Opensea adalah

Opensea adalah sebuah platform atau market place dan dipakai untuk jual beli NFT atau Non Fungitable Token. NFT adalah aset digital berupa token atau kode unik dan dapat dikaitkan dengan aset digital. NFT sempat tren beberapa  waktu lalu, dimana Ghozali seorang pemuda asal Semarang menjual beberapa foto wajah dirinya sebagai NFT di situs Opensea.

Tidak main-main, Ghozali mampu meraup miliaran rupiah dari NFT wajahnya yang dijual pada situs marketplace seperti Opensea. Fenomena ini akhirnya membuat banyak orang mulai melirik NFT untuk dijadikan pundi-pundi pemasukan di era modern. Guna membahas lebih jauh tentang apa itu Opensea dan apa itu Opensea Indonesia, berikut penjelasan lebih lengkapnya!

BACA JUGA: Crypto adalah? Ini Pengertian, Kelebihan & Kekurangannya

Apa itu Opensea

opensea
Financial Times

Situs penjualan aset digital NFT bernama Opensea sempat viral beberapa waktu lalu, karena dipakai oleh Ghozali untuk menjual foto selfienya selama lima tahun dimulai dari tahun 2017 sampai dengan 2021.  Ramainya pemberitaan mengenai Ghozali Everyday tentang foto selfinya tersebut, membuat nama Opensea mulai dikenal banyak orang.

-->

Bila ditelisik lebih jauh, Opensea adalah salah satu marketplace yang sifatnya peer to peer  dalam menjualbelikan aset digital seperti NFT. Situs jual beli aset digital tersebut dicipakan oleh Devin Finzer dan Alex Attalah pada tahun 2017. Marketplace tersebut menggunakan protokol Ethereum dengan standar ERC – 721 dan ERC – 1155. Umumnya Non Fungible Token atau NFT yang ditawarkan adalah sebuah karya seni dari para seniman.

Sehingga Opensea NFT adalah sebuah tempat jual beli berkaitan dengan aset digital berupa karya seni dari para seniman. Maka dari itu, adanya platform tersebut akan memudahkan seseorang jika ingin membeli atau menjual NFT. Namun jika Sedulur ingin bisa melakukan transaksi tersebut, perlu terlebih dahulu mempunyai akun.

Hubungan NFT dengan Opensea

opensea
Olhar Digital

Lantas apa hubungan antara NFT dan Opensea? Kedua istilah tersebut saling berkaitan meski memiliki perbedaan dalam hal pengertian dan fungsi. NFT adalah aset digital dan berada pada jaringan blokchain serta mempunyai kode identifikasi serta metadata unik. NFT dapat diartikan sebagai aset computerized serta mempresentasikan tentang barang berwujud ataupun tidak berwujud. Barang ini juga biasanya akan diperdagangkan lewat skema lelang dan bisa Sedulur jumpai pada situs online dan marketplace digital.

Sementara itu, Opensea merupakan situs jual beli online dan pemilik NFT bisa melakukan transaksi. Sehingga bisa disimpulkan bahwa Opensea menjadi tempat atau lokasi dimana NFT bisa diperjualbelikan. Sedangkan NFT adalah komoditas yang ada pada pasar tersebut.

Mungkin orang masih penasaran Opensea itu apa, maka jawabannya tidak berbeda jauh dengan pernyataan di atas dimana Opensea menjadi tempat untuk transaksi jual beli tentang aset digital seperti NFT. Market place ini menjadi yang terbesar di dunia dan mempunyai setidaknya 300.000 pengguna dengan lebih 34 juta NFT. Dimana bentuk NFT yang diperjualbelikan berupa foto, video ataupun karya seni lainnya.

Opensea Indonesia

opensea
The New York Times

Sebagai tempat jual beli atau transaksi aset digital, Opensea mulai banyak dikenal secara luas di dunia salah satunya di Indonesia. Istilah nama ini mulai terangkat ke permukaan semenjak Ghozali Everyday mengunggah foto selfinya sebagai aset NFT.  Mahasiswa asal Semarang tersebut konsisten menjual foto selfinya dari tahun 2017.

Ghozali Everyday mendapat pemasukan milyaran rupiah dari hasil menjual foto selfie pada situs Opensea tersebut. Alhasil, banyak orang berlomba-lomba ingin meniru gaya Ghozali dengan mengunggah beragam foto atau karya seninya untuk dijadikan NFT dan dijual pada situs Opensea.

Di Indonesia sudah ada marketplace yang cukup mirip dengan Opensea dan dibuat oleh anak bangsa. Marketplace tersebut adalah Tokomall, Paras.Id, Enevti, Baliola sampai dengan Kolektible. Semua marketplace tersebut digunakan untuk jual beli NFT dengan pihak lain.

BACA JUGA: 20 Rekomendasi Game NFT Terbaik & Terpopuler Paling Cuan

Aturan dalam penggunaan Opensea

opensea
Bread

Penggunaan marketplace untuk transaksi jual beli NFT ini ternyata perlu mengetahui beberapa aturan-aturan. Seperti dilansir dari laman Kontan, Kementrian Komunikasi dan Informasi atau Kominfo mengingatkan kepada para platform transaksi NFT untuk tidak menyebarkan konten yang melanggar undang-undang.

Bahkan pihak Kominfo mengingatkan supaya jangan sampai data-data pribadi bocor dan melakukan pelanggaran tentang hak cipta kekayaan intelektual. Sebab, jika melanggar maka bisa terkena hukuman pidana.

Jenis-jenis NFT untuk dijual di Opensea

opensea
Republika

Nama Non Fungible Token sempat ramai dibicarakan masyarakat karena fenomena Ghozali Everyday yang berhasil mendapat miliaran rupiah beberapa waktu lalu. Alhasil, masyarakat mencoba untuk meniru Ghozali meski bentuk karya yang dijual tidak selamanya berupa foto selfie. Berikut ini beberapa contoh karya dapat dijadikan sebagai NFT.

Meme

Karya pertama dan konon cukup laris disitus jual beli Opensea adalah meme. Meme bahkan sangat laris dan banyak dicari pada Toko Crypto. Buat Sedulur yang suka membuat meme untuk sebuah sindiran atau karya seni, maka bisa membuat meme. Kemudian Sedulur dapat jadikan sebagai NFT.

Dikutip dari laman Nextren sampai saat ini tercatat ada beberapa NFT meme paling banyak dicari pembeli dan sangat laris di situs opensea. Seperti akun Nyan Cat dan Bad Luck Brian. Diketahui jika keduanya sukses meraup untung sebesar Rp 10 miliar.   

Momen olahraga

Tidak hanya meme, Sedulur pun bisa mencari momen-momen olahraga untuk dijadikan sebuah NFT. Momen merupakan peristiwa yang tidak akan mungkin bisa terulang kembali, sehingga sangat sulit untk dilupakan. Ada beberapa NFT dari momen olahraga berhasil meraup untung banyak .

Misalnya adalah pebasket NBA melakukan sikap slamdunk dan mengubah alur akan pertandingan. Maka dengan karya momen olahraga tersebut, sanggup laku mencapai Rp 2,8 miliar. Sehingga sangat berpeluang besar buat Sedulur untuk dijadikan tema NFT dan dijual pada situs Opensea.

Musik

Tidak hanya seputar karya seni seperti meme atau momen olaharaga, Sedulur pun bisa memilih musik untuk dijadikan NFT. Sebab, peminat musik pada situs seperti opensea masih sangat banyak. Banyak seniman musikk berupaya meningkatkan penghasilan dari produk NFT.

Dikatakan bahwa keuntungan seorang musisi pada platform streaming tidak sepenuhnya bisa dinikmati oleh para seniman musik. Sebab, mereka mendapat potongan-potongan dari pihak aplikasi. Sehingga hadirnya NFT sangat penting bagi mereka para musisi atau seniman musik Sedulur.

NFT  seakan menjadi sumber alternatif para musisi mendapatkan tambahan pemasukkan. Sebab, di NFT para seniman musik dapat menikmati keuntungan sebesar seratus persen dan didapat dari hasil klaim yang dilakukan oleh para penggemarnya.

BACA JUGA: Cara Buat NFT Sendiri & Cara Menjualnya Agar Cuan

Cara daftar opensea

opensea
Kompas

Sedulur perlu mengikuti beberapa langkah sebelum menggunakan situs jual beli marketplace bernama Opensea ini. Marketplace dengan total 300.000 pengguna dan lebih dari 34 juta NFT ini mulai populer sampai sekarang. Maka dari itu, sebelum terjun ke bisnis ini, maka perlu menyimak beberapa langkah mudah di bawah ini. Yuk simak dan pahami.

Masuk situs Opensea

Hal pertama jika Sedulur pemula adalag masuk ke laman Opensea. Buatkan akun NFT menggunakan situs opensea. Berikutnya Sedulur masuk pada situs MetaMask. MetaMask merupakan dompet mata uang kripto dan dipakai untuk transaksi rantai blok Ethereum.

Buat dompet digital

Sedulur diwajibkan membuat dompet digital dengan klik “Create A Wallet”

Membuat kata sandi yang kuat

Keamaan sangat diperlukan ketika Sedulur mendaftar NFT. Bahkan bisa menjadi jaminan keamanan untuk dompet digital Sedulur. Kamu harus membaca dahulu ketentuan pada situs baru kemudian klik I Have Read dan selesaikan dengan menekan tombol Create.

Menyimpan data

Baru selanjutnya bagian penyimpanan data. Halaman perkenalan MetaMask kemudian akan muncul ‘Secret Recovery Phase’ pilih simpan.

Akun aktif

Kamu selanjutnya tinggal memencet tombol Confirm dan muncul notifkasi akun yang sudah diaktifkan. Berikutnya klik All Done.

Masuk lagi

Akun sudah aktif kemudian membuka situs opensea lewat browser kemudian masuk kembali memakai Meta Mask. Pastikan informasi benar, klik ‘Next’ dan notifikasi kedua pencet Next.

Sukses masuk marketplace

 Pada bagian ini Sedulur sudah berhasil masuk dan terhubung dengan Meta Mask dan akun NFT Sudah siap digunakan.

Cara menjual NFT di Opensea

Mainmain

Buat Sedulur pemula mungkin masih kesulitan dalam menggunakan akun NFT dan situs Opensea untuk transaksi jual beli. Berikut ini buat Sedulur pemula supaya bisa mengguanakn opensea sebagaimana dengan mestinya.

  • Buka opsi “My Collection” dan ketuk ikon foto profil yang berada di pojok kanan atas halaman OpenSea
  • Pilih NFT Anda, kemudian klik opsi “Sell”
  • Pilih skema penjualan yang bakal Sedulur gunakan. Apabila ingin menjual klik opsi “Fixed Price”, sedangkan untuk lelang klik opsi “Time Auction”
  • Masukkan harga NFT menggunakan mata uang kripto Ethereum yang Sedulur inginkan
  • Sedulur juga bisa mengatur berapa lama Sedulur akan menjual NFT tersebut di kolom “Duration”
  • klik opsi “Complete Listing”.
  • OpenSea akan membuka extension MetaMask Sedulur untuk melakukan konfirmasi pendaftaran penjualan NFT.

Cara menggunakan opensea

Banten Raya

Opensea merupakan marketplace untuk NFT dan mempunyai setidaknya 300.000 pengguna dan lebih dari 34 juta NFT. Sedulur perlu melakukan pendaftaran akun NFT pada situs opensea dan dompet digital serta kemudian ikuti beberapa langkah lanjutan sesuai yang diperintahkan oleh situs tersebut.

Demikian ulasa mengenai marketplace opensea untuk situs jual beli aset digital NFT. Semoga ulasan di atas dapat menambah wawasan kita mengenai aset digital.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!