Merayakan ulang tahun yang ke-4, Super memberikan hadiah berupa peralatan membuat konten kepada seniman ludruk muda, Cak Daru Arboyo pada Selasa (19/7). Pemberian hadiah ini termasuk dalam rangkaian acara Kontes Blog Super Bercerita #KadoUntukPahlawan yang telah digelar pada 5 April – 5 Juni 2022 lalu.

Apresiasi sosok pahlawan lewat tulisan

Kado Untuk Pahlawan

Melalui Kontes Blog Super Bercerita #KadoUntukPahlawan, Super ingin memberikan wadah kepada generasi muda dalam menyampaikan ide dan aspirasinya melalui tulisan. Selain itu, Super juga ingin menunjukkan keseriusannya untuk dapat memberikan dampak positif hingga ke Timur Indonesia, salah satunya dengan mengapresiasi sosok pahlawan di sekitar yang diangkat peserta kontes blog dalam tulisannya.

“Mengangkat tema #KadoUntukPahlawan pada Kontes Blog Super Bercerita ke-4 menjadi langkah kami untuk mengapresiasi sosok inspiratif Indonesia yang layak mendapat predikat pahlawan dan membantu mewujudkan harapannya,” tutur Matthew Adrian, VP of Finance dan Co-founder Aplikasi Super.

Cak Daru, sosok pahlawan bagi pemenang kontes blog

Kado Untuk Pahlawan

Pemenang kontes blog tersebut adalah Anggita Rara Kusuma Wardani. Ia adalah seorang ibu rumah tangga yang aktif berkecimpung di dunia blog. Dalam tulisannya, Anggita mengangkat Cak Daru, seniman ludruk muda sebagai sosok yang layak diberi predikat pahlawan. Baginya, Cak Daru mengingatkan dengan Cak Durasim. Keduanya sama-sama berjuang melawan sesuatu, Cak Durasim melawan penjajah, sementara Cak Daru melawan budaya asing. Anggita mengatakan Cak Daru juga mengetahui kisah Cak Durasim dan bertekad meneruskan perjuangannya sebagai seniman.

“Dulu, Cak Durasim menekuni ludruk dengan maksud menyindir penjajah Belanda, tapi tewas karena ada mata-mata pengkhianat yang menyampaikan makna kidungnya ke pihak musuh. Sementara Cak Daru sekarang menekuni ludruk agar pemuda Indonesia bisa mencintai budaya negeri sendiri, bukan cuma budaya luar negeri,” tutur Anggita.

Saat ini, Cak Daru merupakan siswa kelas X di SMA Negeri 8 Surabaya. Cak Daru sudah tertarik menggeluti seni ludruk sejak kelas II SD. Tidak hanya mementaskan seni ludruk secara langsung, kini ia juga aktif membuat konten tentang ludruk di YouTube.

Kado Untuk Pahlawan

Kado Untuk Pahlawan

Berkaitan dengan hal itu, Anggita menuliskan harapannya pada Kontes Blog Super Bercerita #KadoUntukPahlawan agar Cak Daru bisa makin memperbanyak konten-konten tentang budaya ludruk di YouTube. Super mewujudkan harapan Anggita sebagai pemenang kontes blog dengan memberikan hadiah peralatan membuat konten untuk Cak Daru.

Digital Event Coordinator Super, Fitri Dewanty yang memberikan hadiah tersebut menyampaikan ucapan selamat kepada Cak Daru dan mengatakan kegiatan ini menjadi salah satu bentuk komitmen Super dalam mendukung pelestarian budaya di Indonesia, khususnya Jawa Timur. Ucapan selamat itu mendapat sambutan hangat dari Cak Daru dan Anggita.

“Terima kasih banyak atas hadiah yang diberikan. Semoga Super terus berkembang dan memberikan banyak manfaat bagi sekitar,” ucap Cak Daru.

VP of Finance dan Co-founder Super, Matthew Adrian juga menyampaikan harapannya di ulang tahun ke-4 ini. Super ke depannya makin mampu memberikan kemudahan akses untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari melalui toko kelontong dan meningkatkan kesejahteraan pemilik toko, serta memberikan kesempatan lebih luas kepada setiap kalangan untuk memperjuangkan cita-citanya dalam berbagai bidang.

“Cita-cita mulia yang dapat mengharumkan nama Indonesia. Seperti yang dilakukan oleh Cak Daru dan Anggita,” tandas Matthew.