-sama bertujuan membuang kulit mati, tetapi kadarnya berbeda. Eksfoliasi adalah proses pengangkatan sel kulit mati di lapisan paling atas atau luar dari kulit. Gunanya untuk membersihkan pori-pori yang biasanya masih tersisa setelah Sedulur membersihkan wajah. Proses ini sebenarnya bisa dilakukan otomatis oleh kulit, tetapi akan melambat seiring bertambahnya usia, sehingga diperlukan produk-produk yang bisa menunjang eksfoliasi kimia. Efeknya sangat lembut dan tidak terasa.

Berbeda dengan  peeling yang setelah beberapa jam atau hari pasca perawatan akan mendorong pengelupasan kulit yang tampak secara nyata. Nantinya, proses ini akan memicu pertumbuhan sel baru yang lebih sehat, cerah, dan teremajakan. 

Harga peeling wajah tentu jauh lebih mahal daripada eksfoliasi. Eksfoliasi bisa dilakukan Sedulur secara mandiri dengan membeli produk-produk tertentu di pasaran. Sementara, peeling harus dilakukan di bawah pengawasan dokter ahli yang telah menentukan formula pas untuk masalah kulit pasiennya.

Ada beberapa hal pula yang harus dilakukan selama proses peeling berlangsung dan tiap dokter atau klinik punya aturan yang berbeda-beda. Tarif peeling di klinik kecantikan ada di kisaran Rp200-800 ribu sekali prosedur. Harga bisa lebih atau kurang tergantung pada jenis peeling yang Sedulur pilih. 

BACA JUGA: 15 Micellar Water yang Aman Untuk Wajah dan Terjangkau

6. Produk peeling wajah 

peeling wajah
instagram.com/glossier

Setelah tahu manfaat peeling wajah, kamu mungkin tertarik untuk mencoba melakukannya sendiri di rumah dengan berbekal produk peeling. Produk berikut mungkin tidak akan seefektif perawatan langsung di klinik oleh ahli, lebih cocok disebut sebagai produk eksfoliasi karena sifatnya lebih ringan dan risikonya rendah. Mereka juga tidak akan menimbulkan efek kulit terkelupas secara kasat mata.   

Glossier Exfoliating Skin Perfector 

Produk ini mengandung AHA, BHA, dan PHA sekaligus ditambah kandungan niacinamide dan lidah buaya yang bisa meringankan risiko iritasi dari asam. Tidak perlu dipakai setiap hari, ia bisa kamu gunakan 2-3 kali saja dalam seminggu.

The Ordinary AHA BHA Peeling Solution 

Salah satu produk peeling yang diakui banyak orang keampuhannya, ia diklaim mengandung AHA dan BHA yang secara instan bisa membasmi wajah kusam. Membuatnya tampak lebih bersinar, segar, dan teremajakan. 

Hada Labo Tamagohada Mild Peeling Lotion 

Produk peeling wajah lokal yang bagus datang dari Hada Labo. Dengan harga yang tak kelewat mahal, kamu bisa merasakan peeling ringan dengan PHA yang dikandungnya.  Minusnya ada di aroma yang agak menyengat, tetapi efeknya lumayan dan tidak memicu iritasi.

Secret Key Lemon Sparkling Peeling Gel

Dengan kemasan tube, kamu pun akan lebih mudah mengeluarkan produk dari bungkus. Aromanya aman dan segar serta bisa membersihkan kulit mati seketika dengan lembut. Bisa pakai sebelum menggunakan masker atau produk perawatan kulit lainnya. Harganya pun masuk akal sebanding dengan isinya yang tak pelit.  

Nature Republic Peeling Gel 

Cocok untuk membantu menyamarkan tekstur dan warna kulit yang tidak rata. Produk peeling ini dibanderol dengan harga yang tak kelewat mahal. Hasilnya sudah terbukti di banyak pengguna yang puas dengan efek lembut serta cerah yang diwujudkan. Aromanya juga oke, menenangkan dan bikin nyaman. 

First Aid Beauty Facial Radiance AHA Intensive Peel 

Jika ingin efeknya lebih terasa, produk dari First Aid Beauty boleh dijajal. Ia mengandung lactic acid dan salicylic acid yang pas untuk muka berjerawat. Bahkan sudah ditambahkan pula beberapa bahan aktif seperti kaolin yang diklaim bisa membasmi polusi dan minyak berlebih.  

Klavuu Revitalizing Intensive Peeling Gel 

Sedulur boleh juga coba peeling gel dari Klavuu. Pengguna sudah merasakan efek instannya yang membuat wajah terasa ringan, bersih, dan lembut setelah pemakaian. Kualitasnya oke dengan bahan-bahan yang bisa dipertanggungjawabkan. Silakan dipertimbangkan. 

Semoga ulasan di atas bisa mencerahkan dan membantu Sedulur memahami pentingnya peeling wajah. Jika belum ada dana atau masih khawatir dengan risikonya, kamu bisa mencoba eksfoliasi dulu dengan produk-produk yang bisa ditemukan di marketplace atau drugstore terdekat di kotamu.