modernisasi

Membahas kemajuan teknologi, tentu tak lepas dari adanya perubahan dalam kehidupan masyarakat. Transformasi dari keadaan kurang berkembang hingga menjadi masyarakat yang lebih maju, merupakan hal yang wajar terjadi karena adanya modernisasi. 

Saat ini, kita semua telah memasuki era modernisasi. Lalu apakah definisi dan dampak dalam keseharian? Simak artikel berikut ini untuk mengetahuinya, Sedulur!

BACA JUGA: Ciri Ciri Negara Maju Beserta Karakteristik & Contohnya

1. Pengertian 

definisi
iStock

Modernisasi adalah sebuah tranformasi yang terjadi karena adanya perubahan sistem kehidupan masyarakat dari kehidupan tradisional menjadi kehidupan modern. Modernisasi dapat terjadi pada semua kalangan masyarakat, baik yang selama ini sudah tinggal di daerah kota maupun desa.

-->

Modernisasi berasal dari Bahasa Latin modernus yang juga berasal dari kata modo yaitu cara dan ermus yang menunjukan periode waktu pada masa kini. Dengan demikian, modernisasi merupakan suatu perubahan yang dilakukan untuk menyesuaikan diri dengan masa kini.

BACA JUGA: Pengertian Tim Afirmasi dalam Unsur – Unsur Debat

2. Sejarah

sejarah
iStock

Sejarah modernisasi diawali dari munculnya Amerika Serikat (AS) sebagai kekuatan paling dominan dunia setelah Perang Dunia II. Saat yang hampir bersamaan, Uni Soviet juga mencoba memperluas pengaruh politiknya ke seluruh dunia sehingga mendorong Amerika Serikat untuk mengimbangi hal tersebut melalui pengaruhnya di dunia. Setelah itu, banyak negara-negara baru merdeka yang mencari role model pembangunan untuk kemudian digunakan sebagai contoh untuk membangun negaranya.

3. Teori

teori modernisasi
iStock

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata berarti proses pergeseran sikap dan mentalitas sebagai warga masyarakat untuk dapat hidup sesuai dengan tuntutan masa kini. Teori modernisasi juga disampaikan oleh beberapa ahli, antara lain adalah.

1. Teori Harrod–Domar (Tabungan & Investasi) menyatakan bahwa salah satu masalah dalam modernisasi adalah masalah kekurangan modal. Oleh karena itu, jika ada modal dan diinvestasikan, hasilnya adalah pembangunan ekonomi yang samakin maju. Prinsip teori ini adalah kekurangan modal, tabungan dan investasi dapat menjadi masalah utama pembangunan.

2. Teori Max Weber (Etika protestan) membahas mengenai masalah manusia yang dibentuk oleh nilai-nilai budaya di sekitarnya, terutama oleh nilai-nilai agama. Etika protestan yang dikemukakan Weber adalah cara bekerja yang keras dan sungguh-sungguh untuk mencapai tujuan yang besar.

3. Teori David McClelland (Dorongan berprestasi). McClelland terkenal dengan konsepnya: “the need for achievement” (kebutuhan atau dorongan untuk berprestasi). Teori ini menyatakan bahwa dalam suatu masyarakat yang memiliki banyak dorongan berprestasi yang tinggi, akan dapat diharapkan masyarakat untuk menghasilkan pertumbuhan ekonomi yang tinggi.

4. Teori W. W. Rostow membagi proses ini menjadi lima tahap pembangunan:

  1. Masyarakat tradisional
  2. Prakondisi untuk lepas landas
  3. Lepas landas
  4. Begerak ke kedewasaan
  5. Zaman konsumsi masal yang tinggi

BACA JUGA: Pengertian Firma: Ciri-ciri, Jenis, Kelebihan & Kekurangannya

4. Asumsi teoritis

asumsi teoritis
iStock
  1. Mordernisasi merupakan proses yang bertahap
  2. Proses homogenisasi
  3. Mordernisasi kadang berwujud dalam bentuk lahirnya, yakni sebagai proses Eropanisasi dan Amerikanisasi atau yang lebih dikenal dengan istilah bahwa modernisasi sama dengan barat
  4. Mordernisasi dapat dilihat sebagai proses yang tidak bergerak mundur
  5. Perubahan yang sangat progresif
  6. Memerlukan waktu panjang. Perubahan yang terjadi adalah evolusioner, bukan revolusioner

5. Gejala

gejala
iStock

Partisipasi politik. Modernisasi hampir selalu mempengaruhi sektor politik di suatu negara. Hal tersebut ditunjukan dengan banyaknya masyarakat yang ingin belajar mengenai politik. Masyarakat yang melek politik akan menjadi lebih bijak dalam menggunakan hak pilihnya untuk memilih pemimpin.

Industrialisasi. Ketika industrialisasi terjadi di sebuah negara, maka masyarakat akan mulai melepaskan ekonomi pedesaan dan pertanian tradisional. Mereka akan membuat lahan beralih fungsi menjadi lokasi industri. Hal semacam ini menimbulkan banyaknya pabrik-pabrik baru yang berada di daerah pedesaan.

Urbanisasi. Akibat adanya industrialisasi yang mengambil alih suatu negara, maka pusat-pusat industri baru akan mulai berkembang. Alhasil, masyarakat yang dulunya berada di pedesaan akan bermigrasi dalam jumlah besar ke daerah-daerah perkotaan. Perpindahan mereka didasari dengan harapan akan mendapatkan banyak uang dan dapat kembali lagi ke desa dengan sosok yang sukses.

Perkembangan media massa. Modernisasi juga menimbulkan gejala besar terhadap perkembangan media massa. Media massa yang meliputi, koran, TV, periklanan, dan film mampu membuat masyarakat menjadi tercerahkan dan mendapatkan informasi yang cukup.

6. Ciri-ciri

ciri modernisasi

    iStock
  • Didasarkan pada dikotomi antara modern dan tradisional. Modern dianggap sebagai simbol dari kemajuan, cara kerja yang efesien, dan pemikiran yang rasional.
  • Didasarkan pada faktor-faktor nonmaterial yang dapat menjadi penyebab kemiskinan, yaitu dunia ide dan atau alam pemikiran.
  • Faktor-faktor yang mendorong atau menghambat pembangunan harus dicari di dalam negara-negara yang bersangkutan.
  • Biasanya bersifat a-historis. Hukum-hukumnya sering dianggap berlaku secara universal dan dapat diberlakukan tanpa memperhatikan faktor waktu ataupun faktor tempat.

BACA JUGA: Pengertian Router Beserta Fungsi, Jenis & Cara Kerjanya

7. Syarat modernisasi menurut Soerjono Soekanto

Syarat modernisasi
iStock
  1. Sistem administrasi negara harus baik dan sungguh-sungguh dalam mewujudkan birokrasi
  2. Pola pikir ilmiah (scientific thinking) harus sudah melekat kuat dalam kalangan pemerintah dan masyarakat luas
  3. Negara harus mampu menciptakan iklim yang menyenangkan terhadap modernisasi, khususnya media massa
  4. Sistem pengumpulan data harus sudah baik, sistematis, dan terpusat pada sebuah lembaga tertentu. Contohnya seperti BPS (Badan Pusat Statistik)
  5. Tingkat organisasi masyarakatnya tinggi, khususnya pada perilaku kedisiplinan diri
  6. Memusatkan wewenang dalam perencanaan sosial yang tidak memprioritaskan kepentingan pribadi atau golongan

8. Faktor modernisasi

Faktor modernisasi
iStock
  1. Adanya penemuan, perkembangan, serta penguasaan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi
  2. Perkembangan di bidang politik dan ideologi untuk mencapai demokratisasi
  3. Perkembangan di bidang keagamaan atau pelaksanaan keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa
  4. Kemajuan di bidang industri dan pertanian
  5. Kemajuan di bidang perekonomian dengan penerapan sistem efesiensi dan produktivitas
  6. Tercapainya stabilitas nasional yang membuat masyarakat hidup aman. tentram, dan damai

9. Proses

proses modernisasi
iStock

Proses modernisasi merupakan suatu proses perubahan yang direncanakan. Proses ini melibatkan semua kondisi atau nilai-nilai sosial dan kebudayaan secara integratif. Proses ini harus memahami dan menyadari bahwa terdapat sistem nilai yang berlaku dalam masyarakat yang bersangkutan, baik sebagai norma maupun sebagai nilai.

Norma memiliki skala keberlakuan yang tergantung pada aspek waktu, ruang dan nilai skala keberlakuannya bersifat lebih universal. Sementara nilai yang bersifat universal, yang pada masyarakat modern akan mendominasi dan mengisi semua mosaik kehidupan masyarakat yang bersangkutan.

10. Contoh modernisasi

contoh modernisasi
iStock

Teknologi. Perubahan yang terjadi menyebabkan kemajuan teknologi yang sangat pesat dalam berbagai bidang teknologi yang meliputi, infrastruktur. sistem teknologi, mesin, perangkat lunak maupun keras, dan saluran komunikasi. Teknologi baru yang berkembang ini akan membuat pekerjaan menjadi lebih efektif dan efisien serta rendah risiko. Dengan demikian, orang-orang akan lebih cepat dalam mencapai tujuan.

Energi. Contoh yang kedua adalah pada bidang energi. Hal ini akan menyebabkan perubahan dalam penggunaan energi. Dengan penguasaan IPTEK yang baik, akan memunculkan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi. Sebagai contoh penggunaan energi surya untuk perumahan maupun industri yang jauh lebih murah dari segi harga dan memiliki dampak rendah terhadap lingkungan sehingga aman digunakan untuk mendukung aktivitas sehari-hari. 

Transportasi. Contoh selanjutnya adalah bidang transportasi yang mengalami perubahan besar-besaran. Masyarakat kini dapat menikmati moda transportasi yang jauh lebih cepat, murah, dan aman. Contohnya adalah bus trans di beberapa kota besar di Indonesia yang yang menggunakan bahan bakar ramah lingkungan serta MRT dan KRL yang mampun mempercepat waktu perjalanan.

BACA JUGA: Gamelan: Sejarah, Fungsi, Jenis & Cara Memainkannya

11. Dampak positif

Dampak positif
iStock

 
Dampak modernisasi dari sisi positifnya adalah sebagai berikut.

Terciptanya smart city atau kota pintar. Salah satu contoh sederhananya yaitu adanya pemasangan kamera CCTV pada setiap persimpangan ruas jalan untuk memantau lalu lintas dan pelanggaran yang dilakukan oleh pengendara nakal.

Selain itu, pembangunan lembaga pendidikan tinggi dilakukan secara massif untuk menanamkan pemikiran rasional dan ilmiah. Dengan demikian, para mahasiswa yang lulus dari perguruan tinggi dapat langsung berpartisipasi dalam kehidupan bermasyarakat melalui penelitian dan bisnis untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Kualitas komunikasi. Modernisasi memainkan peran penting dalam penemuan internet yang kita nikmati saat ini. Perkembangan internet yang semakin maju akan berpengaruh juga terhadap kualitas komunikasi yang dicontohkan dengan adanya smartphone sebagian alat komunikasi masyarakat modern yang cepat dan canggih.

Masyarakat modern juga dapat mengakses situs web dengan cepat untuk mendapatkan informasi tentang apapun yang diinginkan. Oleh karena itu, terdapat pengaruh besar dalam perubahan sistem komunikasi yang terjadi di kalangan masyarakat.

Peningkatan dalam kesehatan. Dampak positif lainnya adalah fasilitas kesehatan yang kian memadai dan meningkat. Hal tersebut ditunjukan dengan banyaknya keberadaan rumah sakit yang tersebar di seluruh daerah dan dilengkapi dengan tenaga medis yang berkualitas. Tidak hanya itu, bantuan medis saat ini juga sudah menjangkau banyak masyarakat dari berbagai tempat, serta jenis obat-obatan semakin lengkap untuk berbagai penyakit.

12. Dampak negatif

dampak modernisasi negatif
iStock

Perubahan kultur. Peningkatan modernisasi menyebabkan terciptanya teknologi baru yang dapat mengubah struktur sosial ekonomi masyarakat. Perubahan struktur berpengaruh pada kultur masyarakat dan enjadi tantangan untuk generasi baru dalam menghadapi generasi sebelumnya yang masih mempertahankan nilai-nilai zaman dahulu.

Deforestasi merupakan perubahan area hutan untuk dijadikan lahan aktivitas manusia. Dengan adanya urbanisasi, banyak terjadi penebangan pohon dan hutan yang massif sehingga lahan hijau semakin berkurang. Pada akhirnya, banyak hewan liar yang menjadi kehilangan habitatnya.

Peningkatan polusi. Dampak negatif modernisasi selanjutnya adalah peningkatan polusi di tengah masyarakat. Hal ini disebabkan adanya berbagai industri manufaktur yang beroperasi. Meskipun negara sudah menetapkan hukum yang legal, namun penerapannya masih tidak efektif karena banyaknya masalah ekonomi maupun korupsi.

Itulah pengertian beserta dampak, ciri-ciri, dan contoh modernisasi. Meskipun kita semua sudah mengalami modernisasi, tapi jangan lupa tetap melestarikan budaya baik bangsa ini ya, Sedulur!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!
 
Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!