Pamflet adalah salah satu bentuk media marketing yang kini mulai jarang digunakan. Tidak hanya pamflet saja, namun juga ada leaflet serta brosur. Walaupun sudah mulai jarang, namun bukan berarti ketiga media tersebut benar-benar telah hilang.

Akan tetapi, apakah Sedulur sudah tahu apa perbedaan dari ketiga bentuk media marketing tersebut? Selain desainer, seorang marketer pun juga harus tahu perbedaan dari ketiganya, supaya bentuk dari konten yang diinginkan dapat diciptakan dengan baik.

Oleh sebab itu, pada kesempatan kali ini kita akan membahas secara lengkap mengenai apa itu pamflet dan contohnya? Apa perbedaanya dengan leaflet serta brosur? Langsung saja, simak informasi yang ada di bawah ini.

BACA JUGA: 10 Contoh Surat Dinas Resmi & Cara Membuatnya yang Benar

-->

Pengertian pamflet

pamflet adalah
Pexels

Arti pamflet adalah salah satu media untuk memasarkan sebuah produk atau layanan. Ya, pamflet ini berupa lembaran kertas yang dikemas dengan cara dilipat saling berkaitan, dan tidak mempunyai cover maupun jilid.

Pada umumnya, pamflet mempunyai isi berupa informasi yang lengkap terkait dengan produk atau jasa yang ditawarkan. Meski begitu, informasi yang ada di dalamnya, umumnya hanya yang bersifat edukatif saja.

Melansir dari laman PRI Graphics, pamflet menjadi salah satu media pemasaran yang berfokus pada informasi produk atau, manfaat serta contoh atau cara penggunaannya. Biasanya, pamflet lebih diberikan untuk meningkatkan awareness seseorang terkait produk, baik itu barang, jasa, acara, dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu, pamflet juga dibuat dari bahan kertas yang baik dan dengan desain yang menarik. Untuk ukurannya, biasanya menggunakan ukuran kertas A4 yang dicetak secara bolak-balik tanpa adanya halaman atau jilid dan cuma satu atau hanya benar-benar satu lembar.

Ciri-ciri pamflet

pamflet adalah
Pexels

Beberapa contoh pamflet adalah menawarkan suatu produk, baik itu berupa barang maupun jasa. Selain itu, kata-kata dalam pamflet tersebut juga menggunakan bahasa yang singkat, padat, jelas, dan juga lebih mudah untuk dipahami oleh orang-orang yang pembacanya.

Bahasa yang digunakan dalam pamflet ini sifatnya juga lebih persuasif, supaya bisa memengaruhi para pembacanya agar mau mengikuti apa yang ditunjukkan di dalam pamflet tersebut. Misalnya saja, seperti membeli produk yang ditawarkan.

Informasi yang tercantum pada pamflet juga bersifat aktual atau berkaitan erat dengan hal yang baru alias up to date. Muatan isi gambar dan pamflet juga jelas, agar bisa memudahkan para pembaca untuk memahami maksud dari isi pamflet tersebut.

Tujuan pamflet

pamflet adalah
Pexels

Bisa dibilang jika ada beberapa tujuan utama mengapa pamflet itu harus dibuat. Pamflet ini dibuat untuk memberikan informasi pendidikan kepada orang yang membacanya. Hal ini dibuktikan dengan adanya pamflet tentang dunia pendidikan, sekaligus mempromosikan sebuah sekolah yang baik di dalamnya.

Tujuan yang berikutnya dari pembuatan pamflet yakni untuk mempromosikan produk, misalnya pamflet promosi yang tentu saja dibuat dengan tujuan untuk memasarkan produk atau layanan dari suatu perusahaan.

Tujuan yang terakhir mengapa pamflet dibuat, itu agar bisa menarik semua orang. Jadi setelah melihat pamflet yang dibuat, mereka dapat terpikat oleh isi dari pamflet tersebut.

Fungsi pamflet

pamflet adalah
Pexels

Penciptaan pamflet ini tentu saja bukan karena tanpa alasan. Untuk fungsi pamflet adalah sebagai berikut ini.

  1. Alat promosi yang hemat biaya

Pamflet adalah salah satu alat bagi para pelaku usaha kecil menengah untuk mempromosikan merek mereka tanpa perlu mengeluarkan biaya yang banyak. Pamflet ini cukup mudah untuk dibuat dan tidak membutuhkan banyak biaya dalam proses distribusi pada calon pelanggan.

  1. Memberikan informasi yang lebih lengkap

Pamflet adalah alat yang berfungsi untuk memberikan informasi secara lebih lengkap, karena tidak ada batasan karakter seperti halnya dalam jenis pemasaran digital. Sedulur bisa mencantumkan lebih banyak informasi, asalkan informasi tersebut tetap terlihat rapi dan menarik.

Bisa dibilang jika pamflet yang ideal, itu mencakup gambar dan teks dengan tata letak yang mudah untuk dibaca dan juga dipahami.

  1. Meningkatkan awareness

Fungsi pamflet yang sangat penting adalah meningkatkan awareness. Dalam sebuah pamflet, Sedulur bisa melakukan berbagai macam hal.

Mulai dari himbauan atau ajakan yang bersifat positif, memberikan informasi tentang pentingnya asuransi jiwa dan kesehatan, memberikan anjuran seperti pentingnya cuci tangan, hingga memberikan informasi mengenai suatu produk atau jasa yang direkomendasikan.

Perbedaan pamflet, leaflet, dan brosur

pamflet adalah
Pexels

Dari beberapa penjelasan yang ada di atas, bisa disimpulkan jika ada perbedaan pamflet dan brosur serta leaflet. Nah, agar Sedulur tidak bingung, berikut ini penjelasannya.

Perbedaan bentuk

Perbedaan pamflet dan leaflet serta brosur yang pertama ada pada bentuknya. Biasanya, isi dari brosur adalah informasi yang unik, singkat, dan juga mudah dipahami. Sedangkan untuk pamflet isinya kalimat-kalimat persuasif dengan tujuan untuk mengajak para pembacanya melakukan sesuatu. Sementara untuk leaflet, mempunyai struktur kalimat yang terkesan lebih singkat dalam hal memberikan informasi.

Perbedaan tujuan

Tujuan dari pamflet adalah untuk menginformasikan sesuatu hal baru kepada khalayak. Kemudian untuk leaflet sendiri memiliki tujuan untuk memberi informasi secara singkat tentang badan atau perusahaan. Sedangkan untuk brosur, mempunyai tujuan untuk menjual atau mempromosikan produk maupun jasa dari suatu perusahaan tertentu.

Perbedaan unsur

Pamflet dan brosur sama-sama punya unsur informasi dari sebuah produk berupa layanan atau barang. Namun yang membedakan, yakni brosur akan membahas secara rinci dari produk yang ditawarkan tersebut.

Sedangkan untuk pamflet itu menjelaskan informasi namun tujuannya bukan untuk media promosi. Sementara leaflet lebih mengarah ke unsur informasi atau kejadian terbaru.

BACA JUGA: Cara Membuat Google Classroom untuk Guru dan Fiturnya

Jenis-jenis pamflet

Pexels

Ada beberapa jenis pamflet yang banyak digunakan saat ini.

Pamflet niaga

Mamikos

Pamflet niaga adalah jenis pamflet yang dibuat dengan tujuan sebagai sarana perdagangan. Di dalam pamflet tersebut, termuat produk yang akan ditawarkan secara jelas dan juga lengkap.

Selain itu, biasanya gambar tersebut juga akan disertai dengan ajakan untuk membuat para pembacanya menjadi tertarik untuk membeli produk yang sedang ditawarkan di dalam pamflet. Misalnya seperti memberikan diskon maupun bonus-bonus tersebut.

Pamflet budaya

Kemdikbud

Pamflet budaya biasanya digunakan untuk memberikan informasi mengenai sebuah negara dan budaya yang ada di negara tersebut termasuk geografi, data demografis baik dalam bentuk infografis atau data statistik, dan populasi dari negara tersebut.

Pamflet pendidikan

Kemdikbud

Jenis pamflet yang satu ini menjadi jenis pamflet yang dibuat dengan tujuan untuk memberikan dan menyampaikan informasi terkait dengan pendidikan. Misalnya atau seminar pendidikan maupun lomba pendidikan yang bisa diikuti oleh semua siswa, guru, dan juga perangkat pendidikan yang lainnya.

Pamflet kegiatan

Porinto

Untuk jenis pamflet kegiatan ini merupakan salah satu jenis pamflet yang dibuat untuk menyampaikan informasi tentang suatu kegiatan atau aktivitas. Selain itu, pamflet ini ditujukan pada para pembaca agar tertarik dan ikut serta ke dalam aktivitas atau kegiatan yang berkaitan.

Misalnya saja seperti kegiatan seminar atau aktivitas yang berkaitan dengan universitas dan bersifat umum. Biasanya acara semacam itu akan dibuat pamflet agar orang-orang luar tertarik untuk ikut.

Pamflet politik

Majoo

Kemudian untuk jenis pamflet ini berisikan tentang aktivitas dan juga kegiatan politik, seperti kampanye dengan tujuan untuk mengajak para pembaca memilih calon pasangan tertentu dalam sebuah partai politik. Biasanya pamflet ini banyak ditemukan ketika masa pemilu berlangsung.

Pamflet digital

Canva

Jenis pamflet ini berbeda dari beberapa jenis pamflet yang ada di atas. Pamflet digital adalah jenis pamflet yang mulai banyak digunakan, seiring dengan perkembangan teknologi. Tidak dalam bentuk kertas, melainkan file yang bisa dikirim melalui berbagai platform.

Bisa dikatakan pamflet digital ini bersifat fleksibel dan tidak membutuhkan banyak biaya untuk membuatnya. Semua jenis pamflet yang sudah dijelaskan sebelumnya, juga bisa dibuat dalam bentuk digital.

Menariknya, Sedulur tidak perlu repot untuk menyebarkan pamflet ke jalanan atau tempat-tempat yang ramai orang. Sedulur bisa langsung menyebarkannya melalui internet.

Kelebihan pamflet digital

BAZNAS

Seperti yang telah kita ketahui, jika perkembangan zaman dan teknologi telah mempengaruhi berbagai hal di dunia ini. Tidak terkecuali dalam periklanan, saat ini penyebaran informasi melalui media-media konvensional seperti kertas mulai ditinggal.

Banyak orang yang kini lebih memilih untuk beralih ke dalam dunia digital, dan memanfaatkan berbagai situs maupun media sosial yang ada di dalamnya. Nah, berikut ini kelebihan penggunaan pamflet digital jika dibandingkan dengan mode konvensionalnya.

  • Lebih hemat biaya, karena tidak perlu mencetak pamflet.
  • Model warna yang digunakan dalam pamflet lebih beragam.
  • Tidak ada aturan khusus mengenai ukuran pamflet yang dibuat (tidak perlu menyesuaikan dengan ukuran kertas).
  • Proses penyebarannya sangat mudah dan juga cepat.
  • Bisa digunakan kapan saja (tidak perlu mencetak jika dibutuhkan lagi suatu saat).
  • Jika ada kesalahan dalam penulisan ataupun desain, bisa diperbaiki dengan mudah dan cepat.
  • Mampu menjangkau lapisan masyarakat yang lebih luas.
  • Tidak beresiko menimbulkan sampah, akibat pencetakan yang berlebihan.
  • Orang lain bisa ikut membagikan pamflet, tanpa perlu memberi pamflet yang ia miliki.
  • File pamflet yang bisa disimpan dalam bentuk berbagai macam file.

Cara membuat pamflet

Canva

Untuk bisa merasakan fungsi-fungsi dari pamflet, tentu saja Sedulur harus membuatnya dengan benar. Nah, berikut ini cara untuk pembuatan pamflet yang bisa diikuti.

  • Menentukan tema dan juga subjek dari topik yang ingin dibahas.
  • Memilih skema warna yang paling cocok serta mengatur layout dan juga komposisi ukuran yang pas.
  • Membuat ilustrasi akan pesan yang disampaikan ke dalam sebuah gambar, kemudian menentukan tempat atau posisi tulisan tersebut.
  • Memberikan slogan yang mencolok, namun memiliki arti yang dalam.
  • Membuatnya ke dalam warna yang kontras, sehingga bisa dibaca dengan jelas.
  • Memilih kombinasi warna yang enak dilihat dan tidak bertabrakan antara satu dengan yang lain.
  • Menghindari kata-kata yang sekiranya tidak diperlukan, dan menggunakan gambar-gambar yang terkesan sederhana.
  • Memperhatikan jarak antara setiap huruf dan juga ukuran yang digunakan pada huruf tersebut.

BACA JUGA: Apa itu Leaflets: Pengertian, Fungsi, Ukuran & Kelebihannya

Nah, itulah beberapa hal terkait dengan pamflet yang penting untuk diketahui. Meskipun sudah cukup jarang, namun pamflet adalah salah media yang dinilai sangat efektif untuk mempromosikan atau mengenalkan sesuatu kepada khalayak.

Namun Sedulur harus ingat, pastikan pamflet tersebut dibuat dengan benar. Jika tidak, bukan tidak mungkin orang-orang akan merasa tidak tertarik dan enggan untuk membaca, apalagi mengikuti kata-kata yang ada di dalam pamflet tersebut.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.